silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Dwi Astuti
–
–
Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.
Harimurti
Nama : Anastasia Ratri Perwitosari
Sangat mengispirasi untuk mengaplikasikan di kelas saya pada anak didik saya yang kurang percaya diri
Nama : Lestari
NIM : 856338833
UPBJJ : Pangkal Pinang
Setelah saya menonton Video GPO tentang “Anak Mogok Tidak Mau Belajar” ini, video tersebut dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang kompleksitas masalah ini. Saya menyadari bahwa seringkali penolakan anak untuk belajar bukan hanya sekadar “malas,” tetapi bisa menjadi indikasi adanya masalah yang lebih dalam. Solusi yang ditawarkan, terutama pentingnya komunikasi dan menciptakan lingkungan belajar yang positif, sangat relevan dan dapat saya coba terapkan. Ke depannya, saya akan lebih berusaha untuk mendengarkan dan memahami perspektif anak sebelum memberikan penilaian atau tekanan terkait belajar.
Terimakasih.
Nama : Hasanah
Nim : 858316224
Assalamualaikum Wr. Wb
Menanggapi video “anak tidak percaya diri” dalam menghadapi anak yang tidak percaya diri akan kemampuan yang di milikinya sangat berpengaruh terhadap hasil belajar anak, anak merasa tidak yakin terhadap karya yang sudah di buatnya, peran guru di sini sangat berpengaruh terhadap perkembangannya sebagai pendidik kita dapat melakukan cara bagaimana agar anak percaya diri dan tanyakan kepada mereka apa yang sedang di buatnya serta yakinkan kepada anak bahwa dia pasti bisa membuat dengan baik agar anak menjadi termotivasi dan percaya akan kemampuannya serta berilah pujian terhadap hasil karya yang sudah di buat anak.
Bagi anak yang masih bingung kita bisa melakukan pendekatan kepada anak dengan cara mengajak anak untuk mengobrol tentang hal-hal yang sudah di lakukannya misalnya selama liburan kemaren kemana? Lalu minta anak menggambarkan apa saja yang sudah di lihat anak selama ke tempat liburan tersebut, agar anak dapat menemukan ide atau inspirasi yang akan di gambarnya.
Dari keselurahan video yang sudah saya tonton di atas sangat bagus dan menginspirasi bagi saya agar dapat melakukan sebuah strategi yang tepat bagaimana cara menstimulasi anak yang tidak percaya diri akan kemampuannya dalam suatu kegiatan…
Terima kasih.
Wassalamualaikum Wr Wb
Nama: NIRWANA
NIM: 859425998
JURUSAN: PGPAUD
Menurut saya, memilih anak yang tidak percaya diri sebagai fokus dalam video pembelajaran adalah pilihan bijaksana dan empati. Kita sebagai guru tentu menyadari bahwa setiap anak dalam kelas memiliki keunikan tersendiri dan tantangan masing-masing, termasuk dalam hal kepercayaan diri. Anak yang kurang percaya diri dalam kelas sering kali memberikan sinyal kepada guru, bahwa dia membutuhkan perhatiaan, dukungan dan ruang untuk tumbuh tanpa tekanan.
Dengan memilih anak seperti itu, tentu kita paham dunia pendidikan terutama paud adalah proses awal pembentukan karakter anak didik dan memberikan rasa aman yang tentunya bukan hanya soal pencapaian akademik atau keterampilan yang tampak saja di lingkup sekolah. Saya percaya, ketika seorang guru peka terhadap anak yang terlihat kurang percaya diri, ia sedang menanam benih perubahan, bukan hanya untuk anak itu, tapi juga untuk budaya belajar yang lebih inklusif dan manusiawi.
Nama: Nirwana
NIM: 859425998
Jurusan: PGPAUD
UPBJJ : Makassar
Menurut saya dalam video yang berjudul anak tidak percaya diri memberikan saya motivasi bagaimana kedepannya memahami anak-anak yang kurang percaya diri, saya sebagai guru akan memberikan dukungan, memberikan pujian atas tugasnya dan kesempatan bagi anak untuk mengembangkan diri. Selain itu penting memberikan lingkungan yang positif dan mendorong anak untuk berani mencoba belajar dari kesalahaan.
Nama : Qaula Tsaqiila
NIM : 859518167
Video ini sangat menggambarkan pendekatan yang tepat dalam menangani anak usia dini yang mengalami ketidakpercayaan diri dalam proses belajar. Guru menunjukkan sikap empatik dan sabar, serta mampu membangun hubungan positif dengan anak. Penguatan yang diberikan melalui pertanyaan terbuka, motivasi, dan pemberian pilihan aktivitas alternatif sangat membantu anak merasa dihargai dan diberdayakan. Strategi ini tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri anak, tetapi juga mendorong eksplorasi kreativitas secara mandiri.
Pendekatan seperti ini penting diterapkan oleh para pendidik PAUD karena mampu menciptakan lingkungan belajar yang aman, suportif, dan menyenangkan bagi anak. Video ini menjadi contoh praktik baik yang bisa dijadikan inspirasi dalam pembelajaran di kelas.
Nama : Qaula Tsaqiila
NIM : 859518167
Video ini sangat menggambarkan pendekatan yang tepat dalam menangani anak usia dini yang mengalami ketidakpercayaan diri dalam proses belajar. Guru menunjukkan sikap empatik dan sabar, serta mampu membangun hubungan positif dengan anak. Penguatan yang diberikan melalui pertanyaan terbuka, motivasi, dan pemberian pilihan aktivitas alternatif sangat membantu anak merasa dihargai dan diberdayakan. Strategi ini tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri anak, tetapi juga mendorong eksplorasi kreativitas secara mandiri.
Pendekatan seperti ini penting diterapkan oleh para pendidik PAUD karena mampu menciptakan lingkungan belajar yang aman, suportif, dan menyenangkan bagi anak. Video ini menjadi contoh praktik baik yang bisa dijadikan inspirasi dalam pembelajaran di kelas.
Nim;858317455
Nama:Linda
judul:Anak kurang percaya diri
dilihat dari video ini bagaimana cara kita mengatasi anak yang kurang percaya diri ,ajak anak bicara dan pahami penyebabnya ,dengan memahami penyebabnya guru dapat memberikan dukungan yang tepat .berikan pujian yang tepat tidak berlebihan ini dapat meningkatkan motivasi dan rasa percaya diri ,tunjukkan rasa percaya diri atau contoh ,sehingga anak dapat menirunya,dukung minat dan hobi anak,ciptakan lingkungan yang positif dan mendukung.
Terima Kasih.
Nama = Marliana
NIM = 859948756
Setelah saya melihat video diatas dengan judul ANAK TIDAK PERCAYA DIRI. Saya melihat dalam video tersebut tampak bahwa guru dapat mendekatkan diri pada anak yang bermasalah atau anak yang tidak percaya diri serta cenderung tidak kreatif. Upaya yang dilakukan oleh guru tersebut bisa menjadi contoh yang baik dalam meningkatkan percaya diri anak, yaitu :
1. Guru menanyakan = guru bertanya kepada anak apakah ada kesulitan, atau apa yang ingin digambar oleh anak, atau bertanya tentang apa saja sesuai kondisi sang anak.
2. Guru memberi saran = guru dapat memberi saran kepada anak agar anak dapat meningkatkan kreatifitas dan imajinasi mereka.
3. Guru memotivasi kreatifitas = guru meminta anak untuk menggambar sesuatu yang mereka sukai.
4. Guru mengeksplorasi potensi anak = guru mencoba mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang ditugaskan kepada anak.
Nama = Marliana
NIM = 859948756
Setelah saya melihat video diatas dengan judul ANAK TIDAK PERCAYA DIRI. Saya melihat dalam video tersebut tampak bahwa guru dapat mendekatkan diri pada anak yang bermasalah atau anak yang tidak percaya diri serta cenderung tidak kreatif.
Upaya yang dilakukan oleh guru tersebut bisa menjadi contoh yang baik dalam meningkatkan percaya diri anak, yaitu :
1. Guru menanyakan = guru bertanya kepada anak apakah ada kesulitan, atau apa yang ingin digambar oleh anak, atau bertanya tentang apa saja sesuai kondisi sang anak.
2. Guru memberi saran = guru dapat memberi saran kepada anak agar anak dapat meningkatkan kreatifitas dan imajinasi mereka.
3. Guru memotivasi kreatifitas = guru meminta anak untuk menggambar sesuatu yang mereka sukai.
4. Guru mengeksplorasi potensi anak = guru mencoba mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang ditugaskan kepada anak.