silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Dwi Astuti
–
–
Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.
Harimurti
NAMA : AGUSTINA PANCA KHOIROH
NIM : 858545082
Judul Video : Anak Tidak Percaya Diri
pada video diatas menggambarkan tentang beberapa anak yang tidak percaya diri dalam pelajaran menggambar, dimana pada pelajaran menggambar atau mewarnai anak merasa tidak percaya diri dengan kemampuan yang dimilikinya, hal tersebut terlihat jelas pada video diatas, sehingga guru ikut serta membantu anak untuk menyakinkan bahwa apa yang dilakukan anak tersebut suda baik dan benar. Adapun hal-hal yang dapat menjadikan anak percaya diri diantaranya yaitu :
1. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak,
2. Menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya,
3. Memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan,
4. Memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
5. Guru memberikan umpan balik, berupa pujian, pelukan kasih sayang bagi anak yang percaya diri dengan kemampuannya, tentunya hal tersebut akan merangsang anak-anak yang lain untuk bisa seperti temannya yang percaya diri.
6. Guru memberikan reeword atau hadiah sebagai penyemangat agar anak percaya diri dengan karya yang dibuatnya.
Langkah-langkah tersebut tentunya akan sangat membantu anak dalam bersikap percaya diri. Untuk mendukung anak agar percaya dirinya meningkat maka seorang guru tentunya memiliki cara-cara yang jitu agar anak tersebut memiliki sikap percaya diri, salah satunya yang suda dipaparkan diatas.
Nama : Indrati Mintorini
NIM :857988819
Menumbuhkan rasa percaya diri atau menanamkan rasa percaya diri pada anak TK sangat penting karena fase ini adalah masa-masa awal perkembangan mereka, baik secara emosional, sosial, maupun intelektual. Usia TK merupakan masa pembentukan karakter, anak yang punya rasa percaya diri akan lebih mudah untuk menghadapi tantangan, percaya diri juga membantu anak mengenal dan menerima diri sendiri dengan lebih baik. anak yang tidak mempunyai rasa percaya diri akan takut mencoba hal yang baru
Nama : Indrati Mintorini
NIM :857988819
Video ini sangat bermanfaat sekali, memberikan pengalaman untuk guru semua, Menanamkan rasa percaya diri pada anak TK sangat penting karena fase ini adalah masa-masa awal perkembangan mereka, baik secara emosional, sosial, maupun intelektual. Usia anak TK merupakan masa oopembentukan karakter, rasa percaya diri membantu anak mengenal dan menerima dirinya sendiri dengan baik.
Video tersebut menunjukkan pendekatan positif seorang guru Taman Kanak-kanak dalam menangani anak yang kurang percaya diri. Guru berusaha membangun kepercayaan diri anak dengan memberikan motivasi dan dukungan. Melalui pertanyaan terbuka, guru mendorong anak untuk mengekspresikan ketidakpahaman dan menawarkan alternatif aktivitas kreatif, seperti menggambar, yang relevan dengan tema pembelajaran. Pendekatan ini sejalan dengan penelitian yang menunjukkan bahwa lingkungan belajar yang mendukung dan interaksi positif dapat meningkatkan motivasi dan kreativitas anak.
Nama : Arum Pangestu
NIM : 85786669
Pada video di atas menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Nama : SALNITA
NIM : 859430943
Percaya diri adalah kualitas yang sangat penting bagi anak karena memiliki dampak besar pada perkembangan sosial, emosional, dan kognitif mereka. Ketika anak merasa percaya diri, mereka lebih cenderung untuk mengambil inisiatif, berinteraksi dengan orang lain, mengatasi tantangan, dan mengembangkan potensi terbaik mereka
nama : CHOIRIL MA’WA
nim : 858968501
setelah menonton video tersebut memberikan motivasi serta saran yang luar biasa, awal sekolah yang harus ditanamkan adalah percaya diri, dengan adanya percaya diri seorang anak mampu mengerjakan sesuatu dengan sendirinya, bahkan tidak lagi untuk ditemani oleh orang tuanya. anak juga merasa percaya diri aman dan nyaman ketika guru memberikan pujian atau reward atas hasil tugasnya.
Nama Utami Arthauly
NIM 860000404
Izin untuk memberikan tanggapan video diatas. Dari video diatas guru sudah melakukan apa saja cara untuk menangani anak yang tidak percaya diri seperti menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak. Dari video diatas kita bisa menerapkan beberapa cara untuk menangani anak yang tidak percaya diri yaitu dengan meminta anak menggambar apapun yang dia sukai walaupun itu tidak sesuai tema, agar tingkat percaya diri anak meningkat.
Menurut saya, video yang ditampilkan di situs Guru Pintar Online menggambarkan situasi seorang guru TK yang berusaha mengatasi masalah anak-anak yang tidak percaya diri, terutama dalam konteks pembelajaran menggambar sudah baik akan tetapi saya akan menambahkan beberapa alternatif dalam meningkatkan rasa percaya diri pada anak :
1. Memberikan Penguatan Positif:Guru dalam video menunjukkan pentingnya memberikan motivasi dan penguatan kepada anak. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memberikan pujian terhadap usaha anak, bukan hanya hasil akhir tetapi juga saat proses menggambar.
2. Mendekati Anak secara Personal:Dengan mengajukan pertanyaan terbuka dan mendengarkan kekhawatiran anak, guru dapat membantu anak merasa lebih nyaman untuk mengungkapkan ketidakpahaman atau keraguannya.
3. Memberikan Umpan Balik yang Membangun:Memberikan umpan balik yang konstruktif dan kesempatan bagi anak untuk berbagi karya mereka dengan teman-teman sekelas dapat membantu mereka merasa lebih dihargai dan diakui.
4. Menggunakan Media Pembelajaran yang Variatif:Memperkaya media yang digunakan dalam pembelajaran, seperti alat gambar atau bahan seni lainnya, dapat menstimulus anak untuk lebih berani dan eksploratif.
Karena kepercayaan diri pada anak usia dini sangat penting untuk perkembangan emosional dan sosial mereka. Dengan pendekatan yang tepat dari guru dan dukungan yang konsisten, anak-anak dapat belajar untuk menghargai diri mereka sendiri dan kemampuan mereka. Video ini memberikan contoh yang baik tentang bagaimana strategi-strategi tersebut dapat diterapkan dalam konteks pembelajaran di kelas, membantu anak-anak yang tidak percaya diri untuk tumbuh dan berkembang dengan lebih baik.
Terima kasih
Nama : Sri Wahyuni
Nim : 859425128
Judul Video : Anak tidak percaya diri
dalam video tersebut memberikan pemahaman tentang anak yang tidak percaya diri dengan hasil karyanya sendiri, dimana di dalam video memperlihatkan anak-anak yang sedang melakukan kegiatan menggambar, dimana ada anak yang masih ragu terhadap tugas yang diberikan oleh guru. Dengan adanya permasalahn tersebut guru memberikan beberapa teknik yang dapat dilakukan oleh guru untuk dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan kreativitas anak yaitu dengan cara guru memberikan saran untuk menggambar apa yang di sukai anak walaupun tidak sesuai dengan tema pembelajaran pada saat itu, guru memotovasi anak menggambar yang paling di sukai anak agar dapat menumbuhkan kreativitas dan minat anak dalam kegiatan menggambar, agar anak tidak bosan guru mengajak anak menggambar di luar kelas, hal itu dilakukan agar anak-anak bebas menggambar apa yang dilihat dan yang di inginkannya dengan tujuan meningkatkan kreativitas dan berfikir kreatif. Guru juga memberikan pujian kepada anak yang sudah menggambar dengan baik sebagai motivasi dan penyemangat agar anak percaya diri dengan hasil karyanya sendiri