silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya.
Yetty Morelent dan Teguh Prakoso

Similar Posts

192 Comments

  1. perkenalkan
    Nama : Novita Sarah Sembiring
    Nim : 860127769
    menurut saya kelebihan dari vidio itu anak-anak belajar dengan gembiran dan anak memahai materi yng diajarkan oleh guru sehingga anak-anak memahaminya. dalam hal mengajari anak membaca memang lah hal yang tidak mudah maka dari itu ajar anak terlebih dahulu mengenal huruf Vocal dan setelah anak mengenal huruf vocal maka kenalkan anak huruf yang lainya dan mulai belajar dengan menyebutkan nama benda disekitarnya serta mengajari huruf pertama dari benda tersebut

    Kekuranga
    menurut saya kekurangan vidio tersebut sudah bagus tapi yang perlu ditambahi dalam kita mengajar harus mengenalkan huruf awalan dari setiap benda sehingga mempercepat anak dalam belajar membaca

  2. Nama : Anggun Fazzari Lubis
    Nim : 856021668

    Berikut adalah analisis kasus pembelajaran berdasarkan sinopsis video yang menggambarkan pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam membaca deskripsi tentang benda, serta solusi yang diberikan oleh guru.

    kelas I tampak kesulitan memahami deskripsi benda dalam buku pelajaran, menunjukkan kebingungan saat membaca.
    Setelah guru memberikan penjelasan tambahan dan contoh visual, siswa mulai berpartisipasi lebih aktif dan menunjukkan antusiasme

    Kesulitan Memahami Teks Siswa mengalami kesulitan dalam membaca dan memahami deskripsi benda yang terdapat dalam buku pelajaran, yang membuat mereka bingung.
    Kurangnya Keterlibatan Awal Siswa tampak pasif dan tidak terlibat aktif di awal pembelajaran, yang menunjukkan kurangnya interaksi sebelum materi disampaikan.

    Penjelasan Tambahan Guru memberikan penjelasan tambahan yang jelas dan sederhana untuk membantu siswa memahami deskripsi benda dengan lebih baik.

  3. nama : krista feny
    nim: 858427895
    Berikut adalah analisis terhadap video pembelajaran pada tautan https://gurupintar.ut.ac.id/belajar-membaca-deskripsi-tentang-benda/ yang kesulitan siswa kelas I SD dalam1. Reaksi Siswa Terhadap Pembelajaran
    – Kesulitan Awal: Siswa kelas I SD menunjukkan kesulitan dalam membaca dan memahami teks deskripsi benda yang ada di buku pelajaran Bahasa Indonesia. Mereka tampak bingung dan kurang fokus, sulit menghubungkan kata-kata dalam teks dengan benda atau gambar yang dimaksud.
    – Respons Positif Setelah Pendekatan Visual: Setelah guru memberikan penjelasan tambahan dan menggunakan metode visual (gambar dan benda nyata), siswa mulai lebih antusias, lebih percaya diri, dan aktif berpartisipasi dalam menjawab pertanyaan.

    2. Kelemahan Guru dalam Pembelajaran
    – Kurangnya Kegiatan Pendahuluan: Guru tidak melakukan kegiatan pembuka seperti berdoa, mengecek kehadiran, atau menyampaikan tujuan pembelajaran yang jelas kepada siswa.
    – Metode Pembelajaran Kurang Variatif: Pembelajaran cenderung mengandalkan teks buku tanpa banyak variasi metode yang mengakomodasi gaya belajar visual atau kinestetik siswa.
    – Minim Interaksi Awal dan Ice Breaking: Guru kurang memberikan kesempatan diskusi atau aktivitas ringan untuk membangun suasana kelas yang lebih interaktif dan menyenangkan di awal pembelajaran.
    – Kurangnya Pemanfaatan Media dan Alat Peraga: Alat peraga visual seperti flashcard, gambar tambahan, atau media digital kurang digunakan untuk mempermudah pemahaman siswa.
    – Tidak Ada Kesimpulan yang Jelas di Akhir: Guru belum menyimpulkan materi secara sistematis di akhir pembelajaran.

    3. Kelebihan Guru dalam Pembelajaran
    – Penguasaan Kelas yang Baik: Guru mampu mengendalikan kelas dengan baik, menciptakan suasana belajar yang kondusif meskipun siswa masih di kelas rendah.
    – Pendekatan Bimbingan Langsung: Guru memberikan bimbingan individual kepada siswa yang mengalami kesulitan, membantu mereka memahami materi secara bertahap.
    – Pemanfaatan Contoh Visual dan Benda Nyata: Penggunaan benda nyata dan gambar sebagai media pembelajaran membantu siswa mengaitkan teks dengan objek konkret, memudahkan pemahaman.
    – Memberikan Apresiasi dan Mendorong Partisipasi: Guru aktif mengajak siswa untuk berpartisipasi dan memberikan pujian yang meningkatkan rasa percaya diri siswa.
    – Fleksibilitas Metode: Guru mampu menyesuaikan metode pengajaran berdasarkan reaksi siswa, misalnya beralih dari membaca teks saja ke menggunakan contoh visual.

    4. Hal-hal Unik dalam Video Pembelajaran
    – Pendekatan Deskriptif dengan Benda Nyata: Guru mengaitkan deskripsi dalam buku dengan benda yang ada di sekitar siswa, membuat materi terasa lebih nyata dan relevan.
    – Penyesuaian Metode Secara Dinamis: Guru cepat merespons kesulitan siswa dengan mengubah pendekatan pembelajaran agar lebih mudah dipahami.
    – Interaksi Aktif dengan Siswa: Guru memberi kesempatan siswa untuk membaca dan menjelaskan deskripsi secara langsung di depan kelas, membangun keberanian dan kemampuan berbicara siswa.

    5. Rekomendasi untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran
    – Memperbanyak Variasi Metode: Gunakan metode pembelajaran yang lebih beragam seperti permainan edukatif, aktivitas kelompok, dan penggunaan media interaktif (video, flashcard).
    – Kegiatan Pendahuluan yang Terstruktur: Mulai pembelajaran dengan doa bersama, pengecekan kehadiran, dan menyampaikan tujuan pembelajaran agar siswa lebih siap dan fokus.
    – Pemberian Contoh dan Latihan Membaca Terstruktur: Sebelum meminta siswa membaca mandiri, guru perlu memberikan contoh membaca dan latihan bersama untuk membangun kemampuan membaca secara bertahap.
    – Pemanfaatan Media dan Teknologi: Integrasi media digital atau alat peraga yang menarik dapat meningkatkan pemahaman dan minat belajar siswa.
    – aktivitas Berbasis Pengalaman: Ajak siswa mengamati dan memanipulasi benda secara langsung, lalu membuat deskripsi secara berkelompok untuk melatih keterampilan membaca dan menulis.
    – Penutup Pembelajaran yang Jelas: Guru perlu memberikan kesimpulan materi dan refleksi bersama siswa untuk memperkuat pemahaman.
    – Pengembangan Literasi Huruf dan Kata: Melatih siswa mengeja dan menulis nama benda dapat membantu meningkatkan kemampuan membaca dan menulis secara simultan.

    Kesimpulan

    Video pembelajaran ini menampilkan upaya guru dalam mengatasi kesulitan siswa kelas I SD dalam membaca deskripsi benda melalui pendekatan visual dan bimbingan langsung. Meskipun terdapat beberapa kekurangan seperti minimnya kegiatan pendahuluan, variasi metode, dan penggunaan media, guru sudah menunjukkan penguasaan kelas yang baik dan kemampuan menyesuaikan metode pembelajaran sesuai kebutuhan siswa.

    Dengan mengimplementasikan rekomendasi peningkatan seperti penggunaan media yang lebih variatif, kegiatan pendahuluan yang terstruktur, serta latihan membaca dan menulis yang sistematis, proses pembelajaran akan menjadi lebih efektif, menyenangkan, dan mampu meningkatkan kemampuan literasi siswa secara signifikan.

  4. Perkenalkan
    Nama : Iim Sunarsih
    Nim : 857209388

    Dalam video tersebut dapat dilihat bahwa :
    1. Kesulitan yang dialami siswa, yaitu dalam membaca dan memahami teks deskripsi yang dibacakan guru. Tampaknya lebih banyak siswa yang merasa kebingungan serta kurang fokus
    2. Respon siswa setelah guru memberikan penjelasan tambahan menggunakan benda atau media yang ada disekitar tampaknya siswa mulai lebih percaya diri dan aktif ikut partisipasi dalam tanya jawab.
    3. Kelemahan guru dalam pembelajaran tidak melakukan kegiatan pembuka dengan baik seperti berdoa, cek kehadiran, menyampaikan tujuan pembelajaran atau mengaitkannya dengan materi sebelumnya.
    4. Cara mengajar yang cenderung terpacu hanya pada teks tidak ada metode pembelajaran yang menarik untuk siswa agar lebih aktif.
    5. Guru tidak membangun suasana belajar didalam kelas agar lebih menyenangkan contohnya ice breaking.
    6. Guru tidak menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari secara sistematis.
    7. Namun, guru sudah mampu menguasai kelas dengan baik, memberikan apresiasi agar siswa lebih aktif.
    8. Hal unik yang dapat dilihat dari video pembelajaran tersebut ialah guru dapat dengan cepet merespon kesulitan siswa dengan mulai menggunakan deskriptip menggunakan benda nyata.
    Kesimpulan yang didapat, video tersebut menampilkan upaya guru dalam mengatasi kesulitan siswa kelas 1 SD dalam membaca deskripsi benda melalui bimbingan secara langsung walaupun terdapat beberapa kekurangan seperti pendahuluan yang kurang sempurna, penggunaan media dan lain sebagainya. Namun, guru sudah menunjukan penguasaan kelas yang cukup baik. Mungkin dengan menambahkan latihan membaca baik les/bimbingan tambahan ataupun membaca buku rutin sebelum masuk pembelajaran akan membantu meningkatkan kemampuan siswa secara keseluruhan.

  5. Perkenalkan nama saya Siti KOMARIYAH NIM 858997179,
    berdasarkan analisis saya, dalam kegiatan pembelajaran tersebut saya temui kekuragan dibagian pendahuluan, guru tidak melakukan apersepsi dan juga acuan, serta kurangnya motivasi guru agar siswa benar-benar siap untuk mengikui pembelajaran.

    siswa terlihat sangat antusias dan semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, serta sangat aktif dalam memberikan respon sangat luar dan percaya diri dalam belajarnya

  6. Nama : Septian Galih Kuswanto
    NIM : 857365793
    Salah satu pendekatan yang ditampilkan adalah penggunaan metode visual, seperti menunjukkan gambar atau benda nyata yang sesuai dengan deskripsi dalam teks. Pendekatan ini membantu siswa yang kesulitan memahami deskripsi abstrak dengan memberikan representasi konkret dari objek yang dimaksud. Dengan demikian, siswa dapat lebih mudah mengaitkan kata-kata dalam teks dengan objek yang sebenarnya.

    Reaksi siswa terhadap metode ini menunjukkan peningkatan keterlibatan dan pemahaman. Mereka menjadi lebih antusias dan mampu menjawab pertanyaan dengan lebih percaya diri setelah guru menggunakan pendekatan visual dan penjelasan tambahan. Hal ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan efektif dalam membantu siswa memahami teks deskriptif.

    Namun, video ini juga mengungkapkan beberapa kelemahan dalam pelaksanaan pembelajaran. Misalnya, guru mungkin kurang memberikan variasi dalam metode pengajaran atau kurang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat mempengaruhi efektivitas pembelajaran dan keterlibatan siswa.

    Secara keseluruhan, video ini memberikan wawasan yang berguna bagi guru dalam mengatasi kesulitan siswa dalam memahami teks deskriptif. Dengan menerapkan pendekatan yang sesuai, seperti penggunaan metode visual dan penjelasan tambahan, guru dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman mereka terhadap teks deskriptif.

  7. Nama : Rizky Novalia Amanda
    NIM : 857339458

    Video pembelajaran diatas sudah cukup baik, guru melakukan bacaan ulang agar siswa bisa mengikuti teks yang dibaca oleh guru, namun perlu di tambahkan karena ini siswa kelas 1, agar pembelajarannya lebih efektif dan menarik, guru mendeskripsikan dengan benda yang konkret, maksudnya.. seperti barusan dikatakan mendeskripsikan lemari, sebagai guru kelas 1, ada kalanya menerangkan tepat didekat benda tersebut, kemudian mendeskripskan bantal, bawa benda konkretnya yaitu bantal, dengan hal tersebut siswa bisa belajar merasakan, mendeskripsikan bahkan merangkai kata menjadi sebuah bacaan, dan itu akan melatih daya pikir anak, karena melihat dan merasakan langsung benda tersebut.

  8. nama : Gery Fallo
    nim : 859284858
    videonya bagus karena guru tersebut sangat semangat sehingga anak didik pun antusias, kelas yang baik dan kondusif di ciptakan oleh guru karena itu guru ini sangat bagus. namun guru tidak berdoa, absen, menyampaikan tujuan pembelajaran. langsung pada inti sehingga terlihat kurang bagus. semoga kedepan guru menggunakan teknologi sederhana seperti pensil warna supaya siswa mewarnai benda seperti lemari, mereka mewarnai warna sesuai lemari yg mereka miliki supaya mereka bisa berkreasi sesuai apa yg mereka ketahui. dengan begitu mereka bisa mendeskripsikan dengan jelas benda benda sederhana.

  9. Nama : Munika Oktavia
    Nim :859542904

    videonya bagus karena guru tersebut sangat semangat sehingga anak didik pun antusias, kelas yang baik dan kondusif di ciptakan oleh guru karena itu guru ini sangat bagus. namun guru tidak berdoa, absen, menyampaikan tujuan pembelajaran. langsung pada inti sehingga terlihat kurang bagus. semoga kedepan guru menggunakan teknologi sederhana seperti pensil warna supaya siswa mewarnai benda seperti lemari, mereka mewarnai warna sesuai lemari yg mereka miliki supaya mereka bisa berkreasi sesuai apa yg mereka ketahui. dengan begitu mereka bisa mendeskripsikan dengan jelas benda benda sederhana.

  10. Nama : Remini Ceremei Juarni Gulo
    Nim : 859878721

    Menurut saya sebagai kelebihan dari video diatas tentang “Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda”. Dalam video tersebut, guru dan siswa sangat bersemangat untuk mengikuti proses belajar. Dimana, anak – anak dengan semangatnya mengetahui apa saja nama – nama benda yang ada di sekitar mereka didalam kelas. Anak – anak bisa menyebutkannya satu persatu,

    Sebagai kelemahan dalam video tersebut, anak – anak tidak banyak yang bisa membaca, alangkah baiknya guru dapat mengajari anak – anak yang belum bisa membaca tersebut untuk memperlancar proses belajar juga ke depan.

Leave a Reply