silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana cara membuat pantun, juga memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk membuat pantun, mendiskusikan isi pantun, dan bersosialisasi dengan temannya. Pembelajaran secara berkelompok akan berhasil jika dalam proses pembelajaran, guru mengarahkan dan mengamati kegiatan yang dilakukan setiap kelompok.
Apakah anda pernah melakukan pembelajaran membuat pantun dengan cara berkelompok? Bagaimana cara anda melakukan proses pembelajarannya? Ayo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar anda!
!
Dra. Yetty Morelent, M. Hum.
–
–
–
–
Nama : Ria Trisna Puji Astuti
NIM : 857031869
Kelas : 6D
Pokjar : Sidomulyo
Reaksi Siswa : Sebagian peserta didik cukup aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, namun ada juga peserta yang pasif
Kelebihan : Terciptanya suasana kelas yang menyenangkan sehingga peserta didik pun ikut berpartisipasi aktif dalam pembelajaran sehingga pembelajaran tidak monoton.
Kelemahan : pada awal pembelajaran guru tidak mengajak peserta didik berdoa terlebih dahulu, guru juga tidak menjelaskan diawal langkah dasar dalam pembuatan pantun yang baik dan benar
Hal unik : Peserta didik mampu membuat dan membaca pantun dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan
Rekomendasi perbaikan : Guru perlu mencontohkan terlebih dahulu bagaimana cara membuat pantun agar lebih memberikan pemahaman yang baik pada peserta didik.
Nama : khusnul Chotimah Arum M
NIM : 878189093
setelah saya melihat video tersebut, dapat disimpulkan bahwa :
KELEMAHAN PEMBELAJARAN DALAM VIDEO
a. Pada awal pembelajaran, guru tidak mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu.
b. Guru juga tidak memberikan contoh yang tepat tentang cara membaca pantun dengan benar.
c. Saat proses pembagian kelompok, terjadi kegaduhan yang membuat suasana kelas menjadi kurang kondusif.
KELEBIHAN PEMBELAJARAN DALAM VIDEO
a. Materi yang disampaikan cukup mudah dipahami, singkat, dan jelas.
b. Suasana kelas terlihat menyenangkan selama proses pembelajaran.
c. Siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga proses belajar menjadi lebih dinamis dan tidak membosankan.
HAL UNIK YANG TERDAPAT DALAM VIDEO
Peserta didik mampu membaca pantun dengan baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku.
RENCANA PERBAIKAN YANG DAPAT DILAKUKAN (ATAS DASAR KELEBIHAN DAN KEKURANGAN )
a. Perlu adanya kegiatan ulasan atau refleksi dari siswa untuk mengetahui sejauh mana mereka memahami materi yang telah diajarkan.
b. Guru sebaiknya memberikan contoh secara langsung agar siswa lebih mudah memahami isi pembelajaran.
Nama : DEXA ARI WIJAYANTI
NIM : 859539794
Prodi : PGSD-S1
Reaksi Siswa:
Siswa menunjukkan reaksi positif dengan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Mereka terlibat dalam kerja kelompok dan saling berinteraksi, yang menunjukkan bahwa mereka merasa nyaman untuk berbagi pengalaman dan bertukar pikiran dalam membuat pantun.
Kelemahan Guru:
Pada awal pembelajaran tidak diawali dengan doa terlebih dahulu dan Kelemahan guru terletak pada kurangnya pengawasan dan pengamatan terhadap setiap kelompok. Beberapa siswa masih belum teratur dalam bekerja, yang menunjukkan bahwa guru perlu lebih memperhatikan dinamika kelompok untuk memastikan semua siswa terlibat dan mengerjakan tugas dengan baik.
Kelebihan Guru:
Kelebihan guru adalah kemampuan untuk menjelaskan materi dengan seksama dan memberikan solusi yang tepat untuk membantu pemahaman siswa. Memberikan contoh cara membaca pantun juga merupakan strategi yang efektif untuk mempercepat pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.
Hal Unik:
Hal unik dalam pembelajaran ini adalah penggunaan pengalaman pribadi siswa sebagai dasar untuk membuat pantun. Ini tidak hanya membuat pembelajaran lebih relevan dan menarik, tetapi juga mendorong siswa untuk berpikir kreatif dan mengekspresikan diri mereka melalui pantun.
Saran:
Saran untuk guru adalah untuk meningkatkan pengamatan dan pengawasan terhadap setiap kelompok selama proses pembelajaran. Mungkin bisa diterapkan sistem rotasi di mana guru mengunjungi setiap kelompok secara berkala untuk memastikan semua siswa terlibat dan membantu mereka yang mungkin mengalami kesulitan. Selain itu, memberikan lebih banyak contoh dan variasi pantun dapat membantu siswa lebih memahami struktur dan teknik pembuatan pantun.
Nama : Muhammad Afrandi
Nim : 856087704
Pokjar : Batam
Menurut saya, belajar membuat pantun adalah pengalaman yang menarik dan bermanfaat. Pantun adalah bentuk puisi lama indonesia yang unik, dengan belajar membuat pantun kita dapat melatih kemampuan berbahasa, memperluas kosa kata, dan meningkatkan daya imajinasi.
Nama Deliana Buulolo
Nim 855866124
Pokjar Idanogawo
Menurut saya vidio diatas memberikan motivasi yang baik kepada siswa untuk membuat pantun, hanya saja ada sedikit yang perlu di perbaiki misalnya, Guru jangan langsung mengarahkan siswa untuk berdiskusi tapi harus lebih duluan memberi contoh tentang materi yang akan di pelajari.
Terimakasih🙏
Nama : Ayu Margaretha Gulo
NIM : 877521196
Pokjar : Salut Damai
Menurut pengamatan saya, maka dapat disimpulkan bahwa video memiliki beberapa kelebihan yaitu:
– Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok, untuk memfasilitasi mereka agar berlatih berdiskusi
– Guru terlebih dahulu menjelaskan sebuah conton pantun dan menganalisisnya bersama siswa
namun, ada juga kelemahannya yaitu:
– sebaiknya, guru terlebih dahulu menjelaskan contoh pantun, baru membagi kelompok. Ini agar siswa lebih kondusif dan berkonsentrasi
– guru belum menjelaskan manfaat dan tujuan dari membuat pantun.
rencana perbaikan:
– guru dapat mengatur ketua dan sekretaris di dalam kelompok, agar kelompok bisa lebih terorganisir.
– kesimpulan pembelajaran sebaiknya dijelaskan lebih jelas dan bukan hanya sekilas.
Nama:Melda lazari
Nim:856484528
UPBJJ:Pekanbaru
Menurut saya dalam vidio tersebut siswa sangat antusias dalam mengikuti proses pembelajaran,akan tetapi seharusnya guru terlebih dahulu menjelaskan contoh pantun baru membagi kelompok ini agar siswa lebih konduktif dan berkonsentrasi.
Nama : Erza Rahmawati
NIM : 858433724
Program Studi : PGSD S1
Dari analisis video pembelajaran di atas terdapat beberapa kekurangan seperti :
1. Guru tidak memberikan contoh pantun yang benar
2. Guru tidak memberikan contoh bagaimana cara membaca pantun dengan nada
3. Ketika proses pembagian kelompok kelas menjadi tidak teratur dan ribut
Kelebihan pembelajaran :
Peserta didik sangat antusias dan aktif dalam pembelajaran.
Peserta didik terbagi menjadi beberapa kelompok sehingga peserta didik dapat mengerjakan tugas bersama dan saling berbagi pemahaman.
Nama : Ahmad Misbahul Fatih
NIM : 856481325
Pokjar : Pelalawan
Saya pernah melakukan pembelajaran membuat pantun dengan metode kerja kelompok di kelas 5 SD. Dalam proses pembelajarannya, saya membagi siswa ke dalam kelompok kecil berisi 2-3 orang. Setiap kelompok saya beri tugas untuk membuat minimal dua pantun berdasarkan tema yang sudah ditentukan, misalnya tema alam atau persahabatan.
Pertama, saya memberi contoh dan penjelasan singkat tentang ciri-ciri pantun, terutama rima dan jumlah baris. Kemudian, siswa mulai berdiskusi dalam kelompoknya. Selama proses berlangsung, saya berkeliling untuk mengamati, membimbing, dan memberi masukan jika ada kelompok yang kesulitan menyusun bait pantun. Setelah selesai, tiap kelompok mempresentasikan hasil pantunnya di depan kelas.
Dengan metode ini, saya melihat siswa lebih aktif, kreatif, dan semangat dalam belajar. Mereka juga belajar saling menghargai ide teman, dan suasana kelas menjadi lebih hidup. Metode ini sangat saya rekomendasikan untuk guru lain yang ingin mengajarkan pantun dengan cara menyenangkan dan bermakna.
Nama : CAHLIYAH
NIM : 857601575
Pokjar : Smk Kersana
Baik , menurut pendapat saya, dalam video tersebut yang sudah saya lihat dalam pembelajaran yang membahas topik “Belajar Membuat Pantun” guru tersebut telah melaksanakan kegiatan belajar dengan cukup baik, namun masih ada beberapa poin yang masih harus di perbaiki, dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut, yaitu :
1. Awal pembelajaran harus diawali dengan doa bersama.
2. Guru harus memberi apersepsi terlebih dahulu agar suasana kelas menjadi aman,nyaman,senang.
3. Guru harus menyampaikan tujuan dan manfaat dari materi yang akan dipelajari.
4. Guru harus bisa menyimpulkan bersama siswa apa yang sudah dipelajari dalam materi pembelajaran pada saat bagian penutup pembelajaran.