silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Dwi Astuti

Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.

Harimurti

Similar Posts

3,626 Comments

  1. Nama : Yendri Roza
    NIM : 856306758
    jUDUL : Anak tidak percaya diri
    Dari vidio yang saya nonton ,maka kita dapat memetik pelajaran yang berharga bahwa guru adalah sosok yang paling berperan dalam menumbuhkan percaya diri dan kreativitas anak usia dini,anak yang tidak percaya diri cendrung tidak kreatif.
    Disini dijelaskan bagaimana cara menumbuhkan percaya diri dan kreativitas anak diantaranya :
    1.Guru menanyakan jika dia ragu akan tugas yang diberikan,menanyakan kepada anak atas kesiapannya dalam berkegiatan
    2.Memberikan saran untuk menggambar sesuatu walau tidak sesuai tema waktu itu.
    3.Memotivasi kreativitas anak untuk menggambar yang paling disukai anak.
    4. Guru mencoba mengesplorasi hal lain yang dibuat pada kegiatan tersebut
    5.Memberikan motivasi dengan ucapan “kamu pasti bisa”
    6.Bagi anak yang tidak mampu minta anak menggambar apa yang bisa dilakukannya.
    Pada awal sekolah anak anak belum bisa menggambar,mereka hanya bisa membuat coretan coretan,tugas guru meminta anak menjelaskan hasil coretannya dan menuliskan hasil coretannya sesuai keterangan anak,dan untuk menghindari kebosanan anak diajak untuk menggambar keluar agar anak merasa senang belajar bervariasi tersebut.

  2. Dalam video tampak seorang guru yang sedang melakukan pendekatan pada anak serta memberikan motivasi kepada anak untuk meningkatkan rasa percaya dirinya dalam kegiatan pembelajaran, guru menanyakan apakah anak tersebut masih mengalami kesulitan untuk mengerjakan tugasnya, dan bahkan memberikan saran kepada anak tersebut untuk melakukan aktivitas lain yang sesuai dengan minat anak. Untuk meningkatkan rasa percaya diri anak guru juga dapat melakukan hal-hal berikut: Memberikan kesempatan pada anak untuk menunjukkan dan menceritakan tentang hasil karyanya, memasangkan anak yang kurang percaya diri dengan anak yang percaya diri untuk belajar bersama, memberikan apresiasi untuk setiap perkembangan yang dicapai anak, guru juga tidak pernah membandingkan anak yang satu dengan yang lain, karena setiap anak adalah individu yang unik dan istimewa, memberikan kesempatan pada anak untuk mengungkapkan ide dan pendapatnya, melibatkan anak dalam permainan-permainan yang menumbuhkan rasa percaya diri seperti lomba lari, permainan kuda bisik, permainan menyusun kata, dan sebagainya. Selain itu keterlibatan orang tua menjadi faktor penting dalam mendukung tumbuhnya rasa percaya diri pada anak, orang tua memenuhi kebutuhan psikologis anak dengan memberikan perhatian dan kasih sayang, menerima kekurangan anak, mendukung kekuatan anak, dan menciptakan suasana yang aman, nyaman, dan menyenangkan di rumah.

  3. Assalamualaikum…wr…Wb…
    Nama : Yurlin
    Nim : 859179581
    Video ini menyampaikan pesan yang sangat penting mengenai isu kepercayaan diri pada anak usia dini. Sebagai pendidik dan orang tua, kita perlu memahami bahwa kurangnya rasa percaya diri pada anak bukanlah tanda kelemahan, melainkan sinyal bahwa mereka membutuhkan dukungan, perhatian, dan pendekatan yang tepat.
    Dalam tayangan ini, terlihat bagaimana seorang anak merasa tidak percaya diri dalam berinteraksi atau mencoba hal baru. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya dukungan emosional, rasa takut gagal, atau pengalaman sebelumnya yang membuat anak merasa malu atau tidak dihargai.

  4. Nama : Yurlin
    Nim : 859179581
    Video ini menyampaikan pesan yang sangat penting mengenai isu kepercayaan diri pada anak usia dini. Sebagai pendidik dan orang tua, kita perlu memahami bahwa kurangnya rasa percaya diri pada anak bukanlah tanda kelemahan, melainkan sinyal bahwa mereka membutuhkan dukungan, perhatian, dan pendekatan yang tepat.
    Dalam tayangan ini, terlihat bagaimana seorang anak merasa tidak percaya diri dalam berinteraksi atau mencoba hal baru. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya dukungan emosional, rasa takut gagal, atau pengalaman sebelumnya yang membuat anak merasa malu atau tidak dihargai.

  5. Nama : Yendri Roza
    Nim : 856306758
    Judul vidio : Anak tidak percaya diri
    Dari vidio yang saya tonton,ada beberapa pelajaran berharga yaitu guru adalah seorang yang sangat berperan penting dalam menumbuhkan percaya diri dan kreativitas anak.Anak yang tidak percaya diri cendrung tidak kreatif.
    Ada beberapa cara menumbuhkan percaya diri dan kreativitas anak yaitu :
    1.Guru menanyakan jika anak ragu atas kegiatan yang diberikan.
    2.Memberikan saran untuk menggambar sesuatu walau tidak sesuai dengan tema waktu itu.
    3.Memotivasi anak untuk menggambar yang paling disukai anak
    4.Guru mencoba dan mengesplorasi hal lain dalam kegiatan anak
    5.Memberikan motivasi kalau anak pasti bisa melakukannya seperti “anak ibuk pasti bisa melakukannya dengan baik”
    6.Bagi anak yang tidak mampu,minta anak menggambar gambar apa yang bisa dia buat.
    Diawal sekolah anak hanya bisa menggambar coret coret saja,minta kepada anak apa hasil coretannya kemudian guru menuliskan hasil coretannya anak sesuai dengan keterangan yang diberikan anak,dilain waktu bawa juga anak keluar menggambar agar anak mendapatkan ide ide baru,dan anak merasa senang dengan lingkungan yang berbeda.

  6. Vidio: Anak Tidak percaya diri
    Diana Wardani (857621846)
    Anak usia dini adalah usia emas. Dimana pada masa tersebut rasa tidak percaya diri pada anak sudah muncul. Sehingga perlu pendampingan agar rasa itu bisa diminimalisir. Di kelas anak yang tidak percaya diri cenderung pendiam dan tidak kreatif. Di kelas guru dapat membantu mengurangi perasaan itu diantaranya:
    1. mendampingi saat mengerjakan tugas
    2. meminta menggambar yang anak suka meski diluar tema
    3. mengajak bercerita dan menanyakan perasaannnya

  7. Nama : Reza Intan Febrianti
    Nim : 857339021
    izin menanggapi 🙏
    anak yang tidak percaya diri dapat menghambat seluruh aspek perkembangan oleh karena itu pentingnya menanamkan rasa percaya diri pada anak agar proses stimulasi perkembangan anak dapat berkembang secara utuh. dengan demikian pada video ini sangatlah membantu bagi para pendidik anak usia dini yang sedang mencari bagaimana cara menanamkan rasa percaya diri seperti memberikan kebebasan memilih untuk ragam main yang ingin anak lakukan, memberikan motivasi berupa pujian seperti kamu hebat, kamu pintar, kamu luar biasa, dll

  8. Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani seorang anak yang menunjukkan kurangnya kepercayaan diri terhadap hasil belajarnya. Dalam situasi ini, guru tampak berusaha mendekati anak dengan pendekatan yang hangat dan suportif. Guru memberikan penguatan positif melalui motivasi verbal, serta secara aktif menanyakan apakah anak merasa ragu atau belum memahami tugas yang diberikan.

    Untuk membantu anak lebih percaya diri, guru juga memberikan pilihan aktivitas alternatif yang masih sesuai dengan tujuan pembelajaran, sehingga anak merasa lebih bebas dan nyaman dalam mengekspresikan dirinya. Guru menyarankan agar anak mencoba menggambar sesuatu yang disukai, namun tetap berkaitan dengan tema pembelajaran yang sedang berlangsung. Selain itu, guru turut mendorong anak untuk mengeksplorasi berbagai kemungkinan ide kreatif lainnya yang masih berhubungan dengan tugas menggambar tersebut.

    Pendekatan ini menunjukkan bagaimana peran guru tidak hanya sebagai pemberi tugas, tetapi juga sebagai pendamping dan fasilitator yang membantu anak mengembangkan potensi dirinya, menumbuhkan rasa percaya diri, dan merangsang kreativitas melalui strategi pembelajaran yang fleksibel, menyenangkan, dan empatik.

  9. Nama : choirul bariyah
    Nim : 877308766
    Dalam video ini guru membantu anak untuk menumbuhkan rasa percaya diri.
    Dengan cara :
    1. Bertanya kepada anak terlebih dahulu tentang kesulitan yang di alami anak.
    2. Guru memberi kesempatan kepada anak untuk menggambar kesukaan anak walaupun tidak sesuai tema hari itu.
    3. Guru mencoba memberi motivasi kepada anak untuk menggambar yang lain sesuai tema hari itu.
    4. Guru memberi reward kepada anak atas karyanya baik dengan kata – kata atau gerakan tangan.
    Intinya guru jangan langsung menyuruh anak untuk menggambar sesuai tema kepada anak yang belum percaya diri,beri dia kebebasan untuk menggambar.

  10. Nama : Maryani
    NIM : 856655377
    Judul Video : Anak Tidak Percaya Diri
    Video ini sangat membantu bagi para pendidik anak usia dini dalam menghadapi permasalahan anak yang tidak percaya diri. Dalam hal ini guru sangat berperan penting dalam mengatasi anak yang tidak percaya diri. Anak yang tidak percaya diri cenderung pendiam, malu-malu serta kurang berinteraksi dengan teman maupun guru. Guru dapat memberikan dukungan maupun pujian yang dapat meningkatkan rasa percaya diri pada anak seperti mendekati anak, ajak berbicara, serta guru dapat meminta anak untuk menggambar sesuai keinginannya. Pendekatan dan perlakukan dari guru secara konsisten secara berangsur-angsur dapat meningkatkan kepercayaan diri pada anak.

Leave a Reply