silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.
Netti Hernawati
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
- Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
- Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
- Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
- Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
- Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal
Lingkup perkembangan kognitif
- Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas
Pakar Dosen
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Pakar Guru
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenalLingkup perkembangan kognitif
1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonanEvanigustiningtyas
Video ini sangat bagus karena dalam video ini guru mengajar anak dengan jelas, pelan dan intonasi nadanya sangat jelas sehingga anak-anak cepat memahami, video ini menginspirasi dan sebagai contoh untuk bisa saya terapan kepada anak didik saya,
Nama : Umi Mufsita
Nim : 877687062
“Anak Tidak bisa membedakan huruf yang Mirip”
Vidio gurupintar ini sangat bermanfaat dan meninspirasi saya sebagai pendidik dalam mengenalkan huruf yang mirip kepada anak karena sering sekali saya menjumpai anak yang susah membedakan huruf yang mirip.Biasanya kami berikan latihan anak tersebut dengan melingkari atau memberi tanda silang pada huruf yang sama dalam beberapa huruf ada yang berbeda. Terimakasih
assalamualaikum wr. wb
mohon izin
Nama : Nurita Dinda Permata Sari
NIM : 858572864
Judul : Anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip
pada video tersebut guru mengalami masalah terhadap anak yang sulit membedakan huruf yang mirip dari huruf abjad b dan d ;p dan q yang memiliki kemiripan sama dalam bentuknya. Di dalam video tersebut guru menggunakan metode permainan kartu huruf yang dimana media tersebut kurang cocok sehingga banyak siswa yang belum paham atau mengerti menjadikan kelas yang pasif.
pada video tersebut memiliki kelebihan antaranya:
1. suara guru yang keras sehingga siswa yang mendengarkan cukup mengerti
2. pengulangan pada huruf yang cukup lama untuk memudahkan anak mengingat ke depannya
pada video tersebut memiliki kekurangan antaranya:
1. pada saat pembelajaran hanya berpusat pada guru saja / kurangnya interaksi
2. APE kartu huruf yang digunakan belum maksimal.
Tetapi secara keseluruhan video tersebut sangat bagus yang dapat digunakan mahasiswa lain untuk diterapkan pada lembaga masing- masing, pemberian apresiasi yang dapat menambahkan rasa semangat anak dalam kegiatan
sekian terima kasih
NAMA : NOVI NOER RAMADAN
NIM : 857390457
Video ini sangat menarik dan memberikan gambaran nyata mengenai tantangan yang sering dihadapi anak usia dini dalam membedakan huruf atau lambang bilangan yang mirip, terutama dalam hal penulisan yang terbalik. Upaya yang dilakukan oleh guru dalam video ini menunjukkan pendekatan yang kreatif, konkret, dan sesuai dengan perkembangan anak. Misalnya, penggunaan media berukuran besar, aktivitas fisik seperti berlomba memilih lambang yang benar, serta melibatkan indra peraba melalui media seperti sterofom, adalah bentuk pembelajaran multisensori yang sangat efektif.
Kegiatan menebalkan huruf dan angka dengan urutan yang benar membantu anak mengingat bentuk dan arah penulisan dengan lebih baik. Guru juga memperhatikan individualitas anak dengan memberikan latihan tambahan berupa puzzle untuk anak yang masih sering salah, serta memberi penguatan positif seperti stempel bintang bagi anak yang menunjukkan hasil baik. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan kemampuan kognitif dan motorik halus anak, tetapi juga memotivasi mereka untuk terus belajar.
Secara keseluruhan, video ini memberikan contoh praktik baik dalam pembelajaran di PAUD yang bisa dijadikan inspirasi untuk guru-guru lainnya dalam mengatasi permasalahan yang serupa.
NAMA : DITA TRI APRILIYANI
NIM :859524794
terima kasih sudah berbagi sudah berbagi vidio ini
memang banyak anak mengalami kesulitan membedakan huruf-huruf yang mirip,seperti” b dan d “atau p dan q ” hal ini wajar terjadi karena kemampuan visual-motorik dan pemahaman simbol anak masih berkembang,perlu latihan berulang dan pendekatan yang menyenangkan agar anak tidak mudah bosan . mungkin ada beberapa trik yang bisa di coba
*menggunakan permainan lagu atau cerita untuk membuat proses belajar lebih menyenangkan dan tidak membosankan.
* mengenalkan huruf melalui benda-benda sekitar ,gambar menarik,atau media yang disukai anak agar mereka lebih mudah mengingat bentuk dan bunyi huruf.
Nama :Annasun Nisa
Nim :855899749
Terimakasi atas vidio pembelajarannya yang sangat bermanfaat. Masalah anak yang kesulitan membedakan huruf-huruf yang mirip memang sering terjadi di usia dini,. Penjelasan serta cara-cara yang diberikan dalam vidio inisangat membantu untuk mendukung anak dalam mengenal huruf dengan lebih mudah dan menyenangkan.
Nama : Aisyah Basyirah
NIM : 857408878
UPBJJ : Salut Sawangan Depok
Assalamualaikum wr.wb,
Izin memberi komentar mengenai video anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip. Saya ingin memberikan komentar awal dari judul, alangkah lebih baik penggunaan kata “tidak dapat” untuk diganti dengan kata yang lebih baik atau lebih positif saja, semisal “cara mengajarkan anak agar mampu membedakan huruf yang mirip”.
Adapun perihal videonya, alhamdulillah guru memberikan penjelasan yang jelas, namun untuk perbedaan warna pada huruf mungkin tidak digunakan, karena pada faktanya tulisan yang anak lihat baik di buku cerita maupun di tulisan lainnya, semua tulisan berwarna hitam setiap hurufnya, agar anak tidak berpatokan pada warna huruf, misal huruf “P” warnanya merah.
Apabila guru telah merasa cukup maksimal mengajarkan, namun ada saja anak yang masih keliru, diharapkan untuk guru tidak lelah untuk terus mengulang mengingatkan anak tersebut, karena kemampuan dari setiap anak berbeda.
Mungkin demikian komentar dari saya, terima kasih, salam santun.
Nama : Siti Rohkimah
Nim : 859939424
Judul Video : Anak Tidak Dapat Membedakan Huruf yang Mirip
Metode pembelajaran dalam video ini sangat bagus dan mudah dipahami. Video ini sangat membantu dalam kesulitan saat mengajari anak tentang kesulitan dalam membedakan huruf yang memiliki bentuk berupa seperti “b” dan “d” atau “p” dan “q”, karena menggunakan metode yang menarik seperti teknik visual, audiovisual, dan peermainan sehingga dapat membantu anak-anak dalam memahami perbedaan antara huru-huruf dengan baik.
Selain cara diatas kita juga bisa menggunakan media pembelajaran pengenalan huruf yang lain seperti menggunakan kartu huruf dalam permainan menemukan kartu huruf, bermain tebak huruf, atau bernyanyi ABCDE sambil menyusun huruf.
Assalamualaikum Wr. Wb
Nama : Natasya Asiatul Rasyidah
NIM : 858486606
Video ini membuka wawasan saya tentang tantangan yang dihadapi anak-anak dalam proses belajar membaca dan menulis, khususnya saat mereka kesulitan membedakan huruf-huruf yang bentuknya serupa, seperti b dan d, p dan q, atau m dan n.
Yang saya sukai dari video ini adalah penjelasan yang menyeluruh namun mudah dipahami, lengkap dengan contoh nyata dan solusi praktis yang bisa dilakukan orang tua dan guru di rumah atau sekolah. Penekanan pada pentingnya kesabaran dan penguatan positif juga sangat penting, karena anak butuh waktu dan pendekatan yang tepat untuk menguasai keterampilan membedakan huruf.
Saya jadi lebih paham bahwa kesulitan ini bukan karena anak malas atau tidak memperhatikan, tetapi karena memang otaknya sedang belajar mengenali pola-pola visual yang rumit. Peran orang dewasa dalam mendampingi mereka sangatlah besar, terutama dengan pendekatan multisensori dan latihan yang menyenangkan.
Sekian dari saya. Terimakasih.
Nama : Siti Latifah
NIM : 857626583
menurut saya, video diatas sangat bermanfaat untuk mengenalkan huruf-huruf yang sering terbalik, yaitu b, d, dan p. selain dengan cara yang ada divideo, anak juga dapat dikenalkan tentang apa saja kata disekitarnya yang diawali huruf-huruf tersebut. saat praktik menulis huruf juga bisa menggunakan benda-benda disekitar seperti menyusun batu-batu, ranting, tutup botol, dan sebagainya.