Similar Posts
Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung…
Keterpaduan Pembelajaran Sastra
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini memuat gambaran tentang pembelajaran sastra klasik di SD yang dirasakan sulit bagi siswa. Dengan menggunakan pendekatan terpadu, antarketerampilan berbahasa maupun antarlintas bidang studi, masalah ini dapat diatasi. Melalui kegiatan membaca, menyimak, berbicara, dan menulis, serta dengan kegiatan berdiskusi di dalam kelompok, siswa akan…
Bagaimana Cara Menyampaikan Pesan yang di Peroleh dari Penelepon
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran berbicara di kelas III SD, yaitu cara menyampaikan pesan yang di peroleh dari penelpon. Pada waktu berlatih menerima telepon siswa mendapat pesan dari penelpon. Karena dia tidak mencatat pesan yang di terimanya, maka pesan tersebut tidak…
Memelihara Konsentrasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan…
Mengerjakan Soal Cerita, Belajar Memahami Cara Menyelesaikan Soal Cerita
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita masih terkendala. Guru sering mengalami kesulitan bagaimana membelajarkan pada siswa cara menyelesaikan soal cerita. Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami dan menyelesaikan soal cerita. Alternatif pembelajaran dalam tayangan video ini memperlihatkan bagaimana…
Bagaimana Menulis Cerita?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama: Debora Mendrofa
NIM: 857156217
Video pembelajaran “Bagaimana Menyimak yang Efektif” ini memberikan pemahaman yang baik tentang pentingnya dan cara meningkatkan keterampilan menyimak. Meskipun memiliki beberapa kekurangan dalam hal visualisasi dan contoh penerapan konkret, informasi yang disampaikan tetap berharga bagi siapa saja yang ingin menjadi pendengar yang lebih baik, terutama dalam konteks pendidikan. Visualisasi dalam video cenderung statis dan didominasi oleh narasumber berbicara. Penggunaan ilustrasi, contoh situasi, atau animasi yang lebih menarik dapat meningkatkan keterlibatan penonton dan memperjelas konsep.
Nama : Etika Auliyasari
NIM : 857501627
Setelah mengamati vidio tersebut, menurut saya kesalahan yng terjadi pada vidio awal yaitu bapa guru tidak memberikan pengarahan terlebih dahulu kepada anak2 dan langsung memberikan teks berita, sedangkan kondisi di dalam kelas belum kondusif.
Namun setelah melakukan pengarahan terlebih dahulu anak2 akan lebih kondusif dalam pembelajaran dan lebih menyimak saat pembelajaran berlangsung. Semuatergantung kepada guru bagaimana seorang guru dapat mengarahkan anak didik nya supaya bisa lebih kondusif dan sistematis dalam belajar. Maka akan tercapailah gujuan pembelajaran tersebut.
Assalammualaikum
Selamat pagi, Perkenalkan nama saya Putri Soraya Nur Anissa. NIM 856085607. Izin menanggapi vídeo Guru Pintar Online mengenai Rencana Pembelajaran Menyimak Berita.
Dari vídeo tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa sebagai guru kita harus menerapkan strategi yang baik untuk peserta didik agar peserta didik dapat menyerap materi yang kita sampaikan dengan baik.
Dari vídeo tersebut saya mendapatkan beberapa nilai penting diantara nya :
1. Membuat Rencana Pembelajaran yang Jelas
Guru harus membuat rencana pembelajaran yang jelas dan terstruktur untuk memastikan bahwa materi disampaikan secara efektif. Guru harus mengenal karakteristik siswa sehingga materi yang di bawakan tidak membosankan.
2. Menggunakan Media Pembelajaran yang Menarik
Guru dapat menggunakan media pembelajaran yang menarik, seperti video atau gambar, untuk meningkatkan fokus siswa dan membuat pembelajaran lebih menarik. Misalnya seperti vídeo di tampilkan untuk melatih fokus siswa, siswa diminta guru untuk menulis bagian berita yang di bacakan guru.
3. Melakukan Kegiatan Ice Breaking
Kegiatan ice breaking dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan kesiapan siswa untuk belajar. Diawal vídeo, siswa sangat tidak berkonsentrasi dalam memperhatikan pembelajaran di kelas. Melakukan kegiatan Ice Breaking menjadi salah satu cara Membangkitkan semangat siswa.
4. Menggunakan Strategi Pembelajaran yang Inovatif
Guru dapat menggunakan strategi pembelajaran yang inovatif, seperti menggunakan teknologi atau melakukan kegiatan proyek, untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan. Misalnya, sebagai guru kita dapat meminta siswa membawa koran dan mencari berita. Lalu, di bacakan secara bergantian untuk berdiskusi bersama teman-teman kelas. Jadi melatih daya simak siswa.
5. Mengelola Waktu yang Baik
Guru harus mengelola waktu yang baik untuk memastikan bahwa materi disampaikan secara efektif dan efisien. Berita yang terlalu panjang dan memakan waktu yang lama Membuat siswa menjadi bosan. Namun, Ketika kita bisa mengelola waktu dengan baik maka siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.
Nama: Miduk Mikael Lumbansiantar
NIM: 855865652
Pada saat pembelajaran berlangsung, guru tampak menguasai materi menyimak yang efektif dengan baik. Ia memulai kegiatan pembelajaran dengan membangkitkan minat siswa melalui pertanyaan pemantik seperti, “Siapa yang pernah salah paham karena hanya setengah menyimak teman?” Pertanyaan tersebut berhasil menarik perhatian siswa dan mengaitkan topik dengan pengalaman nyata mereka.
Dalam penyampaian materi, guru menggunakan pendekatan komunikatif dan interaktif. Materi disampaikan secara runtut, dimulai dari pengertian menyimak, tujuan menyimak yang efektif, hingga langkah-langkah menyimak aktif. Guru juga menyisipkan contoh konkret, seperti cuplikan audio pendek dan simulasi dialog, agar siswa dapat membedakan antara sekadar mendengar dan menyimak secara aktif.
Guru secara konsisten mengaktifkan partisipasi siswa dengan memberikan pertanyaan reflektif dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk menyampaikan kembali isi informasi yang disimak. Strategi ini menunjukkan bahwa guru tidak hanya mengajar secara satu arah, tetapi juga membina kemampuan berpikir kritis siswa.
Selain itu, guru juga menggunakan media visual seperti slide atau bagan langkah menyimak untuk membantu pemahaman. Di akhir pembelajaran, guru memberikan latihan singkat berupa potongan video pendek, lalu meminta siswa menyimpulkan isi pesan dan menyebutkan pokok-pokok pentingnya. Hal ini menunjukkan adanya penerapan langsung dari teori yang diajarkan.
Dari segi pengelolaan kelas, guru mampu menjaga perhatian siswa tetap fokus. Suasana kelas tetap kondusif, dan guru menggunakan variasi intonasi serta ekspresi tubuh yang mendukung penyampaian pesan.
Sebagai catatan penguatan, guru dapat menambahkan rubrik penilaian menyimak agar siswa lebih memahami standar yang diharapkan dari kegiatan menyimak yang baik. Selain itu, penggunaan teknik tanya-jawab antar siswa (peer questioning) juga bisa menjadi strategi tambahan yang menguatkan kemampuan menyimak aktif.
Nama : Rezti Agustantri
NIM : 858919476
Dari video pembelajaran tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa menyimak berarti kita melatih konsentrasi pikiran dan perhatian, karena itu guru harus mampu mengatasi kendala menyimak yang datang dari suasana yang tidak bagus untuk menyimak. Bagaimana guru mengatasi kendala menyimak ? Ternyata terlatih menyimak memang butuh konsentrasi dan perhatian sehingga apapun kendalanya ketika berlatih menyimak dengan konsultasi. Dapat kita lihat cara guru mengawali proses pembelajaran menyimak yaitu mulai dari persiapan awal mempelajari kompetensi yang akan dicapai siswa lalu mempersiapkan media, baru melaksanakan pembelajaran. Dalam mengatasi kendala siswa pada waktu menyimak, guru dapat berhenti sebentar sampai situasi mendukung jangan lanjutkan membaca jika situasi masih ribut dengan demikian siswa dapat menyimak dengan situasi yang mendukung mereka.