silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.

Netti Hernawati

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

  1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
  2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
  3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
  4.  Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

  1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
  2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

  1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan

Evanigustiningtyas

Pakar Dosen

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Pakar Guru
1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/ berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut. 2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya 3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun 4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas

Similar Posts

1,909 Comments

  1. Nama : Dwi Ratnawati
    Nim : 858775244
    Prodi : S1 PGPAUD
    Pokjar : Ngunut Tulungagung
    Judul video: Anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip

    Menurut saya,dalam video tersebut guru telah menyampaikan pembelajaran dengan baik.Dengan ramah,telaten dan menyenangkan dapat dilihat mimik muka Bu guru yang ceria sehingga anak juga antusias mengikuti pembelajaran dengan lebih santai namun serius.Anak – anak terlihat enjoy dan menikmati setiap sesi yang disampaikan Bu guru. Jika ada beberapa moment anak terdiam atau menyimak itu wajar. Arahan dan bimbingan Bu guru sesuai dengan porsinya ,memancing anak untuk menebak huruf , menyampaikan detail huruf dan memberikan kesempatan anak untuk menuangkannya dalam bentuk tulisan di papan tulis sudah begitu maksimal. Namun sedikit koreksi menurut saya perlu ada tambahan media pembelajaran yang lebih efektif seperti kartu huruf atau miniatur huruf agar anak bisa memegang dan mengamati secara lebih detail.Secara keseluruhan video ini sudah bagus dan menarik perhatian anak.

  2. Nama : Ririn Indrayani
    nim : 857486911
    s1 PGPAUD
    dari video pembelajaran di atas kegiatan yang dilakukan oleh guru sudah cukup baik dengan mengenalkan huruf dengan bentuk dan warna tetapi untuk siswa sepertinya kurang menarik, bisa di tambahkan kegiatannya dengan membuat huruf dari plastisin atau dengan huruf timbul atau dengan kartu huruf dengan permainan tebak huruf sehingga kegiatnnya menarik untuk anak bukan hanya tanya jawab tetapi ada bermain nya juga sehingga kegiatan tidak monoton dan bervariasi

  3. Nama : Lestari Sri Rahayu
    NIM : 857466292
    Program Studi S1 PGPAUD

    Pada video pembelajaran diatas guru dalam penyampaian materinya masih berpusat pada guru sehingga terkesan membosankan karena anak hanya dapat menyimak apa yang guru sampaikan. Terlihat juga sebagian anak-anak yang tidak antusias terhadap kegiatan pembelajaran tersebut itu karena guru tersebut tidak banyak menggunakan alat peraga yang menarik bagi anak. Alangkah baiknya apabila saat kegiatan belajar diselingi dengan ice breaking, gerak dan lagu dan juga permainan sehingga dapat menambah semangat anak-anak. Untuk kegiatan melatih anak dalam membedakan huruf-huruf tersebut bisa dengan menggunakan play dough, biji-bijian atau pun manik-manik untuk digunakan dalam membentuk huruf-hurufnya.

  4. NAMA : NISA SAFITRI
    NIM : 859170428
    JURUSAN/PRODI : S1 PGPAUD

    Menurut analisis saya dari tampilan video diatas bisa dilihat bahwa pembelajaran yang disampaikan oleh guru tersebut sudah sangat baik dan jelas. Ada beberapa hal yang sepertinya harus diperhatikan oleh guru tersebut diantaranya :
    1. Kurangnya A.P.E yang digunakan, Sehingga terlihat sebagian anak merasa sedikit kurang antusias.
    2. Feed Back antara Guru dan Murid Terbatas seperti, Guru tidak memberikan kesempatan kepada semua murid untuk maju kedepan memberikan contoh huruf yang mirip di salah satu kata di papan tulis.
    3. Guru lebih berfokus pada materi sehingga sebagian anak hanya menyimak saja. Seharusnya guru menciptakan suasana kelas yang lebih beragam atau bervariasi lagi.

    Untuk yang lainnya sudah sangat baik.

  5. Assalamualaikum Wr.. Wb…

    Nama : IKA NOVIDA YENI
    Nim : 859171208
    Prodi : PGPAUD

    Menurut pendapat saya dalam video guru sudah menjelaskan perbedaan huruf b, d, dan p dengan baik. Tapi alangkah baikknya jika pengenalan huruf tersebut di contohkan dengan sebuah benda yang sering dilihat dan digunakan oleh anak. Misalnya huruf b digambarkan dengan sebuah bola, huruf d yang digambarkan dengan kue donat, serta huruf p yang digambarkan dengan sebuah payung . Jadi penyebutan kata pertama dari benda-benda tersebut mewakili huruf yang akan di ingat oleh anak.

  6. Nama: Neng Imas Faridah
    Nim : 857470482
    Program studi : PGPAUD S1

    Setelah saya menyimak video pembelajaran tersebut yang menjadi masalah adalah anak sulit membedakan huruf b, d dan p. Menurut saya pada saat guru menyampaikan materi lebih banyak berpusat pada guru bukan pada anak. Sehingga anak kesannya banyak menyimak dan merasa bosan.
    Kekurangannya media pembelajaran yang kurang menarik pada anak. Kita bisa mengenalkan huruf dengan menggunakan kartu huruf dengan gambar-gambar yang menarik sehingga anak akan antusias untuk belajar mengenal huruf. Atau juga kita bisa menggunakan metode mengajak anak untuk mengepalkan tangan dan menunjukkan ibu jarinya. Kita bisa memulainya dengan tangan kita sendiri dan mintalah anak untuk menirukan bentuk kepalan dan ibu jari kita. Kepalan yang ada di tangan kiri melambangkan bentuk dari huruf b sementara untuk tangan kanan menunjukkan huruf d. Atau kita bisa memberikan materi dengan mengenalkan huruf dengan menggunakan puzzle angka maka anak akan antuas saat memainkannya sehingga anak akan mengingat mana huruf b, d dan p.
    Jika anak belum paham juga, kita sebagai guru sebaiknya memberikan kesempatan kepada anak untuk menulis di papan tulis didampingi oleh gurunya.

    Terimakasih

  7. Nama : Muhaera Ulpa
    Nim : 859161063
    Prodi : S1 PG PAUD

    Pada video diatas, menurut saya sudah cukup bagus. Guru menjelaskan terlebih dahulu perbedaan huruf b,d dan p, kemudian meminta anak untuk menulis di awan dan menulis di papan tulis, namun metode yang digunakan terlihat pasif, sehingga siswa hanya mendengarkan saja apa yang dijelaskan guru dan tanpa terlihat aktif.
    Semoga kedepannya banyak menampilkan metode-metode yang melibatkan anak agar lebih aktif dan supaya anak lebih cepat mengingat apa yang diajarkan.

  8. Nama : Ade anggri Pitaloka
    Nim : 857795845
    Prodi : S1 PGPAUD

    -Dalam video pembelajaran tersebut pokok permasalahannya yaitu bagaimana cara guru dalam mengatasi anak yang belum dapat membedakan huruf yang mirip seperti huruf b, d, dan p.
    Kekurangan
    Dalam video pembelajaran tersebut media pembelajaran kurang yang di gunakan kurang menarik perhatian anak sehingga ada anak yang fokus dan ada juga anak yang kurang fokus saat proses pembelajaran berlangsung, pada saat proses pembelajaran berlangsung anak hanya menyimak apa yang disampaikan oleh guru.
    Kelebihan
    Dalam menyampaikan meteri pembelajaran guru sangat berantusias, guru juga mengulang-ulang materi yang sedang disampaikan hingga mudah dipahami oleh anak, media yang di gunakan oleh guru mudah dipahami oleh anak sehingga anak mudal memahami perbedaan anatara huruf b, d , dan juga p
    -Menurut saya metode yang di gunakan oleh guru sudah sesuai dengan kurikulum perkembangan anak usia dini
    Saya saat mengharamkan menggunakan media seperti menggunakan balok huruf

  9. Menurut pendapat saya guru sudah cukup baik dalam menjelaskan perbedaan huruf yang mirip dengan cara menulis huruf yang benar dan betuknya. Guru juga sudah membedakan huruf sesuai warnanya.anak di minta menuliskan huruf di papan tulis sesuai intruksi guru dengan melihat contoh yang sudah di tulis guru di papan tulis dan menyebutkan bunyi perbedaan huruf b,d dan p di buat suku kata .
    Alangkah baiknya sebelum kegiatan belajar dimulai guru membuat permainan tebak nama buah sesuai huruf awal yang mirip dengan gambar buah misalnya Pepaya,Duku dan Belimbing. Mengelompokan anak lebih sedikit agar tidak terlihat anak berkerumun di depan guru sehingga anak terlihat kurang focus saat guru menjelaskan di depan. Anak di minta berpasangan untuk tebak huruf menulis di punggung teman sesuai anak inginkan lalu teman menebak apa huruf yang teman tulis misal b,d dan p.

  10. Nama : Defi Apriyani
    Nim : 857184864
    Prodi : S1 PG PAUD
    Menurut pendapat saya guru sudah cukup baik dalam menjelaskan perbedaan huruf yang mirip dengan cara menulis huruf yang benar dan betuknya. Guru juga sudah membedakan huruf sesuai warnanya.anak di minta menuliskan huruf di papan tulis sesuai intruksi guru dengan melihat contoh yang sudah di tulis guru di papan tulis dan menyebutkan bunyi perbedaan huruf b,d dan p di buat suku kata .
    Alangkah baiknya sebelum kegiatan belajar dimulai guru membuat permainan tebak nama buah sesuai huruf awal yang mirip dengan gambar buah misalnya Pepaya,Duku dan Belimbing. Mengelompokan anak lebih sedikit agar tidak terlihat anak berkerumun di depan guru sehingga anak terlihat kurang focus saat guru menjelaskan di depan. Anak di minta berpasangan untuk tebak huruf menulis di punggung teman sesuai anak inginkan lalu teman menebak apa huruf yang teman tulis misal b,d dan p.

Leave a Reply