silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.

Netti Hernawati

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

  1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
  2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
  3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
  4.  Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

  1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
  2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

  1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan

Evanigustiningtyas

Pakar Dosen

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Pakar Guru
1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/ berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut. 2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya 3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun 4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas

Similar Posts

1,909 Comments

  1. Nama : Dwi Putri Sihaloho
    NIM : 858448763
    Prodi : S1-PGPAUD
    GPO Seri Pengembangan Kognitif PAUD “Anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip”
    Pada video di atas guru memiliki oeran penting dalam proses belajar anak-anak. Bukan hanya guru
    saja tetapi orang tua juga. Untuk mengembangkan kemampuan anak agar dapat membedakan huruf
    b, d dan f, maka perlu mrngajar dengan kreatif, berinteraksi dengan anak. Hal ini dapat dilakukan
    secara berulang-ulang dengan mengajak anak membaca kata yang mengandung huruf yang
    berbeda, contohnya b dan p.
    Agar anak mampu mengenal huruf yang mirip, anak harus mengenal konsep yang jelas. Banyak
    cara yang dapat dilakukan agar anak tidak kesulitan dalam membedakn huruf yang mirif. Seperti
    memanfaatkan barang sekitar, bermain samba belajar, mengajak anak membaca. Saat di sekolah
    guru juga harus melibatkan semua anak dalam pembelajaran

  2. nama: Bella Renanda
    nim: 857503763
    prodi: pgpaud

    a. Judul : Anak tidak dapat membedakan huruf b,d,dan p .
    Penulis naskah : neti hernawati
    Penelaah materi : trini prastati
    Sutradara : donny harsabudhi
    Lokasi : dalam kelas
    Kelompok anak : kelompok B
    Ringkasan dalam video : Dalam video ini anak tidak dapat membedakan beberapa huruf yang sama seperti b,d dan p. Dalam hal ini dapat kita ajak anak-anak untuk meraba bentuk huruf-huruf tersebut dengan menggerakkan tangan anak-anak mengikutinya kemudian kita menuliskan di depan yaitu di papan tulis huruf-huruf tersebut dan menyebut nama-namanya dengan lantang atau jelas kemudian anak-anak disuruh untuk mencoba maju ke depan dan menulis huruf sembari menyebutkan nama huruf tersebut setelah itu berilah reward untuk anak-anak yang sudah melakukannya dan berilah dukungan untuk anak-anak yang belum melakukannya agar bersemangat
    b. Ya,
    c. – Ibu guru dalam video ini tidak menulis di papan tulis
    – dalam memperagakan huruf ibu ini keliru harusnya huruf b itu lengkung ditengah tp tidak di jelaskan secara rinci perkataan “ lengkung di tengah “ seakan-akan lengkung dimana saja
    – tidak mempraktekan secara langsung di buku tulis agar terbiasa dan teringat
    – tidak menggunakan simbol kata seperti “ huruf b itu untuk baju” karena anak akan lebih mudah mengingat menggunakan simbol-simbol

    terima kasih ,mohon maaf bila ada kekurangan

  3. nama : bella renanda
    nim : 857503763
    prodi : pgpaud

    a. Judul : Anak tidak dapat membedakan huruf b,d,dan p .
    Penulis naskah : neti hernawati
    Penelaah materi : trini prastati
    Sutradara : donny harsabudhi
    Lokasi : dalam kelas
    Kelompok anak : kelompok B
    Ringkasan dalam video : Dalam video ini anak tidak dapat membedakan beberapa huruf yang sama seperti b,d dan p. Dalam hal ini dapat kita ajak anak-anak untuk meraba bentuk huruf-huruf tersebut dengan menggerakkan tangan anak-anak mengikutinya kemudian kita menuliskan di depan yaitu di papan tulis huruf-huruf tersebut dan menyebut nama-namanya dengan lantang atau jelas kemudian anak-anak disuruh untuk mencoba maju ke depan dan menulis huruf sembari menyebutkan nama huruf tersebut setelah itu berilah reward untuk anak-anak yang sudah melakukannya dan berilah dukungan untuk anak-anak yang belum melakukannya agar bersemangat
    b. Ya,
    c. – Ibu guru dalam video ini tidak menulis di papan tulis
    – dalam memperagakan huruf ibu ini keliru harusnya huruf b itu lengkung ditengah tp tidak di jelaskan secara rinci perkataan “ lengkung di tengah “ seakan-akan lengkung dimana saja
    – tidak mempraktekan secara langsung di buku tulis agar terbiasa dan teringat
    – tidak menggunakan simbol kata seperti “ huruf b itu untuk baju” karena anak akan lebih mudah mengingat menggunakan simbol-simbol

  4. Pada tayangan vidoi tadi bu gurunya sangat bagus sdalam menerapkan strategi pembelajarannya. Dan langkah yang di lakukan adalah:
    1. Anak diajak untukmembaca bersama huruf b,d,p
    2. Guru mengeluarkan kata yang diawali dengan huruf tersebut.
    3. Guru menguapkan berulang- ulang huruf tersebut sampai anak memahami betul bunyinya.
    4. Guru meminta anak menulis bersama diangkasa huruf tadi
    5. Dan anak di suruh menuliskan huruf yang dibunyikan tadi di papan tulis
    6. Pada kegiatan ini guru memberi penguatan pada siswa yang berhasil maupun yang tidak berhasil

  5. Nama : Muliana
    Nim : 858796603
    Prodi : S1PGPAUD

    Menurut saya vidio diatas guru sudah menjelaskan dengan baik bagaimana cara menyampaikan huruf (b,d,p) yang sering salah penyebutannya dan sering terbalik saat penyusunannya mana yang huruf b,d,p padahal guru sudah menjelaskan dengan jelas serta membuat metode yang berbeda beda supayah anak dapat lebih faham dengan metode pembelajaran yang berbeda-beda itu.
    sedikit saran kalau bisa dapat ditambahkan lagi cara pembelajarannya dengan metode memberi warna pada huruf b,d,p supaya anak bisa membedakan huruf melalui warna-warna yang berbeda
    selebihnya saya rasa sudah bagus metode pembelajaran video di atas,demikian saran dari saya terimakasih

  6. Nama : Nurul Auvari
    NIM : 859145986
    Prodi : PGPAUD S1

    GPO seri Pengembangan kognitif PAUD
    “Anak tidak dapat membedaka huruf yang mirip”

    Dari video di atas anak anak diajarkan untuk membedakan huruf huruf yang mirip, dalam tahap belajar anak disini guru sangat berperan penting dalam perkembangan anak selain guru orang tua juga turut berperan dalam perkembangan anak, dari video tersebut bahwa guru sedang menjelaskan perbedaan antara huruf b, d, p. Ada yang kurang dalam pembelajaran tersebut larena guru kurang dalam memeberikan media kepada anak, konsep belajar anak paud yaitu dengan belajar dan bermain. Maka dari itu guru harus menyedikan media ke pada anak agar anak lebih mudah memahami dan lebih mudah untuk menirukan huruf tersebut, contoh media yang dibutuhkan yaitu plastisin, pasir, maupun benang. Jika guru telah memberikan media tersebut anak akan lebih mudah menirukan bentuk dan lebih mudah untuk di pahami oleh anak. Selain itu guru juga harus menginformasikan ke pada orang tuanya agar dapat membimbing anak anaknya untuk mengulang pembelajaran yang telah diberikan agar anak dapat mempelajarinya atau mengerti dengan mudah dan cepat

  7. Nama : Okriana Subekti
    Nim : 857609025
    Prodi : S1 PGPAUD

    Dari video pembelajaran di atas anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip menurut saya sudah cukup bagus karena dalam video tersebut guru sudah menjelaskan dan mengajak secara langsung kepada anak-anak untuk belajar membedakan huruf-huruf yang sulit bagi anak usia dini dengan metode yang menyenangkan dan mudah diingat oleh anak-anak namun pada video tersebut hal yang perlu guru perbaiki adalah guru dalam membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar sehingga anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/ berpendapat/mengamati selain itu guru juga bisa mengajarkan dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya, tidak hanya dengan APE.

  8. Nama : Ima Siti Mualimah
    Nim : 857484996
    PG PAUD Masukan Sarjana
    dalam tayangan vidio tentang anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip, guru sudah memberikan kegiatan pembelajaran dengan baik yaitu mengatasi anak membedakan huruf p, d, dan b. dengan menggunakan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, serta menggunakan media kartu huruf, selain itu guru mengajak anak menulis huruf di angkasa. namun dalam kegiatan tersebut masih ada anak yang sulit membedakan huruf p, d, dan b, alangkah baiknya sebelum mengenalkan huruf guru terlebih dahulu mengenalkan simbol garis seperti garis lurus ke atas ( I ) bisa dinamakan “tikitik-kitik” garis ke samping (__) dinamakan “jret” lengkung kiri ( C ) dinamakan ” dut ” dan lengkung ke kanan dinamakan ” toet”. dengan memberi nama pada simbol garis tersebut ketika anak belajar menulis huruf anak di ajak guru sambil menyebutkan nama-nama simbol garis tersebut sehingga dengan begitu memudahkan anak dapat membedakan huruf yang sama.

  9. NAMA : SRINI LARASATI
    NIM : 857367647

    Menanggapi video dari Seri Pengembangan Kognitif PAUD dengan judul video: Anak Tidak Dapat Membedakan Huruf yang Mirip, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :

    1. Banyak Anak AUD keliru dalam penulisan huruf yaitu huruf b, d, dan p.
    2. Cara mengatasi murid AUD dalam salah menulis huruf b, d, dan p adalah dengan memperkenalkan huruf demi huruf dari seluruh huruf yang ada yaitu huruf b, d, dan p merupakan huruf yang mirip.
    3. Huruf b, d, dan p sulit dibedakan karena memiliki bentuk yang hampir sama

    Berikut ini adalah langkah-langkah dalam mengajarkan anak AUD menulis dan membedakan huruf b, d, dan p :
    1. Ajak anak membaca bersama 2 kata yang mengandung huruf b, d, dan p contoh : papa dodi, beli buku. Jelaskan kepada anak bahwa kedua kata tersebut diawali dengan 2 huruf yang hampir sama, ucapkan kata per kata secara berulang sampai anak memahami perbedaan bunyi dari masing-masing kata yang diawali dengan huruf yang memiliki kemiripan , contoh : bobo, dodi, papa dll.
    2. Minta anak menulis di angkasa masing-masing huruf tadi yaitu huruf b,d, dan p.
    3. Minta beberapa anak untuk menuliskan huruf b, d, dan p di papan tulis.
    4. Berikan penguatan pada anak yang sudah berhasil dan berikan bimbingan bagi anak yang masih belum melakukan.

  10. Nama:Trisnawati
    Nim:859171935
    Prodi:BPPAUD
    setelah saya simak vidionya di atas,cara penyampai materi bagus,mengajak anak secara langsung,agar tau bagaimana caranya,membedakan huru2 yg mudah & huruf yg Sulit atau sulit di bedakan bagi anak usia dini,namun dalam hal penyampaian materi ,Bu guru terlalu fokus,sehingga anak2 tidak di berikan kesempatan untuk mengeluarkan berpendapat,saran dari saya Bu,alangkah bagusnya jika di materi pembelajaran anak2 memberi warna pada huruf,p,b & d,supaya anak lebi bisa membedakan.

Leave a Reply