silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Dwi Astuti
–
–
Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.
Harimurti
Nama : Rizky yuliana saputri
NIM : 857600541
Izin menanggapi tentang video tersebut
Dalam video di atas menggambarkan bagaimana seorang guru Taman Kanak-kanak harus menghadapi anak yang tidak percaya diri dengan hasil belajarnya, menganggap gambarannya jelek, tidak suka dengan warnanya atau pun karena tidak suka dengan gambar yang diberikan guru. Guru pun berupaya mendekati anak dengan memberikan penguatan melalui motivasi, menanyakan jika anak masih ragu, membantu anak mengekspresikan kreativitas, memberi saran, dan mendorong eksplorasi. Jika guru melihat ada peningkatan dengan rasa percaya dirinya, maka guru dapat memberikan pujian dengan bijak dan tidak berlebihan, kemudian dorong anak tersebut untuk mencoba hal-hal baru dengan mengajak anak menggambar di alam bebas sekaligus dapat mengusir kebosanan anak yang jenuh selalu belajar di dalam kelas.
Nama : Rizky Yuliana saputri
NIM :857600541
Izin Menanggapi vide tersebut.Dalam video di atas menggambarkan bagaimana seorang guru Taman Kanak-kanak harus menghadapi anak yang tidak percaya diri dengan hasil belajarnya, menganggap gambarannya jelek, tidak suka dengan warnanya atau pun karena tidak suka dengan gambar yang diberikan guru. Guru pun berupaya mendekati anak dengan memberikan penguatan melalui motivasi, menanyakan jika anak masih ragu, membantu anak mengekspresikan kreativitas, memberi saran, dan mendorong eksplorasi. Jika guru melihat ada peningkatan dengan rasa percaya dirinya, maka guru dapat memberikan pujian dengan bijak dan tidak berlebihan, kemudian dorong anak tersebut untuk mencoba hal-hal baru dengan mengajak anak menggambar di alam bebas sekaligus dapat mengusir kebosanan anak yang jenuh selalu belajar di dalam kelas.
Nama : Nunik Ahaddianti
NIM : 857604491
Judul : Anak Tidak Percaya Diri
Izin menanggapi vidio. Dalam vidio banyak cara untuk membangun kepercayaan diri anak ketika sedang melakukan kegiatan seperti guru menanyakan kepada anak jika masih ragu atas tugas yang diberikan, guru memberi saran untuk menggambar sesuatu yang disukai meski tidak sesuai tema, guru memotivasi anak dan menanyakan gambar apa yang dibuat anak, guru mengeksplor potensi anak dari gambar yang dibuat, guru melakukan pendekatan pada anak agar mau menggambar sendiri, guru menempel hasil karya anak, guru mengajak anak untuk melakukan kegiatan diluar ruangan. Namun dari vidio tersebut terlihat guru menuntun anak saat menggambar, menurut saya menuntun anak menggambar dapat membatasi kreativitas anak. Dalam vidio juga tidak terlihat guru memberikan reward/pujian pada hasil karya anak, sebaiknya setiap kali anak melakukan atau membuat sesuatu kita beri reward agar menambah percaya diri pada anak. Setelah kegiatan menggambar guru juga dapat mengajak anak untuk menceritakan hasil karyanya didepan kelas, hal ini dapat membuat anak percaya diri dan dapat mengembangkan kemampuan berbahasa pada anak. terimakasih
Nama : Apriana Azizah
Nim : 859176579
Assalamualikum.Wr.Wb
setelah melihat vidio diatas, seorang guru yang menangani anak yang tidak percaya diri, menggunakan metode yang sangat bagus , dimana guru memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar yang alaing disukai oleh mereka, walaupun tidak sesuai dengan tema saat itu. memberikan kebebasan dapat mengembangkan kreatifitas anak serta anak akan merasa senang dan tidak mudah merasa bosan saat kegiatan belajar.guru juga sangat sabar dalam membimbing anak-anak yang sedang mewarnai atau menggambar dengan cara guru menanyakan gambar apa yang sedang mereka buat sambil membantu anak-anak untuk mengerjakannya . dengan metode yang dilakukan dapat menumbuhkan rasa percaya diri anak.
Nama: Rully Prasetyawati
NIM: 859941667
Video seri pembelajaran sosial emosional tentang “Anak Tidak Percaya Diri”
Kurangnya rasa percaya diri pada anak terhadap hasil belajarnya adalah hal yang perlu kita perhatikan bersama, terutama karena kepercayaan diri mulai berkembang sejak usia dini dan berpengaruh besar pada pembentukan self-esteem. Anak yang kurang percaya diri cenderung ragu untuk mengekspresikan gagasannya, sehingga kreativitas menajdi terbatas. Untuk membantu anak mengatasi hal ini, guru dapat menggunakan pendekatan yang mendukung dan memotivasi. Saat anak merasa ragu terhadap tugas yang diberikan, guru bisa bertanya, misalnya, “Apa yang ingin kamu tambahkan di gambar ini?” atau memberikan saran sederhana seperti ide gambar yang mungkin mereka sukai. Pertanyaan terbuka seperti, “Mau gambar apa hari ini?” juga bisa memicu anak untuk berpikir kreatif. Selain itu, penting bagi guru untuk mengeksplorasi pemikiran anak. Misalnya, jika anak menggambar sesuatu, ajak anak berdiskusi, “Kenapa kamu memilih warna ini?” Hal tersebut dapay meningkatkan kreativitas juga membangun rasa percaya diri anak dalam menjelaskan karyanya. Selain itu, agar anak tidak bosan, aktivitas menggambar bisa dilakukan di luar kelas, seperti di taman atau halaman sekolah untuk memberikan suasana yang baru sekaligus menginspirasi anak. Serta memberikan anak apresiasi terhadap usahanya, apa pun hasilnya, mereka akan merasa dihargai dan didorong untuk terus mencoba. Terima kasih
nama : Fitriani
nim : 855851615
Dalam video ini saya melihat guru memberi Motivasi pada anak agar anak memiliki rasa percaya diri, Percaya diri adalah salah satu aspek penting dalam perkembangan anak usia dini karena membantu mereka membangun fondasi yang kuat untuk menghadapi tantangan di masa depan. Anak yang percaya diri cenderung merasa lebih bahagia dan puas dengan dirinya sendiri. Mereka lebih mampu mengatasi rasa takut atau kecemasan, sehingga tumbuh dengan emosi yang lebih stabil. Percaya diri pada anak usia dini tidak hanya membantu mereka berkembang secara individu, tetapi juga mempersiapkan mereka untuk menjadi individu yang mampu menghadapi dunia dengan sikap yang positif dan Resilient.
Mimin Mintarsih
NIM 877671458
Video ini sangat bermanfaat bagi kami pendidik untuk mengatasi anak tidak percaya diri atas hasil belajar yang dikerjakanya.
Cara agar dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada anak dan kreativitas anak, guru menanyakan kepada anak atas tugas yang diberikan, guru memberikan saran dan menggali imajinasin anak atas apa yang mereka sukai, memotivasi kreativitas anak untuk menggambar apa yang ia sukai, mengeksplorasi potensi anak sesuai apa yang ditugaskan kepada anak, melakukan pendekatan dan meyakinkan anak bahwa mereka mampu untuk menggambar, guru membebaskan anak untuk menggambar apa yang ia sukai, untuk anak yang baru mulai masuk sekolah biasanya motorik halusnya belum terasah maka dari itu dia menggambar berupa coretan bermakna maka pendidik bertanya mengenai gambar yang ia buat lalu guru menuliskan keterangan di gambarnya.
Video ini sangat bagus dan mudah dipahami. Tentunya kita sebagai guru juga harus memberikan pujian kepada anak anak agar senang untuk melakukan kegiatan mengasah kreativitas dan merasa percaya diri atas karyanya.
Nama : Hana Pertiwi
Nim : 855765291
Dalam tayangan videoini kegiatan belajar mengajar sudah terlihat baik. guru aktif memberikan motivasi dari stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak dalam melakukan sesuatu.video ini juga memberikan pengalaman kepada saya sebagai seorang guru dalam melakukan pembelajaran di kelas untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak.
Saran saya untuk video tersebut sebaiknya media yang digunakan dalam pembelajaran lebih bervariasi sehingga anak merasa tidak bosan dan tercipta pembelajaran yang lebih menyenangkan.
Nama : Rita Nurhidaya
Nim: 859400901
Judul Video: Anak Tidak Percaya Diri
Pada anak usia dini permasalah anak tidak percaya diri kerap muncul ini menjadikan anak kurang kreatif dalam prose belajarnya. Dari penjelasan tersebut maka penting sekali bagi guru untuk membantu anak dalam mengatasi masalah tersebut.
1. Guru dapat meminta anak untuk bertanya terkait tugas yang diberikan ketika mereka merasa kebingungan
2. Guru memberikan saran pada anak ketika kegiatan menggambar berlangsung meskipun tidak sesuai dengan tema yang berjalan.
3. Guru memberikan dorongan pada anak dengan memberikan motivasi kreativitas, ini dapat dilakukan dengan guru meminta anak menggambar sesuai dengan sesuatu yang paling anak sukai.
4. Guru dapat mengeksplorasi potensi anak terkait dengan kegiatan menggambar
5. Pada anak yang bermasalah guru dapat meminta anak untuk menggambar sesuai dengan apa yang mereka sukai
6. Setelah kegiatan menggambar selesai guru dapat mengaajak anak untuk mempersentasikan hasil karyanya.
Nama : Selly anawati
Nim : 855765324
Dalam tayangan video tersebut kegiatan belajar mengajar sudah terlihat baik. guru aktif memberikan motivasi dari stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak dalam melakukan sesuatu.video ini juga memberikan pengalaman kepada saya sebagai seorang guru dalam melakukan pembelajaran di kelas untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak.
Meningkatkan rasa percaya diri siswa dapat dilakukan melalui banyak kegiatan. Dan hal ini harus dilakukan secara terus menerus. Karena kepercayaan diri siswa sebagian besar didapatkan berdasarkan pada pengalaman, dan secara bertahap diperkuat oleh keberhasilan di bidang sosial, emosional, dan intelektualnya. Siswa yang aktif dan memiliki banyak pengalaman di masa sekolahnya akan semakin mudah dan semakin alami dalam membangun rasa percaya dirinya. Jadi penting bagi Guru untuk membangun suasana yang aman, dan jangan segan untuk selalu memberikan umpan balik yang dapat siswa kembangkan.
Berikut adalah cara meningkatkan rasa percaya diri anak
• Memberikan apresiasi: Guru dapat memberikan pujian atau reward atas pencapaian siswa, sekecil apapun itu.
• Mendukung setiap minat dan bakat yang dimiliki siswa: Guru dapat mendukung setiap minat dan bakat yang dimiliki siswa.