silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.

Netti Hernawati

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

  1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
  2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
  3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
  4.  Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

  1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
  2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

  1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan

Evanigustiningtyas

Pakar Dosen

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Pakar Guru
1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/ berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut. 2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya 3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun 4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas

Similar Posts

1,909 Comments

  1. Nama : Defi apriyani
    Nim :857184864
    Prodi :S1 PG PAUD
    Menurut pendapat saya guru sudah cukup baik dalam menjelaskan perbedaan huruf yang mirip dengan cara menulis huruf yang benar dan betuknya. Guru juga sudah membedakan huruf sesuai warnanya.anak di minta menuliskan huruf di papan tulis sesuai intruksi guru dengan melihat contoh yang sudah di tulis guru di papan tulis dan menyebutkan bunyi perbedaan huruf b,d dan p di buat suku kata .
    Alangkah baiknya sebelum kegiatan belajar dimulai guru membuat permainan tebak nama buah sesuai huruf awal yang mirip dengan gambar buah misalnya Pepaya,Duku dan Belimbing. Mengelompokan anak lebih sedikit agar tidak terlihat anak berkerumun di depan guru sehingga anak terlihat kurang focus saat guru menjelaskan di depan. Anak di minta berpasangan untuk tebak huruf menulis di punggung teman sesuai anak inginkan lalu teman menebak apa huruf yang teman tulis misal b,d dan p.

  2. Nama : Neng Yuvi
    NIM : 857800986
    Prodi : PGPAUD S1

    Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

    Untuk mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf b d dan q dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan seperti diberi simbol gambar agar menarik perhatian anak dan akan gampang di ingat.

    Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan bahasa anak guna menguatkan kognitif huruf.
    Cara penyampaian guru agar menarik anak banyak ragam dengan menggunakan bahan lost part agar anak bisa lebih cepat mengingat dan membedakan huruf.

  3. Nama : Nur Alfina Husna
    Nim : 858303772
    – Bagaimana reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    beberapa anak sangat antusias mengikuti kegiatan pembelajaran yang diberikan oleh ibu guru, dengan ikut bergerak aktif dan semangat.

    – secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    masih ada beberapa anak yang sulit mengikuti dan hanya mendengarkan saja apa penjelasan oleh guru

    – secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    kelebihan guru pada video diatas adalah mengenalkan lebih dulu apa itu huruf b, d, dan p, menjelaskan perbedaan antara huruf b, d, dan p lalu memberikan contoh pada kalimat seperti kata “badak”, “papa bobo”, lalu meminta anak menirukan huruf b, d, dan p dengan gerakan jari diangkasa, meminta beberapa anak menuliskan huruf b, d, dan p di papan tulis, memberikan penguatan kepada anak yang sudah berhasil dan bimbing anak yang belum melakukan

    – hal-hal unik apa saja yng anda temukan dalam video tersebut dari guru saat melakukan pembelajaran?
    media yang digunakan berupa kertas hvs dan tulisan huruf b, d, dan p yang besar dan berwarna, beragam warna yang digunakan pada contoh kalimat, selain itu anak ada yang kurang fokus berbicara dengan temannya saat penjelasan guru.

    – setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan guru yang diamati pada tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya?
    upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya adalah dengan menggunakan berbaga macam media belajar, seperti meminta anak menuliskan huruf b, d, dan p diatas pasir, meminta anak menirukan membentuk huruf b, d, dan p menggunakan plastisin. hal ini pasti akan menarik minat anak dalam belajar.

  4. Nama : Arsy Ilahi
    NIM : 856819508
    UPBJJ : Bengkulu
    Pokjar Lebong
    Menurut saya,dalam video tersebut guru telah menyampaikan pembelajaran dengan baik.Dengan ramah,telaten dan menyenangkan dapat dilihat mimik muka Bu guru yang ceria sehingga anak juga antusias mengikuti pembelajaran dengan lebih santai namun serius.Anak – anak terlihat enjoy dan menikmati setiap sesi yang disampaikan Bu guru. Jika ada beberapa moment anak terdiam atau menyimak itu wajar. Arahan dan bimbingan Bu guru sesuai dengan porsinya ,memancing anak untuk menebak huruf , menyampaikan detail huruf dan memberikan kesempatan anak untuk menuangkannya dalam bentuk tulisan di papan tulis sudah begitu maksimal. Namun sedikit koreksi menurut saya perlu ada tambahan media pembelajaran yang lebih efektif seperti media langsung bukan sekedar gambar jadi anak punya pengalaman tersendiri

  5. Dalam video tersebut hal yang dilakukan guru sudah bagus dengan memberikan penjelasan kepada anak-anak tentang perbedaan huruf yang mirip. Guru sudah menyampaikan dengan baik, guru menggunakan media agar anak dapat tertarik dan anak lebih cepat paham. Dengan mengatur anak untuk duduk melingkar diharapkan semua anak akan bisa menyimak dan memperhatikan guru dengan baik. Guru terlihat memberikan kesempatan untuk maju kedepan menuliskan huruf sesuai arahan dan petunjuk guru. akan tetapi menurut saya masih banyak yang bisa kita terapkan dan diajarkan dengan menggunakan media yang bisa mengasah kemampuan anak lebih cepat. Misalnya dengan menggunakan biji-bijian, batu kerikil, manik-manik atau media lainya, agar anak lebih merasa menantang dan menyenangkan, dengan cara itu anak lebih cepat mengingat apa yang kita ajarkan.

  6. Nama Gina Maulani
    NIM 857427735
    Pokjar Kota Tasikmalaya
    Semester 8 S1PGPAUD

    Setelah saya menyimak video pembelajaran tersebut yang menjadi pokok permasalahannya adalah cara guru mengatasi anak yang sulit atau belum dapat membedakan huruf yang mirip seperti b, d, dan Kekurangan : Pada saat Guru menyampaikan materi lebih banyak berpusat pada guru, sehingga anak lebih banyak menyimak sehingga kesannya anak pasif dan bosan.
    Kekurangannya media pembelajaran yang menarik perhatian terhadap anak.
    Posisi duduk yang seharusnya melingkar agar lebih maksimal, oleh karena itu pembelajaran tidak diminati oleh anak, sehingga anak ada yang fokus dan ada juga yang tidak memperhatikan.
    Kelebihan : Guru sangat antusias dalam menyampaikan materi pembelajaran, mengulang-ulang materi yang disampaikan sehingga anak cepat memahami apa yang disampaikan oleh guru
    Guru memberikan materi sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, menggunakan media kartu huruf secara nyata bukan bentuk animasi sehingga anak mudah memahami perbedaan huruf b, d dan juga p.
    Jika anak belum paham, guru memberikan kesempatan pada anak untuk mereka menulis di papan tulis didampingi oleh guru tersebut.
    Menurut pendapat saya metode yang digunakan oleh guru sudah benar sesuai dengan Kurikulum erkembangan anak usia dini.
    Saya akan menggunakan metode yang mudah dan dapat diingat anak, untuk strategi saya memilih yang tepat untuk mengajak anak bereksplorasi dengan bahan alam. Seperti metode membangun banyak asosiasi visual auditori melalui kegiatan kinestetik, mengembangkan suatu hal yang unik untuk menarik perhatian anak, pembelajaran secara mendetail dalam huruf atau kata, dapat mengurangi rasa bosan dan meningkatkan keterlibatan anak dalam belajar.
    Untuk posisi duduknya usahakan melingkar supaya anak dapat memperhatikan guru dengan jelas, karena posisi duduk juga berpengaruh dalam mengawali suatu kegiatan belajar mengajar.
    Saya akan menggunakan teknik yang berbeda, misalnya bereksplorasi menggunakan media alam seperti pasir, tepung, dan krim. Dapat juga dengan menggunakan balok huruf, puzzle susun huruf sehingga mereka merasa tertarik untuk mencoba media permainan yang sudah di susun oleh guru.
    Berikan permainan yang menyenangkan bagi anak supaya pembelajaran yang dilakukan tidak terasa membosankan sehingga materi dapat tersampaikan dengan optimal.

  7. NAMA : ANGGUN ZAHROTUS SAFITRI
    NIM : 858714096
    PRODI : PGPAUD

    Bagaimana reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    beberapa anak sangat antusias mengikuti kegiatan pembelajaran yang diberikan oleh ibu guru, dengan ikut bergerak aktif dan semangat.

    – secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    masih ada beberapa anak yang sulit mengikuti dan hanya mendengarkan saja apa penjelasan oleh guru

    – secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    kelebihan guru pada video diatas adalah mengenalkan lebih dulu apa itu huruf b, d, dan p, menjelaskan perbedaan antara huruf b, d, dan p lalu memberikan contoh pada kalimat seperti kata “badak”, “papa bobo”, lalu meminta anak menirukan huruf b, d, dan p dengan gerakan jari diangkasa, meminta beberapa anak menuliskan huruf b, d, dan p di papan tulis, memberikan penguatan kepada anak yang sudah berhasil dan bimbing anak yang belum melakukan

    – hal-hal unik apa saja yng anda temukan dalam video tersebut dari guru saat melakukan pembelajaran?
    media yang digunakan berupa kertas hvs dan tulisan huruf b, d, dan p yang besar dan berwarna, beragam warna yang digunakan pada contoh kalimat, selain itu anak ada yang kurang fokus berbicara dengan temannya saat penjelasan guru.

    – setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan guru yang diamati pada tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya?
    upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya adalah dengan menggunakan berbaga macam media belajar, seperti meminta anak menuliskan huruf b, d, dan p diatas pasir, meminta anak menirukan membentuk huruf b, d, dan p menggunakan plastisin. hal ini pasti akan menarik minat anak dalam belajar.

  8. Pembelajaran dalam video tersebut sudah bagus. Anak- anak secara keseluruhan sudah fokus dalam pembelajaran yang diajarkan Bu Guru. Mereka juga bisa mengikuti dengan baik proses pembelajaran tersebut. Tetapi alangkah baiknya jika Bu Guru mengajak mereka bernyanyi tentang huruf- huruf yang gampang terbalik tersebut agar mereka terus bisa mengingatnya melalui lagu. Terima kasih

  9. Nama : Siti nurbaeti
    NIM : 857430346
    POKJAR : Singaparna Kab. Tasikmalaya
    Semester 8 PGPAUD

    Setelah saya menyimak video cara mengatasi anak sulit membedakan huruf yang mirip seperti huruf p, b, dan d. Dalam video tersebut dijelaskan Bagaimana tata cara mengatasi anak untuk bisa membedakan antara huruf p b dan d. Dalam video tersebut seorang guru sudah menjelaskan perbedaan huruf p, b dan d dengan jelas juga disertai dengan media yang cukup dapat dilihat oleh anak namun dalam video tersebut terlihat beberapa orang anak yang bosan dan cenderung tidak memperhatikan. Selain itu ibu guru hanya fokus ke beberapa anak yang memperhatikan sedangkan ada bebefapa anak yang acuh dan dibiarkan, pembelajaran juga terpusat pada guru tidak memberikan kebebasan anak untuk berekspresi. ragam main yang digunakan itu hanya menggunakan hanya melibatkan indera saja sehingga anak belum bisa mengeksplorasi pengetahuannya…
    Contoh kata yang digunakan tidak disertai gambar supaya dapat memperjelas makna dari kata tersebut juga dapat menambah pengetahuan anak…
    Adapun kelebihannya : Guru sangat antusias dan kreatif dalam menyajikan materi dan penggunaan media sederhana

  10. dari video yang sudah saya lihat dengan tema anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip, disini guru sudah sangat bagus dalam memberikan atau mengenalkan huruf tersebut kepada anak, Guru sangat antusias dalam menyampaikan materi pembelajaran, mengulang-ulang materi yang disampaikan sehingga anak cepat memahami apa yang disampaikan oleh guru. Guru juga memberikan materi sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, menggunakan media kartu huruf secara nyata bukan bentuk animasi sehingga anak mudah memahami perbedaan huruf b, d dan juga p.
    akan tetapi dalam video ini ada kekurangannya, yang mana kurangnya APE yang digunakan, jikalau dalam pembelajaran banyaknya APE yang diberikan kemungkinan anak anak akan lebih cepat paham dan antusias buat lebih ingin tahu lagi.

Leave a Reply