Similar Posts
Kurang Mengetahui Perkalian Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan…
Sicepot Membantu Menanamkan Konsep Pengurangan Bilangan Bulat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Sinopsis Tayangan dalam video ini memperlihatkan bagaimana seharusnya guru menyampaikan konsep pengurangan bilangan bulat secara bermakna yang dalam hal ini dilakukan guru menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Alat peraga yang disajikan menggunakan model yang bernama cepot, penggunaan model dimaksudkan agar pembelajaran matematika menjadi menarik….
Mengajar Berat Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru…
Menarik Perhatian Siswa
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara : Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan….
Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya. Yetty Morelent dan Teguh Prakoso Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Inovasi Pembelajaran Dikelas Rendah
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa…
Setelah saya mengamati video pembelajaran mengenai pengenalan tanda dinamik dalam bernyanyi dari situ Guru Pintar Online, saya dapat memberikan pendapat sebagai berikut:
1. Mengenai respons anak
Siswa memperhatikan pembelajaran dengan baik, mengikuti setiap proses pembelajaran yang dilakukan, dan merespons ketika guru bertanya.
2. Kelemahan Guru
guru memberi materi terlalu singkat dan terlalu cepat
3. Kelebihan Guru
guru dapat mencari bahan penunjang pembelajaran dengan baik. dalam hal ini adalah berita yang menarik
4. Hal yang unik dalam video
ada siswa yang mengantuk
5. Saran
guru dapat memperlihatkan berita berupa video agar siswa lebih tertarik
Nama : Ahmad Agiel Triyawan
NIM : 857676517
UPBJJ UT : Semarang
Setelah saya mengamati video pembelajaran mengenai pengenalan tanda dinamik dalam bernyanyi dari situ Guru Pintar Online, saya dapat memberikan pendapat sebagai berikut:
1. Mengenai respons anak: Siswa memperhatikan pembelajaran dengan baik, mengikuti setiap proses pembelajaran yang dilakukan, dan merespons ketika guru bertanya.
2. Kelemahan Guru: guru memberi materi terlalu singkat dan terlalu cepat
3. Kelebihan Guru: guru dapat mencari bahan penunjang pembelajaran dengan baik. dalam hal ini adalah berita yang menarik
4. Hal yang unik dalam video: ada siswa yang mengantuk
5. Saran: guru dapat memperlihatkan berita berupa video agar siswa lebih tertarik
Nam : monita Gultom
Nim :878259713
UPBJJ UT Medan
Menurut pendapat saya di dalam video pembelajaran tersebut siswa-siswa terlalu banyak mengobrol satu sama lain dan kurang memperhatikan penjelasan gurunya.
Mungkin cerita yang di jelaskan gurunya kurang menarik bagi siswa-siswi tersebut.
Nama : SONIATI WARUWU
NIM : 855843822
VIDEO : : Bagaimana Menyimak yang Efektif?
Setelah saya melihat video tersebut Guru kurang memperhatikan kondisi kelas sebelum memulai pembelajaran apa siswanya sudah siap belajar, sehingga saat di mulai pembelajaran sebagian siswa sibuk mengobrol sehingga siswa tidak dapat fokus dalam mengikutinya, namun dalam hal ini guru mampu menerangkan materi dengan baik serta dapat membimbing siswa bertanya dan menjawab pertanyaan dengan baik
Nama : Novi Lestari Sijabat
UPBJJ : UT Medan
Pendapat saya setelah melihat video pembelajaran “Bagaimana Cara Menyimak Efektif” diatas adalah sebagai berikut :
1.Di awal video pembelajaran,terlihat kondisi kelas yang kurang kondusif dan juga guru menyampaikan pembelajaran tanpa memperhatikan kondisi peserta didik.Selain itu guru juga membacakan cerita kepada siswa dengan tempo yang cepat,dan mengabaikan tanda baca yang ada.
Hal ini dapat membuat peserta didik tidak dapat menyimak dan memahami materi yang disampaikan.
2. Di video ke dua ,guru tersebut terlihat telah mempersiapkan materi dengan baik dan mengkondisikan peserta didik untuk fokus menyimak. Sehingga apa yang disampaikan oleh guru dapat diterima oleh siswa dan mampu mengerti isi bacaan,sehingga dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru tersebut.
Nama : Dinda Kharisky Bancin
NIM : 855849508
UPBJJ : UT Medan
Pokjar : Deli Serdang
Video : Bagaimana Menyimak yang Efektif?
Hasil analisis setelah menonton video pada laman Guru Pintar Online (UT):
– Pada video awal guru tidak membaca berita dengan inonasi yang tepat sehingga tidak menarik perhatian para peserta didik. Guru juga mengabaikan para
peserta didik tidak menyimak, membiarkan para peserta didik bercerita dengan temannya.
– Pada Video kedua guru membaca berita dengan intonasi yang tepat, kemudian guru juga menjadikan kelas lebih kondusif seshingga para peserta didik dapat
menyimak dengan baik.
Setelah Menyimak video, Hal yang harus dipersiapkan guru saat akan mengajarkan pembelajaran menyimak adalah:
– Mempersiapkan kompetensi yang akan dicapai peserta didik
– Cari berita yang sesuai dengan alam siswa, yang dapat menarik perhatian siswa, berita tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek
– Mempersiapkan media pembelajaran
– Cara mengatasi peserta didik yang tidak menyimak, guru dapat berhenti sebentar sampai kondisi mendukung/kondusif.
Nama : Dinda Kharisky Bancin
NIM : 855849508
UPBJJ : UT Medan
Pokjar : Deli Serdang
Judul Video : Bagaimana Menyimak Yang Efektif?
Hasil analisis setelah menonton video pada laman Guru Pintar Online (UT):
– Pada video awal guru tidak membaca berita dengan inonasi yang tepat sehingga tidak menarik perhatian para peserta didik. Guru juga mengabaikan para
peserta didik tidak menyimak, membiarkan para peserta didik bercerita dengan temannya.
– Pada Video kedua guru membaca berita dengan intonasi yang tepat, kemudian guru juga menjadikan kelas lebih kondusif seshingga para peserta didik dapat
menyimak dengan baik.
Setelah Menyimak video, Hal yang harus dipersiapkan guru saat akan mengajarkan pembelajaran menyimak adalah:
– Mempersiapkan kompetensi yang akan dicapai peserta didik
– Cari berita yang sesuai dengan alam siswa, yang dapat menarik perhatian siswa, berita tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek
– Mempersiapkan media pembelajaran
– Cara mengatasi peserta didik yang tidak menyimak, guru dapat berhenti sebentar sampai kondisi mendukung/kondusif.
NAMA : HUSMA YULIANI
NIM : 859643657
UPBJJ : UT-PALU
Dari video tersebut dapat disimpulkan bahwa cara guru mengawali pembelajarantidak sesuai guru tidak membuka kelas terlebih dahulu sebelum melakukan pembelajaran serta tidak menyiapkan media pembelaajran. Guru juga harus membaca dengan intonasi yang jelas dan memberikan penekankan kepada siswa bahwa menyimak membutuhkan konsentrasi dan perhatian. Guru juga tidak mampu mengendalikan suasana kelas sehingga siswa sibuk mengobrol akibatnya beberapa siswa banyak yang belum memahami materi yang diberikan karena terlalu sibuk bermain bahkan diakhir kegiatan guru tidak memberikan kesimpulan dari hasil belajarnya. Dan dari video kedua guru tersebut sudah mempersiapkan materi dengan baik dan dapat mengkondisikan siswanya untuk belajar fokus menyimak. Sehingga apa yang disampaikan oleh guru dapat diterima siswa dan menjawab pertanyaan dari guru.
Nama : Sasmita Mokoagow
NIM : 859952383
UPBJJ : UT MANADO
setelah melihat video di atas, dapat saya simpulkan bahwa : Dalam pembelajaran pertama, terlihat bahwa guru tidak menghiraukan kondisi kelas dan kurangnya kesiapan guru saat memberikan materi tentang bagaimana cara menyimak yang efektif, sehingga kondisi kelas tidak baik dan terlihat anak-anak asik bermain dengan teman sebangku tanpa memperhatikan guru yang sedang menjelaskan di depan kelas. Dan dalam pembelajaran kedua, guru sudah menyiapkan materi dengan baik dan mengkondisikan siswa untuk fokus dalam belajar menyimak tanpa ada masalah. Sehingga siswa mampu mengerti isi bacaan dan dapat menjawab pertanyaan dari apa yang telah disampaikan oleh guru.
Nama : Feberlius Halawa
Nim :855850462
Pokjar : Mandrehe
Dari video tersebut dapat disimpulkan bahwa cara guru untuk mengawali proses pembelajaran menyimak yang pertama adalah persiapan awal mempelajari kompetensi yang akan dicapai siswa, menyiapkan media dan baru melaksanakan proses pembelajaran. Guru harus membaca dengan intonasi yang jelas dan guru memberikan penekanan kepada siswa bahwa menyimak membutuhkan konsentrasi dan perhatian. Sebelum memberikan pertanyaan kepada siswa secara lisan guru menyampaikan bahwa mereka harus menyimak dengan seksama dan siswa diminta untuk mencatat informasi penting lalu menuliskannya sehingga ketika guru bertanya siswa dapat menjawab dan siswa dapat memahami apa yang telah disampaikan.