silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana cara membuat pantun, juga memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk membuat pantun, mendiskusikan isi pantun, dan bersosialisasi dengan temannya. Pembelajaran secara berkelompok akan berhasil jika dalam proses pembelajaran, guru mengarahkan dan mengamati kegiatan yang dilakukan setiap kelompok. Apakah anda pernah melakukan pembelajaran membuat pantun dengan cara berkelompok? Bagaimana cara anda melakukan proses pembelajarannya? Ayo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar anda!

Dra. Yetty Morelent, M. Hum.

Similar Posts

399 Comments

  1. Nama : Ria Trisna Puji Astuti
    NIM : 857031869
    Kelas : 6D
    Pokjar : Sidomulyo

    Reaksi Siswa : Sebagian peserta didik cukup aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, namun ada juga peserta yang pasif
    Kelebihan : Terciptanya suasana kelas yang menyenangkan sehingga peserta didik pun ikut berpartisipasi aktif dalam pembelajaran sehingga pembelajaran tidak monoton.
    Kelemahan : pada awal pembelajaran guru tidak mengajak peserta didik berdoa terlebih dahulu, guru juga tidak menjelaskan diawal langkah dasar dalam pembuatan pantun yang baik dan benar
    Hal unik : Peserta didik mampu membuat dan membaca pantun dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan
    Rekomendasi perbaikan : Guru perlu mencontohkan terlebih dahulu bagaimana cara membuat pantun agar lebih memberikan pemahaman yang baik pada peserta didik.

  2. Nama : khusnul Chotimah Arum M
    NIM : 878189093
    setelah saya melihat video tersebut, dapat disimpulkan bahwa :
    KELEMAHAN PEMBELAJARAN DALAM VIDEO
    a. Pada awal pembelajaran, guru tidak mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu.
    b. Guru juga tidak memberikan contoh yang tepat tentang cara membaca pantun dengan benar.
    c. Saat proses pembagian kelompok, terjadi kegaduhan yang membuat suasana kelas menjadi kurang kondusif.
    KELEBIHAN PEMBELAJARAN DALAM VIDEO
    a. Materi yang disampaikan cukup mudah dipahami, singkat, dan jelas.
    b. Suasana kelas terlihat menyenangkan selama proses pembelajaran.
    c. Siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga proses belajar menjadi lebih dinamis dan tidak membosankan.
    HAL UNIK YANG TERDAPAT DALAM VIDEO
    Peserta didik mampu membaca pantun dengan baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku.
    RENCANA PERBAIKAN YANG DAPAT DILAKUKAN (ATAS DASAR KELEBIHAN DAN KEKURANGAN )
    a. Perlu adanya kegiatan ulasan atau refleksi dari siswa untuk mengetahui sejauh mana mereka memahami materi yang telah diajarkan.
    b. Guru sebaiknya memberikan contoh secara langsung agar siswa lebih mudah memahami isi pembelajaran.

  3. Nama : DEXA ARI WIJAYANTI
    NIM : 859539794
    Prodi : PGSD-S1

    Reaksi Siswa:
    Siswa menunjukkan reaksi positif dengan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Mereka terlibat dalam kerja kelompok dan saling berinteraksi, yang menunjukkan bahwa mereka merasa nyaman untuk berbagi pengalaman dan bertukar pikiran dalam membuat pantun.
    Kelemahan Guru:
    Pada awal pembelajaran tidak diawali dengan doa terlebih dahulu dan Kelemahan guru terletak pada kurangnya pengawasan dan pengamatan terhadap setiap kelompok. Beberapa siswa masih belum teratur dalam bekerja, yang menunjukkan bahwa guru perlu lebih memperhatikan dinamika kelompok untuk memastikan semua siswa terlibat dan mengerjakan tugas dengan baik.
    Kelebihan Guru:
    Kelebihan guru adalah kemampuan untuk menjelaskan materi dengan seksama dan memberikan solusi yang tepat untuk membantu pemahaman siswa. Memberikan contoh cara membaca pantun juga merupakan strategi yang efektif untuk mempercepat pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.
    Hal Unik:
    Hal unik dalam pembelajaran ini adalah penggunaan pengalaman pribadi siswa sebagai dasar untuk membuat pantun. Ini tidak hanya membuat pembelajaran lebih relevan dan menarik, tetapi juga mendorong siswa untuk berpikir kreatif dan mengekspresikan diri mereka melalui pantun.
    Saran:
    Saran untuk guru adalah untuk meningkatkan pengamatan dan pengawasan terhadap setiap kelompok selama proses pembelajaran. Mungkin bisa diterapkan sistem rotasi di mana guru mengunjungi setiap kelompok secara berkala untuk memastikan semua siswa terlibat dan membantu mereka yang mungkin mengalami kesulitan. Selain itu, memberikan lebih banyak contoh dan variasi pantun dapat membantu siswa lebih memahami struktur dan teknik pembuatan pantun.

  4. Nama : Muhammad Afrandi
    Nim : 856087704
    Pokjar : Batam

    Menurut saya, belajar membuat pantun adalah pengalaman yang menarik dan bermanfaat. Pantun adalah bentuk puisi lama indonesia yang unik, dengan belajar membuat pantun kita dapat melatih kemampuan berbahasa, memperluas kosa kata, dan meningkatkan daya imajinasi.

  5. Nama Deliana Buulolo
    Nim 855866124
    Pokjar Idanogawo

    Menurut saya vidio diatas memberikan motivasi yang baik kepada siswa untuk membuat pantun, hanya saja ada sedikit yang perlu di perbaiki misalnya, Guru jangan langsung mengarahkan siswa untuk berdiskusi tapi harus lebih duluan memberi contoh tentang materi yang akan di pelajari.

    Terimakasih🙏

  6. Nama : Ayu Margaretha Gulo
    NIM : 877521196
    Pokjar : Salut Damai

    Menurut pengamatan saya, maka dapat disimpulkan bahwa video memiliki beberapa kelebihan yaitu:
    – Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok, untuk memfasilitasi mereka agar berlatih berdiskusi
    – Guru terlebih dahulu menjelaskan sebuah conton pantun dan menganalisisnya bersama siswa

    namun, ada juga kelemahannya yaitu:
    – sebaiknya, guru terlebih dahulu menjelaskan contoh pantun, baru membagi kelompok. Ini agar siswa lebih kondusif dan berkonsentrasi
    – guru belum menjelaskan manfaat dan tujuan dari membuat pantun.

    rencana perbaikan:
    – guru dapat mengatur ketua dan sekretaris di dalam kelompok, agar kelompok bisa lebih terorganisir.
    – kesimpulan pembelajaran sebaiknya dijelaskan lebih jelas dan bukan hanya sekilas.

  7. Nama:Melda lazari
    Nim:856484528
    UPBJJ:Pekanbaru

    Menurut saya dalam vidio tersebut siswa sangat antusias dalam mengikuti proses pembelajaran,akan tetapi seharusnya guru terlebih dahulu menjelaskan contoh pantun baru membagi kelompok ini agar siswa lebih konduktif dan berkonsentrasi.

  8. Nama : Erza Rahmawati
    NIM : 858433724
    Program Studi : PGSD S1

    Dari analisis video pembelajaran di atas terdapat beberapa kekurangan seperti :
    1. Guru tidak memberikan contoh pantun yang benar
    2. Guru tidak memberikan contoh bagaimana cara membaca pantun dengan nada
    3. Ketika proses pembagian kelompok kelas menjadi tidak teratur dan ribut

    Kelebihan pembelajaran :
    Peserta didik sangat antusias dan aktif dalam pembelajaran.
    Peserta didik terbagi menjadi beberapa kelompok sehingga peserta didik dapat mengerjakan tugas bersama dan saling berbagi pemahaman.

  9. Nama : Ahmad Misbahul Fatih
    NIM : 856481325
    Pokjar : Pelalawan

    Saya pernah melakukan pembelajaran membuat pantun dengan metode kerja kelompok di kelas 5 SD. Dalam proses pembelajarannya, saya membagi siswa ke dalam kelompok kecil berisi 2-3 orang. Setiap kelompok saya beri tugas untuk membuat minimal dua pantun berdasarkan tema yang sudah ditentukan, misalnya tema alam atau persahabatan.

    Pertama, saya memberi contoh dan penjelasan singkat tentang ciri-ciri pantun, terutama rima dan jumlah baris. Kemudian, siswa mulai berdiskusi dalam kelompoknya. Selama proses berlangsung, saya berkeliling untuk mengamati, membimbing, dan memberi masukan jika ada kelompok yang kesulitan menyusun bait pantun. Setelah selesai, tiap kelompok mempresentasikan hasil pantunnya di depan kelas.

    Dengan metode ini, saya melihat siswa lebih aktif, kreatif, dan semangat dalam belajar. Mereka juga belajar saling menghargai ide teman, dan suasana kelas menjadi lebih hidup. Metode ini sangat saya rekomendasikan untuk guru lain yang ingin mengajarkan pantun dengan cara menyenangkan dan bermakna.

  10. Nama : CAHLIYAH
    NIM : 857601575
    Pokjar : Smk Kersana

    Baik , menurut pendapat saya, dalam video tersebut yang sudah saya lihat dalam pembelajaran yang membahas topik “Belajar Membuat Pantun” guru tersebut telah melaksanakan kegiatan belajar dengan cukup baik, namun masih ada beberapa poin yang masih harus di perbaiki, dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut, yaitu :
    1. Awal pembelajaran harus diawali dengan doa bersama.
    2. Guru harus memberi apersepsi terlebih dahulu agar suasana kelas menjadi aman,nyaman,senang.
    3. Guru harus menyampaikan tujuan dan manfaat dari materi yang akan dipelajari.
    4. Guru harus bisa menyimpulkan bersama siswa apa yang sudah dipelajari dalam materi pembelajaran pada saat bagian penutup pembelajaran.

Leave a Reply