silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi strategi seorang guru Taman kanak-kanak yang mengalami masalah pada anak didiknya. Masalah tersebut adalah anak kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya. Cara yang dilakukan guru tersebut diantaranya adalah dengan melatih anak secara terus menerus dan perlahan untuk mengemukakan pendapatnya. Misalnya dengan melontarkan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak, memperlihatkan gambar kepada anak dan meminta anak menyampaikan pendapatnya tentang gambar tersebut. Cara lainnya adalah dengan meminta anak menggambar bebas, kemudian meminta anak untuk menceritakan gambar hasil karyanya di depan kelas. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan meminta anak membawa mainan atau buku kesayangannya dari rumah dan memintanya menceritakan tentang mainan dan buku kesayangannya itu di depan teman-temannya, tentu saja tahap awal guru memancing dengan pertanyaan seputar mainan atau buku tersebut.

Ir. Melly Latifah , M.Si

Pada tayangan video tersebut, untuk pembukaan dan isi sudah sesuai dengan ilustrasi namun untuk penutup belum terlihat. Penggunaan strategi, pendekatan, metode dan media sudah ada dalam tayangan tersebut, namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak sudah sesuai dengan materi pembelajarannya, demikian juga dengan kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku (anak memahami bahasa ekpresif).

Tri Ekawati

Similar Posts

1,299 Comments

  1. nama mahasiswa : MAYFRIZAYENI
    Nim : 859877056
    pokjar medan

    Nama judul video “Anak sulit mengemukakan pendapat” seri pembelajaran bahas.
    Dalam video tersebut guru sudah mendekati dan menanyakan tentang kegiatan setiap harinya kepada murid-muridnya namun murid tersebut susah untuk memberikan pendapatnya dan permasalahan tersebut.
    kurangnya stimulus dalam bahasa dapat berdampak pada anak yang tidak percaya diri.

    Dan berikut ulasan ttg mengatasi anak yg sulit mengemukakan pendapat yakni
    * guru memberikan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yg disukai anak-anak
    * guru dapat perlihatkan gambar kepada anak kemudian mintalah pendapat anak tentang gambar tersebut.
    * mintalah anak untuk menggambar bebas kemudian mintalah anak untuk menceritakan gambar yg telah dibuatnya kpd teman2nya
    * mintalah anak untuk menceritakan didepan kelas teman2nya mainan kesayangan yg dibawanya dr rumah.
    * apresiasi setiap ucapan yang di ucapkan anak.

  2. Nama : Nurintan Desianti
    NIM : 857454678
    Pokjar : awpari- Tasikmalaya
    Kelas :A
    Mata Kuliah : Metode Penembanan Bahasa
    Tutor : Nur Dini Fauziah, M.Pd

    Izin menangapi dari video di atas :
    dari Video diatas, terlihat anak yang sulit mengeluarkan pendapat karena kurannya stimulus dari guru. berikut adalah cara menctimulus anak ketika pembeajaran di kelas :
    1. lontarkan pertanyaan yan disukai anak.
    2. Perlihatkan ambar kepada anak kemudian mintalah anak untuk berpendapat tentang gambar tersebut
    3. Mintalah anak untuk menggambar bebas, kemudian ceritakan di depan kelas
    4. Mintalah anak untuk menceritakan mainan kesayangan yang di bawa anak dari rumah.

    kurannya stimulus berbahasa aktif bisa berdampak pada anak kuran bisa mengungkapkan pendapat,untuk itu tugas kita sebagai guru untuk menstimulusnya.
    Terimakasih.

  3. Nama : Gabriella Friska
    NIM : 857458256
    Pokjar : Gambir (Cirebon)
    Matkul : Metode Pengembangan Bahasa
    Tutor : Nur Dini Fauziah, M.Pd

    Menanggapi video GPO (Anak Sulit Mengungkapkan Pendapat)
    Dari video tersebut terlihat anak sulit/tidak tahu cara mengungkapkan pendapat, ini dikarenakan kurangnya stimulasi pada aspek bahasanya. Berikut ini beberapa stimulasi yang dapat dilakukan kita sebagai pendidik dalam mengembangkan aspek bahasanya terutama dalam berbicara aktif, diantaranya :

    – Mengajak anak berbicara tentang hal-hal yang disukai anak, mulai dari yang disukai anak terlebi dahulu karena itu dapat memicu anak untuk mengeluarkan perasaannya melalui hal yang ia sukai.
    – Menunjukkan sebuah gambar dan melaukan tanya jawab tentang gambar tersebut, sehingga anak mau mengeluarkan pendapatnya tentang gambar yang dilihatnya.
    – Mengajak anak menggambar bebas, dari kegiatan ini kita mengarahkan anak agar dapat mencurahkan perasaannya melalui gambar yang ingin ia buat.
    – Menceritakan gambar yang ia buat, seperti anak maju ke depan untuk menunjukkan gambar yang dibuatnya dan menceritakan gambar tersebut.

    Sekian tanggapan saya, terimakasih .

  4. Nama : Kadek Dian Maha Dewi
    Nim : 859012832
    Prodi : S1PGPAUD
    Dari video tersebut saya simpulkan bahwa kemampuan berpendapat sangat penting bagi siswa karena untuk mengembangkan potensi yang ada dalam diri siswa, dan ketika siswa dapat mengembangkan potensi yang ada pada dirinya maka akan terjadi suatu kegiatan pembelajaran yang aktif di kelas. Ada beberapa alasan yang menyebabkan siswa tidak berani bertanya dan berpendapat antara lain, takut dianggap bodoh dan ditertawakan teman-temanya, takut disuruh maju menyelesaikan soal atau menjelaskan secara lebih rinci pendapatnya kedepan kelas oleh guru. Hal tersebut sangat menghambat untuk siswa mengemukakan pendapatnya.

  5. Menurut saya tentang video yg saya lihat sangat bagus untuk mengatasi anak sulit mengungkapkan pendapat,,
    Cara mengatasinya yaitu:minta anak melihat gambar yang mereka sukai,minta anak menggambar dan mewarnai gambar yang mereka sukai,kemudian minta anak berbicara tentang gambar yang mereka buat

  6. Nama : Nur Laila
    NIM : 85874541
    Prodi : PG PAUD

    Menurut saya dalam video “Anak Sulit Mengungkapkan Pendapat” sudah memberikan gambaran solusi yang baik. Namun ada beberapa cara juga bisa dilakukan untuk merangsanganak dalam mengungkapkan pendapat diantaranya: berdiskusi tentang hal-hal sehari- hari yang dilakukan anak. Misalnya : menanyai anak tadi sudah sarapan apa belum, sarapan apa tadi. Dengan pertanyaan terbuka tersebut dapat merangsang anak untuk berpendapat. Memberikan motivasi dengan gambaran perilaku temannya, memberikan kebebasan pada anak dengan menyampaikan pengalamannya, memberikan cerita yang mudah dimengerti anak. Berikan anak pujian ketika ia mengutarakan pendapat.

  7. Nama : Sarika Julia Ananda
    Nim : 85056155
    Pgpaud S1
    pokjar medan

    Menurut saya untuk mengatasi anak yang sulit mengemukakan pendapatnya yaitu bisa kita lakukan dengan memberikan stimulus kepada anak secara berulang ulang akan tetapi kita harus memperhatikan terlebih dahulu bagaimana nak tersebut ,terutama kita harus mencari tahu keadaan anak dilingkungan nya (utamanya dalam keluarga)karena biasanya anak yang kurang mampu mengungkapkan pendapat itu jarang melakukan komunikasi dilingkungan nya jadi setelah mengetahui penyebabnya maka kita bisa lebih mudah membantu anakengatasi permasalahan yang dia hadapi bisa dilakukan dengan melakukan tanya jawab tentang kebiasaan anak dan lainnya.

  8. Nama :Ian mijayanti
    NIM :857457437
    Pokjar :Awipari tasikmalaya
    Kelas :A
    Mata kuliah :Metode pengembangan bahasa
    Tutor : Nur dini Fauziah,M.pd
    Bismillah izin menanggapi video di atas :Dari video di atas terlihat anak yang sulit mengeluarkan pendapat karena kurangnya stimulus dari guru, menurut pendapat saya untuk menstimulasi anak anak tersebut yaitu :
    1. Berikan suasana yang aman dan terbuka: Ciptakan lingkungan di mana anak merasa aman untuk berbicara dan mengungkapkan pendapat mereka. Jaga komunikasi terbuka, dengarkan dengan sabar, dan hindari mengkritik atau mengevaluasi setiap pendapat yang mereka sampaikan.

    2. Gunakan teknik bertanya terbuka: Gunakan pertanyaan yang tidak hanya membutuhkan jawaban “ya” atau “tidak”, tetapi mendorong anak untuk memberikan penjelasan atau pandangan mereka. Misalnya, tanyakan “Apa pendapatmu tentang ini?” atau “Apa yang kamu pikirkan tentang situasi ini?”.

    3. Gunakan media dan aktivitas yang menarik: Beberapa anak mungkin lebih mudah mengungkapkan diri mereka melalui media seperti gambar, seni, atau permainan. dan melalui media tersebut anak supaya dapat menceritakan kepada temannya di depan kelas hal ini dapat membuka percakapan dengan teman temannya serta guru

    4. Jaga kesabaran dan perhatian: Sulit bagi anak untuk mengungkapkan pendapat mereka jika mereka merasa tidak didengarkan atau diabaikan. Berikan perhatian penuh saat mereka berbicara, tunjukkan minat dan kesabaran dalam mendengarkan apa yang mereka sampaikan.

    5. Beri contoh dengan mengungkapkan pendapat kita sebagai guru: Tunjukkan kepada anak bahwa pendapat mereka dihargai dengan memberikan contoh kita sebagai guru terhadap anak-anak. Berbagi pendapat tentang topik yang relevan dan ajak anak-anak untuk memberikan tanggapan atau pendapat anak-anak tersebut

    6. Libatkan mereka dalam keputusan: Agar mereka di berikan kesempatan untuk berpartisipasi dan melatih kemampuan mereka dalam mengungkapkan pendapat mereka

    kesimpulannya bahwa setiap anak memiliki kecepatan dan gaya berbeda dalam mengungkapkan pendapat. Bersabarlah dan berikan dukungan yang konsisten saat mereka memperoleh kepercayaan diri untuk mengemukakan pendapat mereka dengan lebih mudah.
    demikian pendapat dari saya terimakasih

  9. Nama : Ilma Faidatul Khusna
    NIM : 858848077
    Jurusan : S1 PGPAUD

    Dalam video tersebut dijelaskan seorang guru yang mempunyai masalah dengan anak didiknya. Yaitu si anak kesulitan mengungkapkan pendapatnya.
    Beberapa cara dilakukan guru untuk melatih anak agar bisa mengungkapkam pendapatnya yaitu dengan melatih anak secara terus menerus dan perlahan untuk mengemukakan pendapatnya. Misalnya dengan melontarkan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak, memperlihatkan gambar kepada anak dan meminta anak menyampaikan pendapatnya tentang gambar tersebut. Selain itu cara lain yang dilakukan guru ialah dengan meminta anak menggambar bebas, kemudian meminta anak untuk menceritakan gambar hasil karyanya di depan kelas, meminta anak membawa mainan atau buku kesayangannya dari rumah dan memintanya menceritakan tentang mainan dan buku kesayangannya itu di depan teman-temannya. Terimakasih……

  10. Nama : Vivi Lianata
    NIM :857502682

    Video anak sulit mengungkapkan pendapat
    pada video diawal anak sedang bermain sambil membawa bekal dan guru bertanya “apa yg kamu lakukan apabila ada teman tidak membawa bekal” jawab anak “tidak tahu”.
    kemudian ada anak yg sedih krn mau main , lalu anak bertanya pd fauzan “apa yg fausan lakukan apabila ada temannya yg mau mainnan ini” jawab fauzan “tidak tahu”
    yg ke tiga ada anak dita nya guru” tau ga knapa sebelum makan harus cuci tangan” lagu anak menjawab “tidak tahu”
    bagaimana mengatasi anak yg sulit mengemukakan pendapat, seringkali anak tersebut disebabkan kurang stimulasi bicara aktif, beberapa tip nya:
    1) lontarkan beberapa pertanyaan yg disukai anak, seperti
    -makanan apa yg kamu sukai dirumah?
    -kamu lagi main apa?
    -kamu senang warna apa?
    -kamu sedang baca apa?
    -dirumah suka nonton apa?
    2)Lontarkan pendapat anak tentang pendapatnya
    3)Mintalah anak membuat gambar bebas dan menceritakan karya seni buatannya dipresentasikan didepan teman-temannya di kelas
    4)Mintalah ceritakan mainan kesukaannya didepan kelas

    video ini mebahas tentang anak yg sulit mengemukakan pendapat dan memberikan cara-cara untuk mengatasi permasalahan anak yg sulit mengemukakan pendapat

Leave a Reply