silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Dwi Astuti
–
–
Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.
Harimurti
nama: Mar’atus Solihah (856508437)
video tentang anak tidak percaya diri. aspek sosial emosional dalam pembelajaran anak usia dingin sangat mempengaruhi aspek perkembangan lainnya. oleh karena itu guru harus mengetahui bagaimana menghadapi anak yang tidak percaya diri dengan memberi motivasi, mengajak berbicara secara khusus agar anak mau mengungkapkan perasaan yang sedang ia rasakan. ia tidak akan merasa takut salah dan tidak malu dengan teman lainnya.
Nama: Mar’atus Solihah (856508437)
vidio tersebut tentang anak yang tidak percaya diri. pada aspek sosial emosional sangat mempengaruhi aspek perkembangan lainnya, oleh karena itu guru harus tahu bagaimana menghadapi anak yang tidak percaya diri salah satunya memberikan motivasi pada anak, mengajak anak berbicara secara khusus agar anak mudah meluapkan apa yang sedang dirasakan, anak akan merasa aman tidak takut salah dalam memberi jawaban serta anak tidak malu dengan teman lainnya.
Nama : Vivi Wahyu Muntini
NIM : 858007734
UPBJJ : UT Yogyakarta
Tanggapan saya mengenai video tersebut, upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan rasa percaya diri anak sudah tepat, hanya perlu sedikit tambahan yaitu pemberian pujian, karena dalam hal ini anak merasa tidak percaya diri atas hasil belajar yang dikerjakannya, maka dari itu pemberian pujian pada anak sangat berpengaruh karena akan menanamkan pemikiran “aku bisa” “hasil belajarku bagus”, dari sinilah rasa percaya dirinya akan mulai terbangun.
Video ini sangat bermanfaat karena memberikan infromasi beberapa tekhnik yang dapat dilakukan oleh guru untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak, daintaranya:
1. Guru dapat menanyakan kepada anak jika masih ragu atas tugas yang diberikan
2. Guru memberikan saran untuk menggambar sesuatu meskipun tidak sesuai dengan tema saat itu
3. Guru memotivasi kreatifitas anak dengan cara meminta anak menggambar sesuatu yang paling disukai anak
4. Guru mencoba mengeksplorasi hal yang lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak
5. Lakukan pendekatan pada anak dengan motivasi bahwa anak pasti bisa menggambar sendiri
6. Pada anak yang bermasalah guru meminta anak menggambar hal yang paling disukai
asalmualaikum wr.wt
nama : mahrita
NIM : 858326296
UPBJJ : Banjarmasin
Vidio tentang Anak Tidak Percaya Diri
VIDIO Diatas
guru menyakan kepada anak jika masih belum paham
guru memberi saran menggambar sesuatu tidak sesuai dengan tema
guru mengekspolarasi anak hal lain yang dibuat
lakukan motivasi agar anak bisa menggambar
guru dapat menyuruh anak menerangkan nya hasil menggambar nya
sekian dari saya wabilahitaufik wahidayah wr.wt
Guru dalam program ini menunjukkan pendekatan yang sangat efektif dan berpusat pada anak untuk mengatasi ketidakpercayaan diri. Ia memberikan motivasi, menanyakan kesulitan, memberi pilihan aktivitas yang disukai, dan memperluas eksplorasi tema, yang secara kolektif membangun kepercayaan diri, otonomi, dan kreativitas anak. Ini adalah praktik terbaik.
nama : siti mulyati
nim : 857466167
ijin menaggapi vidio berjudul anak tidak percaya diri
anak anak usia dini memang sangat rentan dengan perasaannya apalagi ketika mereka merasa tidak bisa mealkukan kegiatan ang sedang berlangsung, seabagai guru PAUD bagaimana kita dapat menu,buhkan rasa percaya diri anak kembali seperti pada vidio guru dapat memberikan reward atau pujian ketika anak menyelesaikan kegiatannya walaupun belum maksimal.
Nama : Khoiriah
Nim : 856655993
Izin untuk menanggapi vidio ini.
Vidio ini sangat bermanfaat bagi saya karena dalam vidio ini mengajarkan tentang teknik dalam menumbuhkan rasa percaya diri dan kreativitas pada anak, sebagaimana kita ketahui tidak semua anak mersa bangga atas hasil karya nya dan tidak semua anak juga memilik rasa percaya diri, ada anak yang merasa malu sehingga membuat dia tidak mau melakukan kreativitasnya, dengan adanya vidio ini bisa menjadi refrensi dalam menghadapi anak yang tidak percaya diri atas hasil belajar yang dikerjakannya.
Terimakasih
Nama : Nopita Charismawati
NIM : 877642916
Video ini sangat bagus karena menunjukkan bagaimana guru mendampingi anak dengan sabar dan penuh perhatian. Guru tidak memaksa, tetapi mendekati anak secara perlahan, memberi semangat, serta membebaskan anak untuk memilih aktivitas yang disukai, seperti menggambar. Ketika menggambar, guru dapat menanyakan kepada anak yang masih ragu mengenai tugas yang diberikan, memberi saran ketika kegiatan menggambar, memotivasi anak, memberikan kebebasan pada anak dalam melakukan kegiatan menggambar, meminta anak menceritakan gambar yang dibuatnya, dan mengajak anak untuk menggambar di luar kelas atau di lingkungan sekolah agar anak tidak bosan. Pendekatan ini tepat karena mendukung perkembangan emosional dan kreativitas anak dengan cara yang positif dan membangun rasa percaya diri.
Assalamualaikum semuanya izin menanggapi video diatas ya,,menurut saya guru ini benar-benar memahami kebutuhan anak! Dengan pendekatan yang lembut dan motivasi yang tepat, anak jadi lebih percaya diri. Contohnya, memberikan pilihan aktivitas lain dan mengeksplorasi tema menggambar membuat anak merasa lebih bebas dan kreatif. Ini menunjukkan bahwa guru benar-benar peduli dengan perkembangan anak dan mau membantu mereka mengatasi rasa tidak percaya diri. Semoga lebih banyak guru yang bisa menerapkan pendekatan seperti ini! 👏💕”