silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana cara membuat pantun, juga memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk membuat pantun, mendiskusikan isi pantun, dan bersosialisasi dengan temannya. Pembelajaran secara berkelompok akan berhasil jika dalam proses pembelajaran, guru mengarahkan dan mengamati kegiatan yang dilakukan setiap kelompok. Apakah anda pernah melakukan pembelajaran membuat pantun dengan cara berkelompok? Bagaimana cara anda melakukan proses pembelajarannya? Ayo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar anda!

Dra. Yetty Morelent, M. Hum.

Similar Posts

288 Comments

  1. Nama : Novita indah Puspita Rini
    NIM : 858568864
    Pokjar : Batu
    UPBJJ : UT – Malang

    Dari vidio di atas kita dapat memperoleh :
    KELEMAHAN PEMBELAJARAN DALAM VIDEO :
    a. Guru tidak memulai dengan pembelajaran dengan berdoa terlebih dahulu pada kegiatan pendahuluan
    b. Pendidik tidak memberikan contoh terlebih dahulu cara membaca pantun
    c. Pada pembagian kelompok terjadi keributan dalam kelas, sehingga tidak kondusif

    KELEBIHAN PEMBELAJARAN DALAM VIDEO :
    a.Guru menyampaikan materi pembelajaran dengan cukup baik, singkat, padat dan jelas
    b.Pada kegiatan pendahuluan, inti serta penutup pembelajaran guru mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan
    c. Dalam pembelajaran guru juga menyimpulkan serta mengevaluasi pembelajaran
    d. Peserta didik ikut aktif dalam pembelajaran yang berlangsung

    HAL UNIK YANG TERDAPAT DALAM VIDEO PEMBELAJARAN
    Awalnya siswa belajar membaca pantun seperti membaca puisi, kemudian guru memberikan contoh membaca pantun yang baik serta benar, maka siswa tersebut bisa memahami dan membaca pantun dengan intonasi yang tepat dan jelas.

    RENCANA PERBAIKAN YANG DAPAT DILAKUKAN (ATAS DASAR KELEBIHAN DAN KELEMAHAN)
    a. Pada kegiatan pendahuluan sebaiknya dilakukan berdoa sebelum memulai pembelajaran
    b. Guru seharusnya memberikan contoh dalam membuat pantun terlebih dahulu, sebelum menyuruh peserta didiknya membuat pantun
    c. Memberikan soal agar siswa lebih memahami materi yang di jelaskan.

  2. Nama : Nopia Aprianti
    NIM : 858071113
    Materi Vidio : Belajar membuat pantun.

    Saya akan mengomentari tentang video belajar membuat pantun tersebut, dari video tersebut kita dapat melihat bahwa video itu menarik dan cukup baik , sebelum memulai pembelajaran guru tersebut menyapa anak dan mengucapkan salam, lalu guru tersebut mengajak anak untuk berdoa dan mengabsen muridnya terlebih dahulu dan a persepsi lainnya. Lalu guru tersebut membuat kelompok anak agar bisa mereka bekerja sama untuk membuat tugas yang telah diberikan. Guru sebelum memberikan anak tugas, guru tersebut terlebih dahulu memberikan contoh dan penjelasan tentang pantun kepada anak agar anak bisa sedikit memahami apa itu pantun. Setelah kelompok dibagikan, anak disuruh untuk membuat pantun lalu maju kedepan. Beberapa anak dikelas tersebut sangat antusias dan menyukai pembelajaran membuat pantun tersebut.

  3. Nama : Fitriana
    Nim. : 858071722
    Materi: Belajar Membuat pantun

    Setelah saya menonton video tersebut saya menemukan kelemahan dan kelebihan guru tersebut:
    Kelemahannya yakni:
    1. Guru tidak memulai dengan pembelajaran dengan berdoa terlebih dahulu pada kegiatan pendahuluan
    2.Pendidik tidak memberikan contoh terlebih dahulu cara membaca pantun.

    Kelebihannya yakni:
    1Guru menyampaikan materi pembelajaran dengan cukup baik, singkat, padat dan jelas.Dalam pembelajaran guru juga menyimpulkan serta mengevaluasi pembelajaran
    2. Peserta didik ikut aktif dalam pembelajaran yang berlangsung

    Saran saya alangkah baiknya Guru tersebut memulai pembelajaran dengan berdoa terlebih dahulu,dan ice breaking terlebih dahulu agar siswa tetap semangat dalam menghadapi pembelajaran apalagi kegiatan belajarnya memasuki jam k2/3.

  4. 1. Kelemahan yang saya temukan selama menyimak dan menyaksikan video adalah:
    • Guru awalnya tidak memberikan contoh cara membaca Pantun.
    • Pembagian kelompok menimbulkan keributan di kelas.

    2. Kelebihan yang saya temukan selama menyimak dan menyaksikan video adalah :
    • Guru menyampaikan materi pembelajaran dengan cukup baik.
    • Peserta didik ikut aktif dalam pembelajaran yang berlangsung
    • Dapat menciptakan kondisi anak-anak dengan tertib dan terkendali.

  5. Nama : Rani Indriani
    NIM : 856463065
    Materi : Belajar Membuat Pantun
    Kelemahan :
    1. Dalam pembelajaran tidak dimulai dengan doa
    2. Guru tidak mencontohkan terlebih dahulu cara membaca pantun.
    3. Pembagian kelompok kurang efektif, karena terjadi keributan

    Kelebihan :
    1. Guru menyampaikan materi dengan baik
    2. Suasana kelas kondusif
    3. Anak anak terlibat aktif dalam pembelajaran

  6. Nama : EKA RAHAYU
    NIM : 877324911
    POKJAR : MUSI
    UPBJJ : MALANG

    1. Kelebihan video pembelajaran membuat pantun adalah :
    • Dalam penyampaikan materi pembelajaran dengan cukup baik.
    • Peserta didik ikut aktif dalam pembelajaran yang berlangsung.
    • Dapat menciptakan kondisi anak-anak dengan tertib dan terkendali.

    2. Kelemahan yang saya temukan selama menyimak dan menyaksikan video adalah:
    • Tidak ada ice breaking untuk penyegaran dalam awal pembelajaran.
    • Pada awal penyampaian materi guru tidak memberikan contoh cara membaca Pantun.
    • Pembagian kelompok menyita waktu pembelajaran dan menimbulkan keributan di kelas.

  7. Nama : Jerni Hartati Sibagariang
    Nim: 878260528
    Prodi: PGSD
    Semester: 6
    UPBJJ: Medan
    Pokjar : Tobasa

    Izin berkomentar

    Kelebihan dalam video pembelajaran ini:
    1. Guru Memberikan Apersepsi
    2. Guru memberikan penguatan verbal kepada siswa “Kalian kan Pintar”, “Kita kasih tepuk tangan untuk Yani”, “Bagus sekali”
    3. Guru memberikan siswa kesempatan untuk membacakan dan menuliskan hasil kerja kelompoknya.
    4. Guru memberikan pekerjaan untuk membaca dan membuat pantun

    Kelemahan dalam video pembelajaran ini:
    1. Guru tidak melakukan orientasi sebelum proses PBM
    2. Guru tidak memberikan motivasi
    3. Guru tidak menyampaikan Tujuan pembelajaran
    4. Guru tidak memberikan sedikit contoh tentang cara membaca Pantun yang baik dan benar
    5. Guru tidak mempersiapkan media pembelajaran yang relevan
    6. Guru tidak memberikan umpan balik
    7. Guru tidak menyimpulkan pembelajaran
    8. Guru tidak melakukan evaluasi
    9. Guru tidak memberikan salam penutup

    Hal Unik yang terdapat dalam Video:
    1. Awal pembelajaran tidaklah terlihat kondusif, namun setelah beberapa orang siswa maju membacakan pantunnya, fokus pandangan siswa lebih baik dan ketertarikan siswa terkait Pantun jadi lebih meningkat.

    Rencana Perbaikan yang dapat dilakukan:
    1. Sebaiknya Guru melakukan kegitan pendahuluan sebelum PBM misalnya seperti: Adanya Orientasi, Motivasi
    2. Guru sebaiknya memberikan contoh bagaimana”membaca panun yang baik dan benar”
    3. Di akhir pembelajaran, sebaiknya guru memberikan pekerjaan rumah, menyimpulkan pembelajaran serta memberikan evaluasi.

  8. Nama : Laelatul Khoeriyah
    Nim : 857637769
    Materi : Belajar membuat pantun

    Analisis Video:
    Setelah saya menonton video saya menemukan beberapa kelemahan dan kelebihanya
    kelemahannya:
    1. Guru tidak menjelaskan materinya misal apa itu pantun, ciri-ciri utama pantun, seperti adanya sampiran dan isi, jumlah baris (4 baris), serta pola sajak a-b-
    a-b, bagaimana cara membaca puisi yang benar.
    2. Kurangnya guru dalam mengkondisikan kelas pada saat pembagian kelompok
    Kelebihanya:
    1. Guru mampu mengaktifkan peserta didik untuk menunjukan rasa percaya diri dengan bertanya, maju ke depan mempresentasikan hasil puisinya.
    2. Pada kegiatan pembelajaran guru mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan
    3. Di akhir pembelajaran guru memberikan motivasi untuk terus berlatih dalam membuat pantun di rumah
    Dari kelemahan dan kelebihan diatas, saran saya alangkah baiknya sebelum memulai pembelajaran anak diminta untuk fokus bisa dengan melakukan ice breaking terlebih dahulu Guru seharusnya menjelaskan materi pantun terlebih dahulu, sebelum menyuruh peserta didiknya membuat pantun

  9. Nama : Laelatul Khoeriyah
    Nim : 857637769
    Materi : Belajar membuat pantun

    Analisis Video:
    Setelah saya menonton video saya menemukan beberapa kelemahan dan kelebihanya kelemahannya adalah: pertama, guru tidak menjelaskan materinya misal apa itu pantun, ciri-ciri utama pantun, seperti adanya sampiran dan isi, jumlah baris (4 baris), serta pola sajak a-b- a-b, bagaimana cara membaca puisi yang benar. Kedua, kurangnya guru dalam mengkondisikan kelas pada saat pembagian kelompok. Sedangkan kelebihanya adalah: Pertama, Guru mampu mengaktifkan peserta didik untuk menunjukan rasa percaya diri dengan bertanya, maju ke depan mempresentasikan hasil puisinya. Kedua, Pada kegiatan pembelajaran guru mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Ketiga, di akhir pembelajaran guru memberikan motivasi untuk terus berlatih dalam membuat pantun di rumah.

    Dari kelemahan dan kelebihan diatas, saran saya alangkah baiknya sebelum memulai pembelajaran anak diminta untuk fokus bisa dengan melakukan ice breaking terlebih dahulu Guru seharusnya menjelaskan materi pantun terlebih dahulu, sebelum menyuruh peserta didiknya membuat pantun

  10. Nama : Animar Gea
    Nim : 855849364

    Saya akan mengomentari tentang video belajar membuat pantun tersebut, dari video tersebut kita dapat melihat bahwa video itu menarik dan cukup baik , sebelum memulai pembelajaran guru tersebut menyapa anak dan mengucapkan salam, lalu guru tersebut mengajak anak untuk berdoa dan mengabsen muridnya terlebih dahulu dan a persepsi lainnya. Lalu guru tersebut membuat kelompok anak agar bisa mereka bekerja sama untuk membuat tugas yang telah diberikan. Guru sebelum memberikan anak tugas, guru tersebut terlebih dahulu memberikan contoh dan penjelasan tentang pantun kepada anak agar anak bisa sedikit memahami apa itu pantun. Setelah kelompok dibagikan, anak disuruh untuk membuat pantun lalu maju kedepan. Beberapa anak dikelas tersebut sangat antusias dan menyukai pembelajaran membuat pantun tersebut.

Leave a Reply