silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Dwi Astuti

Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.

Harimurti

Similar Posts

2,354 Comments

  1. Nama : yulis tsalatsih fadilah
    Nim : 859690101
    Membangun kepercayaan diri adalah proses yang bertahap , Bersabarlah ,konsistensilah, dan rayakan setiap kemajuan kecil yang dicapai anak dengan dukungan dan bimbingan yang tepat, anak dapat mengatasi ketidak percayaan dirinya dan berkembang menjadi individu yang percaya diri dan bahagia.
    menurut saya tayangan video ini sangat bagus karena di dalamnya terdapat cara mengatasi anak yang tidak percaya diri yaitu dengan
    – Guru menanyakan keraguan dalam tugas
    – Guru memberi saran
    – Guru motivasi kreativitas anak
    – Guru mengeksplorasi potensi pada anak

  2. NAMA : MAGDALENA PLASIDIA KETWIN
    NIM : 859269658
    JUDUL VIDIO : ANAK TIDAK PERCAYA DIRI.

    Pada video tersebut membahas tentang guru yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri. Adapun cara penanganannya yaitu :
    1. Guru menanyakan kepada anak yang masih ragu.
    2. Guru memberikan saran kepada anak.
    3. Guru memotivasi kreativitas anak dengan cara menggambar sesuatu yang disukai anak.
    4. Guru mencoba mengeksplorasi terkait tema menggambar yang ditugaskan.
    5. Melakukan pendekatan kepada anak dengan cara memotivasi agar anak dapat menyelesaikan dengan sendirinya.

  3. Judul video : ANAK TIDAK PERCAYA DIRI
    Anak yang tidak percaya diri kurang berkembang daya imajinasinya, merasa bahwa dia kurang mampu mengerjakan suatu kegiatan dan takut salah. Anak tidak percaya diri sangat menggangu perkembangan anak, dan harus segera diatasi oleh guru sedini mungkin. Guru bisa memberikan motivasi kepada anak bahwa anak mampu menyelesaikan pekerjaan. Bantu anak untuk mengembangkan kreativitasnya. Berikan pujian bahwa anak tersebut anak yang hebat. Hasil karya anak boleh di tempel di depan kelas dan dibahas bersama. Ajak anak untuk menceritakan hasil gambarnya satu persatu. Berikan aplaus saat anak bisa menjelaskan hasil karyanya.

  4. Nama : Elisaa Kristinn Sianturriri
    NIM : 858945647
    Matkul : Metode Pengembangan Bahasa
    Pokjar : Situbondo

    Pada video tersebut, guru berusaha membangkitkan rasa percaya diri anak dalam kegiatan menggambar. Dalam video disebutkan beberapa teknik yang dapat digunakan guru PAUD untuk membangun kepercayaan diri anak diantaranya adalah
    1. Menanyakan dan memberikan saran kepada anak yang terlihat ragu saat mengerjakan sesuatu.
    2. Memotivasi kreativitas anak dengan mendorong anak untuk menggambar hal-hal yang mereka sukai.
    3. Memberikan pendekatan yang positif kepada anak dengan memotivasi anak bahwa mereka pasti bisa
    4. Memperhatikan perkembangan motorik halus pada anak dengan meminta anak menjelaskan keinginan mereka melalui coretan atau gambar
    5. Memberikan kesempatan kepada anak untuk menggambar sesuai dengan kreativitas mereka
    Lalu guru memberikan Pujian/apresiasi bahwa anak tersebut anak yang hebat. Hasil karya anak boleh di tempel di depan kelas dan dibahas bersama. Ajak anak untuk menceritakan hasil gambarnya satu persatu. Berikan aplaus saat anak bisa menjelaskan hasil karyanya.

  5. Nama : NI Wayan Richa Marhaeni
    NIM : 856042867

    Menurut pendapat saya dalam video ini menunjukkan pendekatan yang sangat baik dari seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mendukung anak yang merasa tidak percaya diri dengan hasil belajarnya. Guru tersebut menunjukkan empati dengan mendekati anak secara lembut dan memberikan motivasi untuk mengatasi rasa ragu yang dialami anak. Dengan cara menanyakan apakah anak masih merasa bingung atau tidak mengerti, guru memberikan ruang bagi anak untuk berbicara tentang perasaannya. Selain itu, dengan mendorong anak untuk menggambar hal yang disukai meskipun tidak sesuai dengan tema saat itu , guru tidak hanya mendukung kreativitas anak, tetapi juga memberikan kesempatan bagi anak untuk mengeksplorasi pilihan-pilihan yang dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka. Pendekatan seperti ini sangat penting untuk membantu anak merasa lebih nyaman dalam belajar dan mengembangkan kemampuan mereka

  6. Video ini menyajikan tentang anak yang kurang percaya diri, beberapa tehnik yang sudah dilakukan guru untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak sudah sangat tepat yaitu guru menanyakan kepada anak atas tugas yang sudah diberikan, guru juga memberikan saran kepada anak untuk menggambar sesuatu yang di sukai anak meski tidak sesuai dengan tema, guru memotivasi anak utk menggambar sesuatu yang paling di sukai anak. Hal ini dapat menumbuhkan semangat dan rasa percaya diri karana anak di berikan kebebasan dan kepercayaan untuk menggambar apa yang menjadi kesenangan mereka. Kemudian guru mengeksplor sesuatu yang lain terkait gambar yang sedang di gambar anak. Selain itu anak di berikan motivasi kepada anak. Tehnik dan pendekatan pendekatan yang dilakukan pada guru dalam video Guru Pintar online sangat baik. Hal ini karena guru tersebut memberikan kesempatan kepada anak untuk mengeksplor kreativitas nya terbukti bahwa guru tersebut meminta anak untuk menggambar sesuai yang mereka inginkan, selain itu guru sangat memotivasi anak sekalipun anak yang belum berkembang motorik halus nya dia berusaha untuk memberikan motivasi kepada anak untuk tetap menggambar sekalian hanya sebuah garis datar. Semua hasil karya anak di tempel pada dinding ini menambah rasa percaya diri anak atas pengakuan karya mereka dan dengan memberi judul pada hasil karya mereka.
    Demikian tanggapan dari saya. Terima kasih.

  7. Nama : Bernita Wijayanti
    NIM : 857998454

    Tindakan guru PAUD tersebut dalam menangani anak yang kurang percaya diri atas hasil belajarnya dapat dinilai sangat positif dan tepat. Beberapa hal yang patut diapresiasi dari pendekatan guru tersebut dalam video adalah:
    Pendekatan Individual: Guru tidak hanya memberikan perhatian pada seluruh kelas, tetapi juga berusaha mendekati anak secara individual. Ini menunjukkan bahwa guru memahami bahwa setiap anak memiliki kebutuhan dan cara belajar yang berbeda.
    Penguatan Positif: Guru memberikan penguatan positif dengan cara memotivasi anak. Ini sangat penting untuk membangun kepercayaan diri anak. Dengan kata-kata yang positif dan semangat, anak akan merasa lebih percaya diri untuk mencoba hal-hal baru.
    Fleksibilitas: Guru memberikan fleksibilitas kepada anak dengan menawarkan pilihan aktivitas lain. Hal ini menunjukkan bahwa guru menghargai minat dan kreativitas anak. Dengan memberikan pilihan, anak akan merasa lebih terlibat dalam proses pembelajaran dan lebih bersemangat untuk belajar.
    Penyesuaian Tugas: Guru memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak, namun tetap berkaitan dengan tema yang sedang dipelajari. Ini adalah cara yang baik untuk membuat anak merasa lebih nyaman dan termotivasi untuk menyelesaikan tugasnya.
    Eksplorasi: Guru mendorong anak untuk mengeksplorasi berbagai kemungkinan terkait dengan tema yang sedang dipelajari. Hal ini akan membantu anak mengembangkan pemikiran kritis dan kreatif.

  8. Nama: Megawati Br Sihotang
    NIM: 859522593
    Judul Video: Anak tidak percaya diri

    menurut saya tayangan dalam video tersebut termasuk cara yang efektif untuk menangani ketidak percayaan diri anak atas hasil belajarnya. Salah satu cara agar anak tetap percaya diri dengan hasil karya anak yaitu, kita sebagai pendidik tetap memberikan pujian atas hasil karya anak walaupun hasil karya anak tidak sesuai harapa. seperti dalam video tersebut, saat diminta menggambar ada anak yang hanya mencoret-coret. kita bisa mencoba menanyakan apa maksud dari yang digambar sianak, lalu kita tetap memberikan pujian atas hasil karya sianak tesbut.

  9. Nama:Widya Ningtiyas
    NIM :858976659
    Dari vidio yang saya tonton dengan judul Anak Tidak Percaya Diri denagn guru yang penuh dengan kesabaran menghadapi anak dalam kegiatan belajarnya yang masih kurang percaya diri terhadap apa yang di lakukan saat di kelas dalam mengerjakan kegiatan yang di berikan oleh gurunya.pada anak usia didni yang tidak percaya diri maka anak tersebut tidak kreatif dan guru perlu memperbaikinya untuk penanaman karakter sikap percaya diri terhadap anak tersebut.teknik untuk menumbuhkan percaya diri pada anak usia dini adalah:
    1guru menanyakan kepada apabila belum bisa melakukannya
    2.guru memberi saran walaupun tidak sama dengan kegiatan pada hari tersebut
    3.guru memotivasi untuk menggambar sesuatu yang di sukainya
    4.guru mencoba mengeksplor terkait tugas yang di berikan kepada anak dan melakukan pendekatan agar anak bisa menggambar sesuai dengan idenyan agar sikap percaya diri anak tersebut muncul dan tidak merasa takut.

  10. Assalamu’alaikum wr wb
    Nama : Agustin Hidayati
    NIM : 858755038
    UPBJJ-UT : Surabaya
    Dari video diatas tentang anak tidak percaya diri, memang untuk menghadapi anak yang tidak percaya memerlukan teknik untuk dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada anak, karena tidak semua anak memiliki tingkat rasa percaya diri yang sama antara satu anak dengan anak yang lain. Perlu adanya pendekatan dan kesabaran untuk guru dalam menghadapi beberapa anak yang masih belum percaya diri.

Leave a Reply