silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Nama: Fadilah Ulfiana
NIM: 8583034394
Menurut saya didalam video aspek yang mempengaruhi anak sulit untuk berimajinasi dalam menggambar karena guru mencontohkan terlebih dahulu,
Saya setuju bahwa salah satu mensimulasi anak untuk berimajinasi dalam menggambar yaitu dengan mengajak berkeliling melihat benda-benda disekitar kemudian meminta anak untuk menuangkannya dalam bentuk gambar sesuai dengan anak mampu atau imajinasinya.
Dengan adanya video ini memberikan masukan kepada saya untuk membimbing anak peserta didik dalam menggali imajinasi dan kreatifitas dalam menggambar agar tidak meniru gambar yang dicontohkan oleh guru maupun menirukan gambar milik teman.
Untuk menggali ide atau kreatifitas anak guru dapat menerapkan beberapa cara berikut :
– Membebaskan anak menggambar apa saja yang ia suka dan sesuai dengan imajinasinya.
– Guru memfasilitasi anak untuk menggali ide-ide atau imajinasi dengan mengajak anak ke halaman sekolah untuk melihat apa saja yang ada di halaman sekolah.
– Mintalah anak untuk bercerita tentang apa yang dilihat di halaman sekolah dan menggambarkan apa yang anak lihat.
– Kemudian guru melakukan tanya jawab dengan anak apa yang sudah digambar oleh anak
Srini Larasati
NIM : 857367647
Dengan adanya video ini memberikan masukan kepada saya untuk membimbing anak peserta didik dalam menggali imajinasi dan kreatifitas dalam menggambar agar tidak meniru gambar yang dicontohkan oleh guru maupun menirukan gambar milik teman.
Untuk menggali ide atau kreatifitas anak guru dapat menerapkan beberapa cara berikut :
– Membebaskan anak menggambar apa saja yang ia suka dan sesuai dengan imajinasinya.
– Guru memfasilitasi anak untuk menggali ide-ide atau imajinasi dengan mengajak anak ke halaman sekolah untuk melihat apa saja yang ada di halaman sekolah.
– Mintalah anak untuk bercerita tentang apa yang dilihat di halaman sekolah dan menggambarkan apa yang anak lihat.
– Kemudian guru melakukan tanya jawab dengan anak apa yang sudah digambar oleh anak
Srini Larasati
NIM : 857367647
PGPAUD Masukan Sarjana UPBJJ UT Pokjar Sawangan
Dengan adanya video ini memberikan masukan kepada saya untuk membimbing anak peserta didik dalam menggali imajinasi dan kreatifitas dalam menggambar agar tidak meniru gambar yang dicontohkan oleh guru maupun menirukan gambar milik teman.
Untuk menggali ide atau kreatifitas anak guru dapat menerapkan beberapa cara berikut :
– Membebaskan anak menggambar apa saja yang ia suka dan sesuai dengan imajinasinya.
– Guru memfasilitasi anak untuk menggali ide-ide atau imajinasi dengan mengajak anak ke halaman sekolah untuk melihat apa saja yang ada di halaman sekolah.
– Mintalah anak untuk bercerita tentang apa yang dilihat di halaman sekolah dan menggambarkan apa yang anak lihat.
– Kemudian guru melakukan tanya jawab dengan anak apa yang sudah digambar oleh anak
NAMA : Ni Gede Yuni Hernawati
NIM : 859008792
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar.
Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain:
Memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak,
Mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Menurut saya strategi tersebut sudah membantu, selain mengajak anak dan memberikan kebebasan dalam menuangkan imajinasi nya berupa gambar, guru dan lingkungan teman-teman sepatutnya memberikan apresiasi terhadapa hasil karya anak. Hal tersebut bisa memicu semangat anak untuk menuangkan ide-ide lainnya saat menggambar.
Nama : Eka Putri
Nim : 859143929
Dengan membiarkan anak menggambar dengan cara mereka sendiri, tanpa terlalu banyak aturan atau batasan, guru menciptakan lingkungan yang lebih santai dan ramah. Hal ini dapat membantu anak yang merasa cemas atau takut melakukan kesalahan, sehingga mereka merasa lebih nyaman untuk mengeksplorasi dan mengekspresikan diri mereka. Anak yang sulit berimajinasi saat menggambar dengan memberikan mereka ruang untuk bereksplorasi, bercerita, dan mengekspresikan diri tanpa tekanan. Ini adalah pendekatan yang memungkinkan anak untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitas mereka dengan cara yang alami dan menyenangkan.
nama : Ayulda Sulfaidar
Nim: 859418534
pada video yang ditampilkan diatas, guru meminta peserta didik untuk menggambar bebas, namu para peserta didik menemukan hambatan dalam menggambar bebas, mereka jutru meniru gambar yang dibuat oleh gurunya. solusi yang diberikan oleh guru adalah mengajak anak untuk keluar kelas untuk melihat lingkungan sekitar, dan hal tersebut dapat memberikan kemudahan kepada peserta didik untuk menemukan objek yang akan digambarnya.
adapun yang perlu diperbaiki pada video tersebut adalah: video terpotong sehingga kita tidak mengetahui bagaimana guru memberikan penjelasan kepada peserta didik terkait gambar yang akan dibuat, video langsung dimulai saat guru memberikan contoh gambar kepada peserta didik.
Nama : WINARTI,S.Pd
NIM : 857373508
Prodi : PG PAUD LINIER
Upbjj Bogor Pokjar Sawangan
Dalam video pembelajaran tersebut terlihat anak-anak sulit untuk berimajinasi menggambar bebas, cenderung meniru gambar teman atau contoh yang ada. lalu guru mengajak anak- anak untuk keluar halaman untuk melihat benda apa saja yang ada di halaman sekolah. Dan menceritakan apa yang di lihat nya.Setelah melihat apa yang ada di halaman sekolah akhirnya anak-anak menemukan imajinasi untuk menggambar . Akhirnya guru mengajak anak-anak kembali masuk ke dalam kelas untuk menggambar bebas.
Apa yang guru lakukan adalah sangat inovatif .anak di ajak untuk berfikir kreatif sesuai dengan kemampuan nya
Nama : serta sindy sihombing
Nim. :859888295
Vidio tersebut menggambarkan anak anak yang sulit berimajinasi untuk menggambar atau anak anak yang sulit untuk menuangkan ide ide kreatif yang ada pada dirinya,menurut saya vidio di atas sudah benar untuk di lakukan oleh pendidik terhadap anak didik.jika masih belum bisa menuangkan ide ide kreatif nya,guru bisa mengajak anak untuk melihat pemandangan apa saja yang ada di halaman sekolah.sehingga tidak terpokus pada satu objek.
Saya lihat vidio tersebut sudah bagus,setelah anak anak di ajak oleh guru ke halaman sekolah mereka bisa menggambarkan apa saja yang mereka lihat (sesuai dengan objek objek yang mereka lihat),sehingga anak anak bisa menuangkan ide ide kreatif yang ada pada diri masing masing setiap anak.
Terimakasih
Nama: Lubna Syasi Tazakka
NIM: 859505716
Menurut saya aspek yang mempengaruhi dalam vidio anak sulit berimajinasi dalam menggambar krna guru sudah terlebih dahullu mencontohkan dipapan tulis atau diselembar buku gambar, sehingga anak hanya akan meniru apa yang guru jelaskan. saya setuju dengan mengajak anak berkeliling halaman sekolah melihat benda tumbuhan dan sekitarnya, kemudian meminta anak menuangkan ide imajinasinya dengan gambar sesuai dgn kemampuan anak.