silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana cara membuat pantun, juga memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk membuat pantun, mendiskusikan isi pantun, dan bersosialisasi dengan temannya. Pembelajaran secara berkelompok akan berhasil jika dalam proses pembelajaran, guru mengarahkan dan mengamati kegiatan yang dilakukan setiap kelompok.
Apakah anda pernah melakukan pembelajaran membuat pantun dengan cara berkelompok? Bagaimana cara anda melakukan proses pembelajarannya? Ayo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar anda!
!
Dra. Yetty Morelent, M. Hum.
–
–
–
–
Nama : Siti marfuah mutoharoh
Nim : 859547602
Pokjar : simpang pematang
Judul video : belajar membuat pantun
setelah saya melihat vidio tersebut ,saya dapat menyimpulkan bahwa: yang pertama sebelum di mulai kegiatan belajar seharusnya kita memulai doa terlebih dahulu sesuai agama dan keyakinan masing- masing, dan dalam vidio pembuatan pantun ini sangat baik karna bertujuan untuk mengedukasi dan menghibur siswa agar tidak jenuh dalam belajar, agar siswa juga tidak bosan dalam kegiatan belajarnya.
Nama : AMAH NURLIA Nim : 856057955 Pokjar : LANGKAT Setelah saya melihat video di atas dapat saya simpulkan bahwa: Pertama : Pada saat memulai pembelajaran guru tidak melakukan doa sebelum kegiatan belajar mengajar dan tidak melakukan apersepsi terlebih dahulu. Kedua : Ketika membagi kelompok guru mengalami sedikit kesulitan sehingga membuat siswa menjadi tidak kondusif di dalam kelas. Hal yang unik yang saya temukan di dalam video tersebut adalah siswa dapat membaca pantun dengan benar. Rencana perbaikan tersebut Sebaiknya sebelum memulai pembelajaran guru melakukan kegiatan apersepsi dan memotivasi siswa agar bersemangat untuk memulai pelajaran.
Nama: Siti marfuah mutoharoh
Nim : 859547602
Pokjar : simpang pematang
Judul video: belajar membuat pantun
setelah saya melihat vidio tersebut ,saya dapat menyimpulkan bahwa: yang pertama sebelum di mulai kegiatan belajar seharusnya kita memulai doa terlebih dahulu sesuai agama dan keyakinan masing- masing, dan dalam vidio pembuatan pantun ini sangat baik karna bertujuan untuk mengedukasi dan menghibur siswa agar tidak jenuh dalam belajar, agar siswa juga tidak bosan dalam kegiatan belajarnya.
Nama: Siti marfuah mutoharoh
Nim : 859547602
Pokjar : simpang pematang
Judul video: belajar membuat pantun
setelah saya melihat vidio tersebut ,saya dapat menyimpulkan bahwa: yang pertama sebelum di mulai kegiatan belajar seharusnya kita memulai doa terlebih dahulu sesuai agama dan keyakinan masing- masing, dan dalam vidio pembuatan pantun ini sangat baik karna bertujuan untuk mengedukasi dan menghibur siswa agar tidak jenuh dalam belajar, agar siswa juga tidak bosan dalam kegiatan belajarnya.
Nama : Siti marfuah mutoharoh
Nim : 859547602
Pokjar : simpang pematang
Judul video : belajar membuat pantun
setelah saya melihat vidio tersebut ,saya dapat menyimpulkan bahwa: yang pertama sebelum di mulai kegiatan belajar seharusnya kita memulai doa terlebih dahulu sesuai agama dan keyakinan masing- masing, dan dalam vidio pembuatan pantun ini sangat baik karna bertujuan untuk mengedukasi dan menghibur siswa agar tidak jenuh dalam belajar, agar siswa juga tidak bosan dalam kegiatan belajarnya.
Nama : Riska Rahma Wati
Nim : 857030036
Kelas : 6 B
Pokjar : Sidomulyo
Mohon ijin untuk menanggapi vidio di atas, vidio yang berjudul: ” belajar membuat pantun”.
Sebelum melakukan kegiatan pembelajaran harusnya melaksanakan Apersepsi terlebih dahulu.
Karna jika berlangsung materi anak-anak kurang fokus ketika mendapat pertanyaan dari guru.
Namun, jika ingin efektif buatlah beberapa kelompok agar bisa bertukar pendapat satu sama lain dan di buat kelompok juga bisa melatih kerjasama anak-anak dalam mengerjakan soal.
Nama : Amelia Octaviani
Nim : 859537848
Pokjar : Sidomulyo
Hasil analisa saya atas vidio ” Belajar Membuat Pantun” adalah sebagai berikut:
Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru sudah aktif.
Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu Guru belum menunjukkan keterampilan dalam membuka pelajaran. Ketika membagi kelompok guru sedikit kesulitan sehingga kelas tidak kondusif.
Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu Guru membangun pengetahuan siswa tentang pembelajaran, guru menstimulasi siswa agar siswa berani tampil maju ke depan kelas, siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok agar memunculkan kegiatan berdiskusi.
Hal-hal unik yang saya temukan dalam vidio tersebut saat guru melaksanakan pembelajaran yaitu siswa sudah pandai dalam mencontohkan membaca pantun
Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran yaitu : Pada awal pembelajaran, guru membuka pelajaran dengan menyanyikan lagu atau tepuk-tepuk agar siswa lebih bersemangat dan fokus dalam pembelajaran. Kemudian disaat berdiskusi guru hendaknya berkeliling mengamati hasil kerja kelompok siswa.
Nama : Amelia Octaviani
Nim : 859537848
Pokjar : Sidomulyo
Hasil analisa saya atas vidio “Belajar Membuat Pantun” adalah sebagai berikut:
Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru sudah aktif.
Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu Guru belum menunjukkan keterampilan dalam membuka pelajaran. Ketika membagi kelompok guru sedikit kesulitan sehingga kelas tidak kondusif.
Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu Guru membangun pengetahuan siswa tentang pembelajaran, guru menstimulasi siswa agar siswa berani tampil maju ke depan kelas, siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok agar memunculkan kegiatan berdiskusi.
Hal-hal unik yang saya temukan dalam vidio tersebut saat guru melaksanakan pembelajaran yaitu siswa sudah pandai dalam mencontohkan membaca pantun
Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran yaitu : Pada awal pembelajaran, guru membuka pelajaran dengan menyanyikan lagu atau tepuk-tepuk agar siswa lebih bersemangat dan fokus dalam pembelajaran. Kemudian disaat berdiskusi guru hendaknya berkeliling mengamati hasil kerja kelompok siswa.
Setelah saya melihat video tersebut dapat di simpulkan bahwa,
Terdapat beberapa Kelemahan:
1. Pada saat melakukan pembelajaran guru tidak melakukan berdoa sebelum memulai pembelajaran dan tidak bertanya tentang ketersediaan murid untuk belajar baik itu dari alat tulis kesiapan dan lainnya.
2. Guru tidak melakukan apresiasi sebelum melakukan pembelajaran.
3. Ketika pembagian kelompok guru sedikit mengalami kesulitan sehingga siswa menjadi tidak kondusif di dalam kelas.
Hal unik yang terdapat di video tersebut:
Bagaimana Siswa dapat membaca pantun dengan baik dan benar
Rencana perbaikan:
1. Sebelum memulai pembelajaran sebaiknya guru melakukan apresiasi dan motivasi kepada siswa
2. Dalan pembelajaran kelompok sebaiknya guru melakukan kontrol secara bergiliran kepada setiap kelompok agar pembelajaran berjalan dengan baik dan kondusif
Nama : fiah dwi agustin
Nim : 857029593
Pokjar : sidomulyo
Setelah saya melihat video tersebut dapat di simpulkan bahwa,
Terdapat beberapa Kelemahan:
1. Pada saat melakukan pembelajaran guru tidak melakukan berdoa sebelum memulai pembelajaran dan tidak bertanya tentang ketersediaan murid untuk belajar baik itu dari alat tulis kesiapan dan lainnya.
2. Guru tidak melakukan apresiasi sebelum melakukan pembelajaran.
3. Ketika pembagian kelompok guru sedikit mengalami kesulitan sehingga siswa menjadi tidak kondusif di dalam kelas.
Hal unik yang terdapat di video tersebut:
Bagaimana Siswa dapat membaca pantun dengan baik dan benar
Rencana perbaikan:
1. Sebelum memulai pembelajaran sebaiknya guru melakukan apresiasi dan motivasi kepada siswa
2. Dalan pembelajaran kelompok sebaiknya guru melakukan kontrol secara bergiliran kepada setiap kelompok agar pembelajaran berjalan dengan baik dan kondusif