silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.

Netti Hernawati

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

  1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
  2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
  3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
  4.  Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

  1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
  2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

  1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan

Evanigustiningtyas

Pakar Dosen

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Pakar Guru
1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/ berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut. 2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya 3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun 4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas

Similar Posts

1,908 Comments

  1. Nama : Latifatul Fajriyah
    NIM: 858734951
    PGPAUD

    Dalam Vidio di atas berisi upaya seorang guru untuk mengatasi anak yang belum bisa membedakan antara huruf d, b dan p. Upaya yang dilakukan guru sudah bagus yakni membuat lambang huruf seukuran kertas folio, guru juga mengenalkan cara menulis huruf tersebut dan juga cara membacanya. untuk meluruskan persepsi anak, butuh dengan kegiatan yang nyata, seperti puzzle lambang huruf.
    -kelebihan : guru menyampaikan dengan suara yang jelas dan antusias saat mengucapkan huruf tersebut, sehingga anak bisa memahami. Guru juga meminta anak untuk menulis huruf tersebut di papan tulis di bagian akhir vidio yang mana sebagai umpan balik dari pembelajaran.
    -kelemahan : guru lebih mendominasi pembelajaran, sehingga anak kurang mendapat kesempatan untuk berbicara. Media yang di gunakan juga sedikit kurang menarik.

  2. Nurul Fauziah
    857163735
    PGPAUD

    menurut saya dalam video yang saya lihat menjelaskan tentang anak yang tidak dapat membedakan huruf b,d, dan p yang dimana huruf tersebut memiliki bentuk yang sama hanya saja bentuk penetapannya berbeda, dan dalam hal inni guru tersebut sudah semaksimal mungkin untuk dapat mengajarkan anak sampai anak tersebut dapat membedakan ketiga huruf tersebut, namun menurut saya yang dilakukan guru tersebut masih kurang efektif dikarenakan media yang digunakan sedikit kurang menarik untuk anak, mungkin saja guru dapat menggunakan kartu gambar yang dapat membuat anak tertarik dalam huruf huruf tersebut.

  3. Video yang saya akan lakukan asesmen kelas yang berjudul “Anak Tidak Dapat Membedakan Huruf Yang Mirip”
    Gambaran singkat tentang video tersebut yaitu
    Dalam tayangan video tersebut seorang guru memberikan pemahaman bagaimana cara mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf “b, d dan p”. Fenomena anak menulis huruf terbalik biasanya oleh anak yang memiliki persepsi keliru pada huruf tertentu huruf “ b, d dan p” karena memiliki kesamaan bentuk. Sebelum anak dapat menulis guru dapat mengenalkan konsep huruf dengan tepat dan jelas. Dalam tayangn tersebutguru mengajak anak duduk melingkar. Guru menggunakan media kartu huruf. Guru mengajak anak membaca bersama –sama 2 suku kata yang mengandung hurf “ b, d dan p” misalnya “ beli buku. Guru menjelaskan bahwa kata tersebut memiliki 2 kata tersbut diawali 2 huruf yang hampir sama. Guru mengucapkan kata- perkata secara berulang –ulang sampai anak memahami perbedaan bunyi asing masing kata dengan huruf yang memiliki kemiripan. Guru mengajarkan anak untuk membuat huruf b, d dan p menggunakan isyarat menulis di angkasa. Guru juga menyuruh anak menulis di papan tulis. Guru juga memberikan penguatan dan bimbingan kepada anak yang sudah berhasil dan belum mampu membedakan huruf “b, d dan p”.
    Materi pembelajaran dalam video tersebut sudah sesuai dengan apek perkembangan kognitif usia anak TK dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun yaitu
    1. memiliki perbendaharan kata, serta mengenal simbol –simbol untuk persiapan membaca , menulis dan berhitung
    2. Keaksaraan awal :menyebutkan simbol huruf yang di kenal , mengenal berbagai huruf vokal dan konsonan
    3. Guru memberikan penguatan dan bimbingan kepada anak yang belum berhasil membedakan huruf “b, d dan p”

  4. a. Proses pembelajaran yang dilakukan guru dalam video tersebut guru menjelaskan cara membedakan huruf antara b,d dan p .sebaiknya diawal pembelajaran guru melakukan pemantik dengan bernyanyi atau bertepuk agar anak-anak lebih focus.banyak cara yang bisa diterapkan dan diajarkan dengan berbagai media yang bisa mengasah motoric anak lebih cepat,misalnya dengan biji-bijian,plastisyn atau kartu huruf.menurut saya guru harus menyediakan media yang cukup dan semenarik mungkindan anak bisa memegang secara langsung supaya anak senang mengikuti pelajaran dan tidak cepat bosan,karena anak senang dengan hal yang menarik.
    b. Setting lokasi dengan duduk melingkar memudahkan anak-anak untuk memperhatikan langsung keguru.kartu yang dipakai sangat besar memudahkan anak untuk melihat meski jarak jauh.
    c. Kesesuian proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah sesuai dengan aspek perkembangan Bahasa yaitu pengenalan huruf dengan mengasah motoric halus,jika anak belum paham ,guru memberikn kesempatan pada anak unntuk mereka menulis dipapan tulis didampingi guru tersebut.

  5. Nama : Miftakhul Ma’rifah
    Nim : 858751481
    pokjar: Kota Madiun

    a. Proses pembelajaran yang dilakukan guru dalam video tersebut guru menjelaskan cara membedakan huruf antara b,d dan p .sebaiknya diawal pembelajaran guru melakukan pemantik dengan bernyanyi atau bertepuk agar anak-anak lebih focus.banyak cara yang bisa diterapkan dan diajarkan dengan berbagai media yang bisa mengasah motoric anak lebih cepat,misalnya dengan biji-bijian,plastisyn atau kartu huruf.menurut saya guru harus menyediakan media yang cukup dan semenarik mungkindan anak bisa memegang secara langsung supaya anak senang mengikuti pelajaran dan tidak cepat bosan,karena anak senang dengan hal yang menarik.
    b. Setting lokasi dengan duduk melingkar memudahkan anak-anak untuk memperhatikan langsung keguru.kartu yang dipakai sangat besar memudahkan anak untuk melihat meski jarak jauh.
    c. Kesesuian proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah sesuai dengan aspek perkembangan Bahasa yaitu pengenalan huruf dengan mengasah motoric halus,jika anak belum paham ,guru memberikn kesempatan pada anak unntuk mereka menulis dipapan tulis didampingi guru tersebut.

  6. Dari video diatas dapat kita lihat bahwa guru sudah berusaha untuk membedakan warna huruf agr anak dapat membedakannya dan juga dengan menulis diudara dapat membuat anak mengingat huruf, hanya saja guru bisa mencoba metode lainnya untuk membuat anak dapt emmbedakan huruf dengan membuat huruf dari playdough. Masalah mengenai kesulitan anak dalam membedakn huruf adalah masalah yang sering terjadi pada anak usia dini, para guru dan orang tua lah yang bersama-sama memotivasi anak dan menemukan metode yang sesuai dengan kebutuhan anak.

  7. Nama : Marisa Tompunu
    NIM : 858751442
    Prodi : S1 PGPAUD BI

    Menurut saya sudah bagus. Karena menjelaskan kepada anak disertai dengan alat peraga serta anak diberikan waktu untuk mencoba di papan tluis secara langsung. Namun, ada baiknya jika anak-anak diberikan media Pembelajaran yang disukai anak saat mencoba menulis huruf p dan b. contohnya, menulis huruf dengan jari menggunakan cat air atau pasir, menyusun korek api membentuk huruf, dsb. Tujuannya agar anak lebih memiliki rasa ketertarikan dalam belajar membedakan huruf tersebut. Dan kegiatan mencoba menulis huruf ini sebaiknya dilakukan secara bersamaan ahar anak yang lainnya tidak bosan dalam menunggu giliran. Dalam kata lain guru memberikan kebebasan bagi anak yang diawali dengan peraturan/tata tertib dalam mengerjakan, seupaya selama pengerjaan anak tetap disiplin dalam mengerjakan tugas.

  8. Menurut saya, cara yang di sampaikan guru dalam menjelaskan perbedaan pada huruf yang bentuknya mirip sudah bagus ,akan tetapi mungkin lebih baik di tambah dengan permainan. Misal dengan kartu huruf atau menggunakan tutup botol yang telah di tempeli dengan huruf yang bentuknya mirip kemudian anak diminta mengelompokkannya.

  9. Nama : Mutia Ayu Mandala Sari
    Nim : 859901513

    Menurut saya, cara yang di sampaikan guru dalam menjelaskan perbedaan pada huruf yang bentuknya mirip sudah bagus ,akan tetapi mungkin lebih baik di tambah dengan permainan. Misal dengan kartu huruf atau menggunakan tutup botol yang telah di tempeli dengan huruf yang bentuknya mirip kemudian anak diminta mengelompokkannya.

  10. nama : erna
    nim: 859408461
    jurusan s1 pg paud
    menurut vidio yang saya amati sangat menarik dalam mengatasi anak yang susah untuk membedakan huruf yang mirip, belajar membaca huruf bersama anak memang suatu kegiatan yang sangat menarik, ketika anak menemukan huruf yang mirip pastinya membuat anak kebingungan solusi dari mengatasi anak yang susah membedakan huruf yang mirip salah satunya dengan cara menulis bentuk huruf yang sama seperti b,d dan p
    kemudian anak mencoba mencampurkan huruf b dan d dalam satu lembar sampai penuh, semakin anak banyak menulis huruf nya dan memikirkannya anak sedkit lebih mudah untuk mengingatnya.
    menggunakan pengucapan nama dari huruf tersebut dengan menggunakan nama manusia, hewan , maupun buah.

Leave a Reply