Similar Posts
Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Implementasi Metode Among “Ki Hajar Dewantara” dalam Pembelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Membaca untuk Mendapatkan Informasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Membaca Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam membaca pantun beserta alternatif pemecahan masalahnya. – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Penerapan keterampilan Bertanya di Kelas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru…
Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip…
Nama : Ayu Ratih Haryanti
NIM : 856085241
Judul Video : Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda
Setelah saya mengamati video tersebut, intonasi guru dalam penyampaian sudah baik, guru juga memberikan apresiasi kepada siswa yang berani maju kedepan. Adapun yang perlu diperbaiki dalam proses pembelajaran, yaitu:
1. Saat awal pembelajaran sebaiknya setelah mengkondisikan kesiapan belajar siswa, guru mengajak siswa untuk berdo’a kemudian dilanjutkan dengan mengecek kehadiran siswa.
2. Sebelum menyampaikan materi sebaiknya guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran
3. guru terlebih dulu menanyakan kepada siswa yang sudah bisa membaca atau belum bisa membaca sebelum menyampaikan materi
4. guru sebaiknya menggunakan media pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman dalam belajar membaca deskripsi benda
5. setelah pembelajaran sebaiknya guru dan siswa menyimppulkan bersama-sama pembelajaran yang disampaikan.
Nama : Siti Sarah Nadia Zahra
Nim: 857220369
Judul: Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ? Mengikuti pelajaran dengan tertetib
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam pembelajaran ?
– Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti berdo’a, mengecek kehadiran siswa dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
– Guru tidak melatih siswa untuk membaca tetapi langsung menunjuk siswa untuk membaca
– Guru tidak melakukan kegiatan penutup seperti menyimpulkan pembelajaran
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam pembelajaran?
– Guru menggunakan volume yang cukup lantang, sehingga siswa dapat mendengar dengan jelas
– Guru memberikan sapaan kepada siswa ketika masuk ke dalam kelas
– Guru memberikan kalimat pujian kepada siswa yang dapat menjawab
– Guru kurang inovatif dalam menyampaikan materi pembelajaran.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam vidio dari guru saat melaksanakan pembelajaran ? Tidak ada
5. Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya ? Menggunakan alat media agar mudah di fahami oleh siswa dan Seharusnya anak diberikan waktu beberapa menit untuk membaca buku diawal pembelajaran agar melatih kebiasaan anak membaca.
Nama : Ihza Nanda Pratama
NIM : 857633747
UPBJJ : Purwokerto
Pokjar : Kramat
Berdasarkan video tersebut reaksi siswa terhadap pembelajaran cukup antusias, guru dan siswa dapat tanya jawab secara aktif namun pada saat awal pembelajaran mereka kesulitan untuk membaca dan menjelaskan.
Kelemahan guru :
1. Pada saat awal pembelajaran guru tidak melakukan doa untuk memulai pembelajaran
2. Guru tidak menginformasikan tujuan pembelajaran serta pemberian motivasi diawal pembelajaran
3. Tidak menggunakan alat peraga, guru hanya fokus pada buku
4. Diakhir pembelajaran, guru tidak menyimpulkan Pelajaran
5. Guru tidak memberikan evaluasi kepada siswa
Kelebihan guru dalam pembelajaran tersebut yaitu guru berhasil menemukan solusi untuk mengatasi anak-anak yang belum bisa membaca, yaitu dengan anak-anak diminta untuk menirukan dan mengulangi bacaan yang dibacakan oleh guru. Kelebihan lain adalah guru juga mengajar dengan penuh semangat dan suara yang keras sehingga anak-anak terlihat semangat dan fokus dalam mengikuti pembelajaran.
Hal unik yang saya termui dalam mengajar adalah menggunakan media pembelajaran dalam menyampaikan materi kepada siswanya sehingga siswa dapat berimajinasi melalui gambar tersebut dan Guru telah menerapkan metode diskusi bersama siswa mengenai pengalamannya.
Saran yang bisa saya sampaikan
1. Sebaiknya guru menawarkan atau meminta salah satu siswa yang telah lancar membaca untuk membacakan materi yang dipelajari.
2. Seharusnya guru memberikan motivasi dan semangat kepada siswa yang belum/tidak lancer membaca.
3. Sebaiknya guru mengapresiasi siswa yg sdh lancar membaca.
4. Sebaiknya guru menyiapkan media pembelajaran sehingga daoat memotivasi siswa untuk lebih semangat dalam membaca.
Nama : Rebecca Madda Lena Silitonga
Nim : 859876552
Pokjar : Siantar
analisis yang saya dapatkan melalui video pembelajaran tersebut ialah
– kelemahan;
1. Guru tidak melakukan kegiatan pembuka lansng memulai pada inti pembelajaran
2. Guru tidak memberikan penguatan pada siswa yang dapat menjawab dengan baik dan benar
3. Guru tidak membantu siswa yang tidak dapat membaca
4. Guru seharusnya menuntun siswa untuk membaca
-kelebihan;
1. Guru sangat semnagat dalam melakukan pembelajaran
2. Guru menggunakan media pembelajaran yang nyata yang ada disekitar siswa
Nama : Masrida Rambe
NIM : 878249325
Pokjar : SALUT TAPSEL
1. Reaksi siswa terhadap pembelajaran tersebut terlihat bersemangat.
2. Secara keseluruhan kelemahan dalam tayangan pembelajaran di atas diantaranya tidak ada pendahuluan dalam memulai kegiatan pembelajaran, serta siswa kelas 1 SD tidak dilatih membaca terlebih dahulu.
3. Secara keseluruhan untuk kelebihan dalam tayangan pembelajaran tersebut ialah guru melibatkan siswa terlibat dalam proses belajar mengajar sehingga siswa aktif dalam kegiatan belajar.
4. Hal-hal yang saya temukan dalam tayangan pembelajaran tersebut diantaranya guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan dalam memulai kegiatan belajar seperti berdo’a dan memeriksa kehadiran siswa. kemudian dalam tayangan tersebut juga siswa terlihat antusias dan bersemangat dalam proses belajar mengajar sehingga menimbulkan suasana belajar yang aktif.
5. Untuk kegiatan pembelajaran berikutnya diharapkan guru dapat menyediakan media pembelajaran.
Nama:Depi Agustina Manurung
Nim:858157401
Prodi:S-1 PGSD
UPBJJ: Palangkaraya (Kalimantan Tengah)
Setelah saya menyimak vidio Belajar membaca deskripsi tentang benda yaitu :
1.Guru tidak melakukan salam pembuka contoh nya seperti melakukan pembelajaran diawali dengan berdoa, kemudian anak anak di lakukan seperti yel yel untuk memulai pembelajaran diawali dengan semangat agar anak anak lebih semangat lagi.
2.Guru seharusnya tadi ada anak yang belum bisa membaca tadi,harusnya guru melakukan metode yang lain seperti mengajar kan anak itu berlatih menulis huruf-huruf dan kalau bisa diajarkan misal b sama a nah kalau di gabungkan menjadi apa , sehingga contoh dalam benda seperti bola jada bo dan la itu kita sudah ajarkan dia untuk kita guru menjelaskan dulu dalam buku tulis bo,nah ikuti ya ibu berbicara ini , kemudian di tanya murid apa tadi bo kata murid nah Habsi Thu kita guru kasih la lagi di samping nya habis Thu ikuti ibu ya la di ingat ingat ya kita bilang ke murid kemudian murid membaca nya la,nah kalau sudah ingat kita suruh dia sendiri ,
2.Guru tadi sudah bagus juga dalam mengadakan tanya jawab ,sehingga anak lebih paham dan mengerti ,
3.Guru juga tadi melakukan kegiatan penutup , sehingga anak anak lebih paham lagi dan mengerti dalam pembelajaran yang sudah guru ajarkan
Nama : Arum Mulya Dewi
Nim : 856313341
Prodi : S-1 PGSD
UPBJJ : Padang
Menurut pendapat saya, video pembelajaran tersebut sudah sangat bagus, namun akan lebih baik jika guru memulai kegiatan belajar mengajar dengan mengajak siswa membaca doa terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan pengecekan kehadiran. Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang berani tampil di depan kelas dengan tepuk tangan meriah, sehingga mereka lebih percaya diri menunjukkan kemampuan mereka. Agar siswa lebih bersemangat, guru sebaiknya menyisipkan waktu untuk melakukan jeda.
Nama : Misbahul Husni
Nim : 856313341
Prodi : S1 – PGSD
POKJAR : Padang
Padang Menurut pendapat saya, video pembelajaran tersebut sudah sangat bagus, namun akan lebih baik jika guru memulai kegiatan belajar mengajar dengan mengajak siswa membaca doa terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan pengecekan kehadiran. Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang berani tampil di depan kelas dengan tepuk tangan meriah, sehingga mereka lebih percaya diri menunjukkan kemampuan mereka. Agar siswa lebih bersemangat, guru sebaiknya menyisipkan waktu untuk melakukan jeda.
Nama : Tia Martiana
NIM : 857397141
Prodi : S-1 PGSD
Pokjar : Cianjur Jabar
Setelah saya menyimak video tersebut saya menganalisis bahwa terdapat beberapa kekurangan. yaitu pertama, guru tidak membuka kegiatan pendahuluan dengan doa, mengecek kehadiran dan ice breaking. kedua, guru kurang memperhatikan siswa yang belum mahir membaca. ketiga, guru tidak melatih membaca kepada siswa. Namun saya menemukan beberapa kelebihan diantarannya yaitu. pertama, guru mudah berinteraksi dengan siswa. kedua, guru mendapat respon baik dan benar dari siswa. ketiga, guru mampu mengendalikan situasi dan kondisi kelas. keempat, guru menggunakan media pembelajaran.
Usai menonton video tersebut, nada ceramah guru sangat baik, dan guru juga menyampaikan apresiasinya kepada siswa yang berani berdiri. Adapun hal-hal yang memerlukan perbaikan dalam proses pembelajaran adalah:
1. Saat pembelajaran dimulai sebaiknya mempersiapkan siswa untuk belajar, Guru meminta siswa berdoa kemudian memeriksa kehadiran siswa.
2. Guru hendaknya mengkomunikasikan tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran sebelum menyampaikan materi
3. Guru menanyakan kepada siswa apakah mereka dapat membaca materi sebelum diperlihatkan
4. Guru hendaknya belajar membaca deskripsi suatu benda dengan menggunakan media pembelajaran yang meningkatkan pemahaman
5. Setelah pembelajaran, guru dan siswa hendaknya merangkum apa yang telah mereka pelajari bersama-sama.