silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.

Netti Hernawati

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

  1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
  2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
  3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
  4.  Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

  1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
  2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

  1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan

Evanigustiningtyas

Pakar Dosen

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Pakar Guru
1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/ berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut. 2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya 3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun 4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas

Similar Posts

1,909 Comments

  1. Nama : Sekolastika Ha’ong
    NIM :858434962

    Jawaban
    1. Penjelasan: Anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip karena mereka mungkin belum mengembangkan keterampilan fonetik atau literasi yang diperlukan untuk membedakan antara huruf-huruf tersebut. Pada tahap awal perkembangan, anak-anak sering kali kesulitan membedakan huruf yang terlihat serupa, seperti “b” dan “d” atau “p” dan “q”. Ini adalah bagian normal dari proses belajar membaca dan menulis.
    2. Jawaban: Anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip karena mereka mungkin belum mengembangkan keterampilan fonetik yang diperlukan untuk membedakan antara huruf-huruf tersebut.

  2. Nama :Sekolastika Ha’ong
    NIM :858434962

    Jawaban
    1. Penjelasan: Anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip karena mereka mungkin belum mengembangkan keterampilan fonetik atau literasi yang diperlukan untuk membedakan antara huruf-huruf tersebut. Pada tahap awal perkembangan, anak-anak sering kali kesulitan membedakan huruf yang terlihat serupa, seperti “b” dan “d” atau “p” dan “q”. Ini adalah bagian normal dari proses belajar membaca dan menulis.
    2. Jawaban: Anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip karena mereka mungkin belum mengembangkan keterampilan fonetik yang diperlukan untuk membedakan antara huruf-huruf tersebut.

  3. Nama : Sekolastika Ha’ong
    NIM :858434962
    Jawaban
    1. Penjelasan: Anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip karena mereka mungkin belum mengembangkan keterampilan fonetik atau literasi yang diperlukan untuk membedakan antara huruf-huruf tersebut. Pada tahap awal perkembangan, anak-anak sering kali kesulitan membedakan huruf yang terlihat serupa, seperti “b” dan “d” atau “p” dan “q”. Ini adalah bagian normal dari proses belajar membaca dan menulis.
    2. Jawaban: Anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip karena mereka mungkin belum mengembangkan keterampilan fonetik yang diperlukan untuk membedakan antara huruf-huruf tersebut.

  4. Nama: Julia Tambunan
    Nim: 878265541

    Salam,
    Dalam video “Anak Tidak Dapat Membedakan Huruf yang Mirip” diatas sudah menunjukkan sebagian anak sudah mampu menuliskan huruf b, p, dan d dengan baik di papan tulis. Beberapa anak juga sudah mampu mengikuti langkah dari arahan guru untuk menuliskannya di udara. Berdasarkan pengalaman saya mengajar, anak di rentang usia 4-5 tahun memang agak kesulitan untuk membedakan huruf dan bunyi dari huruf tersebut. Sebagai pengajar harus melakukan pengulangan dan penguatan untuk membedakan huruf-huruf tersebut. Guru dapat menambahkan kegiatan-kegiatan bermain yang lebih mengajak anak untuk lebih aktif, seperti mensorting huruf-huruf tersebut, mencari huruf yang hilang dengan meyusun kata atau bermain cat untuk mengikuti pola huruf-huruf tersebut dan banyak kegiatan bermain lainnya yang dapat menarik perhatian dan fokus anak. Disinilah dituntut kreativitas guru PAUD dalam mengajar anak-anak usia dini yang dimana mereka masih di dunia bermain.

  5. Nama : Febby Yohanna Amelia Marpaung
    Nim : 835279804
    Judul ” Anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip”

    Sering kali anak – anak masih belum bisa membedakan huruf b dan huruf d. Yang harus dilakukan oleh guru adalah mengenalkan lagi bentuk huruf tersebut secara lebih detail lagi yaitu kalau bentuk huruf b posisi perutnya ada di depan sedangkan huruf d posisi perutnya ada di belakang.kemudian minta anak – anak untuk menuliskan kedua huruf tersebut lalu minta anak untuk membacakan nya kembali.

  6. Nama : saripah aini
    Nim: 856651957
    Assalamu’alaikum, dari melihat video di atas, saya mendapatkan ilmu dan pemahaman tentang cara mengatasi anak yang sulit membedakan huruf, karena masih ada anak yang sulit untuk membeda huruf, b, d, p, u, n, karena tidak semua anak bisa membedakan kan huruf dengan kita jelaskan berkali2, harus ada bentuk visualnya, dan di video ini saya bisa mencoba menerapkan di sekolah

  7. Nama : Nadhrotus Syaikhina
    Nim : 857136706

    Assalamualaikum,dari video di atas telah dijelaskan perbedaan huruf yang mirip yang biasanya anak kesulitan dalam memahami huruf tersebut,dengan praktik pembelajaran yang di lakukan guru dalm video tersebut keliatan sangat menarik dan anak mudah memahaminya

  8. Nama : Dewi Rukmana Kusuma Wardhani
    NIM :858990968

    Saya setuju dengan solusi yang diberikan dari video tersebut. Guru memberikan waktu kepada ada untuk turut aktif dalam kegiatan pembelajaran agar anak mendapat pengalaman belajar secara konkret. Guru juga mengenalkan metode fonik untuk mengenalkan dan mengembangkan kemampuan membaca anak. Huruf fonik. Metode fonik dapat menjadi salah satu solusi untuk membantu guru mengenalkan membaca dengan cara yang kreatif menyenangkan.

  9. Nama : Arlenia Lidanto
    NIM : 857211148

    Assalamu’alaikum,izin menanggapi video diatas,video ini sangat bermanfaat sekali,karena fenomena anak sulit membedakan huruf/angka yang mirip selalu ada setiap tahun,solusi yang diberikan pada video ini sangat jelas dari suara,gerakan dan bahasa yang digunakan mudah dipahami,terimakasih banyak…

  10. nama; nyayu mutmainah
    nim;858996983

    izin menanggapi vidio yang berjudul anak sulit membedakan huruf yang sama, setelah melihat vidio di atas rasa terbantu untuk menyelesaikan masalah yang sering saya hadapi di kelas.

Leave a Reply