silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.
Netti Hernawati
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
- Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
- Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
- Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
- Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
- Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal
Lingkup perkembangan kognitif
- Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas
Pakar Dosen
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Pakar Guru
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenalLingkup perkembangan kognitif
1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonanEvanigustiningtyas
Nama : ERlinawati
NIM : 855898184
Assalamualaikum wr.wb
Dari video diatas guru sedang melakukan pembelajaran yangterkait anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip, dari video tersebut guru sedang menjelaskan perbedaan dari huruf abjad b, d, p dan q yang bentuk hurufnya hampir sama. Kenyataanya masih banyak anak yang belum mampu dan masih mengalami kesulitan dalam membedakan bentuk huruf terebut.
Adapun kelebihan dari metode mengajar yang diberikan guru tersebut:
Dari vIdeo diatas guru sedang melakukan pembelajaran yang terkait anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip, dari video tersebut guru sedang menjelaskan perbedaan dari huruf abjad b,d,p, dan q yang mana huruf tersebut semua hampir sama. Kenyataannya banyak anak yang belum mampu dan masih mengalami kesulitan dalam membedakan bentuk huruf tersebut.
1. Audio dan intonasi guru yang jelas, penggunaan nada suara yang dapat membantu anak tetap focus dan membedakan intonasi saat menyebutkan huruf yang mirip.
2. Setiap huruf dibahas hingg 1-2 menit, ini cukup singgat untuk rentang perhatian anak didik.
3. Penggunaan ulang contoh alami, yaitu guru mengaitkan bentuk huruf “p” dengan paying, “b” dengan bentuk bola, ini membantu ingatan anak secara visual.
Adapun kekurangan dari cara mengajar guru yaitu:
1. Pencahayaan ruangan kurang merata
2. Transisi adengan kaku, perpindahan dari papan tulis ke lembar kerja tanpa efektransisi visual, sehingga terasa loncat dan sedikit membingungkan.
3. Tidak adanya feedback
Saran perbaikan
1. Tambahan teks digital
2. Gunakan lighting atau lampu tambahan
3. Sisipkan sesi “coba sendiri”
4. Akhiri dengan segmen seperti mini kuis
Dengan penambahan elemen-elemen visual dan interaksi tersebut, video bisa jadi lebih baik dan mendukiung pembelajaran mulitsensori hingga meningkatkan pemahaman huruf yang mirip pada anak PAUD.
TERIMAKASIH
Assalamualaikum
Nama : Nabilah putri
Nim : 857526603
Saya akan menjawab vidio diatas ; Menurut saya vidio diatas sudah bagus untuk di terapkan di sekolah TK, bahkan vidionya sudah bagus konsepan membuat vidionya pun terlihat bagus. Namun, hanya 1 yang menurut kurang yaitu tahapan satu persatu menurut saya agar ditampilkan atau di tulis di pinngir vidio agar lebih terinci dan jelas lagi bagaimana pemahamannya. Mungkin cukup sekian pendapat vidio yang ada diatas semoga bisa lebih di kembangkan dan selalu mendukung dengan menyediakan vidio – vidio yang bagus, kreatif dan bermanfaat.
Wassalamualaikum
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, dari video “anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip ” anak menulis huruf terbalik biasanya disebabkan oleh anak yang memiliki persepsi keliru terhadap huruf tertentu huruf yang sering ditulis terbalik oleh anak antara lain huruf b d dan p berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi anak penulis huruf terbalik
•anak harus dapat mengenal konsep huruf terlebih dahulu
•anak perlu diperkenalkan dengan jelas mengenai simbol-simbol yang mencirikan huruf demi huruf
Dari seluruh huruf yang ada terdapat huruf-huruf yang memiliki kemiripan bentuk seperti huruf b d dan p ketiga huruf tersebut sulit dibedakan karena memiliki bentuk yang hampir sama. Berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengajarkan anak menulis huruf b d dan p dengan tepatnya untuk membaca bersama dua kata yang mengandung huruf b d dan p misalkan bapak Dodi, beli buku, dan papa bobo. Sebenarnya masih ada satu huruf yang terkadang ditulis terbalik oleh anak yaitu huruf q dan dalam video di atas tadi tidak disebutkan huruf q padahal huruf ini juga sangat sering ditulis terbalik oleh anak-anak. Tapi untuk metode yang digunakan dalam video tersebut itu sudah sangat baik dan mencerminkan bahwa guru itu harus kreatif
Nama : Neni Latifah
NIM : 877596492
“Anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip
Terimakasih dengan ada nya penayangan vidio ini sangat membantu dan bermanfaat sekali bagi saya, dan bisa menambah ilmu pengetahuan yang belum saya pahami, cara mendidik anak untuk bisa memahami dan membedakan huruf yang mirip seperti huruf b, d dan p, dari vidio diatas akan saya terapkan di dalam kelas.
Sekian dari saya terimkasih
Nama : THAIFI FAHNUR
Nim : 855900116
UPBJJ : Banda Aceh
Terimakasih, video ini sangat membantu kami para guru dalam memahami tantangan anak dalam mengenali huruf yang mirip, seperti b-d dan p-q. Penjelasan yang jelas dan solusi praktisnya sangat bermanfaat untuk diterapkan dikelas.
Pendapat saya dari video diatas adalah bahwa kita sebagai guru harus punya cara yang mengasyikkan dan menarik dalam menjelaskan huruf huruf apalagi huruf huruf yang hampir mirip seperti b, d dan p. Dari video tersebut guru sudah cukup bagus dalam menjelaskan. Kita juga bisa menggunakan media atau metode yang mengasyikkan dalam menyampaikan huruf huruf tersebut
Nama : Sehat Manusia
Nim 838576219
Dari video di atas guru sedang melakukan pembelajaran yang terkait “anak tidak mampu membedakan huruf yang mirip” dari video tersebut guru sedang menjelaskan perbedaan huruf abjad b,d,p,dan q yang huruf tersebut hampir mirip dan sama. tetapi ternyata banyak anak yang belum mampu dan masih mengalami kesulitan dalam membedakan bentuknya. hal itu karena perkembangan visual anak belum matang, yang menjadikan minat belajar anak menjadi lemah dan juga kurangnya percaya diri pada anak. oleh karena itu guru memberikan penjelasan dengan memberikan langkah-langkah cara menulis huruf b,d,p,q, setelah itu guru juga memberikan contoh yang baik dan juga mengajak anak untuk menulis langsung dipapan tulis dan mengajak anak-anak untuk latihan berulang. namun dalam video tersebut contoh yang diberikan oleh guru sebaiknya disertai gambar agar memudahkan anak dalam mengingatnya.
hal itu saya sebagai mahasiswa UT merasa sangat terbantu setelah melihat video tersebut. sehingga akan mempermudah saya dalam menyelesaikan permasalahan di kelas saya dalam membedakan
Nama : Sehat Manuhoi
Nim 838576219
Dari video di atas guru sedang melakukan pembelajaran yang terkait “anak tidak mampu membedakan huruf yang mirip” dari video tersebut guru sedang menjelaskan perbedaan huruf abjad b,d,p,dan q yang huruf tersebut hampir mirip dan sama. tetapi ternyata banyak anak yang belum mampu dan masih mengalami kesulitan dalam membedakan bentuknya. hal itu karena perkembangan visual anak belum matang, yang menjadikan minat belajar anak menjadi lemah dan juga kurangnya percaya diri pada anak. oleh karena itu guru memberikan penjelasan dengan memberikan langkah-langkah cara menulis huruf b,d,p,q, setelah itu guru juga memberikan contoh yang baik dan juga mengajak anak untuk menulis langsung dipapan tulis dan mengajak anak-anak untuk latihan berulang. namun dalam video tersebut contoh yang diberikan oleh guru sebaiknya disertai gambar agar memudahkan anak dalam mengingatnya.
hal itu saya sebagai mahasiswa UT merasa sangat terbantu setelah melihat video tersebut. sehingga akan mempermudah saya dalam menyelesaikan permasalahan di kelas saya dalam membedakan
NAMA : SITI PURWATIM
NIM: 858705674
setelah menonton video diGPO, guru dapat mengembangkan cara mengatasi anak yang tidak dapat membedakan huruf yang mirip,biasanya anak menulis huruf terbalik yaitu huruf b,d dan p,anak perlu dikenalkan simbol-simbolnya, mengajak anak membaca bersama dua kata misal: papa dodi,beli berulang ulang,menjelaskan pada anak bahwa dua huruf tersebut mempunyai bunyi berbeda dan dilakukan berulang-ulang, minta anak menuliskan huruf diangkasa. minta beberapa anak untuk menuliskan huruf b,d dan p dipapan tulis,dan guru memberi penguatan kepada anak yang berhasil menulis dengan benar.
guru juga harus berkreatif dalam menggunakan media -media yang bervariasi.
Nama : Meinita Winsari
NIM : 858756434
Terimakasih. Dengan saya menonton video ini, saya mendapatkan referensi untuk lebih mudah menerapkan huruf yang sama kepada anak agar lebih cepat dipahami. Karena memang banyak siswa yang masih sukar dalan membedakan huruf yang bentuknya mirip.