silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

107 Comments

  1. Setelah saya mengamati video pembelajaran mengenai pengenalan tanda dinamik dalam bernyanyi dari situ Guru Pintar Online, saya dapat memberikan pendapat sebagai berikut:

    1. Mengenai respons anak
    Siswa memperhatikan pembelajaran dengan baik, mengikuti setiap proses pembelajaran yang dilakukan, dan merespons ketika guru bertanya.
    2. Kelemahan Guru
    guru memberi materi terlalu singkat dan terlalu cepat
    3. Kelebihan Guru
    guru dapat mencari bahan penunjang pembelajaran dengan baik. dalam hal ini adalah berita yang menarik
    4. Hal yang unik dalam video
    ada siswa yang mengantuk
    5. Saran
    guru dapat memperlihatkan berita berupa video agar siswa lebih tertarik

  2. Nama : Ahmad Agiel Triyawan
    NIM : 857676517
    UPBJJ UT : Semarang

    Setelah saya mengamati video pembelajaran mengenai pengenalan tanda dinamik dalam bernyanyi dari situ Guru Pintar Online, saya dapat memberikan pendapat sebagai berikut:

    1. Mengenai respons anak: Siswa memperhatikan pembelajaran dengan baik, mengikuti setiap proses pembelajaran yang dilakukan, dan merespons ketika guru bertanya.
    2. Kelemahan Guru: guru memberi materi terlalu singkat dan terlalu cepat
    3. Kelebihan Guru: guru dapat mencari bahan penunjang pembelajaran dengan baik. dalam hal ini adalah berita yang menarik
    4. Hal yang unik dalam video: ada siswa yang mengantuk
    5. Saran: guru dapat memperlihatkan berita berupa video agar siswa lebih tertarik

  3. Nam : monita Gultom
    Nim :878259713
    UPBJJ UT Medan
    Menurut pendapat saya di dalam video pembelajaran tersebut siswa-siswa terlalu banyak mengobrol satu sama lain dan kurang memperhatikan penjelasan gurunya.
    Mungkin cerita yang di jelaskan gurunya kurang menarik bagi siswa-siswi tersebut.

  4. Nama : SONIATI WARUWU
    NIM : 855843822
    VIDEO : : Bagaimana Menyimak yang Efektif?
    Setelah saya melihat video tersebut Guru kurang memperhatikan kondisi kelas sebelum memulai pembelajaran apa siswanya sudah siap belajar, sehingga saat di mulai pembelajaran sebagian siswa sibuk mengobrol sehingga siswa tidak dapat fokus dalam mengikutinya, namun dalam hal ini guru mampu menerangkan materi dengan baik serta dapat membimbing siswa bertanya dan menjawab pertanyaan dengan baik

  5. Nama : Novi Lestari Sijabat
    UPBJJ : UT Medan
    Pendapat saya setelah melihat video pembelajaran “Bagaimana Cara Menyimak Efektif” diatas adalah sebagai berikut :
    1.Di awal video pembelajaran,terlihat kondisi kelas yang kurang kondusif dan juga guru menyampaikan pembelajaran tanpa memperhatikan kondisi peserta didik.Selain itu guru juga membacakan cerita kepada siswa dengan tempo yang cepat,dan mengabaikan tanda baca yang ada.
    Hal ini dapat membuat peserta didik tidak dapat menyimak dan memahami materi yang disampaikan.
    2. Di video ke dua ,guru tersebut terlihat telah mempersiapkan materi dengan baik dan mengkondisikan peserta didik untuk fokus menyimak. Sehingga apa yang disampaikan oleh guru dapat diterima oleh siswa dan mampu mengerti isi bacaan,sehingga dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru tersebut.

  6. Nama : Dinda Kharisky Bancin
    NIM : 855849508
    UPBJJ : UT Medan
    Pokjar : Deli Serdang
    Video : Bagaimana Menyimak yang Efektif?

    Hasil analisis setelah menonton video pada laman Guru Pintar Online (UT):

    – Pada video awal guru tidak membaca berita dengan inonasi yang tepat sehingga tidak menarik perhatian para peserta didik. Guru juga mengabaikan para
    peserta didik tidak menyimak, membiarkan para peserta didik bercerita dengan temannya.
    – Pada Video kedua guru membaca berita dengan intonasi yang tepat, kemudian guru juga menjadikan kelas lebih kondusif seshingga para peserta didik dapat
    menyimak dengan baik.

    Setelah Menyimak video, Hal yang harus dipersiapkan guru saat akan mengajarkan pembelajaran menyimak adalah:
    – Mempersiapkan kompetensi yang akan dicapai peserta didik
    – Cari berita yang sesuai dengan alam siswa, yang dapat menarik perhatian siswa, berita tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek
    – Mempersiapkan media pembelajaran
    – Cara mengatasi peserta didik yang tidak menyimak, guru dapat berhenti sebentar sampai kondisi mendukung/kondusif.

  7. Nama : Dinda Kharisky Bancin
    NIM : 855849508
    UPBJJ : UT Medan
    Pokjar : Deli Serdang
    Judul Video : Bagaimana Menyimak Yang Efektif?

    Hasil analisis setelah menonton video pada laman Guru Pintar Online (UT):

    – Pada video awal guru tidak membaca berita dengan inonasi yang tepat sehingga tidak menarik perhatian para peserta didik. Guru juga mengabaikan para
    peserta didik tidak menyimak, membiarkan para peserta didik bercerita dengan temannya.
    – Pada Video kedua guru membaca berita dengan intonasi yang tepat, kemudian guru juga menjadikan kelas lebih kondusif seshingga para peserta didik dapat
    menyimak dengan baik.

    Setelah Menyimak video, Hal yang harus dipersiapkan guru saat akan mengajarkan pembelajaran menyimak adalah:
    – Mempersiapkan kompetensi yang akan dicapai peserta didik
    – Cari berita yang sesuai dengan alam siswa, yang dapat menarik perhatian siswa, berita tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek
    – Mempersiapkan media pembelajaran
    – Cara mengatasi peserta didik yang tidak menyimak, guru dapat berhenti sebentar sampai kondisi mendukung/kondusif.

  8. NAMA : HUSMA YULIANI
    NIM : 859643657
    UPBJJ : UT-PALU

    Dari video tersebut dapat disimpulkan bahwa cara guru mengawali pembelajarantidak sesuai guru tidak membuka kelas terlebih dahulu sebelum melakukan pembelajaran serta tidak menyiapkan media pembelaajran. Guru juga harus membaca dengan intonasi yang jelas dan memberikan penekankan kepada siswa bahwa menyimak membutuhkan konsentrasi dan perhatian. Guru juga tidak mampu mengendalikan suasana kelas sehingga siswa sibuk mengobrol akibatnya beberapa siswa banyak yang belum memahami materi yang diberikan karena terlalu sibuk bermain bahkan diakhir kegiatan guru tidak memberikan kesimpulan dari hasil belajarnya. Dan dari video kedua guru tersebut sudah mempersiapkan materi dengan baik dan dapat mengkondisikan siswanya untuk belajar fokus menyimak. Sehingga apa yang disampaikan oleh guru dapat diterima siswa dan menjawab pertanyaan dari guru.

  9. Nama : Sasmita Mokoagow
    NIM : 859952383
    UPBJJ : UT MANADO

    setelah melihat video di atas, dapat saya simpulkan bahwa : Dalam pembelajaran pertama, terlihat bahwa guru tidak menghiraukan kondisi kelas dan kurangnya kesiapan guru saat memberikan materi tentang bagaimana cara menyimak yang efektif, sehingga kondisi kelas tidak baik dan terlihat anak-anak asik bermain dengan teman sebangku tanpa memperhatikan guru yang sedang menjelaskan di depan kelas. Dan dalam pembelajaran kedua, guru sudah menyiapkan materi dengan baik dan mengkondisikan siswa untuk fokus dalam belajar menyimak tanpa ada masalah. Sehingga siswa mampu mengerti isi bacaan dan dapat menjawab pertanyaan dari apa yang telah disampaikan oleh guru.

  10. Nama : Feberlius Halawa
    Nim :855850462
    Pokjar : Mandrehe

    Dari video tersebut dapat disimpulkan bahwa cara guru untuk mengawali proses ‎‎pembelajaran menyimak yang pertama adalah persiapan awal mempelajari ‎‎kompetensi yang akan dicapai siswa, menyiapkan media dan baru melaksanakan ‎‎proses pembelajaran. Guru harus membaca dengan intonasi ‎yang jelas dan guru ‎memberikan penekanan kepada siswa bahwa menyimak ‎membutuhkan konsentrasi ‎dan perhatian. Sebelum memberikan pertanyaan kepada siswa secara lisan ‎guru ‎menyampaikan bahwa mereka harus menyimak dengan seksama dan siswa ‎diminta ‎untuk mencatat informasi penting lalu menuliskannya sehingga ‎ketika ‎guru bertanya siswa dapat menjawab dan siswa dapat memahami apa yang telah ‎disampaikan.

Leave a Reply