silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya.
Yetty Morelent dan Teguh Prakoso

Similar Posts

163 Comments

  1. Nama : Arum Mulya Dewi
    Nim : 857000968
    Prodi : S-1 PGSD
    UPBJJ : Bandar Lampung

    Menurut saya, video pembelajaran tersebut sudah sangat baik tapi alangkah baiknya jika guru tersebut memulai kegiatan belajar mengajar dengan mengajak anak-anak dengan membaca doa dan dilanjutkan dengan melakukan absensi kelas. Guru mengapresiasi anak murid yang berani maju ke depan dengan memberikan tepuk tangan yang meriah sehingga anak-anak lebih percaya diri untuk memberikan kemampuan yang dimiliki. untuk membuat anak-anak lebih bersemangat lagi sebaiknya guru menyelingkan waktu untuk melakukan ice breaking.

  2. Nama : Zushinka Damayanti
    NIM : 858568477
    Pokjar : Batu
    Setelah saya menyimak video tersebut dapat saya simpulkan
    Kelemahan pembelajaran dalam video
    1. Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti berdo’a, mengecek kehadiran siswa dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    2. Guru tidak melatih siswa untuk membaca tetapi langsung menunjuk siswa untuk membaca
    3. Tidak adanya media pembelajaran
    4. Guru tidak melakukan kegiatan penutup seperti menyimpulkan pembelajaran
    Kelebihan pembelajaran dalam video
    1. Guru menggunakan volume yang cukup lantang, sehingga siswa dapat mendengar dengan jelas
    2. Guru memberikan sapaan kepada siswa ketika masuk ke dalam kelas
    3. Guru memberikan kalimat pujian kepada siswa yang dapat menjawab

  3. Nama : DEWINA RIZZA NUR’AINI
    NIM : 858567396
    Pokjar : KedungKandang
    Setelah saya menyimak video tersebut dapat saya simpulkan
    Kelemahan pembelajaran dalam video
    1. Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti berdo’a, mengecek kehadiran siswa dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    2. Guru tidak melatih siswa untuk membaca tetapi langsung menunjuk siswa untuk membaca
    3. Tidak adanya media pembelajaran
    4. Guru tidak melakukan kegiatan penutup seperti menyimpulkan pembelajaran
    Kelebihan pembelajaran dalam video
    1. Guru mampu mengarahkan peserta didik dengan latihan membaca setelah dijelaskan
    2. Guru memberikan sanngat antusias dalam membangkkitkan semangat siswa
    3. Guru memberikan kalimat pujian kepada siswa yang dapat menjawab
    Hal Unik yang terdapat dalam video itu adalah :
    1. ada siswa yang tidak bisa membaca tapi dibiarkan saja.

  4. Nama : DEWINA RIZZA NUR’AINI
    NIM : 858567396
    Pokjar : KEDUNGKANDANG
    Setelah saya menyimak video pembelajaran tersebut dapat saya simpulkan, yaitu :
    Kelemahan pembelajaran dalam video
    1. Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti berdo’a, mengecek kehadiran siswa dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    2. Guru tidak melatih siswa untuk membaca tetapi langsung menunjuk siswa untuk membaca
    3. Tidak adanya media pembelajaran
    4. Guru tidak melakukan kegiatan penutup seperti menyimpulkan pembelajaran
    Kelebihan pembelajaran dalam video
    1. guru mampu mengarahkan peserta didik dengan latihan membaca.
    2. Guru sangat antusias dalam membangkitkan semangat siswa.
    3. Guru memberikan kalimat pujian kepada siswa yang sudah berani membaca di depan.
    Hal unik yang terdapat dalam video pembelajaran :
    1. Ada siswa yang tidak bisa membaca tetapi gurunya hanya diam saja.

  5. Nama : Sri Wahyuni
    NIM : 858071224
    Prodi : PGSD-S1
    Judul Video : Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda

    Berdasarkan hasil paparan video diatas dapat dianalisis bahwa:
    1. Guru tidak menyiapkan siswa secara fisik dan mental mulai dari sebelum ruang kelas sampai mulai pembelajaran seperti berdoa, memberikan yel-yel semangat belajar, menanamkan nasionalisme lalu melakukan presensi atau mengecek kehadiran, dan menerapkan literasi budaya selama 15 menit.
    2. Guru tidak menyampaikan materi sebelumnya yang sudah dipelajari, seharusnya pada langkah ini guru melakukan apersepsi materi untuk mengingat materi yang sebelumnya sudah dipelajari.
    3. Guru menerapkan active learning sesuai model pembelajaran, terlihat adanya tanya jawab dari guru dan siswa sehingga terlihat keaktifan siswa didalam kelas.
    4. Guru menumbuhkan kebiasaan positif kepada siswa saat pembelajaran dengan tanya jawab terhadap materi yang disampaikan.
    5. Guru kurang dalam menyampaikan rangkuman materi yang dipelajari oleh siswa

  6. Nama : Putri Dwi Febrianti
    Nim : 858902727
    Prodi : S1 – PGSD
    POKJAR : Umbulsari
    Setelah saya menyimak video di atas,saya analisis bahwa :
    1. Tidak ada kegiatan pendahuluan seperti berdo’a bersama pada awal pembelajaran
    2. Yang kedua yaitu,guru tidak memakai media pembelajaran
    3. Adanya metode tanya jawab tentang materi yang disampaikan guru,sehingga siswa bisa aktif dan menyampaikan sesuatu yang kurang dimengerti

  7. Nama : Anjas Tambunan
    Nim : 878257576

    Menurut saya antara cara pertama dan kedua
    Memiliki kelemahan yang sama
    1.tidak dijelaskan apakah proses belajar ini di jam pertama atau terakhir.
    Jadi tidak ada pembukan seperti doa pembuka dan absensi
    Atau doa penutup

    Dan hal positif nya adalah
    Guru nya menunjukkan peran yang penting
    Dimana guru nya selalu mengapresiasi positif kepada murid nya
    Sehingga menumbuhkan semangat kepada murid tersebut.

  8. Nama : Nadia Lorenza
    Pokjar : Curup
    NIM : 856819751

    Analisis Video tentang “Belajar Membaca Deskripsi Tentang Benda”
    Setelah saya menyimak video di atas dapat saya simpulkan bahwa terdapat kelemahan dan Kelebihan

    Kelemahan :
    1. Diawal pembelajaran guru tidak mengajak anak-anak untuk berdoa terlebih dahulu untuk memulai pembelajaran.
    2. Tidak melakukan absensi terlebih dahulu terhadap kehadiran siswa siswi
    3. Diakhir pembelajaran guru tidak menutup pembelajaran dengan memberikan kesimpulan pembelajaran yang sudah dilakukan hari ini

    Kelebihan:
    Guru memberikan penguatan kepada siswa dengan mengacungkan jempol kepada murid

  9. Nama : Elis Kasuciani
    Nim : 878250004
    Mata Kuliah : PKP
    Berdasarkan video “Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda” dapat dianalisis permasalah guru pada pelaksanaan pembelajaran sebagai berikut:
    1. Pada kegiatan pembuka seharusnya guru:
    – Mengucapkan salam.
    – Berdoa bersama.
    – Melakukan pengecekkan kehadiran siswa.
    – Mengajak siswa ikutserta game seru/ice breaking.
    – Menjelaskan apersepsi dan tujuan pembelajaran
    2. Pada kegiatan inti yang perlu dilakukan guru:
    – Menyiapkan media gambar yang tertera nama benda-benda.
    – Gambar tersebut ditempelkan dipapan tulis sehingga siswa bisa melihatnya dengan jelas.
    – Guru mengajak siswa untuk menyebutkan nama gambar apa saja yang mereka lihat lalu membimbing siswa satu persatu untuk menyebutkan benda tersebut.
    – Guru dapat menjelaskan bentuk dan fungsi dari gambar tersebut.
    3. Pada kegiatan penutup yang perlu dilakukan guru:
    – Guru bertanya kembali tentang pemahaman siswa terkait pelajaran.
    – Guru mengajak siswa untuk menjaga benda benda yang ada disekitar.
    – Guru dapat memberi tugas rumah dengan melihat benda-benda yang ada di rumah dan ditanyakan kembali dipelajaran berikutnya.
    – Guru memberikan motivasi siswa untuk rajin belajar.
    – berdoa bersama dan mengucapkan salam penutup.

  10. Nama : Irdiana Hilmi Bignada
    NIM : 858842599
    PRODI : S1-PGSD
    UPBJJ UT : Malang
    POKJAR : Kota Kediri

    “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh”
    Menurut opini saya mengenai video pembelajaran diatas adalah
    1. Guru tersebut sudah mengawali pembelajaran dengan salam pembuka dan menanyakan kabar anak-anak, namun belum mengawali pembelajaran deng berdoa terlebih dahulu.
    2. Dalam kegiatan pembelajaran tersebut sudah menggunakan media pembelajaran seperti benda-benda yang ada di ruang kelas tersebut
    3. Guru sudah memberikan apresiasi kepada siswa dengan tepuk tangan ketika bisa menjawab petanyaan yang diberikan oleh guru
    4. Guru tidak memberikan solusi/tanggapan bagi siswa yang belum bisa membaca

    Terimakasih.

Leave a Reply