silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Dwi Astuti

Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.

Harimurti

Similar Posts

2,381 Comments

  1. Nama : Maria Horo Lodo.
    Judul video : Anak Tidak Percaya Diri.
    Dalam video yang GPO tentang anak yang tidak percaya diri, menurut saya video tersebut sangat bagus karena didalamnya ada beberapa strategi yang bisa dilakukan oleh guru. Dan guru dapat menumbuhkan rasa percaya diri anak dengan tidak membatasi kreativitas anak dan percaya dengan hasil karyanya, imajinasinya serta melatih anak dalam mengutarakan pendapat serta apa saja yang ingin disampaikan. Dan menurut saya, langkah yang dilakukan oleh guru tersebut sudah tepat dan membuahkan hasil yang baik, kenapa? Karena anak-anak dapat menyelesaikan tugasnya denganbtintas serta teratur. Karena seperti yang diharapkan oleh guru tersebut bahwa dalam. Kegiatan pembelajarannya adalah ingin menumbuhkan rasa percaya diri anak, dan hal tersebut tercapai. Dan bahkan terlihat dalam video bahwa anak sudah berani megatakan pendapat atau menceritakan gambarnya sesuai dengan imajinasinya.

  2. Nama : Luh Gede Natia Elviahita
    NIM : 859018421
    Judul vidio : ANAK TIDAK PERCAYA DIRI

    Dari vidio tersebut yang dapat saya pahami yaitu guru pentingnya pendekatan yang empatik dan suportif dalam pendidikan anak usia dini. Tindakan guru yang mendekati anak yang tidak percaya diri menunjukkan bahwa perhatian dan pengertian terhadap perasaan anak sangatlah penting. Dengan memberikan penguatan positif dan motivasi, guru tidak hanya membantu anak merasa lebih baik tentang diri mereka, tetapi juga mendorong mereka untuk mengeksplorasi kreativitas mereka.
    Dengan cara membebaskan anak untuk menggambar sesuai dengan keinginan mereka, hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri dan keterlibatan anak dalam proses belajar. Dengan memberikan pilihan aktivitas yang relevan, guru menunjukkan bahwa pembelajaran dapat bersifat fleksibel dan menyenangkan, serta mengajarkan anak bahwa ada banyak cara untuk mengekspresikan diri mereka.

    Terimakasih

  3. Nama : Saska Febriyanti
    Nim : 877764576
    Judul Video: Anak tidak percaya diri

    Kejadian ini sering sekali terjadi, apalagi pada saat anak baru masuk sekolah atau tahun ajaran baru banyak sekali anak belum percaya diri dan tidak mau melakukan arahan guru.
    Anak yang kurang percaya diri biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
    Merasa buruk terhadap diri sendiri
    Sulit menerima kritik
    Menghindari tugas, tanggung jawab, dan tantangan
    Tampak menyendiri atau kesepian
    Beberapa penyebab anak tidak percaya diri adalah:
    Sering dimarahi atau dibentak
    Sering dibandingkan dengan anak lain
    Mengalami trauma masa lalu, seperti pelecehan seksual atau fisik, bencana, penyakit parah, atau kematian orang yang disayangi
    Ekspektasi orang tua yang terlalu tinggi
    Aturan yang terlalu ketat dan mengeka

  4. nama : Titin Aryuningsih
    NIM : 859166618

    Anak-anak yang merasa bangga dengan diri mereka sendiri memiliki kepercayaan diri untuk mencoba hal-hal baru sebaik mungkin . Mereka merasa bangga dengan apa yang dapat mereka lakukan. Harga diri juga membantu anak-anak mengatasi kesalahan. Mereka merasa terdorong untuk mencoba lagi, meskipun mereka gagal pada awalnya.

  5. Nama : Ni Ketut Esi Ciobitri
    NIM : 859019201
    Dalam video terlihat guru sedang melakukan pendekatan dengan anak yang tidak percaya diri. Dalam video guru sudah melakukan upaya dengan cara memberi motivasi kepada anak untuk membuat sesuatu sesuai kehendaknya atau keinginannya sehingga anak mampu mengekspresikan apa yang ingin mereka tuangkan melalui kegiatan menggambar. Dengan memberikan kegiatan menggambar sesuai minat dan keinginan anak sehingga dapat menuangkan imajinasinya yang dapat membangun rasa percaya dirinya terhadap kemampuan yang anak miliki.

  6. Nama : Rosaria
    Nim : 877527459

    Dari video tersebut dapat dipahami bahwa sangatlah penting melakukan pendekatan kepada anak. Tindakan guru yang mendekati anak yang tidak percaya diri akan hasil karya/kerja mereka menunjukkan bahwa perhatian dan pengertian terhadap perasaan anak akan membuat anak semakin percaya diri. Dengan memberikan penguatan dan motivasi, guru tidak hanya membantu anak agar merasa lebih baik tentang apa yang sudah mereka kerjakan, tetapi juga mendorong mereka untuk mengeksplorasi kreativitas mereka.
    Dalam video terlihat bahwa guru membiarkan anak menggambar bebas. dengan cara membebaskan anak untuk menggambar sesuai dengan keinginan mereka, hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri dan keterlibatan anak dalam proses belajar. Dengan memberikan pilihan aktivitas yang relevan, guru menunjukkan bahwa pembelajaran itu menyenangkan, serta mengajarkan anak bahwa ada banyak cara untuk mengekspresikan diri.
    terima kasih

  7. Nama :I Gusti Ayu Putu Sintya Maharani
    Nim :859019225
    Tema :Anak tidak percaya diri atas hasil belajar

    Teknik yang dilakukan oleh guru sudah sangat tepat dalam membantu anak dalam melatih rasa percaya dirinya, memberikan motivasi bagi anak yang kurang percaya diri sangat menginspirasi dimana guru memberikan motivasi belajar walaupun melenceng dari tema namun tetap memberikan anak kesempatan menunjukkan hasil karyanya. Guru dalam video menggali potensi yang dimiliki oleh anak serta memberikan pendekatan pada anak yang mengalami masalah dalam menggambar dimana pendampingan dan pemberian motivasi sangat diperlukan oleh anak.Hal yang dilakukan oleh ibu guru dalam video sangat membantu melatih daya kreativitas anak.

    Sekian dari saya terima kasih

  8. Nama :I Gusti Ayu Putu Sintya Maharani
    Nim :859019226
    Tema :Anak tidak percaya diri atas hasil belajar

    Teknik yang dilakukan oleh guru sudah sangat tepat dalam membantu anak dalam melatih rasa percaya dirinya, memberikan motivasi bagi anak yang kurang percaya diri sangat menginspirasi dimana guru memberikan motivasi belajar walaupun melenceng dari tema namun tetap memberikan anak kesempatan menunjukkan hasil karyanya. Guru dalam video menggali potensi yang dimiliki oleh anak serta memberikan pendekatan pada anak yang mengalami masalah dalam menggambar dimana pendampingan dan pemberian motivasi sangat diperlukan oleh anak.Hal yang dilakukan oleh ibu guru dalam video sangat membantu melatih daya kreativitas anak.

    Sekian dari saya terima kasih

  9. Nama: Sri Purwanti
    NIM: 857846364
    PRODI: PG-PAUD

    Pada video tersebut terdapat anak yang tidak percaya diri akan hasil karyanya, guru pada video tersebut sudah mencoba berbagai cara untuk menstimulasi kepercayaan diri mereka seperti, guru memberi arahan dan saran kepada anak untuk menggambar apa yang mereka sukai, walaupun diluar tema yang sedang berjalan. selain itu juga guru memberi motivasi kepada anak untuk mengerjakan sehingga anak dapat merasakan dukungan atas pekerjaan yang mereka kerjakan. Untuk menstimulus kepercayaan diri anak dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti yang ada di atas, sehingga dengan menerapkan cara yang sudah dicontohkan pada video tersebut, seiring berjalannya waktu anak anak menemukan kepercayaan diri mereka.

  10. Nama : ARti Wahyuni
    NIM : 859944401
    Video pembelajaran ini sangat bermanfaat dalam memahami strategi menghadapi anak yang tidak percaya diri dengan hasil pembelajarannya. Disebutkan bahwa anak yang kurang percaya diri akan hasil karyanya bisa disebabkan beberapa faktor salah satunya adalah anak belum memiliki motorik halus yang sempurna atau anak masih belum bisa mengekspresikan majinasinya dengan sempurna. Oleh karena itu dibutuhkan stimulasi dan motivasi dari guru untuk dapat mengembangkan kreativitasnya. Guru juga dapat mengexplorasi potensi anak dengan memberikan stimulasi yang tepat, contohnya guru dapat mengajak anak untuk menggambar diluar agar bisa memberikan inspirasi yang lebih baik dan keluar dari suasana yang membosankan. Diharapkan dengan menerapkan beberapa langkah pembelajaran ini guru dapat mengembangkan rasa percaya diri anak sehingga meningkatkan potensi kreativitas anak secara maksimal

Leave a Reply