silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.
Netti Hernawati
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
- Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
- Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
- Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
- Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
- Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal
Lingkup perkembangan kognitif
- Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas
Pakar Dosen
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Pakar Guru
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenalLingkup perkembangan kognitif
1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonanEvanigustiningtyas
NAMA : Diana Rosidah
NIM : 878201406
Judul Video : Anak Tidak Dapat Membedakan Huruf yang Mirip
Dalam video tersebut menjelaskan tentang kesulitan anak dalam membedakan huruf-huruf yang memiliki bentuk serupa seperti b dan d, p dan q, serta menulis beberapa huruf secara terbalik. Fenomena ini sering terjadi pada anak usia dini, khususnya saat mereka baru mulai belajar membaca dan menulis. Dalam video tersebut dijelaskan pula bagaimana cara untuk membantu anak mengatasi kesulitan membedakan huruf yang mirip dan menghindari penulisan huruf terbalik.
Dijelaskan juga bahwa sebelum diajarkan menulis huruf, anak harus mengenal konsep huruf terlebih dahulu, anak harus diperkenalkan dengan jelas mengenai simbol-simbol huruf, kemudian baru mengajarkan anak memahami huruf b, d, dan p (Dengan cara mengajak anak untuk membaca bersama 2 kata yang mengandung huruf b, d, dan p, kemudian menjelaskan tentang perbedaan bunyi huruf sehingga anak mampu memahami bahwa kata tersebut diawali dengan huruf yang hampir sama tetapi bunyinya berbeda. Setelah anak memahami perbedaan hurufnya, ajak anak menulis di udara masing-masing hurufnya, dan dilanjutkan berlatih menulis masing-masing huruf pada media tulis).
Video ini memberikan wawasan baru bagi saya tentang pentingnya memahami kesulitan visual-spasial yang dialami anak usia dini. Fenomena tertukarnya huruf yang mirip ternyata hal yang wajar, namun tetap perlu penanganan yang tepat. Cara pada video ini menjadi ilmu baru yang sangat bermanfaat dan nantinya akan saya terapkan dalam pembelajaran di kelas, terutama dalam mendampingi anak belajar membaca dan menulis dengan lebih sabar dan kreatif
Assalaamu alaikum wr.wb
Mutmainnah
NIM : 859423496
Vidio pembelajaran tentang anak yang sulit membedakan huruf yang mirip ini sangat bagus dan menambah wawasan saya tentang bagaimana memberikan pemahaman tentang huruf-huruf yang mirip dengan menyenangkan dan mudah dipahamai oleh anak-anak.
Kenyataan nya di lapangan memang sangat sering anak-anak itu sulit membedakan beberapa huruf yang mirip,walaupun kadang kita sudah berulang kali menjelaskannya serta mencontohkannya.
Pembelajaran awal dimana kita harus mengenalkan konsep lebih dahulu serta mengenalkan dengan jelas simbol-simbol huruf demi huruf,dengan langkah-langkah sebagai berikut:
-.mengajak anak untuk bersama-sama membaca 2 kata yang mengandung huruf p,b dan d
-menjelaskan kepada anak bahwa dari 2 kata tersebut diawali oleh 2 huruf yanghampir sama,dengan menyebutkan kata-perkata dengan berulang-ulang,sampai anak memahami bunyi dari masing-masing kata yang diawali dengan huruf yang memiliki kemiripan.
-meminta anak menuliskan diangkasa masing-masing huruf tersebut
-meminta anak untuk menuliskan huruf tersebut di papan tulis
-memberikan penguatan kepada anak yang sudah berhasil,dan bimbingan bagi anak yang belum melakukan nya dengan benar.
Dengan langkah-langkah tersebut diharapkan anak akan mampu mengenali perbedaan setiap huruf yang memiliki kemiripan,selain itu kesabaran dan keuletan guru dalam membantu anak untuk mengenali huruf juga sangat penting.
Saya RINA SEPTIAWANTI
Dengan melihat vidio tersebut saya coba untuk menanggapinya. Vidio tersebut berisi tentang cara guru menjelaskan perbedaan huruf huruf yang mirip, seperti d, b,p dan q. Apa yang di lakukan oleh guru supaya anak menjadi paham, yaitu dengan menuliskan kata kata atau benda yang hurufnya mirip.dan menuntuj anak untuk menuliskan huruf yang mirip ke depan kelas dengan di saksiakan oleh anak anak yang lain.
Vidio ini sangat membantu kesulitan saya dalam mengajarkan anak mengenai pemahaman huruf kepada anak.
Terimakasih
Assalamualaikum wr.wb
Perkenalkan nama saya Laily Nur Azizah
Prodi PGPAUD – UPBJJ Yogyakarta
Mohon ijin untuk menanggapi diskusi😊
Video pembelajaran tersebut menyajikan praktik mengajar guru PAUD dalam membantu anak-anak usia dini mengenali huruf yang bentuknya serupa, seperti b, p, dan d. Tujuan utama pembelajaran ini adalah meningkatkan kemampuan diskriminasi visual anak melalui pendekatan yang sesuai dengan tahap perkembangan mereka.
Guru dalam video menggunakan media kartu huruf dan aktivitas pengenalan visual sederhana. Ini merupakan langkah positif karena media visual sangat penting dalam pembelajaran anak usia dini. Namun, pendekatan yang digunakan masih cenderung berpusat pada guru, sehingga anak-anak tampak pasif. Untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, penting bagi guru untuk lebih melibatkan anak secara aktif melalui permainan, gerakan tubuh, atau kegiatan eksploratif yang menyenangkan.
Selain itu, penggunaan warna yang berbeda untuk masing-masing huruf dapat membantu anak membedakan bentuk huruf secara lebih konkret. Evaluasi pemahaman juga perlu dilakukan secara individual untuk memastikan semua anak memahami materi yang diajarkan.
Secara keseluruhan, video ini memberikan gambaran nyata praktik pembelajaran di kelas PAUD, sekaligus membuka ruang refleksi bagi para pendidik agar terus memperbaiki strategi mengajar. Pendekatan yang lebih interaktif dan menyenangkan akan membantu anak mengembangkan kemampuan literasi dasar dengan lebih optimal.
Terima kasih atas video yang sangat bermanfaat ini. , saya jadi lebih memahami betapa pentingnya mengenali dan mengatasi kesulitan anak dalam membedakan huruf yang mirip. Saya sangat tertarik dengan penjelasan mengenai penyebab anak kesulitan membedakan huruf, seperti masalah persepsi visual atau kurangnya latihan. Menurut saya, penting juga untuk mempertimbangkan faktor individual anak, karena setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda.
Izin berpendapat..
Menurut saya dari paparan video diatas menjelaskan anak yang tidak bisa membedakan huruf yang mirip dan menulisnya secara terbalik, penyebab anak bisa seperti itu karena anak memilki sebuah persepsi yang keliru terhadap huruf tertentu paling sering pada huruf b, d, dan p, dan jika dilihat ketiga huruf itu memang hampir mirip. Dalam video tersebut guru sudah mejelaskan juga cara untuk mengatasi anak yang menulis huruf terbalik, serta mengatasi anak yang masih susah membedakan huruf yang mirip yaitu,
~ Mengusahakan anak dapat mengenal konsep huruf terlebih dahulu dan menjelaskan pada anak simbol simbol yang mencirikan seluruh huruf yang memiliki kesamaan seperti b,d dan p serta perbedaan bunyi dan bentuk hurufnya sudah berbeda.
~ Meminta anak untuk menuliskan di udara kosong huruf yang sulit dibedakan kemudian minta anak untuk menulis di papan tulis atau krtas. Berikan reword atau penghargaan pada anak yang sudah bisa, serta berikan pula suport atu dukungan pada anak yang belum bisa untuk tetap semangat lagi dalam belajar.
Nama : Mardhiana
Nim : 858318812
Setelah saya menganalisis video ini berisi tentang upaya seseorang guru yang berupa untuk mengatasi anak-anak yang menulis huruf yang terbaik upaya yang dilakukan oleh guru tersebut adalah membuat lambang bilangan yang cukup benar, lalu untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar
Nama : Umiyati
Nim : 858318686
Video ini menampilkan situasi di kelas PAUD di mana anak-anak mengalami kesulitan dalam membedakan huruf-huruf yang bentuknya mirip, seperti ‘b’, ‘d’, dan ‘p’. Hal ini umum terjadi pada anak usia dini karena bentuk huruf yang serupa dapat membingungkan.
Untuk mengatasi hal ini, guru menggunakan pendekatan multisensori.
Anak-anak diajak untuk melihat, menyentuh, dan menelusuri bentuk huruf menggunakan media seperti kertas ampelas (amplas huruf).
Nama : Siti suhrah
Nim :858318955
Video ini berisi tentang anak yang sulit membedakan huruf yang mirip. Tentang upaya seorang guru mengatasi huruf yang mirip,seorang guru yang dilakukan oleh guru tersebut adalah membuat lambang bilangan yang cukup besar,lalu seorang guru mengarahkan anak untuk mengambil lambang bilangan atau huruf yang benar.
NAMA:NORHAYATI
NIM:858318876
*Analisis video berjudul anak tidak membedakan hurup yang mirip.setelah saya menganalisis video ini berisi tentang upaya seseorang guru yang berupaya untuk mengatasi anak-anak yang menulis huruf yang terbaik,upaya yang di lakukan oleh guru tersebut adalah membuat lambang bilangan yang cukup besar,lalu berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar