silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Dwi Astuti

Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.

Harimurti

Similar Posts

3,627 Comments

  1. Nama : Lia Nurmulia
    NIM : 857312801
    Dari video anak tidak percaya diri, Alhamdulillah sangat bermanfaat bagi saya, karena memberikan saya ilmu tentang bagaimana saya harus mengatasinya ketika dikelas ada murid yg tidak percaya diri.

  2. Nama : Halimatu Syadiah
    NIM : 857498228
    Pokjar : Cimahi
    Judul video : Anak tidak percaya diri
    Setelah menyimak video pembelajaran dengan judul Anak tidak percaya diri, menurut saya videonya sangat menarik dan dapat mengisnpirasi saya sebagai guru TK dalam mengatasi anak-anak yang tidak percaya diri atas hasil dan kreativitasnya. Dalam video diperlihatkan seorang guru yang membimbing anak-anak dalam kegiatan belajar, memotivasi kreativitas anak, mengajak anak bercakap-cakap tentang apa yang segang di gambarnya, dsb. Menurut pendapat saya hal yang mungkin bisa ditambahkan dalam menumbuhkan rasa percaya diri anak yaitu memberikan tepuk tangan (applause), tos, hadiah kecil (reward) misalnya berupa pensil, penghapus, dll, kepada anak yang sudah bisa melakukan kegiatannya dengan mandiri dan percaya diri. Sehingga anak akan melakukan kegiatan berikutnya dengan percaya diri.

  3. Nama : Shelbyana Kynan Larasati
    NIM : 857746914
    UPBJJ : Kota Semarang
    Dalam program ini, seorang guru TK menangani seorang anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Guru berupaya mendekati anak dengan memberikan penguatan, motivasi, dan dukungan. Mereka menanyakan apakah anak masih ragu atau tidak mengerti tugasnya, memberikan motivasi untuk kreativitas anak dengan meminta mereka memilih aktivitas lain, dan memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema tugas. Guru juga mendorong anak untuk mengeksplorasi ide-ide lain yang terkait dengan tema tersebut.

  4. NAMA : NUR AZIZAH FILLAILI HASANAH
    NIM : 858613336

    Dari video tersebut saya belajar bahwa anak yang tidak percaya diri sangat memerlukan motivasi dari orang terdekatnya, baik guru maupun orang tua.
    guru memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai mesti tidak sama dengan tema pada hari itu, guru memotivasi anak dengan menggambar sesuatu yang sangat disukai anak, guru melakukan pendekatan pada anak untuk memotivasi bahwa anak pasti bisa menggambar, pada anak baru menggambar anak belum baik karena motorik halus belum terarah maka gambaran itu hanya berupa coret-coret dan garis saja. terimakasih videonya sangat bermanfaat untuk saya.

  5. Deiby Kambey 857366606 Judul : Anak tidak percaya diri

    Video ini sangat membantu dalam mengidentifikasi penyebab anak tidak percaya diri dengan hasil gambarnya dan menawarkan solusi yang praktis. Penyajian yang jelas dan visual yang menarik membuatnya mudah dipahami. Penekanan pada pentingnya memberikan pujian yang konstruktif, mendorong ekspresi diri, dan menciptakan lingkungan yang mendukung kreativitas anak sangat tepat. Tambahan tips untuk melibatkan anak dalam kegiatan seni yang menyenangkan juga meningkatkan efektivitas video. Secara keseluruhan, ini adalah sumber yang sangat bermanfaat untuk membantu anak merasa lebih percaya diri dengan hasil karyanya.

  6. Nama : Noviana
    Nim : 856602051
    Video tersebut menunjukkan pendekatan yang sangat mendukung dan konstruktif dari seorang guru Taman Kanak-kanak dalam menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Berikut adalah beberapa komentar saya mengenai tindakan guru tersebut:
    1. Pendekatan Personal: Guru yang berupaya mendekati anak secara personal menunjukkan kepekaan terhadap kebutuhan individu setiap anak. Ini menciptakan lingkungan yang aman bagi anak untuk mengungkapkan keraguan dan ketidakpastian mereka.
    2. Penguatan dan Motivasi: Memberikan penguatan positif dan motivasi adalah kunci untuk meningkatkan kepercayaan diri anak. Menanyakan kepada anak tentang keraguan mereka dan memberikan dukungan adalah cara yang efektif untuk membantu anak mengatasi hambatan belajar.
    3. Mendorong Kreativitas: Memotivasi anak untuk mengeksplorasi aktivitas kreatif lainnya adalah strategi yang bagus untuk memperkuat rasa percaya diri dan otonomi. Ini juga membantu anak-anak mengembangkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis.
    4. Saran Menggambar: Memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak adalah cara yang cerdas untuk menghubungkan tugas dengan minat pribadi anak. Ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan anak dalam belajar tetapi juga memperkaya pengalaman belajar mereka.
    5. Eksplorasi Tema: Mendorong anak untuk mengeksplorasi lebih lanjut terkait dengan tema menggambar membantu mereka memperluas pemahaman mereka dan menghubungkan konsep baru dengan pengetahuan yang sudah ada.
    Guru dalam video tersebut telah menunjukkan bagaimana pendekatan yang penuh perhatian dan mendukung dapat membuat perbedaan besar dalam pengalaman belajar anak. Ini adalah contoh yang baik bagi pendidik lain untuk mengikuti dalam mendukung perkembangan anak-anak di kelas mereka.

  7. nama :reza yulia sari
    nim 858963731
    dari video ini kita dapat mengetahui bagaimana cara seorang pendidik untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa.yang di mulai dari kegiatan yang halus dari dalam diri sendiri hingga yang luas yang mengangkut tema pembelajaran

  8. Nama : Zuhda Rauhati
    NIM : 857631743
    Judul : Anak tidak percaya diri

    Dalam vidio tersebut guru sangat hebat dalam penguatan dengan cara memberikan motivasi pada anak. Agar anak dapat semangat dalam belajar dan pasti bisa menggambar. Dengan vidio ini saya dapat mengambil pelajaran dan menerapkannya pada kelas saya mengajar.

  9. Nama : Zakyyatul farah
    NIM : 858528237
    judul video : anak tidak percaya diri
    video di atas bermanfaat karena memberikan solusi untuk kami supaya anak lebih percaya diri terhadap tugas yang sudah siswa kerjakan

  10. Pada video yang saya saksikan Ini adalah cara bagaimana menangani anak-anak yang tidak percaya diri di saat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
    Untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak guru dapat melakukan kegiatan sebagai berikut:
    1. Guru memberikan tugas yang sesuai dengan minat anak walaupun tidak sesuai dengan tema saat itu.
    2.Guru memberikan anak motivasi untuk kreativitas anak dengan cara memberikan kesempatan menggambar sesuatu yang paling disukai anak.
    3. Guru mengeksplorasi potensi anak dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan pematik terkait tugas yang anak kerjakan.
    4. Guru Melakukan pendekatan serta memberi dorongan kepada anak bahwa anak pasti bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Leave a Reply