silahkan klik iconย ย jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Dwi Astuti
–
–
Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.
Harimurti
Nama : Tina Tasniati
NIM : 877679484
UPBJJ : Bandung
Bismillah
Setelah melihat video “Anak Tidak Percaya Diri”, langkah yang dilakukan oleh guru tersebut sudah tepat, terutama pada saat guru melakukan pendekatan, memberikan motivasi dan menumbuhkan keyakinan bahwa anak tersebut bisa melakukan atau mengerjakan tugas yang diberikan. Hal ini akan sangat berdampak pada kepercayaan diri anak tersebut. Bila kepercayaan diri tidak dibangun sejak dini maka kedepannya kreatifitas anak tersebut mungkin tidak akan berkembang dengan baik.
Cara lain untuk membangun kepercayaan diri anak dalam video tersebut adalah dengan mengajak belajar di luar ruangan. Dengan belajar di luar anak akan lebih tertantang karena menemukan hal-hal baru. Jika tantangan yang dihadapi dapat terlampaui, maka anak akan menyadari bahwa dia mampu mengatasinya sehingga akan berpengaruh terhadap kepercayaan dirinya.
Terima Kasih
Nama:Engly Lumban batu
Nim:859155131
Judul vidio:anak tidak percaya diri
Saya sudah mengamati judul vidio diatas, dalam vidio tersebut guru memberikan saran serta motivasi agar anak percaya diri terhadap karyanya sendiri, guru juga memberikan kesempatan terhadap anak mengekplorasi hasil gambar nya sendiri.
Nama : Putri Nur Hidayah
NIM : 857474702
Upbjj : Bandung
pada video tersebut sudah baik dalam menangani anak yang kurang percaya diri dalam mengerjakan tugasnya misalnya menggambar seperti pada tayangan di video tersebut. saran saya anak diberikan pujian dan dukungan motivasi positif atau reward agar membangun rasa percaya diri anak sehingga dia bisa mengerjakan tugasnya sendiri dan bangga terhadap hasil karya sendiri. anak juga perlu di bujuk rayu agar luluh hatinya.
Nama : Tri Nuraini
NIM : 877624427
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
JUDUL VIDEO : Anak Tidak Percaya Diri
Assalamualaikum wr..wb..
Menurut saya pada video di atas apa yang dilakukan ibu guru sudah tepat untuk menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya dengan cara seorang guru mendekati anak dan memberikan penguatan dengan memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tidak mengerti atas tugasnya dengan memberikan motivasi pada kreativitas anak anak akan lebih memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap tugasnya. Guru bisa meminta anak mengerjakan secara berkelompok atau dapat melakukan pilihan aktivitas lainnya sesuai minat yang disukai anak yang masih berhubungan pada tema dan dapat mengeksplorasi hal lainnya.
Jika anak tidak percaya diri atas hasil belajarnya, guru dapat memberikan saran atau bertanya tentang gambar apa yang bisa mereka buat atau karya apa yang dapat dihasilkan oleh mereka dengan tema tertentu ataupun dengan gambaran yang masih berkaitan dengan suatu tema saat belajar.
Guru juga dapat mengeksplorasi gambar anak dengan memberikan pendekatan ataupun memberikan contoh lingkungan di sekitar.
saat guru mengajak anak menggambar bebas di luar kelas juga dapat menumbuhkan kreativitas anak karena anak dapat berimajinasi dengan benda-benda di sekitar atau di sekeliling mereka yang dapat mereka imajinasikan dan dituangkan dalam gambar. Kemudian anak juga dapat bereksplorasi terhadap lingkungan di sekitarnya dan anak dapat berimajinasi lebih luas tentang gambar apa yang akan mereka buat sesuai dengan kreativitas masing-masing. dengan hasil karyanya masing-masing anak dapat lebih percaya diri dan guru dapat mengapresiasi atas hasil karya anak-anak.
Wassalamu’alaikum wr..wb..
Nama : Tri Nuraini
NIM : 877624427
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
JUDUL VIDEO : Anak Tidak Percaya Diri
Assalamualaikum wr..wb..
Menurut saya pada video di atas apa yang dilakukan ibu guru sudah tepat untuk menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya dengan cara seorang guru mendekati anak dan memberikan penguatan dengan memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tidak mengerti atas tugasnya dengan memberikan motivasi pada kreativitas anak anak akan lebih memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap tugasnya. Guru bisa meminta anak mengerjakan secara berkelompok atau dapat melakukan pilihan aktivitas lainnya sesuai minat yang disukai anak yang masih berhubungan pada tema dan dapat mengeksplorasi hal lainnya.
Jika anak tidak percaya diri atas hasil belajarnya, guru dapat memberikan saran atau bertanya tentang gambar apa yang bisa mereka buat atau karya apa yang dapat dihasilkan oleh mereka dengan tema tertentu ataupun dengan gambaran yang masih berkaitan dengan suatu tema saat belajar.
Guru juga dapat mengeksplorasi gambar anak dengan memberikan pendekatan ataupun memberikan contoh lingkungan di sekitar.
saat guru mengajak anak menggambar bebas di luar kelas juga dapat menumbuhkan kreativitas anak karena anak dapat berimajinasi dengan benda-benda di sekitar atau di sekeliling mereka yang dapat mereka imajinasikan dan dituangkan dalam gambar. Kemudian anak juga dapat bereksplorasi terhadap lingkungan di sekitarnya dan anak dapat berimajinasi lebih luas tentang gambar apa yang akan mereka buat sesuai dengan kreativitas masing-masing. dengan hasil karya anak masing-masing anak dapat lebih percaya diri dan guru dapat mengapresiasi hasil karya anak-anak.
Wassalamu’alaikum wr..wb..
Nama : Nita
Nim. : 857466357
UPBJJ : Bandung
Mata kuliah : Pemantapan kemampuan Mengajar
TUGAS PARTISIPASI 2
Dalam video tersebut terlihat guru sedang melaksanakan tugasnya dengan baik untuk mengatasi anak yang tidak percaya diri terhadap hasil belajarnya. Banyak hal yang guru tersebut lakukan diantaranya:
1.Guru dapat menanyakan kepada anak jika masih ragu terhadap tugas yang diberikan
2. Guru memberikan saran gambar apa yang disukai meskipun tidak sesuai dengan tema pembelajaran saat itu
3. Guru memotivasi kreativitas anak dengan cara meminta anak menggambar gambar yang paling disukai anak
4. Guru mencoba mengeksplorasi imajinasi hal lain yang bisa dibuat anak terhadap gambar yang tugas yang sedang dilakukan
5. Guru melakukan pendekatan pendekatan pada anak dan memberikan motivasi bahwa anak itu bisa agar rasa percaya dirinya bisa tumbuh
Itulah beberapa hal yang dilakukan guru dalam video tersebut,namun dapat disikapi juga dengan baik hal yang beliau lakukan sudah tepat dalam menangani anak yang tidak percaya diri tersebut.
Nama
Nama : Nita
Nim. : 857466357
UPBJJ : Bandung
Mata kuliah : Pemantapan kemampuan Profesional
TUGAS PARTISIPASI 2
Dalam video tersebut terlihat guru sedang melaksanakan tugasnya dengan baik untuk mengatasi anak yang tidak percaya diri terhadap hasil belajarnya. Banyak hal yang guru tersebut lakukan diantaranya:
1.Guru dapat menanyakan kepada anak jika masih ragu terhadap tugas yang diberikan
2. Guru memberikan saran gambar apa yang disukai meskipun tidak sesuai dengan tema pembelajaran saat itu
3. Guru memotivasi kreativitas anak dengan cara meminta anak menggambar gambar yang paling disukai anak
4. Guru mencoba mengeksplorasi imajinasi hal lain yang bisa dibuat anak terhadap gambar yang tugas yang sedang dilakukan
5. Guru melakukan pendekatan pendekatan pada anak dan memberikan motivasi bahwa anak itu bisa agar rasa percaya dirinya bisa tumbuh
Itulah beberapa hal yang dilakukan guru dalam video tersebut,namun dapat disikapi juga dengan baik hal yang beliau lakukan sudah tepat dalam menangani anak yang tidak percaya diri tersebut.
Assalamualaikum wr, wb..
Dalam pengamatan vidio yang berjudul “anak tidak percaya diri” Seorang guru dalam suatu lembaga taman kanak – kanak yang sedang melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Dalam kegiatan pembelajaran perlu di berikan motivasi terhadap anak yang kurang percaya diri terhadap hasil karyanya.
Guru dapat memberikan dukungan terhadap anak dengan cara..
1. Memberikan pertanyaan terhadap tugas yang di berikan ketika anak masih ragu dalam mengerjakan nya..dan memberikan motifasi terhadap anak.
2. Memberikan saran terhadap sesuatu yang di sukai meskipun tidak sesuai dengan tema pada waktu itu
3. Memotivasi anak dengan menggambar sesuatu yang d sukai anak
4. Mencoba mengeksplorasi terhadap tema yang terkait supaya anak mau belajar
5. Melakukan pendekatan pada anak bahwa anak pasti bisa menggambar sendiri
Setelah selesai menggambar guru memberikan dorongan untuk menceritakan apa yang telah di gambarnya.
Jika perlu anak2 di ajak untuk belajar di luar kelas supaya anak tidak merasa bosan.
Terimakasih ๐๐๐ป
test