Similar Posts
Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung…
Belajar Menjawab Pertanyaan isi Puisi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Yuk Mengarang Bebas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Memerankan Tokoh Berdasarkan Teks
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Menarik Perhatian Siswa
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara : Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan….
Pembelajaran Menggunakan Flow Chart
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran…
Nama : Farida Khoirun Nisak
NIM : 858856716
Prodi : S1 PGSD LINIER
Semester : 2
Pokjar : Kabupaten Kediri
UPBJJ : Malang
Selamat Malam, rekan mahasiswa PGSD.
Izin menjawab,
Pada peragaan Vidio Pembelajaran Membaca Deskripsi Tentang Benda, dibagi menjadi 2 sesi:
Sesi Pertama,
Vidio tersebut menggambarkan kegiatan pembelajaran yang kurang sesuai.
– Guru tidak membimbing siswa untuk membaca
– Guru melempar tugas dari siswa yang belum bisa membaca kepada siswa yang sudah bisa membaca.
Sehingga kegiatan belajar mengajar kurang aktif.
Sesi Kedua,
– Guru membimbing siswa membaca dengan cara guru membacakan teks terlebih dahulu kemudian siswa
menirukan.
– Guru melempar pertanyaan kepada siswa untuk melanjutkan teks bacaan
– Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang bisa menyelesaikan tugas dengan tepuk tangan.
Dari Vidio pembelajaran sesi 2, guru sudah berupaya membimbing siswa yang kesulitan membaca secara klasikal. Namun alangkah baiknya, guru membimbing siswa membaca dengan cara mengetahui kemampuan siswa terlebih dahulu. Jika siswa belum mengenal huruf : menggunakan metode abjad dan eja. Jika siswa belum bisa membaca kata : menggunakan metode suku kata. Jika siswa belum bisa membaca kalimat: menggunakan metode kata dan kalimat. Dan untuk siswa yang sudah pandai membaca menggunakan metode SAS.
Nama: SINDI WAHYUNI
Nim : 858050435
Prodi : PGSD
Assalamualaikum wrwb
Izinkan saya menanggapi kegiatan belajar mengajar pada video pembelajaran Bahasa Indonesia tersebut
– seharusnya guru membuka pembelajaran dengan mengajak siswa berdoa terlebih dahulu
– Siswa tidak dilatih membaca terlebih dahulu
– Seharusnya guru memberikan solusi atau membantu siswa yang tidak dapat membaca sehingga semua siswa dapat aktif dalam pembelajaran sehingga tidak hanya berpusat pada siswa yang mahir membaca saja
– Guru juga harus berdiskusi dengan orang tua siswa yang kurang dalam membaca, agar siswa yang kurang tersebut dapat membaca dengan baik dan berlatih dirumah sambil diawasi orang tuanya
Sekian dan terimakasih
Nama: Neri Klara
NIM: 858422524
Mohon ijin menanggapi
Menurut saya dalam proses belajar mengajar di atas, cara guru menyampaikan materi pelajaran sudah sangat baik karena siswa bisa mengikuti kegiatan pembelajaran dengan tertib, tetapi ada beberapa kekurangan dalam pembelajaran tersebut yaitu gurunya tidak membuka kegiatan belajar mengajar dengan mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu dan ketika ada beberapa siswa yang tidak bisa membaca, tidak di ajarkan cara membaca yang baik dan benar.
Terima kasih dan mohon maaf apa bila ada salah kata.
Nama : Suhana
NIM :858048969
Pokjar : Mempawah
Upbjj : Pontianak
Terkait video yang membahas mengenai belajar membaca deskripsi tentang benda, menurut saya di dalam kelas tersebut sebagian besar siswa sudah cukup aktif di kelas.
Gurupun menjelaskan suatu benda dengan cara yang cukup menarik siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran, kekurangan dalam video tersebut menurut saya adalah pada saat memulai pelajaran guru tidak mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu, pada saat pembelajaran sedang berlangsung guru menunjuk siswa untuk membaca dan menjawab.
Siswa di minta untuk membaca kedepan kelas padahal siswa belum di ajarkan bagaimana cara membaca, pada saat penutup guru tidak melakukan proses refleksi dengan bertanya “Apa yang mereka pelajari atau dapat hari ini ?”.
Nama : Nur Fitriana
NIM : 858818762
PRODI : S1 – PGSD
UPBJJ UT: Malang
POKJAR : Kota Kediri
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Menurut opini saya tentang video pembelajaran diatas adalah :
1. Guru tersebut sudah mengawali pelajaran dengan salam pembuka, menanyakan kabar peserta didik dan menanyakan kesiapan siswa untuk memulai pelajaran
2. Kegiatan pembelajaran menggunakan media apa saja yang terdapat di sekitar kelas tersebut.
3. Guru sudah mengapresiasi siswa yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar yaitu berupa tepuk tangan kepada siswa yang bisa menjawab pertanyaan tersebut
4. Dalam video pembelajaran tersebut belum diawali dengan berdoa dan mengecek kehadiran siswa
5. Guru tersebut tidak memberikan solusi/tanggapan terhadap anak yang belum bisa membaca supaya anak tersebut mau belajar untuk membaca
6. Guru tidak memberikan kesempatan bagi siswa lainnya untuk membaca
Sekian, Terimakasih
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Dari video yang sudah saya lihat tadi tentang belajar membaca diskripsi tentang benda.
1. Guru tidak membuka kelas dengan salam, berdo’a dan absen.
2. Guru menyuruh siswa mengamati benda yang ada di dalam kelas.
3. Guru tidak menjelaskan tentang cara membaca deskripsi tentang benda
4. Guru langsung menyuruh siswa membuka buku halaman 31.
5. Guru bertanya tentang gambar yang ada di dalam buku.
6. Guru tidak memberikan solusi kepada anak yang tidak bisa membaca dan guru langsung melempar pertanyaan kepada siswa yang lain.
Dari video yang sudah saya lihat tadi tentang belajar membaca diskripsi tentang benda.
1. Guru tidak membuka kelas dengan salam, berdo’a dan absen.
2. Guru menyuruh siswa mengamati benda yang ada di dalam kelas.
3. Guru tidak menjelaskan tentang cara membaca deskripsi tentang benda
4. Guru langsung menyuruh siswa membuka buku halaman 31.
5. Guru bertanya tentang gambar yang ada di dalam buku.
6. Guru tidak memberikan solusi kepada anak yang tidak bisa membaca dan guru langsung melempar pertanyaan kepada siswa yang lain.
Nama : Pradika Bayu Kencana
NIM : 858861162
Assalamu alaikum wr,wbr
Mohon ijin untuk memberikan pendapat mengenai video pembelajaran tersebut.
Dalam pembelajaran yang sudah dilakukan
1. Guru tidak mengajak siswa untuk berdoa
2. Guu tidak mengajak siswa untuk membaca teks pancasila
3. Guru tidak mengajak siswa untuk bernyanyi lagu nasional
4. Guru dalam melakukan pembelajaran tidak menyuruh siswa untuk membaca terlebih dahulu untuk memahami materi
5. Guru tidak memberikan tugas membaca pada semua siswa dikelas
Solusi :
1. Guru seharusnya mengajak siswa berdoa untuk melakukan kegiatan pembuka
2. Guru seharusnya membiasakan untuk membaca hafalan teks pancasila
3. Guru seharusnya mengajak siswa bernyanyi salah satu lagu nasional untuk membangkitkan rasa nasionalisme
4. Guru sebelum memberikan tugas kepada siswa harus membiasakan siswa literasi (membaca) untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa
5. Dalam memberikan tugas membaca, guru hendaknya menyuruh semua siswa supaya mengetahui kemampuan membaca siswa
Jadi dalam pembelajaran pada video tersebut, banyak yang harus dilakukan guru dalam membuka pembelajaran, kemudian guru dalam memberikan materi juga harus meminta siswa untuk membaca terlebih dahulu, karena kemampuan setiap siswa berbeda, terutama bagi kelas rendah. Guru harus mengetahui kemampuan apakah siswa tersebut bisa membaca per huruf atau masih mengeja, atau sudah lancar. Pada video tersebut guru dalam memberikan tugas untuk membaca terlihat siswa tidak bisa membaca, pada saat itu guru tidak ada umpan balik mengenai masalah tersebut. Untuk itu guru harus memberikan umpan balik untuk meningkatkan kemampuan membaca siswanya, dan juga guru harus bekerja sama dengan orang tua siswa untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa.
Sekian pendapat dari saya, terimakasih
Wassalamu alaikum wr.wbr
Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh ….
Nama : Novi Hendriani
NIM : 855890925
Prodi : S1 PGSD
Berdasarkan dari sajian video yang telah saya amati dengan judul ” Belajar Membaca Deskripsi Tentang Benda ” Saya Mohon izin untuk menanggapinya….
Kegiatan Pendahuluan :
– Guru tidak mengajak anak – anak untuk berdo’a menurut agama dan keyakinan masing –
masing
– Guru tidak mengisi lembar Kehadiran / Absensi siswa
Kegiatan Inti :
– Guru tidak memberikan penjelasan yang jelas tentang tema / topik yang akan di bahas
– Guru menyuruh siswa langsung mengamati benda apa yang ada di sekitar
– Seharusnya guru tersebut menjelaskan terlebih dahulu tentang benda apa yang akan
dipelajari karna benda masih bersifat umum. Dengan demikian siswa lebih mudah
memahaminya.
– Seorang guru yang mengajar di kelas bawah tidak boleh langsung menyuruh anak – anak
untuk membaca, tetapi ajaklah siswa tersebut untuk mengamati gambar yang ada pada
buku tersebut, lalu ajak siswa tersebut untuk menceritakan gambar apa yang telah di
amatinya
Kegiatan Penutup
– Tidak ada ajakan berdo’a untuk mengakhiri pelajaran telah selesai.
Wassalam…..
Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh ….
Nama : Novi Hendriani
NIM : 855890925
Prodi : S1 PGSD
Berdasarkan dari sajian video yang telah saya amati dengan judul ” Belajar Membaca Deskripsi Tentang Benda ” Saya Mohon izin untuk menanggapinya….
Kegiatan Pendahuluan :
1. Guru tidak mengajak anak – anak untuk berdo’a menurut agama dan keyakinan masing –
masing
2. Guru tidak mengisi lembar Kehadiran / Absensi siswa
Kegiatan Inti :
1. Guru tidak memberikan penjelasan yang jelas tentang tema / topik yang akan di bahas
2. Guru menyuruh siswa langsung mengamati benda apa yang ada di sekitar
3. Seharusnya guru tersebut menjelaskan terlebih dahulu tentang benda apa yang akan
dipelajari karna benda masih bersifat umum. Dengan demikian siswa lebih mudah
memahaminya.
4. Seorang guru yang mengajar di kelas bawah tidak boleh langsung menyuruh anak – anak
untuk membaca, tetapi ajaklah siswa tersebut untuk mengamati gambar yang ada pada
buku tersebut, lalu ajak siswa tersebut untuk menceritakan gambar apa yang telah di
amatinya
Kegiatan Penutup
5. Tidak ada ajakan berdo’a untuk mengakhiri pelajaran telah selesai.
Wassalam…..