silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Dwi Astuti

Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.

Harimurti

Similar Posts

3,626 Comments

  1. Kurangnya percaya diri dapat menghambat perkembangan anak dalam kreatifitas, literasi bahasa dan inisiatif. Hal ini juga tentunya tidak baik . Untuk itu penting bagi kita menumbuhkan sikap percaya diri pada anak. Langkah yang dilakukan dalam vidio sudah sangat baik dan dapat dijadi kan contoh atau dapat diterapkan disekolah kami iuntuk mengatasi anak dengan tingkat percaya yang rendah. Terima kasih

  2. Nama : Puspa Laraswati
    NIM : 857653108

    Judul : anak tidak percaya diri
    Dari video tersebut saya mendapatkan beberapa ilmu yang dapat saya terapkan di kelas pada saat anak ribut ketika pembelajaran berlangsung .
    Terdapat beberapa teknik untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak yaitu :
    1. menanyakan kepada anak jika masih ragu pada tugas yang di berikan
    2. guru memberikasn saran untuk menggambar sesuatu walaupun tidak sesuai dengan tema pada saat itu
    3. guru memotifasi terhadap anak dengan meminta anak untuk menggambar sesuatu yang paling di sukai oleh anak
    4. Guru mencoba mengeksplorasi hal yang bisa di buat terkait menggambar yang sedang di tugaskan kepada anak
    5. Lakukan pendekatan kepada anak bahwa anak pasti bisa menggambar sendiri gambar yang paling di sukai oleh anak
    6. ajak anak menggambar bebas di luar kelas untukmenggambar apapun yang mereka sukai agar anak tidak mudah bosan

  3. Nama : Puspa Laraswati
    NIM : 857653108

    Judul : Anak tidak percaya diri
    Dari video tersebut saya mendapatkan beberapa ilmu yang dapat saya terapkan di kelas pada saat anak tidak percaya diri ketika pembelajaran berlangsung .
    Terdapat beberapa teknik untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak yaitu :
    1. menanyakan kepada anak jika masih ragu pada tugas yang di berikan
    2. guru memberikasn saran untuk menggambar sesuatu walaupun tidak sesuai dengan tema pada saat itu
    3. guru memotifasi terhadap anak dengan meminta anak untuk menggambar sesuatu yang paling di sukai oleh anak
    4. Guru mencoba mengeksplorasi hal yang bisa di buat terkait menggambar yang sedang di tugaskan kepada anak
    5. Lakukan pendekatan kepada anak bahwa anak pasti bisa menggambar sendiri gambar yang paling di sukai oleh anak
    6. ajak anak menggambar bebas di luar kelas untukmenggambar apapun yang mereka sukai agar anak tidak mudah bosan

  4. Nama : Rican Gusrita
    Nim:856240479

    Mohon izin untuk menanggapi Video,,
    Video diatas sangat menginspirasi bagi kita para guru yang kesulitan menghadapi murid yang kurang percaya diri dengan hasil kegiatannya atau tugasnya,terkadang ada anak yang tidak mau melihatkan hasil karyanya karean malu,terkadang anak ada yang tidak mau sama sekali mengerjakan tugas/kegiatan yang diberikan guru,takut guru marah atau malu diketawaian teman temannya,ada juga anak yang tidak selesai tugasnya karena terlambat mengerjakan atau tidak paham dengan tugasnya.
    Sebagai guru untuk mengatasi khasus seperti ini selain melakukan pendekatan kepada anak dengan memotivasi kreativitasnya seperti menggambar bebas,guru mungkin juga bisa mengajak anak untuk bercerita tentang kejadian atau pengalaman yang pernah dialamainya seperti belanja kepasar dengan ibu,ini dapat mengembali rasa percaya diri anak.

  5. Video diatas bisa kita jadikan pengingat bagi kita semua baik orang tua, guru, dan masyarakat umum tentang bagaimana kita bisa lebih baik mendukung perkembangan emosional dan akademis anak. Anak yang tidak percaya diri memerlukan pendekatan yang sangat lembut, sabar, dan berfokus pada pengembangan emosional mereka karena pada usia ini kepercayaan diri sedang mulai terbentuk dan peran orang tua serta guru sangat dibutuhkan.
    Cara yang bisa kita lakukan berdasar dari video di atas yaitu :
    1. Guru menanyakan ke anak jika masih ragu akan tugas yang diberikan
    2. Guru memberikan saran kepada anak meskipun tidak sesuai dengan tema saat itu
    3. Guru memotivasi kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk menggambar sesuatu yang disukai anak
    4. Guru mencoba mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak
    5. Lakukan pendekatan kepada anak dengan cara memotivasi bahwa anak pasti bisa menggambar sendiri
    6. Guru mengajak anak menggambar bebas di luar kelas dengan menggambar apapun yang mereka sukai agar anak tidak mudah bosan

  6. Nama: Eka Puspitasari
    NIM: 858003396
    UPBJJ: Yogyakarta

    Dari video berjudul “Anak Tidak Percaya Diri” dapat diketahui bahwa guru sangat berperan penting untuk meningkatkan rasa percaya diri anak. Dalam proses pembelajaran tidak berfokus pada hasil akhir, namun lebih memperhatikan bagaimana anak berproses untuk mengembangkan kemampuannya. Untuk mengembangkan rasa percaya diri anak, guru dapat berperan sebagai fasilitator dan motivator. Guru membimbing anak dalam proses belajar serta memotivasi agar anak dapat perlahan membangun rasa percaya dirinya. Misalnya diawali dengan menanyakan kemampuan anak, lalu memotivasi anak untuk mengerjakan tugas sesuai kemampuannya, serta memberikan apresiasi terhadap pencapaian anak walaupun sekecil apapun. Dengan pendekatan yang dilakukan guru terhadap anak, diharapkan anak dapat membangun rasa percaya dirinya agar tidak mengganggu perkembangan yang lainnya.

  7. Video diatas sangat menginspirasi bagi pendidik yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Karakteristik anak beragam, mulai dari anak yang percaya diri walaupun hasilnya kurang memuaskan menurut orang lain, tetapi ia mau menunjukkan. Ada juga anak yang kurang percaya diri atas hasil belajarnya walaupun sudah dikerjakan dengan maksimal. Disini peran guru sangatlah penting yaitu memberikan motivasi dan menguatkan anak agar anak bisa percaya diri dengan hasil kegiatan belajarnya. Guru juga harus melakukan pendekatan kepada anak seperti menanyakan kepada anak mau dilanjutkan lagi atau tidak. Guru juga memberikan pilihan apakah mau melakukan kegiatan lainnya dahulu atau melakukan kegiatan lain yang masih berhubungan dengan kegiatan menggambar anak.

  8. Judul: aku tidak percaya diri
    Anak yang tidak percaya diri cenderung merasa cemas, ragu-ragu, dan takut melakukan kesalahan, sehingga sulit untuk bangkit dari kegagalan dan mengambil tantangan baru.
    Penting untuk diingat: Anak yang minder perlu mendapatkan dukungan dan bimbingan yang tepat agar mereka dapat mengatasi masalah ini dan meningkatkan kepercayaan diri mereka. Orang tua dan guru memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan yang mendukung dan membangun rasa percaya diri pada anak.

  9. untuk membantu anak meningkatkan rasa percaya dirinya di sekolah itu salah satunya dengan memberikan pujian dan apresiasi mengapa demikian?karena Pujian dan apresiasi sangat penting dalam membangun kepercayaan diri anak.Pujian yang tulus menunjukkan bahwa usaha dan hasil kerja anak diakui dan dihargai, sehingga anak merasa bangga pada dirinya sendiri. Dari video tersebut saya mendapatkan beberapa ilmu pada saat anak ribut ketika pembelajaran berlangsung dikelas yaitu:
    1. guru memberikan saran untuk menggambar dengan tema hari itu sesuai dengan kreativitasnnya
    2. guru memberikan motivasi terhadap anak dengan meminta anak untuk menggambar sesuatu yang paling di sukai oleh anak
    3. Guru mencoba mengeksplorasi hal yang bisa di buat terkait menggambar yang sedang di tugaskan kepada anak
    4. Lakukan pendekatan kepada anak bahwa anak pasti bisa menggambar sendiri gambar yang paling di sukai oleh anak
    5. mengajak anak menggambar bebas di luar kelas untuk menggambar apapun yang mereka sukai agar anak tidak mudah bosan dalam kegiatan pembelajaran berlangsung.

  10. Nama : Dewi Setyowati
    NIM : 857865672

    Dari tayangan tersebut dapat memberikan referensi dan solusi dari permasalahan anak yang belum percaya diri. Saya dapat menerapkannya di kelas, peran guru sangat penting untuk menumbuhkan rasa percaya diri, anak membutuhkan saran dan motivasi dari guru. Pertanyaan – pertanyaan dari guru juga sangat diperlukan anak utuk mengembangkan komunikasi dan kreativitasnya. Karena anak yang tidak percaya diri biasanya kurang kreatif mereka cenderung ragu dan takut salah dalam melakukan segala hal kegiatan. Saran dan motivasi dari guru lewat komunikasi sangat dibutuhkan anak, karena akan tumbuh rasa percaya anak pada orang lain yang membuatnya nyaman, sehingga tumbuh rasa percaya diri karena ada dukungan dari sekelilingnya.

Leave a Reply