Sinopsis
Program ini berisi gambaran tentang seorang guru IPA di SMP yang kebingungan karena siswanya tidak ada yang dapat menjawab pertanyaannya bahkan tidak mendengarkan penjelasannya (tidak focus). Solusi yang ditawarkan dalam program ini untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan beberapa langkah, yaitu: memetakan anak yang tidak focus untuk menjadi pusat perhatian dan siswa didekati secara individual lalu guru mengadakan pendekatan secara persuasif pada siswa yang tidak focus tersebut.
Hartinawati
Memberikan alternatif solusi untuk guru yang siswanya tidak fokus dalam mengikuti pelajaran.
Pada saat membuka pelajaran, guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran. Dapat dikatakan guru tidak melakukan apersepsi, tapi guru menutup pelajaran dengan baik, yaitu memberikan motivasi belajar (mengerjakan PR) agar nilai akhir terbantu.
Guru menggunakan strategi yang tepat dalam menyelesaikan masalah. Guru melakukan refleksi setelah mengajar, kemudian mencoba mendekati siswa yang tiak fokus belajar. Setelah memahami masalahnya, guru memberikan perhatian khusus dan memotivasi siswa-siswa yang kurang fokus.
Video ini bagus sebagai video pembelajaran, perlu ditonton oleh guru yang mempunyai masalah yang sama, yaitu siswa dikelasnya tidak fokus dalam belajar.
Yang perlu dicontoh dari guru dalam video ini adalah:
Guru selalu melakukan refleksi kemudian mencoba mencari solusi dengan terlebih dulu mencari tau masalah siswa.
Saran:
Sebaiknya guru tidak pelit dalam memberikan pujian sebagai penguatan
Deetje Sunarsih
Nama = Sri Wartini
NIM = 043563883
Bagi saya, sebagai guru pada sekolah kesetaraan kejadian seperti video tersebut seringkali terjadi. Hal ini dikarenakan : boleh jadi siswa bosan dengan metode ceramah yang seringkali saya lakukan saat mengajar. Dengan pendekatan yang sama, saya ajak siswa berbicara dari hati ke hati mengenai belajar seperti apa yang siswa saya inginkan.
Nama : Adiyanto
NIM : 042101191
Prodi : Pendidikan Fisika
UPBJJ : Semarang
Permasalahan yang sering di alami terlebih pada jam ahir, sangat diperlukan perhatian guru terhadap siswa dan memang sangat diperlukan sebuah pendekatan seperti yang ada pada contoh video tersebut, selain itu pemahaman karakter masing-masing peserta didik dengan berbagai macam pendekatan lain juga diperlukan.
Nama: Puja Ridhan Jati Abdillah
NIM: 043850568
Prodi: Pendidikan Biologi
Assalamualaikum wr.wb.
Izin menanggapi video pembelajaran tentang menangani murid yang kurang fokus di dalam kelas.
Permasalahan ini sering terjadi. Dan dari video di atas didapati guru tersebut menyelesaikan masalah tersebut dengan baik. Yaitu mencoba pendekatan pada siswa yang kurang fokus di dalam pembelajaran tadi. Pendekatan ini bertujuan agar guru dapat mengetahui alasan siswa kurang fokus selama pembelajaran, sehingga guru dapat memberikan saran dan bantuan agar siswa dapat kembali fokus mengikuti pembelajaran.
sekian dan terima kasih.
Wassalamualaikum wr.wb
Nama: Puja Ridhan Jati Abdillah
NIM: 043850568
Prodi: Pendidikan Biologi
Assalamualaikum wr.wb.
Izin menanggapi video pembelajaran tentang menangani murid yang kurang fokus di dalam kelas.
Permasalahan ini sering terjadi. Dan dari video di atas didapati guru tersebut menyelesaikan masalah tersebut dengan baik. Yaitu mencoba pendekatan pada siswa yang kurang fokus di dalam pembelajaran tadi. Pendekatan ini bertujuan agar guru dapat mengetahui alasan siswa kurang fokus selama pembelajaran, sehingga guru dapat memberikan saran dan bantuan agar siswa dapat kembali fokus mengikuti pembelajaran.
sekian dan terima kasih.
Wassalamualaikum wr.wb
Nama : Yuliana Yoli
NIM : 017749868
Prodi : Pendidikan Biologi
UPBJJ : Kupang
Menurut pendapat saya pembelajaran yang yang dilaksanakan oleh guru tersebut memiliki kelemahan dan kelebihan.pada awal pembelajaran guru tersebut tidak melakukan apersepsi awal misalnya ,doa dan absensi hanya mengucapkan salam .selanjutnya langsung pada materi tidak menyampaikan tujuan pembelajaran,indikator dan kompetensi pembelajaran.
Ada beberapa hal yang saya amati dari video pembelajaran ini yaitu :
1. Guru tidak menggunakan metode pembelajaran dengan baik.
2. Guru aktif sendiri dalam menjelaskan materi, sehingga tidak ada umpan balik dari siswa
3. Tidak membagi siswa dalam kelompok diskusi dan tidak memberikan LKS untuk siswa.
4. Langsung bertanya kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang ditanyakan.
5. Tidak merangkumkan kembali materi pembelajaran
6.Tidak melakukan apersepsi penutup
salah satu cara pendekatan guru terhadap siswa juga sudah bagus yaitu mencari tahu masalah yang dihadapi oleh masing -masing siswa yang mana dalam kelas pada saat pembelajaran siswa tersebut tidak fokus pada materi yang dijelaskan tetapi lebih fokus pada masalah pribadi.masalah siswa tersebut diselesaikan bersama dengan guru pada saat jam istirahat,sehingga siswa merasa tidak terbeban dengan masalah pribadi.
Cara yang dilakukan oleh guru tersebut membantu siswa untuk lebih percaya diri lagi dan lebih fokus dalam belajar sehingga pada pertemuan selanjutnya siswa tersebut bisa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru .solusi dan motivasi yang diberikan oleh guru juga berdampak besar dalam proses kegiatan pembelajaran dikelas dan perkembangan kemampuan siswa .setiap siswa memiliki karakter yang berbeda sehingga guru harus benar-benar memahami karakter dari siswa itu sendiri.
Untuk metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru harus bervariasai tidak monoton metode ceramah saja tetapi bisa dilakukan dengan metode diskusi atau belajar di luar ruangan dan harus disesuaikan dengan materi yang diajarkan. Guru harus mengemas penyajian materi dengan baik .
Solusi untuk pembelajaran ini yaitu:
a. guru harus menguasai metode pembelajaran
b. guru hanya sebagai fasilitator siswa yang harus aktif
c. lebih menguasai kelas
d. variasi pembelajaran sehingga siswa tidak jenuh atau bosan misalnya membuat guyonan .
Terimah kasih .
Nama : Komang Rima
NIM : 043772117
Jurusan : Pendidikan Biologi
Menurut saya reaksi yang diberikan siswa di awal video sangat sering terjadi di dunia nyata. Dimana guru mengalami kesulitan utuk menarik perhatian siswa dan membuat siswa tetap fokus pada materi yang disampaikan apalagi di jam-jam pelajaran siang yang sudah mendekati jam pulang. Kelebihan guru di video yang ditayangkan adalah beliau mau merefleksikan diri dan proses pembelajarannya untuk menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapi. Sehingga mampu menghasilkan perubahan pada kondisi kelas saat pelajaran. Hal seperti ini memang sangat diperlukan, untuk tetap membuat siswa tertarik dan fokus. Guru dapat membuat proses pembelajaran yang lebih kreatif lagi seperti diskusi kelompok, belajar dengan alat bantu, out door class, dan lain sebagainya sesuai kondisi lingkungan sekolah.
Nama : Yeni Ballo
NIM : 043105303
UPBJJ : Kota Kupang
Penilaian saya terhadap video:
1. Guru sudah menguasai kelas dan mengontrol dengan baik. Hal itu terlihat dari suasana kelas yang tenang sehingga guru tidak perlu mengeluarkan suara dengan volume lebih ketika memberi penjelasan materi.
2. Guru melakukan refleksi terhadap masalah pembelajaran yang dialami dan mencari solusi yang tepat.
3. Guru memperolah informasi atau data penyebab masalah dengan melakukan pendekatan personal kepada siswa sehingga sehingga dapat diambil solusi yang tepat sesuai dengan masalah yang dihadapi.
4. Guru telah membangun komunikasi yang baik dengan siswa yang diajar.
Nama : Yeni Ballo
NIM : 043105303
UPBJJ : Kota Kupang
Penilaian saya terhadap video:
1. Guru sudah menguasai kelas dan mengontrol dengan baik. Hal itu terlihat dari suasana kelas yang tenang sehingga guru tidak perlu mengeluarkan suara dengan volume lebih ketika memberi penjelasan materi.
2. Guru melakukan refleksi terhadap masalah pembelajaran yang dialami dan mencari solusi yang tepat.
3. Guru memperolah informasi atau data penyebab masalah dengan melakukan pendekatan personal kepada siswa sehingga sehingga dapat diambil solusi yang tepat sesuai dengan masalah yang dihadapi.
4. Guru telah membangun komunikasi yang baik dengan siswa yang diajar.
nama: Sumarsih
Nim : 501253227
Prodi : magister pendidikan
izin memberi tanggapan atas video diatas, keadaan dalam kelas dalam proses belajar mengajar sering terjadi dalam pembelajaran, dimana seorang guru yang kadang kurang mendapatkan respon dari peserta didik, di video sudah bagus sekali, dimana bapak guru yang melakukan evaluasi diri, mengapa peserta didiknya semua diam saat ditanya, kemudia bapak guru melakukan pendekatan kepada peserta didiknya kemudian menanyakan apa masalah yang dihadapi. pendekatan kepada siswa memang sangat penting untuk mengetahui masalah yang mereka hadapi sehingga tidak mengganggu pembelajaran dikelas.
Nama : Rusli Fahmi
NIM : 501223263
Magister Pendidikan Dasar
Yang saya dapat pelajari dari video tersebut adalah tentang pentingnya menyiapkan peserta didik sebelum memulai pembelajaran. Kegiatan seperti berdo’a, apersepsi, dan lain-lain pada kegiatan awal pembelajaran penting dilakukan oleh guru agar murid betul-betul siap dan memusatkan perhatiannya dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu bersikap sabar dan peka pada murid dalam pembelajaran akan sangat menentukan keberhasilan tujuan pembelajaran. Hal lain yang saya pelajari dari video tersebut adalah bagaimana seorang guru cepat bereaksi pada hal yang terjadi dan segera merefleksi diri untuk perbaikan pembelajaran. Ini penting dan harus terus menerus dilakukan oleh guru untuk melayani kebutuhan belajar yang beraneka ragam dan mempunyai karakteristik sendiri. Pendekatan yang dilakukan oleh guru dengan melakukan pendekatan personal dan dialog pada murid tepat menurut saya. Kesiapan murid dalam belajar, guru yang sabar dan peka melayani kebutuhan belajar murid yang beraneka ragam serta refleksi yang terus menerus dilakukan oleh guru akan berdampak pada peningkatan belajar murid.