Similar Posts
Tangga Nada Mayor
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Mengerjakan Soal Cerita, Belajar Memahami Cara Menyelesaikan Soal Cerita
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita masih terkendala. Guru sering mengalami kesulitan bagaimana membelajarkan pada siswa cara menyelesaikan soal cerita. Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami dan menyelesaikan soal cerita. Alternatif pembelajaran dalam tayangan video ini memperlihatkan bagaimana…
Memelihara Konsentrasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan…
Menyimpulkan Isi Cerita Anak
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Mendeskripsikan Benda Secara Tepat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini…
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal…
Muhammsd idris 856973318
Pokjar PasTi
Guru juga menggunakan benda-benda di sekitar kelas dalam proses pembelajaran agar siswa dapat dengan jelas mengetahui apa nama benda yang ada disekitarnya. Tetapi adapun dalam vidio tersebut kekurangan dalam segi kegiatan pembelajaran yaitu :
1. Guru tidak mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu.
2. Guru tidak melakukan absensi sebelum memulai pembelajaran.
3. Guru tidak memberikan latihan membaca terlebih dahulu.
4. Guru tidak menyiapkan alat peraga tambahan untuk memudahkan pembelajaran.
Adapun solusi yang dapat dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran tersebut yaitu :
1. Guru mengucapkan salam dan menanyakan keadaan siswa.
2. Guru melakukan absensi siswa.
3. Guru menyiapkan alat peraga untuk memudahkan kegiatan pembelajaran.
4. Guru memberikan latihan membaca kepada siswa dengan memeberikan contoh dan menulisnya di papan tulis.
5. Guru memberikan latihan kembali kepada siswa yang belum bisa membaca.
6. Guru dapat memberitahu kekurangan siswa yang belum bisa membaca kepada orang tua/wali siswa agar juga dapat melatih siswa dirumah. karena waktu dirumah jauh lebih banyak untuk belajar.
NAMA : ROHMAH NURUL FAIQOH
NIM : 858907307
UPBJJ : JEMBER
POKJAR : KALISAT
Setelah saya menyimak video di atas, menurut saya :
Kelebihan :
1. Pada awal pembelajaran, guru sudah menyapa siswa.
2. Suasana kelas tenang(kondusif), juga didukung dengan kelas yang bersih, rapi, dan indah.
3. Ekspresi guru sudah sangat semangat, bergembira sehingga menarik minat siswa untuk aktif dalam pembelajaran.
4. Guru juga sudah mempunyai keterampilan bertanya yang baik dengan mengaitakan benda-benda di ruang kelas.
5. Guru sudah mengapresiasi anak dengan cara tepuk tangan dan pujian.
Kekurangan :
1. Di awal pembelajaran guru tidak mengajak siswa berdoa terlebih dahulu dan tidak mengecek kehadiran.
2. Guru juga tidak memberikan latihan awal dulu untuk membaca, misalkan menulis beberapa suku kata yang berkaitan dengan materi pembelajaran di papan tulis dan mengajak siswa membaca bersama-sama.
3. Guru langsung menunjuk siswa untuk menjawab, tidak menawarkan terlebih dahulu.
4. Guru langsung melempar teks yang akan dibaca kepada siswa yang sudah bisa membaca, sehingga siswa yang tidak bisa membaca tidak dibimbing terlebih dahulu.
5. Kurangnya penggunaan media dan alat peraga, karena pada dasarnya kelas rendah sangat tertarik dengan hal-hal yang baru dan unik.
6. Pada akhir pembelajaran guru juga tidak memberikan kesimpulan atas apa yang telah dipelajari dan tidak mengajak berdoa.
Saran saya :
1. Guru sebaiknya mengajak berdoa, mengecek kehadiran, melakukan apersepsi dengan mengajak bernyanyi bersama agar anak lebih semangat belajar,
2. Guru sebaiknya menggunakan metode, media dan strategi yang bervariatif supaya lebih menarik siswa, terutama masih di kelas 1 bisa dilakukan dengan cara belajar seraya bermain.
3. Untuk siswa yang masih belum bisa membaca sebaiknya diberikan bimbingan tambahan khusus dan juga bekerja sama dengan orang tua siswa agar dirumah juga mendapat bimbingan. Lebih mudahnya, bisa menggunakan buku penghubung antara guru dan orang tua. Jadi, dengan demikian orang tua bisa lebih tau sampai dimana anak tersebut belajar.
4. Pada penutup, sebaiknya mengajak siswa untuk menyimpulkan apa yang telah dipelajari dan juga mengajak berdoa.
video yang saya amati mengenai ” Belajar Membaca Deskripsi Tentang Benda”
setelah saya mengamati video tersebut dalam menyampaikan materi, dari suara dan gerak tubuh guru sudahbaik, dan siswa siswi sangat aktif dalam pembelajaran.
namun saya juga menemui beberapa kekurangan guru dalam melaksanakan pembelajaran yaitu:
1. pada saat memulai pembelajaran guru tidak mengajak berdoa dan mengabsen kehadiran siswa terlebih dahulu.
2. pada waktu guru menenyakan penjelasan dari buku, seharusnya guru membacakan penjelasannya terlebih dahulu, dan siswa diajak untuk mengulang bacaan yang telah dibaca bu guru.
3. seharusnya guru menyuruh dan membimbing siswa untuk kedepan kelas untuk menuliskan nama benda – benda yang ada di dalam kelas.
Assalamualaikum Wr.Wb
Nama : Rini Handayani
NIM : 858053874
Prodi : PGSD S1
Setelah menonton video pembelajaran. Saya berpendapat bahwa
– Pada kegiatan awal guru tidak mengecek kehadiran siswa, hanya menyapa dan menanyakan kabar.
– Guru langsung menunjuk siswa, padahal guru bisa menawarkan kepada siswa yang siapa yang ingin membaca. Namun ada siswa yang belum bisa membaca.
– Pada saat menunjuk salah satu siswa tetapi siswa tersebut tidak bisa membaca, seharusnya guru memberi arahan agar anak belajar membaca.
– Dalam video guru memberikan pujian kepada anak – anak. Dengan begitu anak – anak akan lebih semangat.
Dengan video solusi yang di berikan saya setuju. Kelemahan pada video pembelajaran tersebut yaitu siswa tidak dilatih membaca terlebih dahulu. Tetapi solusi yang di berikan belum bisa meningkatkan kemampuan anak dalam belajar membaca. Bagi anak yang belum bisa membaca mengikuti apa yang di ucapkan cukup mudah tetapi mereka belum tentu tahu huruf apa saja yang mereka ucapkan.
Kerja sama serta peran orang tua sangatlah berpengaruh dalam proses belajar anak. Belajar bukan hanya dilakukan di sekolah, tetapi dapat juga dilakukan dirumah yaitu dengan bimbingan dari orang tua. Maka dari itu guru dan orang tua harus bekerja sama.
sekian pendapat saya. Terima kasih
Menurut pendapat saya setelah menonton video
kelebihan :
1. suara guru bisa di dengar oleh siswa dengan baik
2. dalam menyampaikan materi guru semangat
kekurangan :
1. diawal pelajaran guru hanya menanyakan kabar, tidak mengajak siswa berdoa, absen
2. tidak mengajak siswa melakukan ice breaking supaya dapat memfokuskan siswa sebelum pembejaran
3. guru tidak membuat kaitan dengan kejadian yang siswa alami dirumah penjelasan cara menyebut ciri benda kurang
4. saat masuk materi inti hanya mengajak siswa menirukan bacaan yang ada dalam buku tanpa menyuruh semua siswa membaca
5. posisi guru hanya didepan tidak mendekati siswa yang lain
6. guru kurang memberikan stimulus dalam menyebutkan ciri benda. yang disebut hanya yang di dalam buku saja
7. kurangnya perhatian pada siswa yang belum bisa membaca
8. hanya menunjuk siswa yang lancar membaca saja kedepan
saran solusi pembelajaran
diawal masuk menucapkan salam, berdoa, absensi kehadiran setelah itu baru menanyakan kabar siswa. setelah melakukan ice breaking sebagai pemanasan agar siswa lebih fokus, guru mengaitkan benda-benda apakah dikenal oleh siswa dan sedikit memberikan penjelasan cara menyebutkan ciri-ciri benda, mengajak semua siswa membaca bersama buku paket dan menyediakan media benda konkritnya bisa berupa benda asli atau berupa mainan.guru idak hanya berdiri didepan kelas tapi bisa berpindah posisi mendekati siswa yang membaca, bagi siswa yang belum bisa membaca lancar di berikan perhatian dan di bantu untuk belajar membaca
Setelah melihat vidio pembalajaran ini.saya melihat ada kekurang dalam pembelajaran yang di sampaikan oleh guru tesebut.
Kekurang dalam pembelajaran.
Guru hanya menanyakan kabar siswa.tidak mengapsensi siwa terlebih dahulu.sebelum memulai pembelajaran guru tidak mengawali pembelqjaran dengan do’a.
Kelebihan dari pembelajaran
Suara guru dapat di dengar siswa dengan jelas sewaktu menyampaikan materi pembelajaran.
NAMA : AZUMI MELIYANTI
NIM : 858048905
UPBJJ : PONTIANAK
POKJAR: MEMPAWAH
Menurut saya pembelajaran yang dilakukan guru dalam video tersebut sudah cukup baik. Guru masuk ke dalam kelas dengan mengucapkan salam, kemudian menanyakan kabar siswa dan menanyakan kesiapan belajar siswa. Namun kekurangannya guru tidak mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu dan guru tidak melakukan absensi sebelum memulai pembelajaran.
Dalam video tersebut kegiatan pembelajaran guru menggunakan media yang ada dalam kelas untuk mengaitkan dengan pembelajaran yang akan dipelajari yaitu membaca deskripsi tentang benda.
Pada kegiatan inti ada kekurangan dimana saat guru menunjuk salah satu siswa untuk membacakan deskripsi benda yang terdapat pada buku. Siswa tersebut tidak dapat menjawab atau membacanya karena siswa tersebut belum bisa membaca.
Seharusnya guru jangan langsung menunjuk siswa untuk membacakan deskripsi benda dalam buku karena siswa masih kelas 1, dimana tidak semua siswa sudah mahir dalam membaca. Siswa kelas 1 terkadang kemampuan membacanya masih kurang. Sehingga perlu dituntun dan dibimbing dalam kegiatan membacanya. Oleh sebab itu guru dalam video tersebut harus memilih metode yang tepat untuk menuntun anak dalam mengetahui deskripsi benda tersebut. Misalnya dengan mengucapkan deskripsi benda dan meminta siswa mengulangi mengucapkannya.
Nama : Masa rejeki gulo
Nim : 855977462
Menurut pendapat sayan, proses pembelajaran di dalam video tersebut sangat baik,hanya saja terdapat beberapa kelemahan dalam proses belajar mengajar. pada tahap awal Guru masuk ke dalam kelas dengan menyapa siswa siswi, kemudian menanyakan kabar siswa dan menanyakan persiapan siswa dalam proses belajar,dan siswanya sangat kreaktif dalam menjawap pertanyaan guru tersebut. dan kelemahannya guru tidak mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu dan guru tidak melakukan absensi sebelum memulai pembelajaran. Didalam video tersebut kegiatan belajar mengajar guru menggunakan media yang ada dalam kelas untuk mengaitkan dengan pembelajaran yang akan dipelajari yaitu membaca deskripsi tentang benda.
Pada kegiatan inti ada kekurangan dimana saat guru menunjuk salah satu siswa untuk membacakan deskripsi benda yang terdapat pada buku. Siswa tersebut sebagian tidak fokus dalam belajar, dan ada salasatu siswa yang tidak memberanikan diri untuk menjawap pertanyaan guru karena siswa tersebut belum bisa membaca.
Nama : Markhotib
Nim : 858034566
Program studi : S1 PGSD
Kekurang dalam pembelajaran.
Guru hanya menanyakan kabar siswa.tidak mengapsensi siwa terlebih dahulu.sebelum memulai pembelajaran guru tidak mengawali pembelqjaran dengan do’a.
Kelebihan dari pembelajaran
Suara guru dapat di dengar siswa dengan jelas sewaktu menyampaikan materi.
Nama : Korry Nur Alkindi
NIM : 857317603
Program Studi : S1 PGSD
UPBJJ : Kota Bogor
Assalamualaikum Wr Wb
Izin menanggapi
Berdasarkan video tersebut, menurut saya pembelajaran yang dilakukan guru dalam video tersebut sudah cukup baik, dengan siswa yang cukup aktif sehingga membuat suasana kelas yang hidup serta guru memberikan apresiasi kepada siswa. Namun ada beberapa kelemahannya diantaranya pembelajaran tidak diawali dengan berdoa, guru tidak menstimulus siswa atau menawarkan kepada siswa melainkan langsung menunjuk salah satu siswa sehingga kurang ada interaksi yang aktif antara guru dengan siswa.
Sekian tanggapan dari saya, serta ini juga menjadi bahan refleksi untuk saya sebagai pengajar. Terimakasih.
Wassalamu’alaikum Wr Wb