silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.

Netti Hernawati

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

  1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
  2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
  3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
  4.  Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

  1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
  2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

  1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan

Evanigustiningtyas

Pakar Dosen

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Pakar Guru
1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/ berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut. 2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya 3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun 4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas

Similar Posts

1,892 Comments

  1. Nama : Rani Drajat
    NIM : 857441467

    Secara keseluruhan video ini berisi upaya seorang guru untuk mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf yang mirip seperti b, d, dan p. Guru sudah tepat dengan memilih metode mengajak anak membaca bersama 2 kata yang mengandung huruf b, d dan p, meminta anak menulis huruf di angkasa, lalu meminta anak menulis di papan tulis dan selanjutnya memberikan penguatan bagi anak yang sudah tepat dan yang belum tepat. Akan tetapi tampaknya masih sulit diikuti anak, sehingga anak nampak pasif hanya mendengarkan saja dan pembelajaran hanya satu arah. Dan juga media yang digunakan ada tapi belum beragam. Akan lebih mudah dipahami dan menyenangkan jika guru menggunakan metode bermain misalnya lomba mengelompokkan huruf yang sama dengan memanfaatkan media kartu huruf yang dikhususkan pada penggunaan huruf b, d, dan p, menggunakan gerak dan lagu yang mengenalkan huruf b, d dan p, memanfaatkan media loose part, dan menulis di media pasir atau beras yang menarik minat anak. Diharapkan melalui m metode dan media ini akan meningkatkan pemahaman anak terhadap huruf yang mirip dan dapat meningkatkan minat anak agar memunculkan keaktifan di kelas. Terimakasih 🙂

  2. Nama : Iis Istikomah
    NIM : 857473567

    Pada video diatas menggambarkan tentang usaha guru dalam pengembangan kognitif pada anak yang belum dapat membedakan huruf yang mirip seperti ‘b’, ‘d’, dan ‘p’. Dalam video diatas guru menggambarkan tentang bagaimana Solusi untuk meningkatkan kemampuan membedakan huruf pada anak dengan berbagai kegiatan dengan menggunakan metode pembelajaran yang interaktif seperti bermain kartu huruf, melakukan aktivitas variasi seperti membaca kata bersama yang berisi dua suku kata dengan huruf yang sama, membaca kata per kata, dan menulis huruf di udara sebelum dituliskan di papan tulis.
    Guru juga memberikan penguatan dan bimbingan pada anak, namun alangkah baiknya guru memberikan penguatan positif dengan memberikan reward pada anak yang berhasil membedakan huruf dengan tepat supaya mendorong anak yang lain dan meningkatkan motivasi mereka untuk belajar lebih aktif. Guru juga bisa menggunakan media pembelajaran yang variatif dan konkret untuk memvariasikan proses belajar. Seperti penggunaan kartu huruf bergambar, video edukatif, dan permainan edukatif.

  3. Nama : Rina Marlina
    NIM : 857466325

    Dalam video di atas menggambarkan upaya yang dilakukan seorang guru dalam memberikan pemahaman kepada Anak Usia Dini, untuk mengatasi anak yang belum bisa membedakan bentuk huruf yang hampir sama atau mirip seperti huruf ” p, d, dan b”.
    • Upaya yang dilakukan guru terlihat sudah tepat dengan membuat huruf yang besar seukuran kertas folio untuk diperlihatkan kepada anak dan menyuruh anak untuk membacanya.
    • Langkah yang ke 2
    Guru menuliskan huruf di angkasa dengan menyuruh anak memperhatikan dan menirukannya, kemudian anak disuruh untuk mempraktikannya dan mencobanya satu persatu.
    • Langkah yang ke 3
    Guru menuliskan huruf “p, d, dan b di papan tulis kemudian anak disuruh untuk mencoba menuliskannya kembali di papan tulis dengan menunjuk anak satu persatu.
    Namun terlihat di video di atas, penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti anak, sehingga kesannya pasif anak hanya mendengarkan, media yang digunakan guru juga masih kurang beragam sehingga anak akan mudah bosan. Akan lebih baik lagi apabila seorang guru dapat mengajak anak sambil bermain puzzle, bermain kartu huruf dengan bermacam gambar dan warna, mengajak anak bermain untuk mengelompokkan huruf contoh huruf “b” dipakai untuk bunga, huruf “p” dipakai untuk pohon, dan huruf “d” dipakai untuk daun.
    Mungkin dengan beragam dan banyak media yang digunakan anak akan lebih senang, tidak mudah bosan, apalagi anak diberikan permainan yang bersifat baru, menarik, dan menyenangkan.
    Terimakasih.

  4. Nama : Mery kamali
    Nim :859413986
    Pokjar: Makassar
    Anak yang tidak dapat membedakan huruf yang mirip
    Sering kita jumpai persepsi keliru bagi anak yang blum mampu membedakan huruf terutama huruf b,d,p na untuk itu cara mengatasinya adalah kita harus mengenalkan konsep huruf dengan tepat .
    Membaca 2 kata yang mengandung b,d,p contoh papa dan bobo, setiap huruf yang sulit di bedakan di bersih warna yang berbeda
    Menulis diangkasa,dan meminta beberapa anak untuk menulis huruf di papan tulis
    Memberikan penguatan kepada anak yang sudah mampu membedakan dan memberikan bimbingan kepada anak yang belum mampu membedakan.
    Saya sangat terbantu dengan vidio ini dimana saya belajar untuk memberikan alternatif efektif untuk pengembangan kognitif anak.

  5. Nama : Justina
    NIM : 859893978
    UPBJJ : Medan

    Video yang telah saya tonton menceritakan tentang anak/ peserta didik yang belum mengenal beberapa huruf yang hampir sama seperti “b, d, dan p”. Dalam video tersebut seorang guru mencoba mengenalkan huruf tersebut dengan beberapa metode yaitu yang pertama guru mengajak anak untuk menyebutkan huruf b, d dan p yang dituliskan pada sebuah kertas HVS berukuran besar. Serta mengajak anak menyebutkan atau membaca kata – kata yg diawali huruf b, d dan p. Metode kedua guru mengajak anak untuk menuliskan huruf b, d dan p di udara dengan menggunakan jari anak masing – masing. Kemudian tahap yang ketiga guru meminta anak untuk menuliskan secara langsung huruf huruf tersebut di papan tulis dengan mencontohkannya terlebih dahulu kemudian mempersilahkan anak satu persatu menuliskan ke papan tulis.

  6. Video sangat menginspirasi untuk membantu pembelajaran dikelas tentang membedakan huruf yang mirip p,q,b,d. Cara yang diterapkan oleh guru sangat kreatif sesuai dengan minat anak sehingga mudah dipahami oleh anak.
    Dalam video terdapat seorang guru yang sedang mengenalkan metode pembelajaran kepada anak yang sulit membedakan huruf, terlihat guru mengajak anak untuk menyebutkan huruf-huruf yang mirip,menggabungkan dengan huruf lain membentuk satu kata “papa” dan memberitahukan cara menuliskan huruf di udara,kemudian menulis secara nyata di papan tulis serta memberikan feedback/penguatan kepada anak telah berhasil menuliskan huruf dengan benar.
    Terima kasih.

  7. NAMA : LESTARIA BR MALAU
    NIM : 859898107

    Setelah saya menonton video diatas (anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip) sangat menambah wawasan bagi saya sebagai pendidik anak usia dini yang mana seperti halnya yang telah kami terapkan juga di tempat saya mengajar misalnya seperti huruf b dan d, biasanya saya mengarahkan pemaham kepada anak-anak dengan menunjukkan simbol huruf b dan d dengan berdampingan lalu saya berikan pengarahan kepada anak-anak bahwa b itu perutnya kedepan dan ada dibawah namun huruf d perutnya ada dibelakan dan dibawah juga karena huruf p dan q juga mirip namun perutnya ada diatas, p perutnya diatas mengarah kedepan namun q perutnya diatas mengarah kebelakang, terimakasih buat videonya bu sebab videonya dapat menambah pengetahuan/ilmu kepada saya.

  8. Nama : Is Munawaroh
    Nim : 856821131
    Pokjar : Mukomuko
    1. Reaksi anak dalam video menunjukkan sudah mengikuti arahan guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran.
    2. Guru kurang kreatif melaksanakan berbagai kegiatan padahal guru bisa menggunakan berbagai media seperti pasir,plastisin,batu,daun dan yang lainnya untuk membentuk huruf yang hampir sama,guru juga tidak memberi pujian kepada anak.
    3. Guru sudah melaksanakan kegiatan yang bisa membuat anak lebih memahami huruf yang bentuknya hampir sama.
    4. Yang unik dari guru yaitu guru selalu menunjukkan ekspresi senang dan semangat saat melaksanakan kegiatan,sehingga anak juga tidak malas untuk melakukannya.
    5. Guru sebaiknya selalu memberi pujian kepada anak yg telah selesai melakukan kegiatan,guru bisa menggunakan bahan disekitar sekolah dan membuat kegiatan bermain yang lebih kreatif yang dapat menambah minat anak untuk lebih memahami huruf yang hampir sama.

  9. Nama : Kanjeng Sunik Susiana
    NIM : 858861979

    Pada video diatas menjelaskan tentang bagaimana cara guru mengatasi anak yang kesulitan membedakan huruf, pada anak usia 4 tahun. Permasalahan di video tersebut memaparkan anak kesulitan membedakan antara huruf b, d, dan p.
    Permasalahan tersebut seperti anak menulis huruf terbalik. Pada video diatas cara mengatasi permasalahan anak yang menulis huruf terbalik, cara guru mengatasinya adalah dengan cara guru harus mengenalkan konsep huruf terlebih dahulu. Anak perlu diperkenalkan dengan jelas mengenai simbol-simbol yang mencirikan huruf-huruf, serta membedakan bunyi dari huruf-huruf.
    Pembelajaran dari video diatas mengarahkan guru bagaimana cara mengatasi anak yang kesulitan. Membedakan hurufdengan efektif dan menyenangkan kepada anak.

  10. Nama : MARIA EYANA BHOKI
    Nim : 859298182
    Soal.
    1. Jelaskan reaksi anak2 pada pembelajaran yang terjadi.
    Jawab : pada video di atas anak anak sangat antusias dengan pelajaran tersebut anak terlihat bersemangat ada beberapa anak yg sibuk sendiri dengan
    teman di sampingnya.
    2 . Secara keseluruhan apa saja kelemahan dalam kegiatan pembelajaran yg ada di video
    Jawab :
    Pada video di atas menjelaskan
    tentang bagaimna cara guru mengatasi anak yang berkesulitan membedahkan huruf pada ank usia 4 tahun. Kelemahan anak di video tersebut menamparkan anak kesulitan membedahkan antara huruf b , d dan p
    Permasalahan tersebut ank menulis huruf terbalik
    3 . Secara keseluruhan apa saja kelebihan dalm kegiatan pembelajaran yang ad di video.
    Jawab :
    Anak sangat bersemangat dan antusias untuk mengikuti apa yg di suru gurunya,ank bisa meniru guru untuk menulis di papan tulis
    4 . Hal hal unik apa saja yg di temui di temui dalam video pembelajaran.
    Jawab :
    Hal unik yg saya ketemui dlam video tersebut anak sangat senag dan bersemangat klo di puji gurunya
    Dan sebagian anak juga sangat gembira ria saat di suruh gurunya.
    5 . Saran pembelajaran yang terkait kelemahan yang di temui.
    Jawab : kita sebagai guru harus harus mengatasi ank ank yg berkesulitan dam pembelajaran tersebut dan kita sebagai guru harus juga mendukung dan memberikan semangat kepada ank ank tersebut

Leave a Reply