Similar Posts
Menciptakan Suasana Kelas Kondusif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana guru mengatur siswa agar suasana belajar menjadi kondusif. Proses pembelajaran dikatakan kondusif jika seorang guru dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondusif jika terjadi gangguan. Selanjutnya…. Pada saat belajar secara kelompok, anak dapat mendalami materi dan…
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata…
Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kerja Kelompok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul…
Siswa Tidak Teratur pada Saat melaksanakan Observasi/Praktikum Diluar Kelas Pada Saat Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kadang-kadang dalam pelaksanaan praktikum IPA di SD, guru mengalami kesulitan. Misalnya saat harus melaksanakan praktek di luar kelas. Siswa-siswa menjadi tidak terkendali dan berkeliaran tak tentu arah. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah sebagai berikut. Guru memberikan pengarahan serta memberikan LKS sebelum siswa keluar…
Implementasi Metode Among “Ki Hajar Dewantara” dalam Pembelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Membaca Cerita Secara Bergilir
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 1 Sekolah Dasar. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Indonesia, dengan materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut. Setelah itu guru menjelaskan materi…
Nama: Vina Mariska
Kelas: 6C
NIM: 856794571
Setelah saya menonton video ini dan mengamatinya, saya melihat berbagai macam kelebihan yang didapat seperti dengan menggunakan metode visual dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, sehingga dapat membuat mereka lebih antusias dan aktif dalam proses belajar.
Nama: RISQI NURUL AINI
NIM:856791694
membiasakan diri untuk memulai pembelajaran dengan kegiatan pendahuluan yang komprehensif, seperti berdoa bersama, mengecek kehadiran siswa, dan menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Selain itu, belum ada upaya untuk menciptakan suasana yang lebihInteraktif dan menyenangkan melalui ice breaking. Dalam penyampaian materi membaca, kita cenderung langsung menunjuk siswa tanpa memberikan contoh dan latihan yang memadai terlebih dahulu. Pemanfaatan strategi pengelompokan dan pemberian reward sebagai motivasi belajar juga belum terlihat. Terakhir, kegiatan penutup yang merangkum pembelajaran dan memberikan gambaran materi selanjutnya belum menjadi bagian rutin dari proses belajar mengajar kita.
Refleksi , Kegiatan pendahuluan sangat krusial untuk membangun fokus, motivasi, dan pemahaman awal siswa terhadap materi. Ice breaking dapat mencairkan suasana dan meningkatkan semangat belajar. Dalam mengajarkan membaca, pemodelan dan latihan bertahap akan lebih efektif membantu siswa dengan berbagai tingkat kemampuan. Penggunaan kelompok dan reward dapat meningkatkan partisipasi aktif dan kolaborasi siswa. Kegiatan penutup membantu siswa merefleksikan dan mengkonsolidasikan pemahaman mereka.
Dalam video ini,guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa,dan mengapresiasi siswa
Guru tidak memberikan pemahaman yg cukup untuk siswa sehingga siswa tidak faham tentang pembelajaran ini
NURUL HASANAH
NIM : 855860915
Pokjar : ASAHAN
Kelebihan Utama: Video pembelajaran ini memiliki beberapa keunggulan signifikan. Pertama, guru secara efektif memanfaatkan benda-benda konkret yang ada di dalam kelas, sebuah pendekatan yang sangat sesuai dengan gaya belajar siswa kelas satu yang masih membutuhkan pengalaman langsung. Kedua, penggunaan buku dengan gambar dan deskripsi membantu siswa membangun koneksi visual antara kata dan objek yang dipelajari. Terakhir, video ini secara konstruktif mengidentifikasi kekurangan dalam pelaksanaan awal pembelajaran, yaitu kurangnya latihan membaca yang memadai, dan kemudian menyajikan solusi praktis berupa pemodelan membaca oleh guru dan diikuti oleh siswa.
Kekurangan Utama: Meskipun terdapat upaya untuk melibatkan siswa, video ini menunjukkan beberapa kekurangan. Kelemahan yang paling menonjol adalah tidak adanya sesi latihan membaca terstruktur sebelum siswa diminta membaca deskripsi secara mandiri. Hal ini berpotensi menyebabkan kesulitan dan frustrasi bagi siswa yang belum memiliki kemampuan membaca yang lancar. Selain itu, dalam solusi yang diberikan, tidak semua siswa terlihat aktif berpartisipasi dalam latihan membaca dan mendapatkan bimbingan individual yang memadai. Terakhir, video ini kurang menunjukkan adanya variasi dalam metode latihan membaca dan tidak secara eksplisit mengajarkan strategi membaca sederhana yang dapat membantu siswa memecahkan kata.
Solusi Utama: Untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dalam video ini, beberapa solusi dapat dipertimbangkan. Pertama, sebelum siswa diminta membaca deskripsi dari buku, penting untuk menyediakan sesi latihan membaca terstruktur yang mencakup pengenalan kosakata kunci, membaca bersama-sama, dan membaca terbimbing. Kedua, guru perlu memastikan keterlibatan aktif seluruh siswa dalam latihan membaca melalui berbagai teknik seperti pembagian kelompok kecil, membaca berpasangan, atau penggunaan kartu kata. Terakhir, video pembelajaran akan lebih bermanfaat jika guru secara eksplisit mengajarkan strategi membaca sederhana seperti mengeja suku kata, mengenali huruf awal dan akhir, serta memanfaatkan konteks gambar untuk memahami teks. Selain itu, variasi metode latihan membaca dan pemberian umpan balik yang spesifik juga akan meningkatkan kualitas pembelajaran.
Nama : nilam salsabilah
NIM : 859879329
dalam vidio tersebut guru sangat kreatif dalam melakukan pembelajara.guru menerangkang dimuali benda-benda sekitar.
tetapi guru melatih membaca dari dasar
nama : BINTANG VIRGI SETIAWAN
Berdasarkan observasi, Pendidik menunjukkan penguasaan materi pembelajaran mengenai deskripsi objek dengan baik. Selain itu, pendidik berhasil memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam menjelaskan materi tersebut, sehingga memfasilitasi pemahaman peserta didik terhadap isi pembelajaran.
Beberapa aspek yang perlu menjadi perhatian dalam peningkatan proses pembelajaran meliputi:
1. Pada awal pembelajaran, setelah memastikan kesiapan belajar siswa, disarankan agar pendidik membimbing siswa untuk berdoa dan dilanjutkan dengan melakukan pengecekan kehadiran siswa.
2. Sebelum menyampaikan materi pembelajaran, alangkah baiknya jika pendidik mengkomunikasikan tujuan pembelajaran dan rangkaian kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3. Sebelum penyampaian materi, pendidik sebaiknya melakukan asesmen awal untuk mengidentifikasi kemampuan membaca siswa.
4. Pendidik disarankan untuk memanfaatkan media pembelajaran yang relevan dan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terkait deskripsi objek.
5. Setelah kegiatan pembelajaran selesai, akan lebih baik jika pendidik dan siswa bersama-sama merumuskan simpulan dari materi yang telah dipelajari.
Nama : Lerissa Manurung
Nim : 855856574
Salut Permata Labura
Menurut pendapat saya ada beberapa kekurangan video diatas dalam kegiatan proses belajar mengajar yaitu :
1. Guru tidak mengajak siswa untuk berdoa sebelum pelajaran dimulai
2. Guru tidak bertanya mengenai kehadiran siswa/i nya
3. Guru tidak mengajak siswa/i nya “ice breaking” karena ice breaking itu ada manfaatnya seperti meningkatkan semangat belajar, menghilangkan kejenuhan, meningkatkan fokus/konsentrasi, melatih kerjasama tim dan membangun rasa kebersamaan.
4. Guru tidak melakukan apersepsi yaitu mengulang kembali materi pelajaran sebelumnya sebelum memulai pembelajaran baru.
5. Guru tidak memberi contoh membaca deskripsi benda
6. Guru langsung mengakhiri kegiatan belajar tanpa memberikan kesimpulan hasil belajar
kelebihan dalam kegiatan belajar mengajar yaitu :
1. Gurunya semangat untuk mengajar
2. Nazwa sangat antusias dan semangat ketika maju kedepan kelas untuk membaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia
3. Guru mengapresiasi siswa ketika selesai membaca dengan mengatakan “Tepuk tangan untuk Nazwa,, Hebat”
4. Guru mengapresiasi siswa ketika selesai membaca dengan mengatakan “Tepuk tangan untuk Josua”
5. Guru memberi kesimpulan secara singkat
6. Guru memberitahu pelajaran untuk hari esok
7. Guru mengajak siswa untuk berdoa pulang
Nama : EDISON SOPPANG
NIM : 823726443
Setelah menonton video tersebut diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa Video pembelajaran tersebut mengambarkan tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya.
Video pembelajaran ini memiliki beberapa keunggulan signifikan. Pertama, guru secara efektif memanfaatkan benda-benda konkret yang ada di dalam kelas, sebuah pendekatan yang sangat sesuai dengan gaya belajar siswa kelas satu yang masih membutuhkan pengalaman langsung. Kedua, penggunaan buku dengan gambar dan deskripsi membantu siswa membangun koneksi visual antara kata dan objek yang dipelajari. Terakhir, video ini secara konstruktif mengidentifikasi kekurangan dalam pelaksanaan awal pembelajaran, yaitu kurangnya latihan membaca yang memadai, dan kemudian menyajikan solusi praktis berupa pemodelan membaca oleh guru dan diikuti oleh siswa. guru perlu memastikan keterlibatan aktif seluruh siswa dalam latihan membaca melalui berbagai teknik seperti pembagian kelompok kecil, membaca berpasangan, atau penggunaan kartu kata. Terakhir, video pembelajaran akan lebih bermanfaat jika guru secara eksplisit mengajarkan strategi membaca sederhana seperti mengeja suku kata, mengenali huruf awal dan akhir, serta memanfaatkan konteks gambar untuk memahami teks
Nama : Tara Nadila
Nim : 856082364
Menurut pendapat saya, setelah melihat video di atas, seorang guru sudah sangat jelas untuk menjelaskan kepada anak, guru juga bersemangat dalam mengajar, sehingga anak pun ikut bersemangat, guru selalu memberi pujian kepada siswa yg aktif, guru pun memanfaatkan benda benda di dalam kelas, tetapi ada yg harus di perbaiki atau di tambah sebelum memulai pembelajaran, guru seharusnya mengawali pembelajaran dengan berdoa terlebih dahulu, guru seharusnya mengabsen murid sebagai pembukaan dalam pembelajaran dan seharusnya anak diberi waktu beberapa menit untuk membaca buku diawal pembelajaran agar melatih kebiasaan anak membaca.
Nama : Yulianti
Nim :856470196
Berikut adalah analisis kasus pembelajaran berdasarkan sinopsis video yang menggambarkan pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam membaca deskripsi tentang benda, serta solusi yang diberikan oleh guru.
kelas I tampak kesulitan memahami deskripsi benda dalam buku pelajaran, menunjukkan kebingungan saat membaca.
Setelah guru memberikan penjelasan tambahan dan contoh visual, siswa mulai berpartisipasi lebih aktif dan menunjukkan antusiasme
Kesulitan Memahami Teks Siswa mengalami kesulitan dalam membaca dan memahami deskripsi benda yang terdapat dalam buku pelajaran, yang membuat mereka bingung.
Kurangnya Keterlibatan Awal Siswa tampak pasif dan tidak terlibat aktif di awal pembelajaran, yang menunjukkan kurangnya interaksi sebelum materi disampaikan.
Penjelasan Tambahan Guru memberikan penjelasan tambahan yang jelas dan sederhana untuk membantu siswa memahami deskripsi benda dengan lebih baik.
Penggunaan Contoh Visual Dengan memanfaatkan gambar dan benda nyata, guru membantu siswa mengaitkan teks dengan objek yang dapat mereka lihat dan sentuh, membuat materi lebih konkret.
perkenalkan
Nama : Novita Sarah Sembiring
Nim : 860127769
Kelebihan
menurut saya kelebihan dari vidio itu anak-anak belajar dengan gembiran dan anak memahai materi yng diajarkan oleh guru sehingga anak-anak memahaminya. dalam hal mengajari anak membaca memang lah hal yang tidak mudah maka dari itu ajar anak terlebih dahulu mengenal huruf Vocal dan setelah anak mengenal huruf vocal maka kenalkan anak huruf yang lainya dan mulai belajar dengan menyebutkan nama benda disekitarnya serta mengajari huruf pertama dari benda tersebut
Kekuranga
menurut saya kekurangan vidio tersebut sudah bagus tapi yang perlu ditambahi dalam kita mengajar harus mengenalkan huruf awalan dari setiap benda sehingga mempercepat anak dalam belajar membaca