Similar Posts
Teknik Bernyanyi dengan Mudah Melalui Media Audio Tape Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ilustrasi dalam Video ini berisi tentang pemecahan masalah yang dilakukan guru ketika mengajar bernyanyi kepada siswa dengan menggunakan tape recorder karena guru kurang menguasai teknik bernyanyi dengan baik dan benar. Pada kegiatan awal guru menjelaskan lagu yang akan dipelajari kemudian secara bersama-sama mempelajari dengan memutar…
Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru memberikan pembelajaran matematika dengan topik pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan media potongan-potongan karton untuk memudahkan pemahaman siswa dalam penjumlahan pecahan. Mery Novianti Pakar Dosen Video ini ditayangkan agar murid memahami konsep penjumlahan dua buah pecahan dengan penyebut tidak…
Siswa Tidak Teratur pada Saat melaksanakan Observasi/Praktikum Diluar Kelas Pada Saat Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kadang-kadang dalam pelaksanaan praktikum IPA di SD, guru mengalami kesulitan. Misalnya saat harus melaksanakan praktek di luar kelas. Siswa-siswa menjadi tidak terkendali dan berkeliaran tak tentu arah. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah sebagai berikut. Guru memberikan pengarahan serta memberikan LKS sebelum siswa keluar…
Pembelajaran Model Kompetitif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan siswa yang tidak peduli dengan sampah yang berserakan di halaman sekolah dan membuang sampah sembarangan. Untuk mengatasi masalah ini, guru dapat melakukan pembelajaran untuk menanamkan pembiasaan menjaga kebersihan melalui bentuk permainan ”kompetitif area”, yaitu dengan membagi siswa menjadi kelompok kecil dan berlomba…
Mengerjakan Soal Cerita, Belajar Memahami Cara Menyelesaikan Soal Cerita
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita masih terkendala. Guru sering mengalami kesulitan bagaimana membelajarkan pada siswa cara menyelesaikan soal cerita. Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami dan menyelesaikan soal cerita. Alternatif pembelajaran dalam tayangan video ini memperlihatkan bagaimana…
Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak…
Nama: Debora Mendrofa
NIM: 857156217
Video pembelajaran “Bagaimana Menyimak yang Efektif” ini memberikan pemahaman yang baik tentang pentingnya dan cara meningkatkan keterampilan menyimak. Meskipun memiliki beberapa kekurangan dalam hal visualisasi dan contoh penerapan konkret, informasi yang disampaikan tetap berharga bagi siapa saja yang ingin menjadi pendengar yang lebih baik, terutama dalam konteks pendidikan. Visualisasi dalam video cenderung statis dan didominasi oleh narasumber berbicara. Penggunaan ilustrasi, contoh situasi, atau animasi yang lebih menarik dapat meningkatkan keterlibatan penonton dan memperjelas konsep.
Nama : Etika Auliyasari
NIM : 857501627
Setelah mengamati vidio tersebut, menurut saya kesalahan yng terjadi pada vidio awal yaitu bapa guru tidak memberikan pengarahan terlebih dahulu kepada anak2 dan langsung memberikan teks berita, sedangkan kondisi di dalam kelas belum kondusif.
Namun setelah melakukan pengarahan terlebih dahulu anak2 akan lebih kondusif dalam pembelajaran dan lebih menyimak saat pembelajaran berlangsung. Semuatergantung kepada guru bagaimana seorang guru dapat mengarahkan anak didik nya supaya bisa lebih kondusif dan sistematis dalam belajar. Maka akan tercapailah gujuan pembelajaran tersebut.
Assalammualaikum
Selamat pagi, Perkenalkan nama saya Putri Soraya Nur Anissa. NIM 856085607. Izin menanggapi vídeo Guru Pintar Online mengenai Rencana Pembelajaran Menyimak Berita.
Dari vídeo tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa sebagai guru kita harus menerapkan strategi yang baik untuk peserta didik agar peserta didik dapat menyerap materi yang kita sampaikan dengan baik.
Dari vídeo tersebut saya mendapatkan beberapa nilai penting diantara nya :
1. Membuat Rencana Pembelajaran yang Jelas
Guru harus membuat rencana pembelajaran yang jelas dan terstruktur untuk memastikan bahwa materi disampaikan secara efektif. Guru harus mengenal karakteristik siswa sehingga materi yang di bawakan tidak membosankan.
2. Menggunakan Media Pembelajaran yang Menarik
Guru dapat menggunakan media pembelajaran yang menarik, seperti video atau gambar, untuk meningkatkan fokus siswa dan membuat pembelajaran lebih menarik. Misalnya seperti vídeo di tampilkan untuk melatih fokus siswa, siswa diminta guru untuk menulis bagian berita yang di bacakan guru.
3. Melakukan Kegiatan Ice Breaking
Kegiatan ice breaking dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan kesiapan siswa untuk belajar. Diawal vídeo, siswa sangat tidak berkonsentrasi dalam memperhatikan pembelajaran di kelas. Melakukan kegiatan Ice Breaking menjadi salah satu cara Membangkitkan semangat siswa.
4. Menggunakan Strategi Pembelajaran yang Inovatif
Guru dapat menggunakan strategi pembelajaran yang inovatif, seperti menggunakan teknologi atau melakukan kegiatan proyek, untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan. Misalnya, sebagai guru kita dapat meminta siswa membawa koran dan mencari berita. Lalu, di bacakan secara bergantian untuk berdiskusi bersama teman-teman kelas. Jadi melatih daya simak siswa.
5. Mengelola Waktu yang Baik
Guru harus mengelola waktu yang baik untuk memastikan bahwa materi disampaikan secara efektif dan efisien. Berita yang terlalu panjang dan memakan waktu yang lama Membuat siswa menjadi bosan. Namun, Ketika kita bisa mengelola waktu dengan baik maka siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.