silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana cara membuat pantun, juga memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk membuat pantun, mendiskusikan isi pantun, dan bersosialisasi dengan temannya. Pembelajaran secara berkelompok akan berhasil jika dalam proses pembelajaran, guru mengarahkan dan mengamati kegiatan yang dilakukan setiap kelompok. Apakah anda pernah melakukan pembelajaran membuat pantun dengan cara berkelompok? Bagaimana cara anda melakukan proses pembelajarannya? Ayo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar anda!

Dra. Yetty Morelent, M. Hum.

Similar Posts

288 Comments

  1. Dari video tersebut terdapat kelebihan dan kekurangan yaitu :
    Kelebihannya adalah pada bagian inti pembelajaran sudah baik sesuai dengan urutannya dalam pilihan metode pembelajaran yang sudah sangat dan guru juga memberikan penguatan dengan cara memberikan apresiasi positif terhadap siswa yang membacakan tugasnya di depan.
    Kekurangannya adalah pendahuluan pembelajaran tidak dimulai dengan doa terlebih dahulu dan penutup guru belum membuat kesimpulan terhadap proses yang sedang.

  2. Nama : Enjelita
    NIM : 857008091
    Kelas : 6B
    Pokjar : Sidomulyo

    Menurut saya setelah menonton video tersebut, dalam video ini memberikan cara yang menarik dalam pembelajaran membuat pantun. Menggunakan metode berkelompok bisa meningkatkan kreativitas dan kerja sama antar siswa.

    Adapun kelebihan dan kekurangan dalam video tersebut yaitu:
    Kelebihan:
    1. Dengan adanya metode berkelompok mendorong siswa untuk berkolaborasi, yang meningkatkan keterampilan komunikasi dan kerja sama.
    2. ⁠Adanya kreativitas untuk siswa dapat berbagi ide dan berkreasi bersama, menghasilkan pantun yang lebih variatif dan menarik.
    3. ⁠Melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran membuat mereka lebih tertarik dan terlibat.

    Kekurangan:
    1. Jika guru tidak memberikan arahan yang cukup, siswa mungkin kesulitan dalam membuat pantun yang baik.
    2. ⁠Beberapa siswa mungkin lebih dominan, sementara yang lain kurang terlibat.
    3. ⁠Proses kreatif memerlukan waktu, sehingga bisa mengganggu jadwal pelajaran lainnya.

    Saran:
    Saran dari saya agar guru harus tetap menjelaskan cara dan langkah dasar yang benar dalam membuat pantun,kemudian baru lah para siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengejarkan tugas tersebut dengan mudah dan paham dari penjelasan yang telah diberikan oleh guru.

  3. Nama : Usi Lesa. W
    NIM : 860076702
    Prodi : PGSD

    Izin menganalisis video pembelajaran Belajar Membuat Pantun
    Setelah saya menyaksikan video pembelajaran pantun tersebut. Terdapat kelebihan dan kekurangan yang dimiliki pada proses pembelajarannya. Dari segi kelebihan guru menguasai dan menyampaikan pembelajaran dengan baik. Guru memberikan kesempatan siswa menyampaikan hasil kegiatannya dan memberikan apresiasi kepada murid sebagai umpan balik. Siswa cukup terlibat aktif pada saat kegiatan belajar. Namun juga terdapat kekurangan yaitu pada awal pembelajaran seperti guru tidak mengawali dengan doa, menanyakan kabar, dan memberikan apersespsi pada siswa.

  4. Nama : WFitriana
    Nim : 856594896
    UPBJJ : Jambi

    Menurut saya kekurang dari vidio tersebut adalah sebelum memulai pelajaran guru sudah membagi kelompok belajar agar tidak terjadi keributan pada saat pembelajaran dimulai, dan memberikan contoh kembali agar siswa mudah memahami.
    Kelebihan
    di dalam vidio tersebut sudah menarik dan cukup baik, mulai dari pembuka, menyapa keadaan siswa/i, di lanjutkan mengabsen, selain itu guru mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, mengevaluasi pembelajaran dengan baik dan peserta didik turut aktif dalam pembelajaran yang sedang berlangsung

  5. Talia Hidayani Febriyanti.
    857008923.
    Semester 6 PGSD.
    UPBJJ UT Bandar Lampung.
    Pokjar Sidomulyo.

    Kelebihan :
    Guru melakukan apersepsi. Guru memberikan dukungan dan kesempatan saat pembelajaran, Dengan memubat tugas kelompok.
    Guru selalu mengapresiasi setiap jawaban peserta didik.
    Guru senang memuji peserta didiknya.

    Kekurangan :
    Guru tidak memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam, dan berdoa.

    Keunikan :
    Guru memantik menulis pantun dengan mencontohkan dan menulis teks rumpang.

  6. Nama: Audisa haryani
    NIM: 857016408
    Setelah saya tonton vidio di atas saya akan mengomentari saya menemukan kelebihan dan kelemahannya:
    1. Guru tidak memulai dengan pembelajaran dengan berdoa terlebih dahulu pada kegiatan pendahuluan
    2. Pendidik tidak memberi contoh terlebih dahulu cara membaca pantun

    Kelebihannya
    1. Guru menyampaikan materi pembelajaran dengan cukup baik,singkat,padat, dan jelas.dalam pembelajaran guru jga menyimpulkan serta mengevaluasi pembelajaran
    2. dalam kegiatan pendahuluan,inti serta penutup pembelajaran guru mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan.

  7. Nama : Niatda zalukhu
    Nim : 878272174
    Materi: Belajar Membuat pantun
    Setelah saya menonton video tersebut saya menemukan kelemahan dan kelebihan guru tersebut:
    Kelemahannya yakni:
    1. Guru tidak memulai dengan pembelajaran dengan berdoa terlebih dahulu pada kegiatan pendahuluan
    2.Pendidik tidak memberikan contoh terlebih dahulu cara membaca pantun.

    Kelebihannya yakni:
    1Guru menyampaikan materi pembelajaran dengan cukup baik, singkat, padat dan jelas.Dalam pembelajaran guru juga menyimpulkan serta mengevaluasi pembelajaran
    2. Peserta didik ikut aktif dalam pembelajaran yang berlangsung

    Saran saya alangkah baiknya Guru tersebut memulai pembelajaran dengan berdoa terlebih dahulu,dan ice breaking terlebih dahulu agar siswa tetap semangat dalam menghadapi pembelajaran.

  8. Nama : Sasmita Mokoagow
    NIM : 859952383
    UPBJJ : UT MANADO

    Setelah melihat video pembelajaran tersebut dapat saya simpulkan bahwa guru sudah memahami materi pembelajaran yang akan di ajarkannya kepada anak.. sebelum memulai pembelajaran, guru tersebut menyapa anak dan mengucapkan salam serta berdoa dan mengabsen anak yang hadir dan tidak hadir. setelah itu guru menanyakan kepada anak apa pembelajaran minggu lalu dan nampak terlihat anak sangat aktif dalam mengikuti pembelajaran. lalu guru membuat kelompok agar anak dapat bekerja sama dengan teman kelompoknya. guru memberikan contoh kepada anak bagaimana cara membuat pantun yang benar sebelum guru memberikan tugas kepada anak agar anak dapat memahami isi materi yang dijelaskan.. selain itu guru tidak hanya memberikan tugas begitu saja tapi terlihat bahwa guru juga memberikan apresiasi kepada anak yang berani tampil di depan kelas untuk menunjukkan hasil tugas yang telah mereka kerjakan.

  9. Nama : Ade Maryana
    NIM. : 857458793
    Kelemahan : Video tersebut tidak dimulai dengan pendahuluan,baca doa dan ice breaking.Harusnya guru memberi contoh pantun sederhana.Di akhir tidak ada penutup dan doa.
    Kelebihan :
    Siswa sudah aktif dan berani maju didepan kelas membacakan pantun dan antusias murid yang lain sangat bagus.

  10. Nama : Trianita Hura
    Nim : 855851496
    Materi : Belajar Membuat Pantun

    Menurut saya, dari video pembelajaran bertopik tentang “Belajar Membuat Pantun” ini guru tersebut sudah melaksanakan pembelajaran sesuai rencana kegiatan pembelajaran. Pada bagian inti pembelajaran cukup baik, kemudian dilanjutkan dengan pemilihan metode pembelajaran yang menggunakan metode diskusi atau pembentukan kelompok sehingga pembelajaran lebih aktif di mana siswa juga ikut aktif. Guru juga memberikan memberikan apresiasi yang positif terhadap siswa yang mampu maju membacakan hasil tugas.

    Kekurangan dalam pembelajaran ini menurut saya :
    1. Pembelajaran tidak didahului dengan membaca doa terlebih dahulu
    2. Guru tidak menjelaskan tujuan atau manfaat materi pada pembelajaran ini
    3. Pada bagian penutup guru belum membuat kesimpulan terhadap proses pembelajaran yang telah dilakukan.

    Sekian dan Terimakasih 🙏😊

Leave a Reply