silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

107 Comments

  1. Nama : AYU SAFITRI
    NIM : 855717093
    UPBJJ : Bandar Lampung

    Setelah menonton video pembelajaran di atas, Pada awal video, Guru mengawali proses pembelajaran menyimak, pada waktu menyimak guru tersebut tidak berhenti sebentar akibatnya peserta didik sulit memahami cerita yang di sampaikan guru, tidak konsentrasi dan perhatian siswa lebih asik mengobrol dengan teman-teman nya.

    Seperti contoh video kedua, Seharusnya guru mengawali proses pembelajaran menyimak yaitu mulai dari persiapan awal mempelajari kompetensi yang akan dicapai siswa, lalu mempersiapkan media baru, dan barulah melaksanakan pembelajaran. dalam mengatasi kendala siswa pada waktu menyimak guru dapat berhenti sebentar sampai situasi mendukung, jangan melanjutkan membaca Ketika situasi masih ribut.

  2. Nama : Santa Elisabet Sihotang
    UPBJJ : UT Medan
    Pendapat saya setelah melihat video pembelajaran “Bagaimana Cara Menyimak Efektif” diatas adalah sebagai berikut :
    1.Di awal video pembelajaran,terlihat kondisi kelas yang kurang kondusif dan juga guru menyampaikan pembelajaran tanpa memperhatikan kondisi peserta didik.Selain itu guru juga membacakan cerita kepada siswa dengan tempo yang cepat,dan mengabaikan tanda baca yang ada. Siswa kurang berminat untuk menyimak cerita yang dibacakan oleg guru.
    Hal ini dapat membuat peserta didik tidak dapat menyimak dan memahami materi yang disampaikan.

    2. Di video ke dua ,guru tersebut terlihat telah mempersiapkan materi dengan baik dan mengkondisikan peserta didik untuk fokus menyimak. Sehingga apa yang disampaikan oleh guru dapat diterima oleh siswa dan mampu mengerti isi bacaan,sehingga dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru tersebut. Juga siswa tertarik pada bacaan guru bahkan sampai membuat catatan untuk memudahkan mengingat.

  3. Izin memberikan tanggapan bapak ibu…
    Menurut saya proses pembelajaran sudah baik hanya saja masih belum efektif. dikarenakan guru tidak menjelaskan apa tujuan pembelajarannya, langkah-langkah yang akan dilaksanakan siswa dalam membuat kesimpulan cerita anak. Demikian juga dengan pada akhir proses pembelajaran guru tidak memberikan kesimpulan dan juga refleksi terhadap pembelajaran terebut.

  4. Nama : Yetty Permata
    Nim : 878212036
    UPBJJ : Palembang

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Setelah saya memperhatikan video mengajar tersebut, ada beberapa hal yang kurang saat berjalannya pembelajaran, contohnya seperti tidak adanya membaca doa bersama sebelum memulai peajaran, idak adanya absensi untuk mengetahui kehadiran siswa.
    Tapi ada yg menarik saat pembelajaran yaitu adanya alat peraga yaitu bakiak sehingga siswa sangat bersemangat dan aktif dalam belajar. Guru juga mengajak siswa belajar diluar sehingga siswa tidak bosan, dan respon gurunya juga baik saat menanggapi siswa bertanya.

  5. Nama : Eva Nurlaela
    NIM : 857348805
    UPBJJ : BOGOR

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi wabarakatuh
    Selamat siang Bapak Ibu tutor serta rekan-rekan sekalian

    Setelah mengamati video mengenai pentingnya menyimak secara efektif dalam pembelajaran, terutama dalam konteks kelas. Dalam sesi pertama, guru terlihat membaca materi dengan cepat tanpa memperhatikan reaksi siswa, yang menyebabkan kebingungan dan kurangnya konsentrasi di antara mereka. Banyak siswa tidak dapat menyimak dengan baik karena kecepatan bacaan yang tinggi dan kurangnya perhatian dari guru terhadap kondisi kelas.
    Sebagai perbaikan dalam pembelajaran alangkah baiknya guru melakukan
    1. Mempersiapkan Kelas: Sebelum memulai pembelajaran, guru harus mengkondisikan kelas agar siswa siap dan fokus. Ini bisa dilakukan dengan teknik apersepsi yang menarik perhatian siswa
    2. Variasi Metode Pembelajaran: Menggunakan metode yang bervariasi dapat membantu menarik minat siswa dan menjaga perhatian mereka selama proses pembelajaran.
    3. Penggunaan Intonasi dan Penekanan: Guru perlu memperhatikan intonasi saat membacakan materi agar lebih menarik dan mudah dipahami oleh sisw
    4. Memberikan Kesimpulan: Di akhir sesi, penting bagi guru untuk memberikan ringkasan atau kesimpulan dari materi yang telah diajarkan untuk memperkuat pemahaman siswa

    Terimakasih

  6. Nama : Yayuti Iwa Sistri wanti
    NIM : 858448985
    UPBJJ : Samarinda

    Setelah menonton video pembelajaran di atas, Pada awal video, Guru mengawali proses pembelajaran menyimak, tetapi guru tidak mengkondisikan peserta didik terdahulu sehingga pembelajaran dimulai dengan kondisi ruang kelas ribut, lalu tidak berdoa memulai pembelajaran dan tidak ada penyampaian tujuan pembelajaran karena langsung ke inti pembelajaran menyimak.

    video kedua, guru sudah bagus mengkondisikan siswa untuk konsentrasi dan memperhatikan, tetapi kegiatan pembelajaran tidak diawali dengan doa dan tidak penyampaian tujuan pembelajaran.

  7. Nama : Tata Apriana
    NIM : 857505498
    UPBJJ : Bandung

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Berdasarkan pengamatan saya pada video ke 1 ( Siklus 1), guru tidak melaksanakan kegiatan awal untuk memulai pelajaran yaitu kegiatan berdoa dan mengabsen siswa. menurut saya berdoa dan mengabsen siswa dapat menaikan konsentrasi siswa sebelum kepada inti pembelajaran.
    Pada siklus 1, guru tidak mempersiapkan dengan baik kompetensi yang akan dicapai oleh siswa, seperti penekanan pada bagian-bagian yang penting dan tidak memperhatikan intonasi saat menyampaikan materi kepada siswa. Dalam Kondisi kelas kurang kondusif ( Ribut ), guru tetap membacakan materi sehingga siswa yang memperhatikan materi dapat terganggu oleh siswa yang ribut.
    Pada siklus 2, guru mempersiapkan kompetensi dengan baik yaitu dengan memperhatikan penekanan dan Intonasi saat menyampaikan materi, guru mengatasi kendala siswa ribut dengan cara berhenti sejenak lalu menunggu sampai kondisi mendukung. Dengan demikian siswa dapat menyimak dalam keadaan sudah siap.

Leave a Reply