silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana cara membuat pantun, juga memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk membuat pantun, mendiskusikan isi pantun, dan bersosialisasi dengan temannya. Pembelajaran secara berkelompok akan berhasil jika dalam proses pembelajaran, guru mengarahkan dan mengamati kegiatan yang dilakukan setiap kelompok.
Apakah anda pernah melakukan pembelajaran membuat pantun dengan cara berkelompok? Bagaimana cara anda melakukan proses pembelajarannya? Ayo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar anda!
!
Dra. Yetty Morelent, M. Hum.
–
–
–
–
NAMA : WULANDARI
NIM : 856573212
Menurut saya dalam video tersebut masih ada kelemahan dalam proses pembentukan kelompok ibu guru terlihat agak kesulitan, karena anak-anak di minta membuat kelompok sendiri sehingga menimbulkan keributan dalam pemilihan kelompok. Dan kelebihannya yaitu kegiatan pembelajaran berjalan baik, hal tersebut bisa diihat dari siswa yang aktif dan mengerti membuat pantun yang kosong, kemudian siswa tersebut membacakan pantun mereka di depan kelas, hal tersebut melatih tingkat kepercayaan diri siswa untuk berbicara di depan kelas.
Nama : Putri Agustia Ningrum
Nim : 856573807
Prodi : S1 – PGSD
Menurut saya video pembelajaran tersebut sudah cukup baik,guru bersikap ceria dalam pembelajaran dan menerapkan metode diskusi sehingga siswa terlihat lebih aktif. Tetapi alangkah baiknya jika dalam penentuan kelompok belajar itu di tentukan oleh gur, agar pembagian kelompok merata dan suasana kelas jauh lebih kondusif.
Dalam pembelajaran membuat pantun, metode kerja kelompok yang dipilih guru bisa menjadi solusi dalam meningkatkan pemahaman siswa karena siswa dapat bersosialisasi dengan teman sekelompok, dapat saling bertukar pendapat, berlatih berani berpendapat dan terjadi saling belajar antar teman (peer teaching).
Guru juga sudah memotivasi siswa dalam pembelajaran dengan pujian dan memberi tepuk tangan setelah siswa maju.
Nama : Putri Agustia Ningrum
Nim : 856573807
Prodi : S1 – PGSD
Menurut saya video pembelajaran tersebut sudah cukup baik,guru bersikap ceria dalam pembelajaran dan menerapkan metode diskusi sehingga siswa terlihat lebih aktif. Tetapi alangkah baiknya jika dalam penentuan kelompok belajar itu di tentukan oleh gur, agar pembagian kelompok merata dan suasana kelas jauh lebih kondusif.
Dalam pembelajaran membuat pantun, metode kerja kelompok yang dipilih guru bisa menjadi solusi dalam meningkatkan pemahaman siswa karena siswa dapat bersosialisasi dengan teman sekelompok, dapat saling bertukar pendapat.
Umpan balik guru juga sudah cukup bagus dengan pujian dan memberi tepuk tangan setelah siswa maju dapat memotivasi siswa dalam pembelajaran.
Nama : putri almadila chintia
Nim:856455351
Semester :6
Didalam video Guru masuk kelas langsung mengucapkan salam Tidak lupa guru tersebut Menanyakan kabar dan memberikan semangat kepada siswa-siswinya sebelum memulai pembelajaran.Sebelum melakukan pembelajaran guru memeriksa kehadiran siswa nya. Memasuki Kegiatan inti Guru menyampaikan kembali dan menanyakan materi yang kemarin dibahas.seharusnya dalam hal ini sedikit menjelaskan terkait materi sebelumnya baru setelah itu guru menjelaskan kembali terkait materipembelajaran dengan metode diskusi dan tanya jawab. Guru juga melakukan tes kemampuan kepada sisiwa untuk mengerjakan latihan dan mengemukakan jawaban atau hasilnya didepan kelas.hal tersebut membantu meningkatkan kepercayaan diri siswa agar berani tampil,guru juga mengapresiasi setiap keberanian siswa yang maju kedepan.
Nama :Anisa Nurohmah
Nim:856982625
program Studi: PGSD S1
Dari vidio yang sudah saya tonton,saya melihat bahwa reaksi siswa sangat aktif dan senang dalam belajar membuat pantun,siswa juga mampu bekerja sama dalam membuat pantun,guru mampu mengatur kelas sehingga kondusif,tetapi ada kekurangan dari vidio tersebut yaitu guru tidak terlibat dalam memantau siswa untuk membuat pantun.
NAMA: DEARMAYANTI SARAGIH
NIM: 856067662
Menurut pendapat saya vidio tersebut sudah bagus, dimana guru sudah mempersiapkan pembelajaran dengan baik. Selain itu juga guru telah mampu membuat suasana pembelajaran dengan baik. Suasana diskusi juga sudah dapat berjalan denhan bauik. Siswa dengan guru sangat aktif, siswa juga berpartisipasi aktif salam kegiatan pembelajaran. Sehingga siswa mudah memahami materi poembelajaran
Nama : Nurholipah
Nim : 857109368
Menurut pendapat saya setelah menonton video tersebut sudah cukup bagus, guru pada awal pembukaan sudah memberikan salam dan menanyakan kehadiran kepada siswa. Sebelum melanjutkan pelajaran yang akan di pelajari sebaiknya guru mengulas sedikit pembelajaran yang kemarin terkait dengan pembelajaran yang akan disampaikan hari ini. Dan, Sebelum masuk ke inti guru menjelaskan lebih dulu pengertian materi yang akan dipelajari, siswa tersebut sangat aktif dan semangat dalam kegiatan belajarnya tetapi ada kekurangan dalam hal ini guru kurang terlibat dalam memantau siswa dalam kegiatan belajar kelompok.
Dari video pembelajaran di atas yang berjudul “BELAJAR MEMBUAT PANTUN” ,guru sudah melakukan kegiatan pendahuluan seperti mengucapkan salam,mengadakan absensi.Ada baiknya sebelum masuk ke kegiatan inti, guru menyampaikan apersepsi terkait materi yang akan diberikan sehingga siswa terangsang untuk mengikuti proses pembelajaran berikutnya.Disini guru sudah merangsang keaktifan siswa dengan mengajak siswa untuk belajar kelompok,sehingga memicu siswa untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan teman-temannya. Sebagai masukan, ada baiknya guru sendiri yang menentukan bagaimana pembagian kelompok karena anak-anak biasanya cenderung pilih-pilih dan biasanya anak-anak yang sedikit pemalu akan kesulitan dalam membentuk kelompoknya.
Nama=patmawati
Nim =856634033
Prodi=pgsd
Guru melakukan apersepsi.yetapi tidak melakukan refleksi.guru memberikan contoh- contoh cara membuat dan menyambung pantun.guru sudah memberikan penjelasan tetapi tidak mengontrol siswa nya. Saya sangat suka guru melakukan pembelajaran secara berkelompok.sehingga siswa dapat bersosialisasi terhadap teman- temannya.
Nama=patmawati
Nim =856634033
Prodi=pgsd
Guru melakukan apersepsi. Tetapi tidak melakukan refleksi.guru memberikan contoh- contoh cara membuat dan menyambung pantun.guru sudah memberikan penjelasan tetapi tidak mengontrol siswa nya. Saya sangat suka guru melakukan pembelajaran secara berkelompok.sehingga siswa dapat bersosialisasi terhadap teman- temannya.