silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya.
Yetty Morelent dan Teguh Prakoso

Similar Posts

163 Comments

  1. Nama : Ayu Ratih Haryanti
    NIM : 856085241
    Judul Video : Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda

    Setelah saya mengamati video tersebut, intonasi guru dalam penyampaian sudah baik, guru juga memberikan apresiasi kepada siswa yang berani maju kedepan. Adapun yang perlu diperbaiki dalam proses pembelajaran, yaitu:
    1. Saat awal pembelajaran sebaiknya setelah mengkondisikan kesiapan belajar siswa, guru mengajak siswa untuk berdo’a kemudian dilanjutkan dengan mengecek kehadiran siswa.
    2. Sebelum menyampaikan materi sebaiknya guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran
    3. guru terlebih dulu menanyakan kepada siswa yang sudah bisa membaca atau belum bisa membaca sebelum menyampaikan materi
    4. guru sebaiknya menggunakan media pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman dalam belajar membaca deskripsi benda
    5. setelah pembelajaran sebaiknya guru dan siswa menyimppulkan bersama-sama pembelajaran yang disampaikan.

  2. Nama : Siti Sarah Nadia Zahra
    Nim: 857220369
    Judul: Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ? Mengikuti pelajaran dengan tertetib

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam pembelajaran ?
    – Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti berdo’a, mengecek kehadiran siswa dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    – Guru tidak melatih siswa untuk membaca tetapi langsung menunjuk siswa untuk membaca
    – Guru tidak melakukan kegiatan penutup seperti menyimpulkan pembelajaran

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam pembelajaran?
    – Guru menggunakan volume yang cukup lantang, sehingga siswa dapat mendengar dengan jelas
    – Guru memberikan sapaan kepada siswa ketika masuk ke dalam kelas
    – Guru memberikan kalimat pujian kepada siswa yang dapat menjawab
    – Guru kurang inovatif dalam menyampaikan materi pembelajaran.

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam vidio dari guru saat melaksanakan pembelajaran ? Tidak ada

    5. Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya ? Menggunakan alat media agar mudah di fahami oleh siswa dan Seharusnya anak diberikan waktu beberapa menit untuk membaca buku diawal pembelajaran agar melatih kebiasaan anak membaca.

  3. Nama : Ihza Nanda Pratama
    NIM : 857633747
    UPBJJ : Purwokerto
    Pokjar : Kramat

    Berdasarkan video tersebut reaksi siswa terhadap pembelajaran cukup antusias, guru dan siswa dapat tanya jawab secara aktif namun pada saat awal pembelajaran mereka kesulitan untuk membaca dan menjelaskan.

    Kelemahan guru :
    1. Pada saat awal pembelajaran guru tidak melakukan doa untuk memulai pembelajaran
    2. Guru tidak menginformasikan tujuan pembelajaran serta pemberian motivasi diawal pembelajaran
    3. Tidak menggunakan alat peraga, guru hanya fokus pada buku
    4. Diakhir pembelajaran, guru tidak menyimpulkan Pelajaran
    5. Guru tidak memberikan evaluasi kepada siswa

    Kelebihan guru dalam pembelajaran tersebut yaitu guru berhasil menemukan solusi untuk mengatasi anak-anak yang belum bisa membaca, yaitu dengan anak-anak diminta untuk menirukan dan mengulangi bacaan yang dibacakan oleh guru. Kelebihan lain adalah guru juga mengajar dengan penuh semangat dan suara yang keras sehingga anak-anak terlihat semangat dan fokus dalam mengikuti pembelajaran.

    Hal unik yang saya termui dalam mengajar adalah menggunakan media pembelajaran dalam menyampaikan materi kepada siswanya sehingga siswa dapat berimajinasi melalui gambar tersebut dan Guru telah menerapkan metode diskusi bersama siswa mengenai pengalamannya.

    Saran yang bisa saya sampaikan
    1. Sebaiknya guru menawarkan atau meminta salah satu siswa yang telah lancar membaca untuk membacakan materi yang dipelajari.
    2. Seharusnya guru memberikan motivasi dan semangat kepada siswa yang belum/tidak lancer membaca.
    3. Sebaiknya guru mengapresiasi siswa yg sdh lancar membaca.
    4. Sebaiknya guru menyiapkan media pembelajaran sehingga daoat memotivasi siswa untuk lebih semangat dalam membaca.

  4. Nama : Rebecca Madda Lena Silitonga
    Nim : 859876552
    Pokjar : Siantar

    analisis yang saya dapatkan melalui video pembelajaran tersebut ialah
    – kelemahan;
    1. Guru tidak melakukan kegiatan pembuka lansng memulai pada inti pembelajaran
    2. Guru tidak memberikan penguatan pada siswa yang dapat menjawab dengan baik dan benar
    3. Guru tidak membantu siswa yang tidak dapat membaca
    4. Guru seharusnya menuntun siswa untuk membaca
    -kelebihan;
    1. Guru sangat semnagat dalam melakukan pembelajaran
    2. Guru menggunakan media pembelajaran yang nyata yang ada disekitar siswa

  5. Nama : Masrida Rambe
    NIM : 878249325
    Pokjar : SALUT TAPSEL

    1. Reaksi siswa terhadap pembelajaran tersebut terlihat bersemangat.
    2. Secara keseluruhan kelemahan dalam tayangan pembelajaran di atas diantaranya tidak ada pendahuluan dalam memulai kegiatan pembelajaran, serta siswa kelas 1 SD tidak dilatih membaca terlebih dahulu.
    3. Secara keseluruhan untuk kelebihan dalam tayangan pembelajaran tersebut ialah guru melibatkan siswa terlibat dalam proses belajar mengajar sehingga siswa aktif dalam kegiatan belajar.
    4. Hal-hal yang saya temukan dalam tayangan pembelajaran tersebut diantaranya guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan dalam memulai kegiatan belajar seperti berdo’a dan memeriksa kehadiran siswa. kemudian dalam tayangan tersebut juga siswa terlihat antusias dan bersemangat dalam proses belajar mengajar sehingga menimbulkan suasana belajar yang aktif.
    5. Untuk kegiatan pembelajaran berikutnya diharapkan guru dapat menyediakan media pembelajaran.

  6. Nama:Depi Agustina Manurung
    Nim:858157401
    Prodi:S-1 PGSD
    UPBJJ: Palangkaraya (Kalimantan Tengah)
    Setelah saya menyimak vidio Belajar membaca deskripsi tentang benda yaitu :
    1.Guru tidak melakukan salam pembuka contoh nya seperti melakukan pembelajaran diawali dengan berdoa, kemudian anak anak di lakukan seperti yel yel untuk memulai pembelajaran diawali dengan semangat agar anak anak lebih semangat lagi.
    2.Guru seharusnya tadi ada anak yang belum bisa membaca tadi,harusnya guru melakukan metode yang lain seperti mengajar kan anak itu berlatih menulis huruf-huruf dan kalau bisa diajarkan misal b sama a nah kalau di gabungkan menjadi apa , sehingga contoh dalam benda seperti bola jada bo dan la itu kita sudah ajarkan dia untuk kita guru menjelaskan dulu dalam buku tulis bo,nah ikuti ya ibu berbicara ini , kemudian di tanya murid apa tadi bo kata murid nah Habsi Thu kita guru kasih la lagi di samping nya habis Thu ikuti ibu ya la di ingat ingat ya kita bilang ke murid kemudian murid membaca nya la,nah kalau sudah ingat kita suruh dia sendiri ,
    2.Guru tadi sudah bagus juga dalam mengadakan tanya jawab ,sehingga anak lebih paham dan mengerti ,
    3.Guru juga tadi melakukan kegiatan penutup , sehingga anak anak lebih paham lagi dan mengerti dalam pembelajaran yang sudah guru ajarkan

  7. Nama : Arum Mulya Dewi
    Nim : 856313341
    Prodi : S-1 PGSD
    UPBJJ : Padang
    Menurut pendapat saya, video pembelajaran tersebut sudah sangat bagus, namun akan lebih baik jika guru memulai kegiatan belajar mengajar dengan mengajak siswa membaca doa terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan pengecekan kehadiran. Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang berani tampil di depan kelas dengan tepuk tangan meriah, sehingga mereka lebih percaya diri menunjukkan kemampuan mereka. Agar siswa lebih bersemangat, guru sebaiknya menyisipkan waktu untuk melakukan jeda.

  8. Nama : Misbahul Husni
    Nim : 856313341
    Prodi : S1 – PGSD
    POKJAR : Padang
    Padang Menurut pendapat saya, video pembelajaran tersebut sudah sangat bagus, namun akan lebih baik jika guru memulai kegiatan belajar mengajar dengan mengajak siswa membaca doa terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan pengecekan kehadiran. Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang berani tampil di depan kelas dengan tepuk tangan meriah, sehingga mereka lebih percaya diri menunjukkan kemampuan mereka. Agar siswa lebih bersemangat, guru sebaiknya menyisipkan waktu untuk melakukan jeda.

  9. Nama : Tia Martiana
    NIM : 857397141
    Prodi : S-1 PGSD
    Pokjar : Cianjur Jabar
    Setelah saya menyimak video tersebut saya menganalisis bahwa terdapat beberapa kekurangan. yaitu pertama, guru tidak membuka kegiatan pendahuluan dengan doa, mengecek kehadiran dan ice breaking. kedua, guru kurang memperhatikan siswa yang belum mahir membaca. ketiga, guru tidak melatih membaca kepada siswa. Namun saya menemukan beberapa kelebihan diantarannya yaitu. pertama, guru mudah berinteraksi dengan siswa. kedua, guru mendapat respon baik dan benar dari siswa. ketiga, guru mampu mengendalikan situasi dan kondisi kelas. keempat, guru menggunakan media pembelajaran.

  10. Usai menonton video tersebut, nada ceramah guru sangat baik, dan guru juga menyampaikan apresiasinya kepada siswa yang berani berdiri. Adapun hal-hal yang memerlukan perbaikan dalam proses pembelajaran adalah:
    1. Saat pembelajaran dimulai sebaiknya mempersiapkan siswa untuk belajar, Guru meminta siswa berdoa kemudian memeriksa kehadiran siswa.
    2. Guru hendaknya mengkomunikasikan tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran sebelum menyampaikan materi
    3. Guru menanyakan kepada siswa apakah mereka dapat membaca materi sebelum diperlihatkan
    4. Guru hendaknya belajar membaca deskripsi suatu benda dengan menggunakan media pembelajaran yang meningkatkan pemahaman
    5. Setelah pembelajaran, guru dan siswa hendaknya merangkum apa yang telah mereka pelajari bersama-sama.

Leave a Reply