silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Dwi Astuti

Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.

Harimurti

Similar Posts

3,626 Comments

  1. nama : Agustin Demina BR Saragih
    nim : 856054562

    dari vidio di atas sangat membantu untuk memahami bagaimana cara menerapkan kebijakan guru dalam menghadapi anak yang tidak percaya diri.
    Anak yang kurang percaya diri atas hasil karyanya perlu diberikan dukungan dan dorongan yang positif agar dapat meningkatkan kepercayaan dirinya. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan pujian yang tulus atas usaha yang telah dilakukan, menghindari perbandingan dengan orang lain, dan menciptakan suasana yang mendukung di mana anak merasa aman untuk berkreasi dan mencoba hal baru.

  2. Ada beberapa teknik yang dilakukan guru pada anak usia dini untuk dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada anak
    -Guru dapat menanyakan kepada anak jika masih raga atas tugas yang diberikan
    -Guru memberikan saran atas gambar yang disukai.
    -Guru memotivasi kreativitas anak dengan cara memberi kebebasan untuk menggambar apa yang disukai anak.
    -Guru meeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambarkan yg ditugaskan kepada anak.

  3. Nama : Desti Trisna Ningsih
    NIM : 856643888

    Anak Tidak Percaya Diri

    Percaya diri adalah modal utama untuk membangun kretifitas seorang anak, percaya diri adalah periode yang sangat penting bagi anak karena akan mempengaruhi kemampuan kemampuan yang lain. Untuk menumbuhkan rasa percaya diri kepada anak guru dapat memberikan kepercayaan kepada anak akan tugas tugas yang diberikan, guru memberikan saran kepada anak untuk menggambar sesuatu yang disukai anak meskipun tidak sesuai dengan tema pembelajaran, guru mengapresiasi kreativitas anak yang telah dibuatnya, guru mencoba mengeploarsi hal lain yang bersangkutan dengan tema pembelajaran, kemudian lakukan pendekatan kepada anak dengan cara memotivasi supaya anak mengerti jika mereka dapat menggambar dengan baik.
    Dengan begitu rasa percaya diri anak akan tumbuh dengan sendirinya.

  4. Nama : Devi Natalia
    Nim : 858138315
    Dari video diatas sikap guru tersebut sudah tepat. Guru tidak langsung mengintimidasi atau mengecap karya yang telah di hasilkan seorang anak. Namun guru tersebut sudah menempatkan posisinya sebagai seorang fasilitator yang mana langkah utama yang dilakukan guru tersebut adalah melakukan pendekatan. Selanjutnya memberikan penguatan dengan cara memotivasi si anak, dan memberikan kesempatan kepada anak untuk memilih gambar yang si anak senangi atau mudah untuk di gambar oleh si anak yang masih berhubungan dengan tema awal. Hal ini dilakukan sehingga membuat anak menjadi percaya diri.

  5. Nama :Maria Astria Jaiman
    Nim:859267464
    Dari video diatas dapat kita lihat bagaimana Guru memberikan dorongan dengan cara memotivasi anak, bertanya kepada anak jika masih ragu atau tidak mengerti memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang ditugaskan kepada anak.Selanjutnya memberikan dorongan dengan cara memotivasi ,dan selalu mengapresiasi hasil karya anak.
    Terimakasih🙏

  6. nama : indanasari
    NIM : 858165874
    dalam vidio tersebut anak tidak percaya diri.
    tugas seorang guru dalam menumbuhkan kepercayaan seorang anak adalah dengan melakukan kegiatan dalam memberikan saran dan arahan kepada anak kegiatan apa yang mereka sukai meskipun tidak sesuai tema pada saat itu
    guru memotifasi anak dalam hal-hal seperti menstimulus anak untuk menggambar apa yang dia sukai.

  7. Nama : Justitia Rolly Rosalina
    NIM : 858001314

    Selain hal yang sudah disebutkan diatas, guru hendaknya membuat suasana yang nyaman dan aman terlebih dahulu. Biasanya anak yang belum merasa aman dan nyaman, cenderung untuk tidak mau melakukan kegiatan yang diperintah guru. Padahal anak tersebut mampu, tetapi hanya karena merasa tidak nyaman dan aman, anak tersebut memilih untuk diam. Bahkan mungkin menangis. oleh karena itu, guru harus tanggap dengan situasi anak dan situasi kelas.

  8. Nama : Mili Hayati
    Nim : 858330035

    Dari vidio tersebut saya sangan setuju ibu guru mendampingi anak ketika menggambar, Pada saat anak tidak bisa melakukannya guru dapat langsung membantunya tanpa harus anak memintanya terlebih dahulu, karena terkadang ada anak yang tidak percaya diri walau hanya memanggil atau meminta bantuan kepada ibu guru karena merasa malu.
    Guru memberikan pendekatan dan motivasi kepada anak supaya terciptanya rasa percaya diri kepada anak.

  9. Menurut saya Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak sudah benar dilakukan guna meningkatkan rasa percaya diri seorang anak.

  10. Nama : Andriana
    NIM : 858113418

    Dalam meningkatkan percaya diri anak, guru selain memberikan motivasi yang baik dan mendukung penuh dalam bimbingan yang di lakuakan, guru juga memberikan kesempatan kepada anak untuk berkarya dan melakukan apa yang anak minati sehingga anak bisa mengembangkan bakatnya secara maksimal.

Leave a Reply