silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak yang berusaha mengatasi masalah anak yang tidak bisa atau belum bisa menceritakan kembali isi cerita yang telah didengarnya. Cara-cara yang dilakukan guru adalah dengan beberapa langkah, yaitu mengkondisikan posisi duduk anak agar semua anak dapat melihat dan menyimak guru dengan jelas dan posisinya nyaman, sebelum bercerita, guru meminta anak untuk menyimak cerita dengan sungguh-sungguh dan menawarkan kepada anak akan adanya penghargaan bagi mereka yang bisa menjawab pertanyaan guru tentang isi cerita yang akan disampaikan, guru memilih cerita yang menarik, guru bercerita dengan intonasi, mimik dan gerak tubuh yang lebih ekspresif, guru menggunakan alat peraga ketika bercerita, di akhir cerita, guru melontarkan pertanyaan kepada anak tentang isi cerita, selanjutnya guru memberi kesempatan secara individual kepada anak untuk menceritakan kembali apa yang telah diceritakan oleh guru.

Ir. Melly Latifah, M.Si

Tujuan tayangan video ini adalah mengembangkan kemampuan bahasa reseptif (keterampilan menyimak) dan ekspresif (menceritakan kembali cerita yang didengar).

Tayangan video pembelajaran ini memiliki kekuatan dan kelemahan, sebagai berikut.

1. Membuka pembelajaran

kekuatan: Guru mengemukakan kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mengajak anak mendengarkan cerita dan mengemukakan judul cerita. Ini merupakan upaya untuk menarik minat anak mengikuti kegiatan.

Kelemahan: Guru kurang mengaitkan cerita dengan dunia pengalaman anak dan terkesan terburu-buru untuk segera bercerita, tampak bahwa anak belum “tune in” dan terkesan tidak tertarik dengan kegiatan yang akan dilakukan guru.

2. Mengisi pembelajaran

Kekuatan:

  1. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan whole language, yakni pendekatan keseluruhan bahasa, bahwa dengan bercerita, guru mengembangkan kemampuan menyimak sekaligus mengembangkan kemampuan menggunakan bahasa melalui kegiatan bercerita atau mengemukakan pendapat dalam sebuah pengalaman bahasa yang utuh.
  2. Penataan kelas dengan posisi anak duduk melingkar dan memnungkinkan anak dapat melihat semua gerakan dan cerita guru dengan baik.
  3. Pemilihan materi cerita dan media pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan anak dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Kelemahan:

  1. Dalam bercerita, terkesan guru terlalu cepat dan ingin segera menyelesaikan cerita sehingga dalam mengucapkan kalimat-kalimatnya tampak terburu-buru dan intonasi kurang ekspresif.
  2. Guru terlalu sibuk dengan ceritanya sendiri, tekstual dan membaca buku sendiri sehingga kurang memperhatikan dan kurang ada “kontak” dengan anak.
  3. Pengelolaan kelas masih kurang, belum tampak ada upaya untuk memusatkan perhatian anak ketika mereka tidak memperhatikan cerita guru, bahkan ketika anak sibuk dengan temannya atau tampak bosan dan mengantuk.

3. Menutup Pembelajaran

Kelemahan:

  1. Belum tampak adanya penguatan tentang isi cerita dan pesan moral yang disampaikan, yang menjadi “daya tarik sebuah cerita sekaligus untuk pendidikan karakter.
  2.  Belum tampak ada upaya memotivasi anak agar mau bercerita dengan baik.

Dra. Barokah Widuroyekti, S.Pd., M.Pd.

a. Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut.namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013

Rahmawati

Similar Posts

1,625 Comments

  1. Nama: Marisa Banunaek
    Nim: 825721353

    1.
    Judul: pengembangan bahasa PAUD

    Nama pengembang: Ir. Melly Latifah M.si

    Nama guru: Rahmawati

    Lokasi: ruang kelas

    Tema: anak sulit menceritakan kembali isi cerita yang telah di dengarnya

    Sinopsis: pada video ini menggambarkan upaya seorang g eeeuru taman kanak-kanak mengatasi masalah anak yang belom bisa menceritakan kembali cerita yang di dengarnya
    2.
    Kelebihan
    * Guru menyiapkan alat peraga ( buku cerita)
    * Guru memberikan pertanyaan
    * Guru mengajak ana duduk di karpet

    Kekurangan
    * Guru tidak mengatur cara duduk anak sehingga banyak yang bercerita di belakang
    * Cara bercerita yang tidak menggunakan intonasi yang baik
    *Kurang media bercerita sehingga banyak anak yang mengantuk

  2. Nama: Siti Zulaikhah
    Nim : 858843458
    Setelah saya mengamati video tayangan “anak sulit menceritakan kembali isi cerita yang telah didengarnya” ,menurut pendapat saya ada kelebihan dan kelemahan dalam video tersebut.
    Kelemahannya:
    1. Guru hanya memakai buku cerita dan tidak menggunakan alat peraga untuk menjaring minat anak.
    2. Guru terlalu cepat dalam menyampaikan cerita.
    3. Guru belum menguasai cerita.
    4. Saat bercerita ekspresi guru kurang menarik.
    5. Guru kurang berkolaborasi dengan anak dengan melakukan tanya jawab.
    Kelebihannya:
    1. Cerita mudah dipahami oleh murid.
    2. Nama-nama peran dalam cerita sangat lucu.
    3. Guru sudah mampu mengajak anak untuk berkumpul mendengarkan cerita.
    4. Ceritanya sesuai dengan AUD kelinci yang baik hati.
    Jadi guru sebaiknya terlebih dahulu mempersiapkan tempat duduk anak dengan baik dan mempersiapkan bahan cerita atau dengan menggunakan boneka tangan supaya anak-anak lebih senang mendengarkan cerita.

  3. YUSLINA FERA WILYANA
    858735108

    “Anak Sulit Menceritakan kembali isi Cerita Yang telah didengarnya”
    dalam video tersebut:
    1. Anak terlihat kurang menyukai cerita yang disampaikan oleh guru, terlihat ada beberapa anak yang berbicara sendiri saat guru bercerita
    2. Sebelum bercerai seharusnya guru memberi pengarahan kepada anak terlebih dahulu tentang aturan dalam kegiatan bercerita, seperti tenang dan fokus saat mendengarkan cerita, berani menjawab pertanyaan dari isi cerita, dan lain-lain.
    3. Alangkah baiknya guru menggunakan teknik atau media yang lebih menarik untuk anak, seperti menggunakan buku cerita bergambar yang ukurannya besar dengan tulisan yang jelas serta gambar yang cerah supaya anak lebih tertarik dalam mendengarkan cerita, sehingga anak dapat fokus dan mampu menjawab pertanyaan tentang isi cerita, serta mampu menceritakan kembali isi cerita yang telah di dengar.

  4. Setelah saya melihat video dengan judul “Anak sulit menceritakan kembali cerita yang di dengarnya”.
    Menurut pendapat saya ada beberapa kekurangan dan kelebihan yang terdapat didalam video tersebut..
    Kelebihan guru tersebut ialah :
    1. Guru sudah sangat antusias saat menceritakan cerita kepada anak.
    2. Anak dengan sesama mendengarkan apa yang diceritakan oleh guru.

    Kelemahan nya ialah:
    1. Saat bercerita sebaiknya guru tidak duduk dikursi.
    2. Sebaiknya guru duduk bersama anak2 agar lebihlebih menyatu dengan Anak didik.
    3. Guru sebaiknya melakukan ice breaking terlebih dahulu sebelum bercerita agar anak bisa terfokus pada guru.
    4. Guru didalam bercerita Menurut saya terlalu singkat sehingga anak kurang memahami isi cerita tersebut.
    5. Sebaiknya selesai bercerita guru menyampaikan pesan moral yang terdapat didalam cerita tersebut.

    – Menurut saya pembelajaran yang dilakukan oleh gurusangat dikenang oleh anak2, namun alangkah lebih baik dan lebih menarik anak guru sebaiknya saat menyampaikan cerita sebaiknya dengan ekspresi agar lebih menarik perhatian anak.

    – Dalam melakukan setengah kelas seharusnya dengan cara melingkar agar anak dapat melihat gurunya dengan jelas saat tanpa dihalangi oleh teman lainnya.

  5. Anak Sulit Menceritakan Kembali isi cerita
    Program video ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak yang berusaha mengatasi masalah anak yang tidak bisa atau belum bisa menceritakan kembali isi cerita yang telah didengarnya. Cara-cara yang dilakukan guru adalah dengan beberapa langkah, yaitu mengkondisikan posisi duduk anak agar semua anak dapat melihat dan menyimak guru dengan jelas dan posisinya nyaman, sebelum bercerita, guru meminta anak untuk menyimak cerita dengan sungguh-sungguh dan menawarkan kepada anak akan adanya penghargaan bagi mereka yang bisa menjawab pertanyaan guru tentang isi cerita yang akan disampaikan, guru memilih cerita yang menarik, guru bercerita dengan intonasi, mimik dan gerak tubuh yang lebih ekspresif, guru menggunakan alat peraga ketika bercerita, di akhir cerita, guru melontarkan pertanyaan kepada anak tentang isi cerita, selanjutnya guru memberi kesempatan secara individual kepada anak untuk menceritakan kembali apa yang telah diceritakan oleh guru.

    Setelah melihat tayangan video dengan judul”Anak sulit menceritakan kembali cerita yang di dengarnya” menurut pendapat saya ada beberapa kelebihan dan kekurangan guru dalam menyampaikan cerita diantaranya:
    Kelebihan Guru:
    1. Guru sudah menggunakan alat peraga berupa buku cerita
    2. Guru memberikan apresiasi terhadap siswa yang mau menjawab meskipun jawabannya masih salah.

    Kelemahan Guru:
    1. Guru menggunakan judul cerita yang kurang menarik bagi anak.
    2. Ketika bercerita guru menyampaikan dengan intonasi yang kurang tepat serta guru belum optimal dalam menunjukkan ekspresi body language bagi anak. Saaat membacakan cerita.
    3. Posisi duduk anak kurang porposional yang seharusnya anak-anak duduk melingkar sehingga semua sisiwa bisa melihat ketika guru sedang bercerita.
    4. Guru terlalu cepat dalam menyampaikan cerita sehingga anak sulit untuk memahami isi cerita yang dibacakan
    5. Guru belum menyampaikan pesan-pesan moral yang terdapat dalam cerita yang dibacakan.
    Berdasarkan kelemahan-kelemahan yang dimiliki guru tersebut menurut saya ada beberapa solusi yang dapat di lakukan untuk merangsang perkembangan bahasa anak AUD yaitu:
    1. Sebaiknya guru memberikan judul cerita yang menarik atau bisa dilakukan dengan memberikan beberapa judul cerita kemudian anak di suruh untuk memilih judul cerita yang disukainya.
    2. Sebelum melakukan kegiatan bercerita sebaiknya guru sudah menguasai isi cerita yang akan dibacakan
    3. Guru menyediakan terlebih dahulu Alat Peraga yang menarik bagi siswa misalnya dengan menggunakan boneka jari dan boneka tangan.
    4. Sebelum kegiatan bercerita Guru harus membuat kesepakatan dengan siswa untuk menyimak cerita yang dibacakan guru dengan tertib.
    5. Pada saat bercerita sebaiknya Guru harus terlihat siswa dari berbagai penjuru sehingga tidak ada siswa yang merasa terhalang teman nya dalam mendengarkan cerita dari guru

  6. Nama : Tutik Sri Harmini
    NIM : 858738744
    Setelah melihat tayangan vidio ” Anak sulit menceritakan kembali isi cerita yang telah didengarkannya ” tersebut sebagai guru saat bercerita kurang mengkondisikan situasi anak sebelum bercerita sehingga masih ada anak yang tidak memperhaikan dan bicara sendiri serta merasa bosan disaat guru sudah bercerita, serta guru tidak menunjukkan gambar buku cerita saat bercerita sehingga anak-anak ada yang maju dan berdiri mendekati guru untuk melihat buku ceritanya, dan pendidik tidak menggunakan media atau suara yang menarik sehingga anak tidak fokus mendengarkan cerita bahkan berbicara sendiri dan bermain dengan teman sebelahnya. Guruk sangat kreatif menggunakan nama lucu untuk anak-anak bintang dalam bercerita, serta memberi apresiasi ke anak yang tidak bisa menceritakan kembali isi cerita yang telah dibacakan.

  7. RIA SANDRA HENITA_858726528

    Deskripsi :
    Bu guru mengajak anak duduk dilantai, tanpa memperhatikan posisi duduk anak kemudian guru bercerita menggunakan buku cerita, namun dalam bercerita ekspresi guru biasa saja. Guru mulai membacakan cerita, mengenai keluarga kelinci yaitu “keluarga kuali”. Keluarga kelinci dengan lima ekor anaknya. Suatu hari, anak kelinci sedang bermaian di kebun yang indah. Kemudian kuncrung menolong pak gogoy yang sedang memanen wortel di kebun. Anak-anak tidak tertarik dengan cerita yang disampaikan bu neni

    3. Kekurangan:
    cerita tidak menarik bagi anak, tidak ada pembukaan, guru hanya membaca cerita, guru tidak memberikan reward kepada anak, guru kurang ekspresif dalam penyampaiannya, tidak menggunakan media pembelajaran
    kelebihan:
    pengelolaan kelas sudah baik ,suara guru keras dan mudah di dengar,guru sudah hafal ceritanya

  8. Setelah melihat tayangan video “anak sulit menceritakan kembali isi cerita yang telah didengarkannya” tersebut, menurut saya guru kurang menarik dalam menggunakan buku untuk bercerita. banyak anak dalam video ini tidak konsentrasi pada apa yang diceritakan guru. Kurang memperhatikan dapat menjadi salah satu akibat dari anak sulit untuk melakukan cerita kembali ketika diminta.

  9. Dalam video terlihat kurangnya perhatian dari anak pada saat guru bercerita
    ada beberapa hal yang harus di perhatikan guru pada saat ingin bercerita kepada anak-anak yaitu:
    1. Pilih cerita yang menarik
    2. Mengatur posisi duduk anak sehingga anak bisa melihat guru dengan jelas tanpa terhalang oleh temannya
    3. menggunakan media bercerita yang menarik
    4. memberi hadia kepada anak yang bisa menjawab pertanyaan dari guru

  10. Tanggapan saya untuk video ini sangat bagus, karena dapat menginspirasi saya untuk melaksanakan nya juga di lembaga saya. Untuk saran mungkin saya hanya menambahkan lebih bagus lagi dalam mengatasi masalah pada anak yang sulit mengulang kembali isi cerita yang didengarnya guru dapat menambahkan media yang digunakan seperti menggunakan media audio visual.

Leave a Reply