silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Dwi Astuti

Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.

Harimurti

Similar Posts

3,627 Comments

  1. Nama : Mariana E Tahe
    NIM : 859951367
    UPBJJ : Manado

    Video ini sangat membantu bagi guru untuk meningkatkan rasa percaya diri pada anak. Rasa percaya diri itu penting bagi anak agar anak tidak malu dan pesimis dalam menjalankan tugas yang di berikan oleh guru. Guru harus memberikan penguatan dalam meningkatkan rasa percaya diri anak, selain ltu guru harus memotivasi anak dalam melakukan sesuatu, mengajak anak melakukan sesuatu yang anak inginkan.

  2. Menurut pendapat saya, video “Anak Tidak Percaya Diri” menyoroti pentingnya peran guru dalam membantu anak-anak yang mengalami ketidakpercayaan diri. Pendekatan yang ditunjukkan oleh guru tersebut sangat tepat dalam memberikan dukungan kepada anak-anak yang mengalami masalah ini.

    Melalui dorongan, motivasi, dan pemberian kesempatan kepada anak untuk mengeksplorasi kreativitas mereka, guru menciptakan lingkungan yang memungkinkan anak untuk merasa aman dan percaya diri dalam berekspresi. Bertanya kepada anak untuk memastikan pemahaman mereka dan memberikan pilihan aktivitas lain yang sesuai dengan minat dan keahlian mereka juga membantu meningkatkan rasa percaya diri anak.

    Selain itu, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak tetapi masih terkait dengan tema awal tugas merupakan cara yang baik untuk memfasilitasi pembelajaran yang berpusat pada anak dan meningkatkan motivasi mereka untuk belajar.

    Guru yang memperhatikan dan merespons kebutuhan emosional dan psikologis anak dengan sensitif dapat membantu membangun pondasi yang kuat untuk perkembangan mereka secara menyeluruh. Pendekatan seperti yang ditunjukkan dalam video ini dapat menjadi contoh yang baik bagi pendidik lainnya dalam membantu anak-anak mengatasi ketidakpercayaan diri dan meraih potensi penuh mereka.

  3. Saat menggambar saya sering menemui anak selalu menggambar gambar yang sama dengan temannya dan bukan karena idenya sendiri dalam video tersebut sangat membantu karena biru penanganan anak yang tak percaya diri bisa diajak berkeliling terlebih dahulu sebelum menggambar agar anak bisa melihat sekelilingnya memunculkan ide anak agar anak bisa menentukan apa yang mereka ingin gambar, guru juga dapat menyarankan benda yang mereka sukai untuk digambar, dan memotivasi anak bahawa anak bisa menggambar sendiri karena seringkali anak mudah putus asa saat menggambar

  4. Di sekolah saya ada salah satu anak yang tidak percaya diri. Dengan memberikan pendekatan-pendekatan seperti di dalam video anak tersebut bisa menjadi lebih percaya diri dan terbuka. Oleh karena itu, penting sekali bagi guru untuk selalu memantau dan mengamati anak agar lebih faham mengenai karakteristik anak.

  5. Nama : Friska Damayanti
    NIM : 856597931

    Pendekatan guru dalam menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya sangat memperhatikan dan mendukung perkembangan anak. Dengan mendekati anak secara empatik dan memberikan dorongan positif, guru membantu anak merasa lebih percaya diri dan termotivasi untuk mengatasi ketidakpercayaan dirinya. Memberikan opsi aktivitas alternatif yang masih terkait dengan tema awal adalah cara yang baik untuk mendorong kreativitas dan minat anak. Selain itu, guru juga mengeksplorasi cara lain untuk menghasilkan karya yang sesuai dengan minat dan potensi anak, memberikan kesempatan bagi anak untuk menemukan keberhasilan dalam bentuk yang berbeda. Ini adalah pendekatan yang sangat mendukung untuk membangun kepercayaan diri dan minat belajar anak.

  6. video diatas memberikan point-poin agar guru dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri anak, seperti Guru mendekati anak secara perlahan jika anak sudah menerima Guru dapat memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan

  7. Video tersebut memberikan pengetahuan baru bagi pendidik bahwa sebagai guru perlu menumbuhkan rasa percaya diri terhadap anak usia dini.
    Cara menumbuhkan rasa percaya diri terhadap anak :
    – Guru menanyakan kembali atas tugas yang sudah diberikan apa masih ragu atau bingung.
    – Guru memotivasi kreativitas anak dengan cara memberikan kebebasan anak untuk menggambar sesuatu yang disukainya.
    – Guru mencoba mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat sesuai dengan tema yang sedang dilaksanakan
    – Lakukan pendekatan keada anak dengan cara memotivasi bahwa “aku pasti bisa”
    – Guru dapat meminta anak untuk menceritakan hasil karyanya.
    – Ajak anak untuk menggambar di luar kelas.

  8. pada video tersebut sangat bermanfaat bagi guru paud terutama untuk saya
    kita diberi cara bagaimana mendidik anak agar bisa percaya diri

  9. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu..
    Anak tidak percaya diri jg sering d jumpai d sekolah, mereka merasa slalu tidak mampu, di video anak-anak diberi kebebasan menccoret coret apa sj yg d inginkan.. setelah itu anak di ajak menceritakan apa sj yg telah di gambar..

  10. Assalamu’alaikum, Wr. Wb.
    Nama : Susanti
    NIM : 857396616

    Mohon izin memberikan pendapat pada video Anak Tidak Percaya Diri, menurut saya tampilan video sudah sangat baik, guru berusaha memberikan kepercayaan diri kepada anak dalam mengerjakan tugas, seperti memberikan saran kepada siswa, dan memberikan kebebasan dan motivasi anak dalam mengekpresikan dirinya, walaupun pengerjaan anak tersebut tidak sesuai dengan teman yang diberikan. Anak diberikan beberapa inspirasi oleh guru, sehingga anak merasa kaya dengan ide-ide yang mungkin mereka bisa ambil/gambar. Terdapat dialog dari guru dan anak yang juga sangat bagus, terdengar sekali guru sangat terampil dalam memberikan dukungan kepada anak. Anak menjadi tidak bosan, dan mampu mencapai pembelajaran yang seharusnya tercapai.

    Demikian pendapat saya, terimakasih

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
    Susanti

Leave a Reply