silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi strategi seorang guru Taman kanak-kanak yang mengalami masalah pada anak didiknya. Masalah tersebut adalah anak kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya. Cara yang dilakukan guru tersebut diantaranya adalah dengan melatih anak secara terus menerus dan perlahan untuk mengemukakan pendapatnya. Misalnya dengan melontarkan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak, memperlihatkan gambar kepada anak dan meminta anak menyampaikan pendapatnya tentang gambar tersebut. Cara lainnya adalah dengan meminta anak menggambar bebas, kemudian meminta anak untuk menceritakan gambar hasil karyanya di depan kelas. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan meminta anak membawa mainan atau buku kesayangannya dari rumah dan memintanya menceritakan tentang mainan dan buku kesayangannya itu di depan teman-temannya, tentu saja tahap awal guru memancing dengan pertanyaan seputar mainan atau buku tersebut.
Ir. Melly Latifah , M.Si
–
–
Pada tayangan video tersebut, untuk pembukaan dan isi sudah sesuai dengan ilustrasi namun untuk penutup belum terlihat. Penggunaan strategi, pendekatan, metode dan media sudah ada dalam tayangan tersebut, namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak sudah sesuai dengan materi pembelajarannya, demikian juga dengan kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku (anak memahami bahasa ekpresif).
Tri Ekawati
Izin menanggapi video diatas. Setelah saya menyaksikan video mengenai anak sulit mengungkapkan pendapat. Pada anak usia dini sering sekali kita menemui anak-anak yang sulit untuk mengungkap pendapatnya, hal ini dikarenakan antara lain : terbatasnya kosa kata yang mereka miliki, dan anak-anak masih merasa malu atau minder untuk mengungkapkan pendapat, ada juga anak yang merasa bingung bagaimana cara mengungkapkan pendapat. Jadi kita sebagai pendidik harus lebih aktif untuk memancing anak anak-anak berani mengungkapkan pendapat atau apapun yang ingin mereka ungkapkan. Seperti yang terdapat pada video diatas untuk mengatasi permasalahan anak sulit mengungkapkan pendapat seorang guru dapat melakukan hal-hal sebagai berikut, yaitu:
1. Seorang guru aktif memberikan pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak-anak/ yg berkaitan dengan dunia anak-anak.
2. Perlihatkan gambar kepada mereka kemudian mintalah pendapat tentang apa yang mereka lihat secara sederhana
3. Meminta anak untuk menggambar bebas lalau meminta mereka untuk menceritakan isi gambar yang telah mereka buat.
Izin menanggapi video diatas. Setelah saya menyaksikan video mengenai anak sulit mengungkapkan pendapat. Pada anak usia dini sering sekali kita menemui anak-anak yang sulit untuk mengungkap pendapatnya, hal ini dikarenakan antara lain : terbatasnya kosa kata yang mereka miliki, dan anak-anak masih merasa malu atau minder untuk mengungkapkan pendapat, ada juga anak yang merasa bingung bagaimana cara mengungkapkan pendapat. Jadi kita sebagai pendidik harus lebih aktif untuk memancing anak anak-anak berani mengungkapkan pendapat atau apapun yang ingin mereka ungkapkan. Seperti yang terdapat pada video diatas untuk mengatasi permasalahan anak sulit mengungkapkan pendapat seorang guru dapat melakukan hal-hal sebagai berikut, yaitu:
1. Seorang guru aktif memberikan pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak-anak/ yg berkaitan dengan dunia anak-anak.
2. Perlihatkan gambar kepada mereka kemudian mintalah pendapat tentang apa yang mereka lihat secara sederhana
3. Meminta anak untuk menggambar bebas lalau meminta mereka untuk menceritakan isi gambar yang telah mereka buat.
Nama : Lovelya Nurharani Hendranti
Nim : 858941919
Prodi : PGPAUD
Menurut saya, dalam menyampaikan pendapat pada anak usia dini perlu diberikan stimulus yang dilakukan berulang-ulang agar anak terbiasa berbicara di depan umum supaya dapat menimbulkan rasa percaya diri pada anak tersebut. Selain cara di atas kita sebagai guru juga dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut :
1. Perhatikan dan dengarkan anak: sebagai guru kita memberikan perhatian yang cukup pada anak, dengarkan apa yang anak katakan, dan beri respon positif terhadap pencapaian dan usaha anak. Ini akan memberikan rasa penghargaan pada anak dan meningkatkan kepercayaan dirinya.
2. Dorong eksplorasi dan kemandirian: sebagai guru kita memberi kesempatan pada anak untuk mencoba hal-hal baru dan mengembangkan keterampilan mereka. Ajak mereka untuk mengatasi tantangan dan berikan pujian ketika mereka berhasil melakukannya. Ini akan membantu mereka membangun keyakinan diri.
3. Fokus pada kelebihan atau bakat: sebagai pendidik kita membatu anak untuk mencari kelebihan atau bakat khusus yang dimiliki anak. Berikan kesempatan kepada mereka untuk berkembang dalam bidang tersebut. Hal ini akan membantu mereka merasa berharga dan percaya pada kemampuan mereka.
4. Libatkan dalam aktivitas sosial: ajak anak berinteraksi dengan teman sebaya dan terlibat dalam aktivitas sosial seperti bermain kelompok. Ini akan membantu mereka merasa diterima dan meningkatkan rasa percaya diri mereka dalam berhubungan dengan orang lain.
Nama : Firza Efendi
Nim : 859860962
Prodi : S1 PGPAUD
Pokjar : Kotabunan
Semester 8
Judul Video : Anak Sulit Mengungkapkan Pendapat
1. anak tidak dapat atau belum dapat mengungkapkan pendapat karena kurangnya stimulasi dari keluarga dan lingkungan.
2. Secara keseluruhan kelebihan guru dalam video tersebut yaitu :
-anak anak bebeas melakukan kegiatan atau permainan yang mereka inginkan
-guru memberikan kesempatan kepada ank untuk belajar mengungkapkan pendapatnya dengan
3. Secara keseluruhan kekurangan guru dalam video tersebut yaitu :
-terlalu banyak anak yang hanya dikelola oleh satu guru
-guru kurang kreatif dalam menyampaikan kegiatan pembelajaran
4. Hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melakukan pembelajaran yaitu:
–
5. Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan guru yang saya amati dari tayangan video tersebut upaya yang dapat saya usulkan untuk meningkatkan kwalitas pembelajaran berikutnya yaitu :
-Guru harus lebih aktif untuk memberikan beberapa pertanyaan terbuka, sehingga anak berani untuk mengungkapkan pertanyaan dari guru.
-Guru memperlihatkan gambar yang menarik/ buku yang menarik kepada anak kemudian guru bertanya kepada anak tentang buku tersebut (ada gambar apa saja di dalam buku ini dll).
-Guru memberikan kegiatan menggambar bebas kepada anak, kemudian guru meminta anak untuk menceritakan gambar tersebut di depan teman-temannya.
NAMA : SRI PUJI RACHMAWATI
NIM : 858745069
POKJAR ; WARU
UPBJJ : SURABAYA
Menurut saya dalam upaya menstimlasi anak yang kesulitan dalam menyampaikan pendapat perlu adanya kesabaran untuk dapat membuat rasa percaya diri anak meningkat, karena meningkatnya rasa percaya diri pada anak maka bersama dengan itu akan muncul pula lah keberanian dalam diri anak dalam mengemukakan pendapatnya. Guru atau orang tua harus dapat menyakinkan anak bahwa mereka itu berharga dan mampu atau pun hebat dengan berbagai macam stimulus-stimulus yang menurut anak adalah kesukaan / kegemaran mereka dan memberikan rasa nyaman pada diri mereka. Seperti contoh yang ada pada video dimana mereka akan mudah untuk mengemukakan pendapatnya jika mendapatkan stimulus berupa pertanyaan2 yang berkaitan dengan hal-hal yang mereka sukai, memperlihatkan gambar dan meminta anak mengemukakan pendapat tentang gambar tersebut, atau dengan meminta anak membuat gambar bebas sesuka hati mereka dan meminta mereka menceritakan tentang gambar yang telah mereka buat di depan teman2, dan juga meminta anak membawa mainan kesayangannya dan memberi pertanyaan kepada anak seputar mainan kesayangan mereka.
Nama Ida Sri Budiyanti
Nim 857156191
Mengatasi anak yang kesulitan menyampaikan pendapat, kita harus mengetahui penyebab nya konsultasi dengan ortua siswa karena banyak sekali kemungkinan, dalam video tersebut guru sudah menstimulasi siswa dengan tanya jawab secara individu, setelah anak menggambar anak bercerita tentang gambar yang di gambarnya .
Nama:karnelia ali
NIM:859404654
Prodi: PGPAUD S1
setelah saya melihat vidio tersebut dengan judul “cara mengatasi anak yang mengalami kesulitan dalam mengungkapkan pendapat”. saya setuju dengan tindakan yang dilakukan oleh guru tersebut. Setiap anak mempunyai kemampuan dan kecerdasan masing- masing dan tidak semua anak dapat mengungkapkan apa yang dirasa maupun pendapatnya. Stimulan pada vidio tersebut sangat tepat saya rasa.
mengajak anak untuk melakukan aktivitas menggambar apa yang disukai/apa yang mereka lihat sehingga anak bisa berkreasi sesuai imajinasi mereka dan meminta anak untuk menceritakan apa yang digambarnya kepada teman-temanya di depan kelas.menggunakn media cerita bergambar, dengan bercerita dan memperlihatkan gambar pada anak dan meminta anak untuk berpendapat sesuai dengan gambar yang dilihatnya atau menceritakan kembali cerita yang didengarnya.
Nama : Asi Purwati
Nim. : 859404679
Dari video “Anak sulit mengungkapkan pendapat”
Biasanya penyebab terjadinya anak sulit mengungkapkan pendapat dikarenakan kurangnya stimulasi bicara aktif. Cara yang dilakukan guru tersebut untuk menstimulus anak diantaranya melontarkan beberapa pertanyaan tentang hal- hal yg disukai anak, meminta anak membawa mainan atau buku kesayangannya di rumah dan memintanya menceritakan tentang mainan dan buku kesayangannya itu didepan teman-temannya sudah baik. Menurut saya, cara lain yang dapat dilakukan untuk menambah stimulus anak yaitu dengan melihat tayangan video dari sebuah cerita, anak mendengarkan cerita dari buku bacaan, ketika jam istirahat mengajak anak untuk bercerita tentang apa yang Anda lihat dan apa yang terjadi pada temannya.
Nama : Ade Andriani Liswan
NIM : 859402399
Prodi : PGPAUD – S1
pokjar pangkep sem.4
menurut saya apa yang telah dilakukan pendidik pada video “ cara mengatasi anak yang mengalami kesulitan dalam mengungkapkan pendapat “ sudah sangat tepat, kesulitan ini biasanya terjadi karena kurangnya stimulasi bahasa dari lingkungan sekolah dan tingkat kepercayaan diri anak yang rendah sehingga mereka menjadi sungkan mengemukakan pendapat/perasaan mereka.
dalam video, kosa kata yang digunakan pendidik sudah sangat mudah dipahami juga mampu menambah perbendaharaan kata pada memori anak.
hanya saja, mungkin strategi pembelajarannya perlu di perbaiki lagi seperti misalnya menayangkan video-video yang sekiranya semua anak-anak suka, itu bisa meningkatkan daya fokus anak sehingga tidak ada lagi anak yang berlari kesana kemari seperti yang terjadi pada video di atas.
Nama : Setyowati Susilo
Nim : 857085878
Setelah melihat video tersebut saya sudah sangat setuju dengan stimulus yang diberikan pendidik kepada anak yang sulit mengungkapkan pendapat . pendekatan yang dilakukan pendidik atau guru sangatlah berarti untuk perkembangan bahasa anak tersebut yakni contohnya selalu mengajak anak tersebut bicara atau berdialog atau menanyakan sesuatu atas apapun kegiatan atau hal apa yang ia sukai.