Similar Posts
Penerapan keterampilan Bertanya di Kelas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru…
Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Mencari Akar Pangkat 3 Lebih dari 1000
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Akar pangkat tiga merupakan salah satu materi yang sulit bagi siswa. Terlebih lagi bilangan yang digunakan lebih dari seribu. Video ini berisi trik cara mencari akar dari suatu bilangan yang lebih dari seribu. Penggunaan trik ini cukup mudah bagi siswa dengan syarat siswa telah memahami…
Yuk, Kita Baca Lagi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal…
Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya. Yetty Morelent dan Teguh Prakoso Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Bismillahirrahmanirrahim
Nama : Alima Putri Utami, NIM : 877550624
Hasil analisis saya terhadap video pembelajaran berbasis kasus yang ada di menu Laboratorium Pembelajaran pada Portal Guru Pintar (gurupintar.ut.ac.id)
Judul video : Bagaimana menyimak yang efektif?
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Menurut saya video awal, ada beberapa hal yang harus diperbaiki yaitu di awal pertemuan, guru langsung saja memberikan bacaan untuk disimak oleh anak-anak, seharusnya guru harus memberikan ice breaking agar siswa menjadi semangat. Guru juga harus membuat siswa fokus dan diam dulu agar latihan menyimak menjadi lebih baik. Guru harus bisa mengkondisikan siswa terlebih dahulu. Disini guru juga terlalu cepat saat membaca teks untuk disimak siswa.
Pada video kedua, guru sudah mempersiapkan terlebih dahulu bahan yang akan disimak oleh siswa, guru juga sudah menyuruh siswa untuk mencatat hal-hal penting di dalam menyimak. Guru juga membaca teks yang akan disimak dengan artikulasi yang jelas dan di beberapa bagian guru sudah memberikan penekanan saat membaca teks tersebut.
Menurut saya, video ini sudah bagus untuk dipelajari oleh guru, namun alangkah lebih baiknya pembelajaran di dalam video ini difokuskan kepada siswa, misalnya : salah satu siswa yang membacakan teks yang akan disimak oleh temannya. Guru juga harus mengaktifkan siswa dengan cara memberikan mereka motivasi untuk menyimak. Guru juga dapat memberikan permainan untuk menyimak dan melatihan pendengaran siswanya agar pembelajaran menjadi menyenangkan dan tidak membosankan.
Di dalam video, alangkah lebih baiknya jika guru memberikan penghargaan kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan, misalnya dengan memberikan tepuk tangan.
Alhamdulillah.
Ijin memberi pendapat mengenai vidio di atas , menurut saya awal pembelajaran yang di lakukan oleh guru tidak mendapat perhatian,seharusnya guru memberi kalimat yang mambuat menarik siswanya ,dalam kelas tersebut siswa juga kurang kondusif dan guru kurang memperhatikan kondisi anak dalam pembelajaran, dan guru juga belum memberikan penjelasan mengenai pembelajaran yang efektif seperti pada judul pada materi yang ada pada garis besar materi yang di sampaikan
Nama : Nadiva Iqhlima Hazalia
NIM : 858855595
PRODI : S1 PGSD
UPBJJ : SALUT KOTA KEDIRI
1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru
– Murid sedikit antusias ketika belajar karena tidak adanya apersepsi yang baik dan benar.
2. Kelemahan guru pada keseluruhan pembelajaran
– Tidak menggunakan apersepsi sehingga murid berada dalam kondisi yang tidak kondusif
– Tiba-tiba menyampaikan pembelajaran tanpa memberikan informasi terkait tujuan pembelajaran
– Guru menjelaskan dengan sangat cepat,sehingga murid merasa kewalahan mendengar serta tidak menangkap jelas maksud dari berita yang dibacakan oleh guru
3. Kelebihan guru pada keseluruhan pembelajaran
– Guru dapat merefleksi dengan baik ,menyadari akan kesalahannya yang terlalu cepat membaca tanpa memberikan siswa jeda.
– Guru memberikan intruksi kepada siswa agar mencatat hal penting dari berita yang dibacakan.
4. Ha-hal unik yang terdapat dalam video pembelajaran tersebut
– Siswa banyak yang tidak bisa menjawab pertanyaan dari guru.
– Siswa tidak memahami yang disampaikan guru sehingga ketika guru memberikan pertanyaan mereka bingung dan bertanya-tanya kepada rekan sampingnya.Dan terlihat dari ekspresi mereka yang kebingungan.
5. Upaya apa yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya
– Alangkah baiknya menggunakan apersepsi yang baik dan benar
– Memberikan motivasi belajar pada siswa.
– Memberikan informasi terkait tujuan dari pembelajaran yang akan berlangsung
Nama : Nadiva Iqhlima Hazalia
NIM : 858855595
PRODI : S1 PGSD
UPBJJ : SALUT KOTA KEDIRI
1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru – Murid sedikit antusias ketika belajar karena tidak adanya apersepsi yang baik dan benar.
2. Kelemahan guru pada keseluruhan pembelajaran – Tidak menggunakan apersepsi sehingga murid berada dalam kondisi yang tidak kondusif – Tiba-tiba menyampaikan pembelajaran tanpa memberikan informasi terkait tujuan pembelajaran – Guru menjelaskan dengan sangat cepat,sehingga murid merasa kewalahan mendengar serta tidak menangkap jelas maksud dari berita yang dibacakan oleh guru
3. Kelebihan guru pada keseluruhan pembelajaran – Guru dapat merefleksi dengan baik ,menyadari akan kesalahannya yang terlalu cepat membaca tanpa memberikan siswa jeda. – Guru memberikan intruksi kepada siswa agar mencatat hal penting dari berita yang dibacakan.
4. Hal-hal unik yang terdapat dalam video pembelajaran tersebut – Siswa banyak yang tidak bisa menjawab pertanyaan dari guru. – Siswa tidak memahami yang disampaikan guru sehingga ketika guru memberikan pertanyaan mereka bingung dan bertanya-tanya kepada rekan sampingnya.Dan terlihat dari ekspresi mereka yang kebingungan.
5. Upaya apa yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya – Alangkah baiknya menggunakan apersepsi yang baik dan benar – Memberikan motivasi belajar pada siswa. – Memberikan informasi terkait tujuan dari pembelajaran yang akan berlangsung
NAMA :NADIVA IQHLIMA HAZALIA
NIM :858855595
PRODI :S1 PGSD
UPBJJ :SALUT KOTA KEDIRI
MATA KULIAH :PDGK 4209 /PANDUAN PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR
1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
– Murid sedikit antusias ketika belajar karena tidak adanya apersepsi yang baik dan benar.
2. Kelemahan guru pada keseluruhan pembelajaran?
– Tidak menggunakan apersepsi sehingga murid berada dalam kondisi yang tidak kondusif
3. Kelebihan guru pada keseluruhan pembelajaran?
– Guru tersebut memberikan motivasi belajar bagi siswa dengan menyebutkan contoh realistis keterkaitan matematika dalam kehidupan sehari-hari dalam ranah pekerjaan.
– Menggunakan media belajar yang menarik siswa
4. Ha-hal unik yang terdapat dalam video pembelajaran tersebut
– Siswa banyak yang bisa menebak gambar yang disajikan guru
5. Upaya apa yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
– Alangkah baiknya menggunakan apersepsi yang baik dan benar
– Memberikan informasi terkait tujuan dari pembelajaran yang akan berlangsung
YAYU KUMALASARI
Nim 857332652
Bogor Selatan
Dalam vidio tersebut mayoritas siswa kurang menyimak/memperhatikan guru yang sedang menjelaskan didepan, karna guru pun kurang aktif serta kreatif dalam memulai pembelajaran. pada vidio tersebut guru tidak menggunakan pertanyaan pemantik, guru juga tidak tanya jawab tentang materi sebelumnya, guru juga tidak melakukan absensi sebelum mulai materi, karna hal hal tersebut sgt berpengaruh kepada perhatian siswa.
Tp disisi lain guru itu tetap semangat dan terus berusaha utk mengambil perhatian siswa agar siswa dapat menyimak dengan baik dan kondusif.
Guru bisa melakukan perbaikan dengan mengubah metode/model pembelajaran yang lebih kreatif agar siswa bisa tertarik dan berperan aktif serta kondusif ketika pembelajaran dilaksanakan. Dan guru pun harus melakukan tahap-tahap awal yang dimana menjadii motivasi utk siswa dan menjadi awal yang baik utk memancing ke aktifan siswa serta membuat susana kelas menjadi kondusif, aktif, dan menyenangkan.
Nama : MENTARI OGINI HAREFA
NIM : 855858815
UPBJJ : Medan
menurut pengamatan saya dari video tersebut dimana tayangan video pertama dan kedua memiliki perbandingan dimana video pertama pada saat pembukaan pembelajaran guru sudah melakukan sapaan namun masih belum melakukan aktivitas yang dimana melakukan berdoa, absensi, dan langsung pada topik pembelajaran tanpa mereview dan menyampaikan tujuan serta menjelaskan materi yang akan di bahas pada siswa, sehingga siswa menjadi tidak bisa memahami, dan ribut saat guru melakukan pertanyaan kepada siswa. sedangkan pada tayangan kedua saya melihat sedikit perbedaan meskipun tidak sempurna namun siswa mampu mengerti dan dan menjawab pertanyaan sesuai dengan materi yang di sampaikan oleh guru tersebut.
jadi bedasarkan dari tayangan video diatas sebagai guru kita perlu mempersiapan diri serta menyiapkan alat peraga ketika kita melakukan pembelajaran. ini berguna ketika kita melakukan pembelajaran siswa mampu memahami dan mengerti akan materi menyimak yang efektif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Izin menanggapi,
Saya Nani Junaeni, NIM 859518561, UT Jakarta.
Dari video di atas, kita telah melihat adanya perubahan di pembelajaran siklus pertama dan kedua. Pada siklus pertama, siswa tidak dapat memberi umpan balik atau jawaban atas pertanyaan yang diajukan guru. Ini disebabkan beberapa hal:
1. Guru membaca terlalu cepat
2. Guru hanya membaca 1x
3. Guru membiarkan siswa ribut saat guru membaca
4. Siswa tidak diminta mencatat poin penting.
Pada siklus kedua, guru telah memperbaiki beberapa hal dan hasilnya siswa mampu menjawab pertanyaan yang diajukan guru. Ini disebabkan:
1. Guru mencari bahan yang tidak terlalu panjang atau terlalu pendek untuk dibaca pada kegiatan menyimak.
2. Guru menandai kata-kata penting dan memberikan penekanan saat membaca.
3. Meski hanya dibaca 1x, guru membaca lebih lambat disertai penekanan sehingga murid mampu mendengarkan dengan baik.
4. Guru meminta murid mencatat hal-hal penting dan instruksi ini dilakukan siswa.
Demikian tanggapan saya terkait video kegiatan menyimak. Terima kasih 🙏
Nama Ahmad firmanzah
Nim 858948248
Setelah melihat video di atas menurut saya
Dari video di atas, kita telah melihat adanya perubahan di pembelajaran siklus pertama dan kedua. Pada siklus pertama, siswa tidak dapat memberi umpan balik atau jawaban atas pertanyaan yang diajukan guru. Ini disebabkan beberapa hal:
1. Guru membaca terlalu cepat
2. Guru hanya membaca 1x
3. Guru membiarkan siswa ribut saat guru membaca
4. Siswa tidak diminta mencatat poin penting.
Pada siklus kedua, guru telah memperbaiki beberapa hal dan hasilnya siswa mampu menjawab pertanyaan yang diajukan guru. Ini disebabkan:
1. Guru mencari bahan yang tidak terlalu panjang atau terlalu pendek untuk dibaca pada kegiatan menyimak.
2. Guru menandai kata-kata penting dan memberikan penekanan saat membaca.
3. Meski hanya dibaca 1x, guru membaca lebih lambat disertai penekanan sehingga murid mampu mendengarkan dengan baik.
4. Guru meminta murid mencatat hal-hal penting dan instruksi ini dilakukan siswa.
Demikian tanggapan saya terkait video kegiatan menyimak. Terima kasih 🙏
MEY WULANDARI ANGGRAENI
NIM 860033101
UPBJJ: UT BANDUNG
Menyimak yang efektif adalah keterampilan aktif yang melibatkan fokus, pemahaman, dan respons. Betapa pentingnya melatih keterampilan menyimak, oleh karenanya guru harus dapat memiliki cara untuk dapat mengatasi kendala pada saat menyimak. Berlatih menyimak dibutuhkan konsentrasi dan perhatian, oleh karenanya guru harus dapat melatih fokus siswa agar dapat memahami dan dapat merspon apa yang didengarnya.
Pada cuplikan awal, cara guru membuka pelajaran dirasa kurang tepat dan tidak menarik. Sehingga membuat siswa tidak memperhatikan guru tersebut pada saat membaca. Akibatnya mereka tidak dapat menjawab pertanyaan yang diajukan guru tersebut. Hal ini disebabkan metode atau teknik yang digunakan guru untuk memusatkan perhatian siswa tidak tepat.
Namun pada cuplikan selanjutnya guru membuka pembelajaran dengan baik, menyampaikan tujuan kompetensi awal menyimak, mempersiapkan media, barulah setelah itu memulai pembelajaran. Guru membacakan cerita dengan tidak terburu-buru, menekankan beberapa kata yang dianggap penting dan meminta siswa untuk menuliskan beberapa hal yang dianggap penting dalam bacaan yang dipirsanya. Guru berhenti sejenak dan memperhatikan siswa saat suasana mulai tidak mendukung, setelah semua dapat berkonsentarsi kembali guru melanjutkan untuk membaca, sehingga perhatian siswa dapat lebih efektif saat menyimak. Dengan penerapan metode yang tepat, maka siswa pun dapat memberikan respon yang baik terhadap bacaan yang dipirsanya.
Demikian hasil analisis dari saya. Terimakasih.