silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,594 Comments

  1. Reaasi anak terhadap kegiatan anak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut karena anak di ajak keluar kelas dimana guru memberikan kebebasan secara langsung untuk melihat keadaan sekitar yang kemudian akan dituangkan dalam bentuk gambar.
    2. kelemahan guru saat melakukan kegiatan pembelajaran yaitu guru hanya memberikan satu contoh objek gambar untuk anak yang dapat dijadikan imajinasi tentang pemandangan sehingga anak-anak semua meniru gambaran yang guru contohkan karena umumnya anak usia dini memiliki sifat meniru sebaiknya guru bisa memberikan contoh gambar berbeda agar anak dapat memilih apa yang anak inginkan untuk digambar.
    3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru memberikan kebebasan kepada anak menggambar sesuai imajinasinya, guru melakukan tanya jawab untuk menggali informasi gambar apa yang sedang anak gambar.
    4. Hal-hal unik ditemukan saat guru melaksanakan pembelajaran yaitu guru mengajak anak keluar kelas agar anak melihat secara langsung objek yang akan digambar agar anak dapat terasah imajinasinya dan anak dapat mengungkapkan pendapat sesuai apa yang mereka lihat.
    5. Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutinya yaitu Belajar tidak harus hanya didalam kelas atau didalam ruangan, lingkungan sekolah dapat dijadikan objek untuk pembelajaran agar anak berkembang sesuai tahapan usia dengan metode yang menyenangkan

    Terimakasih

  2. Kelemahan dari video tersebut adalah guru tidak menjelaskan kepada anak mengenai apa saja yang mau di gambar, guru hanya memberi satu contoh dengan gambar yang di tempel di papan tulis sehingga anak kurang berimajinasi dalam menggambarnya dan hanya meniru gambar temannya saja
    Kelebihan dari video tersebut adalah strategi yang digunakan guru utuk mengatasi anak sulit berimajinasi saat menggambar sudah tepat. dimana guru memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, guru mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di luar kelas.
    Saran yang dapat guru lakukan adalah guru dapat memberikan pendekatan saintifik dimana anak dapat melihat langsung objek yang dia imgin gambar, atau tema pada hari itu. Guru dapat melakukan kegiatan bercakap cakap dengan anak, atau guru dapat menceritakan sebuah cerita agar anak dapat terbuka imajinasinya.
    Secara keseluruhan apa yang dilakukan guru sudah baik dan sudah ada upaya untuk meningkatkan imajinasi anak dalam menggambar. Guru sudah memberikan strategi dengan mengajak anak keluar kelas dan melihat-lihat apa saja yang ada di lingkungan sekitar mereka sehingga anak-anak dapat lebih terbuka imajinasinya. Guru dapat menambah strateginya dengan memberikan sebuah cerita atau kegiatan bercakap-cakap untuk memancing ide dan imajinasi anak. Guru juga dapat menyediakan kegiatan saintifik dalam setiap pembelajaran sehingga apa yang disampaikan pada hari itu dapat anak terima dengan jelas dan menambah wawasan anak sehingga anak lebih mudah untuk berimajinasi.

  3. Nama : YULI HADAWIAH
    Nim : 857427767
    Izin memberikan tanggapan:
    Kelemahan dari video tersebut adalah guru tidak menjelaskan kepada anak mengenai apa saja yang mau di gambar, guru hanya memberi satu contoh dengan gambar yang di tempel di papan tulis sehingga anak kurang berimajinasi dalam menggambarnya dan hanya meniru gambar temannya saja
    Kelebihan dari video tersebut adalah strategi yang digunakan guru utuk mengatasi anak sulit berimajinasi saat menggambar sudah tepat. dimana guru memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, guru mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di luar kelas.
    Saran yang dapat guru lakukan adalah guru dapat memberikan pendekatan saintifik dimana anak dapat melihat langsung objek yang dia imgin gambar, atau tema pada hari itu. Guru dapat melakukan kegiatan bercakap cakap dengan anak, atau guru dapat menceritakan sebuah cerita agar anak dapat terbuka imajinasinya.
    Secara keseluruhan apa yang dilakukan guru sudah baik dan sudah ada upaya untuk meningkatkan imajinasi anak dalam menggambar. Guru sudah memberikan strategi dengan mengajak anak keluar kelas dan melihat-lihat apa saja yang ada di lingkungan sekitar mereka sehingga anak-anak dapat lebih terbuka imajinasinya. Guru dapat menambah strateginya dengan memberikan sebuah cerita atau kegiatan bercakap-cakap untuk memancing ide dan imajinasi anak. Guru juga dapat menyediakan kegiatan saintifik dalam setiap pembelajaran sehingga apa yang disampaikan pada hari itu dapat anak terima dengan jelas dan menambah wawasan anak sehingga anak lebih mudah untuk berimajinasi.

  4. Nama : SUSAN DAMAYANTI
    NIM : 856473668
    PRODI : PGPAUD

    Kelemahan : Dalam video tersebut guru tidak mengadakan pembukaan awal kegiatan, selanjutnya guru tidak memberikan penguatan pada anak yang tidak bisa menggambar dan juga guru kurang jelas dalam memberikan keterangan pada anak dalam memberikan tugas.

    Kelebihan : Dalam video tersebut guru mengajak anak keluar kelas untuk memberikan imajinasi dalam menggambar. Metode yang digunakan dalam memberikan contoh menggambar sudah jelas.

  5. Nama : SUSAN DAMAYANTI
    NIM : 856473668
    PRODI : PGPAUD

    Kelemahan : Dalam video tersebut guru tidak mengadakan pembukaan awal kegiatan, selanjutnya guru tidak memberikan penguatan pada anak yang tidak bisa menggambar dan juga guru kurang jelas dalam memberikan keterangan pada anak dalam memberikan tugas.

    Kelebihan : Dalam video tersebut guru mengajak anak keluar kelas untuk memberikan imajinasi dalam menggambar. Metode yang digunakan dalam memberikan contoh menggambar sudah jelas

  6. Pada dasarnya guru sudah memberi kebebasan pada anak untuk menggambar sesuai imajinasinya,tetapi karena guru memberi contoh gambar dipapan tulis jadi anak terfokus pada gambar tersebut sehingga kreatifitas ana jadi tertutup,dengan mengajak anak melihat-lihat halaman sekitaran sekolah adalah langkah yang tepat dalam menimbulkan atau membantu anak dalam menumbuhkan imajinasinya.

  7. Nama: Anisa
    Nim: 858708537
    Reaasi anak terhadap kegiatan anak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut karena anak di ajak keluar kelas dimana guru memberikan kebebasan secara langsung untuk melihat keadaan sekitar yang kemudian akan dituangkan dalam bentuk gambar.

    Kelebihan dari video :
    1. Dengan kegiatan keluar kelas anak akan memiliki kesempatan seluas-luasnya dalam mengeksplor imajinasinya melalui benda / objek secara langsung atau anak mempunyai pengalaman langsung tentang apa yang telah mereka lihat.
    2. Guru juga mengajak anak berdiskusi tentang benda apa saja yang telah dilihatnya.
    3. Guru memberikan kebebasan pada anak untuk menggambar apa saja sesuai dengan keinginan anak.
    4. Guru Memberikan kebebasan ada anak saat menggambar.
    Kelemahan dari video:
    1. Pengelolaan kelas yang kurang tepat, pengaturan tempat duduk anak kurang nyaman dan berdesakan sehingga susah melihat Ibu Guru karena terhalangi oleh temannya.
    1. Guru langsung memulai bercerita tanpa melakukan brainstorming terlebih dahulu misalnya menghubungkan cerita yang akan dibacakan dengan pengalaman anak sehingga anak tertarik dengan cerita yang akan dibacakan aplagi ketika ada seorang anak yang menyeletuk menyampaikan bahwa cerita tidak seru tetapi – guru sepertinya tidak menanggapi hal tersebut.
    2. Guru tidak menunjukkan buku cerita kepada anak, ada anak yang sampai menengok ke tempat duduk Bu Guru karena ingin melihat buku ceritanya.
    3. Guru harus memperhatikan anak-anak saat mengambil alat dan bahan agar anak-anak tertib
    4. Guru harus mendampingi dan melakukan pendekatan kepada anak-anak saat meminta anak untuk menceritakan kembali.

    Terimakasih

  8. Nama: Anisa
    Nim: 858708537
    Kegiatan yang dilakukan oleh guru sudah benar. Pada video guru tersebut berupaya untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Dimana seorang pendidik yang mengajak anak untuk menggambar bebas dengan memberikan contoh gambar, tetapi malah yg terjadi anak kurang kreatif dan meniru gambar guru. Setelah itu guru mempunyai inisiatif/ strategi yang diterapkan pada anak-anak, yakni sebagai berikut:
    a. Memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar
    b. Guru memberikan stimulasi pada anak, yaitu dengan mengajak anak keluar kelas dan memaanfaatkan media di luar kelas.

    Kelemahan dan kelebihan kegiatan tersebut :
    Kelemahan :
    1. Menurut pendapat saya, pada kegiatan dalam video, sebelum anak menggambar, guru meminta untuk menggambar pemandangan atau menggambar apa saja sesuai keinginan anak tetapi guru mencontohkan gambar di depan.
    2. Guru juga kurang dalam memberikan memotivasi siswa untuk berimajinasi dengan memberikan pilihan untuk meniru gambar yang dibuat guru.
    3. Guru tidak memberikan reward pada hasil pekerjaan/ gambar anak.

    Kelebihan dari video :
    1. Dengan kegiatan keluar kelas anak akan memiliki kesempatan seluas-luasnya dalam mengeksplor imajinasinya melalui benda / objek secara langsung atau anak mempunyai pengalaman langsung tentang apa yang telah mereka lihat. Guru juga mengajak anak berdiskusi tentang benda apa saja yang telah dilihatnya.
    2. Guru memberikan kebebasan pada anak untuk menggambar apa saja sesuai dengan keinginan anak.

  9. Antusiasme anak terhadap kegiatan pembelajaran meningkat karena mereka diajak keluar kelas oleh guru, yang memberi mereka kebebasan untuk mengamati sekitar dan menuangkan pengalaman tersebut dalam bentuk gambar.

    Salah satu kekurangan yang teridentifikasi pada guru adalah bahwa ia hanya menunjukkan satu contoh objek gambar kepada anak-anak. Hal ini dapat mengarah pada anak-anak meniru gambaran guru tanpa memiliki kesempatan untuk mengembangkan imajinasi mereka sendiri. Sebaiknya, guru seharusnya memberikan contoh gambar yang beragam agar anak-anak dapat memilih objek yang ingin mereka gambar.

    Keunggulan guru dalam pembelajaran melibatkan memberikan kebebasan kepada anak-anak untuk menggambar sesuai imajinasi mereka. Guru juga menggunakan tanya jawab sebagai metode untuk menggali informasi tentang gambar yang sedang dibuat oleh anak-anak.

    Saat guru melaksanakan pembelajaran, aspek uniknya adalah guru mengajak anak-anak keluar kelas untuk melihat objek secara langsung. Tujuannya adalah agar anak-anak dapat merasakan objek yang akan mereka gambar, meningkatkan imajinasi mereka, dan memungkinkan mereka mengungkapkan pendapat mereka sesuai dengan apa yang mereka lihat.

    Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, disarankan agar proses belajar tidak hanya terbatas di dalam kelas atau ruangan. Lingkungan sekolah sebaiknya dijadikan objek pembelajaran agar anak-anak dapat berkembang sesuai dengan tahapan usia mereka dengan metode yang menyenangkan.

  10. Ali Saikhu
    858448351
    Antusiasme anak terhadap kegiatan pembelajaran meningkat karena mereka diajak keluar kelas oleh guru, yang memberi mereka kebebasan untuk mengamati sekitar dan menuangkan pengalaman tersebut dalam bentuk gambar.

    Salah satu kekurangan yang teridentifikasi pada guru adalah bahwa ia hanya menunjukkan satu contoh objek gambar kepada anak-anak. Hal ini dapat mengarah pada anak-anak meniru gambaran guru tanpa memiliki kesempatan untuk mengembangkan imajinasi mereka sendiri. Sebaiknya, guru seharusnya memberikan contoh gambar yang beragam agar anak-anak dapat memilih objek yang ingin mereka gambar.

    Keunggulan guru dalam pembelajaran melibatkan memberikan kebebasan kepada anak-anak untuk menggambar sesuai imajinasi mereka. Guru juga menggunakan tanya jawab sebagai metode untuk menggali informasi tentang gambar yang sedang dibuat oleh anak-anak.

    Saat guru melaksanakan pembelajaran, aspek uniknya adalah guru mengajak anak-anak keluar kelas untuk melihat objek secara langsung. Tujuannya adalah agar anak-anak dapat merasakan objek yang akan mereka gambar, meningkatkan imajinasi mereka, dan memungkinkan mereka mengungkapkan pendapat mereka sesuai dengan apa yang mereka lihat.

    Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, disarankan agar proses belajar tidak hanya terbatas di dalam kelas atau ruangan. Lingkungan sekolah sebaiknya dijadikan objek pembelajaran agar anak-anak dapat berkembang sesuai dengan tahapan usia mereka dengan metode yang menyenangkan.

Leave a Reply