silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama : Lidya Ndeki
    NIM : 856325536
    Menurut saya apa yang sudah dilakukan oleh guru dalam video diatas sudah sangat baik, karena mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar adalah dengan memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

  2. Nama : Lidya Ndeki
    NIM : 856325536

    Menurut saya apa yang sudah dilakukan oleh guru pada video pembelajaran diatas sudah sangat baik, karena dalam mengatasi anak-anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar adalah dengan memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan dilapangan.

  3. Nama : Iis Afriyanti
    NIM : 857375526

    Hal yang saya sering temukan di masa saya sekolah dulu. Menggambar adalah hal yang sulit, karena kebanyakan gambar yang kita pelajari dahulu adalah gambar yang sudah dicontohkan oleh gurunya. Sehingga imajinasi atau kemampuan menggambar kita jadi terbatas dengan hal-hal yang sudah kita pelajari saja, tanpa adanya kebebasan bereksplorasi. Saat ini, kemampuan imajinasi sudah menjadi perhatian guru-guru, seperti yang dicontohkan ibu guru di video. Salah satu yang bisa mengembangkan imajinasi adalah melihat langsung benda-benda yang akan digambar.

  4. Nama Mukaromah
    NIM 856638743
    Setiap anak memiliki bakat dan minat masing-masing yang tidak bisa dipaksakan. Tapi bisa diarahkan.
    Pada kegiatan menggambar ini merupakan salah satu bentuk bakat anak. Supaya bakat tetsebut tetap terarah. Guru memberikan fasilitas dan cara agar bakat menggambar anak terarah.
    Salah satunya seperti yang ada di video tersebut. Mengajak keluar kelas, untuk melihat objek gambar yang akan digambar anak.
    Sebelum anak diajak melakukan kegiatan menggambar dengan objek yg ada. Anak tetap harus di beri modal awal cara atau tekhnik menggambar yang cocok untuk anak usia dini. Dan tidak terlalu rumit. Agar anak juga tidak terbebani dan akhirnya malas menggambar.
    Setelah gambar selesai, ajak anak bercerita, apa yang ia gambar.

  5. Nama : Lisnawarni Fransiska Manik
    NIM. : 859778339
    Menurut saya apa yang sudah dilakukan oleh ibu guru dalam video pembelajaran diatas sudah sesuai dengan keinginan anak2. Dimana ibu guru sangat sabar untuk menghadapi anak2, selain belajar di dalam kelas, anak2 juga belajar diluar kelas, yaitu dilingkungan sekolah, disitu anak2 belajar tentang nama2 tumbuhan atas bimbingan ibu guru, setelah mereka menceritakan apa yang telah mereka lihat di lingkungan sekolah tersebut, dengan cara seperti seperti itu anak2 akan senang sehingga mereka tidak bosan belajar didalam ruangan terus.

  6. Nama : Aisyah Rawati Lubis
    Nim : 859871926
    Setelah saya melihat vidio tersebut
    Menggambar adalah cara yang bagus bagi anak-anak untuk mengungkapkan kreativitas dan imajinasi mereka. Ketika anak sulit berimajinasi saat menggambar, mungkin ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, seperti kurangnya rangsangan visual atau pengalaman baru. Melalui video iniz saya dapat mengambil beberapa tips atau saran tentang bagaimana membantu anak untuk meningkatkan imajinasinya saat menggambar.

    Beberapa hal yang dapat saya ambil dari video tersebut yaitu

    1. Memberikan inspirasi: Video ini mungkin memberikan contoh atau ide tentang bagaimana memberikan inspirasi kepada anak saat menggambar. Misalnya, melalui cerita atau gambar-gambar yang menarik.
    2. Menggunakan imajinasi: Video ini mungkin menunjukkan pentingnya menggunakan imajinasi saat menggambar. saya dapay mencoba tips tentang cara mendorong anak untuk berpikir di luar kotak dan mengembangkan ide-ide kreatif.
    3. Menciptakan lingkungan yang mendukung: Video ini mungkin memberikan saran tentang bagaimana menciptakan lingkungan yang mendukung bagi anak untuk mengembangkan imajinasi mereka saat menggambar. Misalnya, dengan menyediakan bahan dan alat yang beragam, memberikan pujian dan dukungan, atau memberikan waktu dan ruang untuk bereksperimen.
    4. Mengenali keunikan anak: Video ini mungkin menggarisbawahi pentingnya mengenali keunikan dan minat anak dalam menggambar. Saya dapat mengambil inspirasi tentang cara mendukung keunikan anak, serta membantu mereka mengeksplorasi minat mereka dalam seni.

  7. nama : Nenden dian nola
    Nim : 858819463
    Dari hasil pengamatan kami, sebaiknya sebelum melakukan kegiatan menggambar. Kita tawarkan dahulu kegiatan main apa yang akan dilakukan. Seperti dalam video tersebut sebaiknya guru hanya memberikan klu bukan contoh dipapan tulis. Anak ditanyakan dulu kira-kira akan menggambar apa? Jika sudah mengetahui bentuk gambarnya anak didampingi untuk menggar sesuai imajinasinya. Kalau terjadi kesulitan guru baru memberikan contoh bentuk dalam gambar.

  8. Menurut pengamatan saya ….guru sudah memberikan kebebasan menggambar bebas sesuai imajinasi anak,dan untuk mengatasinya guru sudah mengajak anak anak untuk melihat pemandangan dari luar sekolah dan akhirnya anak anak mulai bisa menggambar dan menceritakan apa yang sudah di lihatnya, dan menurut saya alangkah lebih baik jika anak anak juga di ajak keluar sekolah sambil menggambar langsung apa yang mereka lihat sehingga anak-anak dapat menggambar langsung di lingkungan luar sekolah.

  9. Assalamu’alaikum wr wb
    Nama : Yeni marliani
    Nim : 857196038

    Berdasarkan video di atas setelah di amati dan di analisis ide yang di berikan guru untuk mengajak anak keluar halaman dengan melihat tanaman, benda-benda, dan lingkungan sekitar halaman sudah baik untuk memberikan ide atau imajinasi anak yang tidak hanya terpaku pada contoh gambar yang diberikan oleh guru saja saat guru menerangkan di depan papan tulis, kemudian di video tersebut juga guru memberikan apresiasi atas gambar yang dituangkan anak-anak ke media kertas gambar menggunakan alat crayon dengan memberikan kesempatan anak-anak bercerita di depan kelas dan menanyakan apa gambar tersebut serta boleh menceritakan nya kembali. Dari video tersebut sangat menginspirasi kita untuk mengajak anak-anak ke halaman atau area bermain sebagai inspirasi gambar nya agar mendapat ide yang beragam atas apa yang mereka lihat.

    Terimakasih….

  10. Reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru adalah anak merasa senang karena guru memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai dengan minat sehingga anak menjadi lebih kreatif dan anak lebih mudah berimajiansi . Guru juga mengajak anak berkeliling di lingkungan sekolah sehingga anak merasa lebih bebas dan menambah pengetahuan mereka bahwa di sekitar sekolah banyak hal hal dapat menambah pengetahuannya

Leave a Reply