Similar Posts
Pembelajaran Model Kompetitif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan siswa yang tidak peduli dengan sampah yang berserakan di halaman sekolah dan membuang sampah sembarangan. Untuk mengatasi masalah ini, guru dapat melakukan pembelajaran untuk menanamkan pembiasaan menjaga kebersihan melalui bentuk permainan ”kompetitif area”, yaitu dengan membagi siswa menjadi kelompok kecil dan berlomba…
Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak…
Inovasi Pembelajaran Dikelas Rendah
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa…
Teknik Bernyanyi dengan Mudah Melalui Media Audio Tape Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ilustrasi dalam Video ini berisi tentang pemecahan masalah yang dilakukan guru ketika mengajar bernyanyi kepada siswa dengan menggunakan tape recorder karena guru kurang menguasai teknik bernyanyi dengan baik dan benar. Pada kegiatan awal guru menjelaskan lagu yang akan dipelajari kemudian secara bersama-sama mempelajari dengan memutar…
Belajar Menjawab Pertanyaan isi Puisi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar,…
Nama : Muhammad Rifqi Alwy, S.Pd.
NIM : 877635587
Kode mata Pelajaran : PDGK4209.152
UPBJJ : Jakarta
Menurut pandangan saya, alur pembelajaran yang diberikan oleh guru tersebut bersifat empiris walaupun di akhir video tersebut dikatakan bahwa pendekatan tersebut menggunakan pendekatan humanistik.
Sebelum guru tersebut menjelaskan tata cara menulis cerita, ia menceritakan pengalaman pribadinya kepada siswa dengan harapan siswa dapat menelaah dan mengambil pelajaran dari pengalaman yang diceritakan oleh guru tersebut.
Namun dari video tersebut kitab isa menilai, bahwa pembelajaran yang dibawakan oleh guru tersebut terlihat seperti monoton. Bahkan beberapa siswa menganggap kalau menulis adalah hal yang sangat membosankan sehingga membuat mereka merasa jenuh Ketika diintruksikan menulis. Ditambah lagi guru tersebut tidak memulai pembelajaran dengan doa dan tanpa menyebutkan tujuan pembelajaran.
Maka dari itu, saya akan membantu menuliskan kelebihan dan kekurangan dari pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut agar kedepannya pembelajaran bisa menjadi lebih menarik, menyenangkan, dan tidak membosankan.
Kelebihan:
1. Guru mampu membagikan pengalaman baik kepada siswa, sehingga siswa bisa mengambil pelajaran dari pengalaman baik yang dibagikan guru.
2. Guru menjelaskan Langkah-langkah/tata cara menulis cerita sebelum menugaskan siswa membuat cerita.
3. Guru dapat melatih kemampuan berpikir siswa untuk mengembangkan literasi melalui pengalaman.
Kekurangan:
1. Guru tidak mengajak siswa berdoa sebelum memulai belajaran
2. Guru tidak menyebutkan tujuan pembelajaran saat memulai pembelajaran
3. Metode pembelajaran yang dilakukan guru monoton sehingga membuat siswa merasa jenuh dan bosan.
4. Guru tidak memberikan kesimpulan di akhir pembelajaran.
5. Guru tidak menutup pembelajaran dengan melakukan evaluasi dan doa.
NAMA : SHINTIA DEWI
NIM : 857363173
SALUT : EDUKASI MANDIRI
Menurut pendapat saya dari video pembelajaran tersebut terlihat reaksi siswa, kelebihan, kekurangan serta hal yang unik nya yaitu:
Reaksi siswa:
– Reaksi siswa diawal pembelajaran saat guru bercerita semua siswa sangat baik dan tertib.
– Ketika diberi tugas oleh bapak guru untuk menulis cerita , reaksi siswa ada yang tidak suka, beralasan menulis itu membosankan.
– Setelah siswa selesai mengerjakan tugas dan membacakan cerita yang sudah dibuat didepan kelas, bapak guru memberikan pujian serta motivas, reaksi siswa pun menjadi gembira.
Kelemahan:
– Guru tidak melakukan pendahuluan dalam kegiatan pembelajaran seperti memberi salam pembuka, berdoa, dan menyapa siswa.
– Guru langsung memberikan materi tanpa melakukan apersepsi sebelum melakukan pembelajaran.
kelebihan:
– Guru tersebut dapat menjelaskan materi dengan baik.
– Guru tersebut dapat melakukan komunikasi yang baik dengan siswa, yaitu dengan cara berinteraksi lewat tanya jawab.
– Guru tersebut dapat membuat siswa senang dengan memberikan pujian dan motivasi terhadap siswa setelah selesai membacakan hasil karangan nya.
hal yang unik:
– Cara guru tersebut mampu membuat siswa nya dapat menulis cerita dengan baik dan benar
– Cara guru tersebut menyampaikan cerita nya sehingga semua siswa dapat dengan tertib mendengarkan.
menurut saya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran, sebaiknya isi dengan kegiatan pendahuluan terlebih dahulu, seperti penyampaian salam dan berdoa, review materi sebelumnya (apersepsi), mengajukan pertanyaan pemantik, ice breaking terlebih dahulu agar suasana kelas menjadi bersemangat, dan menyampaikan tujuan pembelajaran lalu menanyakan kabar murid,mengecek kehadiran murid,mengecek kebersihan kelas, dan sebisa mungkin mengkondisikan murid agar efektif dalam mengikuti pembelajaran. Dan pada saat menyampaikan materi, jangan lupa untuk perhatikan kefokusan muridnya agar dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik. guru juga harus lebih lantang dan tegas dalam memberikan materi agar siswa tidak mengantuk dalam proses pembelajaran.
Nama : JON LIPERDI
NIM : 858130761
Dari video tersebut, menurut saya dalam penyampaian guru tersebut sudah menjelaskan materi pembelajaran dengan baik, dan dapat ditanggapi oleh siswa. Namun seharusnya, sebelum memasuki penjelasan materi, ada baiknya untuk melakukan pembukaan berupa salam untuk memastikan semangat dan kesiapan siswa
Nama : Fadlan Ramadhan
NIM : 857337906
Menurut pendapat saya dari vidio pembelajaran diatas cukup menarik, Guru menyampaikan dengan baik, dan murid saat sedang belajar berjalan dengan tertib, Sebelumnya guru tersebut menjelaskan dengan baik cara menulis cerita, guru tersebut menceritakan pengalaman pribadinya kepada siswa dengan harapan siswa mengambil pelajaran dari pengalaman yang diceritakan oleh guru tersebut.
kelebihan
-Guru tersebut dapat melakukan komunikasi yang baik dengan siswa, yaitu dengan cara berinteraksi lewat tanya jawab
-Guru menyampaika materi dengan baik
kekurangan
– guru tidak memberikan tujuan pembelajaran
-guru tidak memberikan kesimpulan diakhir pembelajaran
Assalamualaikum wr.wb
Perkenalkan
Nama : Rizal Nasser
Nim : 859937896
Menurut saya pada video yang sudah saya lihat, dapat dikatakan bahwa pembelajaran yang dilakukan guru diawali dengan menceritakan situasi dan kondisi yang terjadi pada guru tersebut agar siswa dapat menarik dan merespon apa yang terjadi pada cerita guru tersebut. Guru memberikan tugas dengan menuliskan cerita terkait liburan siswa. Kelebihannya pertama, guru dapat mendorong siswa untuk dapat memahami pembelajaran penulisan cerita dengan baik. Kedua, guru membuat sebuah kelompok pada inti pembelajaran yang mana siswa dapat bertukar cerita dengan teman kelompoknya untuk mendaptkan ide. Tetapi ada kekurangan guru yang dilakukan pada saat mengajar. Yang pertama guru tidak memberikan tujuan pembelajaran kepada siswa. Yang kedua, seharusnya guru memberikan materi secara lengkap pada materi awal sebelum mengerjakan tugas agar siswa tetap fokus untuk menulis. Yang ketiga, guru tidak membuat kesimpulan yang seharusnya dalam akhir pembelajaran bisa merefleksikan siswa pada materi yang sudah dilakukan.
Nama : DEWI AYU LARASATI
NIM : 859542334
SALUT : BANJAR AGUNG
UT DAERAH : LAMPUNG
Menurut pendapat saya dari video pembelajaran tersebut cukup menarik dalam menjelaskan materi tentang menulis cerita dengan baik, guru tersebut memberikan contoh dengan menceritakan pengalaman dirinya, dengan harapan anak dapat memahami materi yang di jelaskan guru. Video tersebut memili beberapa kelebihan dan kekurangan.
Kelebihan : guru dapat menjelaskan materi dengan baik, sehingga siswa dapat memahami materi yang di sampaikan
Kelemahan : guru tidak melakukan apresiasi terhadap siswa, tidak menyapa siswa, kurang nya pendekatan terhadap siswa, sehingga suasana kelas terlihat sangat tegang. namun dengan begitu siswa dapat mengerjakan tugas yang di berikan dengan sangat baik.
Assalamualaikum Wr.Wb
Izin berkomentar pada video pembelajaran diatas.
Nama : Gita Istiana Sari
NIM : 859544771
Menurut saya, video pembelajaran tersebut cukup menarik. Guru menyampaikan materi dengan baik, dan proses belajar berjalan dengan tertib. Sebelum kegiatan inti, guru menjelaskan cara menulis cerita dengan jelas. Ia juga membagikan pengalaman pribadinya kepada siswa, dengan harapan siswa dapat mengambil pelajaran dari cerita tersebut.
Kelebihan:
• Guru mampu berkomunikasi dengan baik melalui interaksi tanya jawab bersama siswa.
• Materi disampaikan dengan jelas dan mudah dipahami.
Kekurangan:
• Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran di awal.
• Guru tidak memberikan kesimpulan di akhir pembelajaran.
Terimakasih.
Wassalamualaikum Wr.Wb
nama : made desi susanti nim : 85954391 Video menjelaskan cara menulis cerita dengan langkah-langkah praktis. Guru memulai dengan menceritakan pengalaman pribadi, lalu mengajarkan siswa cara menulis cerita, terutama tentang pengalaman liburan. Siswa diminta menulis dan membacakan cerita mereka di depan kelas. Guru memberikan pujian dan motivasi agar siswa semangat. Video menunjukkan proses pembelajaran yang interaktif, namun ada kekurangan seperti kurangnya pembukaan, penutupan, dan variasi metode sehingga beberapa siswa merasa bosan. Secara keseluruhan, video ini membantu siswa memahami cara menulis cerita dengan contoh nyata dan latihan langsung.
Nama: Ade Virlie Amira
NIM: 856085621
Guru memulai pelajaran dengan cerita pribadi, yang membuat siswa merasa lebih dekat. Langkah-langkah untuk menulis cerita dijelaskan dengan jelas, sehingga siswa memiliki panduan awal. Ada komunikasi interaktif melalui tanya jawab dan diskusi yang membuat suasana kelas hidup. Pujian bagi siswa setelah membacakan karya mereka meningkatkan rasa percaya diri. Siswa juga diajak berdiskusi dan bekerja dalam kelompok, meningkatkan kreativitas.
Tetapi, kegiatan pembuka kurang lengkap, seperti tidak ada doa atau pengantar tujuan belajar. Guru juga langsung masuk ke materi tanpa mengaitkan dengan pengetahuan siswa. Metode pengajaran terasa monoton, dan tidak ada penutup yang jelas untuk memberi umpan balik. Penjelasan materi sebaiknya lebih mendetail.
Saran untuk perbaikan termasuk melakukan pembuka yang baik, memberikan apersepsi, memvariasikan metode pengajaran, menutup dengan evaluasi, dan memastikan siswa fokus sebelum menulis.
Nama : Gery Fallo.
Nim : 859284858.
bagaimana menulis cerita ? judul yang menarik. mengapa dengan judul ini kita bisa mengetahui cara menulis cerita yang baik dengan semua unsur
1. apa
2. siapa
3. dimana
4. mengapa
5. bagaimana
dengan begitu anak bisa membedakan mana cerita dan bergosip.
siswa bosan, namun pak guru tersebut menjelaskan langkah-langkah yang baik dan benar sehingga mereka menjadi penasaran apa kagi di bagi menjadi
kelompok mereka sangat antusias. dengan begitu siswa jadi lebih bebas menceritakan cerita mereka melalui cerita tersebut. guru juga memberikan apresiasi.
selain itu yang paling bagus akan di pajang. itu sangat menghargai hasil karya mereka dan memotivasi mereka…