silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana cara membuat pantun, juga memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk membuat pantun, mendiskusikan isi pantun, dan bersosialisasi dengan temannya. Pembelajaran secara berkelompok akan berhasil jika dalam proses pembelajaran, guru mengarahkan dan mengamati kegiatan yang dilakukan setiap kelompok. Apakah anda pernah melakukan pembelajaran membuat pantun dengan cara berkelompok? Bagaimana cara anda melakukan proses pembelajarannya? Ayo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar anda!

Dra. Yetty Morelent, M. Hum.

Similar Posts

399 Comments

  1. Nama : Mina Paulina
    NIM : 858308424

    setelah saya menonton video tersebut, maka menurut pendapat saya. Alur penyampaian materi cukup terstruktur, diawali dengan pengantar tentang apa itu pantun, dilanjutkan contoh-contoh, dan diakhiri dengan tugas membuat pantun sendiri. Penjelasan konsep pantun sederhana dan disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami untuk siswa SD. Guru dalam video beberapa kali mengajak siswa berpikir dengan pertanyaan terbuka seperti, “Coba siapa yang tahu apa itu pantun?”. keterlibatan peserta didik juga sangat baik, seperti Siswa diberi tugas untuk membuat pantun sederhana, yang mendorong mereka aktif, bukan hanya mendengar pasif. Akan tetapi, Akan lebih baik jika disisipkan contoh jawaban dari siswa lain (misal video pendek siswa) untuk membuatnya terasa lebih hidup. Video ini sudah cukup efektif sebagai media pembelajaran berbasis kasus untuk anak SD. Materinya jelas, interaktif, dan relevan.
    Namun, ada potensi pengembangan dari segi kreativitas media, interaksi siswa, dan peningkatan kualitas audio-visual.

  2. Nama: Machika Asya Tustiyana
    NIM: 856375951
    UPBJJ: BOGOR

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Jawab:
    • Reaksi peserta didik antusias saat membacakan hasil pantun mereka

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab:
    • Guru tersebut tidak melakukan doa bersama saat sebelum melakukan pembelajaran
    • Guru tersebut belum menyampaikan tujuan yang akan dicapai pada pembelajaran tersebut kepada peserta didik
    • Pada kegiatan penutup guru tersebut belum menyampaikan kesimpulan dari pembelajaran yang telah dilaksanakan oleh peserta didik

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab:
    • Guru tersebut melakukan metode diskusi atau berkelompok sehingga membuat peserta didik aktif dalam berdiskusi
    • Saat peserta didik membacakan hasil dari diskusi mereka dan guru tersebut memberikan penghargaan atau apresiasi yang positif terhadap peserta didik
    • Sebelum memberikan tugas kepada peserta didik guru tersebut telah menjelaskan contoh pantun kepada peserta didik

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Jawab:
    • Dengan dibentuk kelompok oleh guru tersebut membuat peserta didik bisa berdiskusi dengan temennya yang lain dan juga menumbuhkan interaksi dengan temannya

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Jawab:
    • Sebaiknya sebelum melakukan kegiatan pembelajaran diharuskan berdoa terlebih dahulu
    • Sebaiknya kesimpulan pembelajaran yang telah disampaikan dijelaskan kepada peserta didik

  3. nama : Susila Ekawati
    NIM : 877822456
    Pokjar : Bogor

    – Kelemahan dalam kegiatan pembelajaran
    Menurut saya penjelasan pendidik tersebut sudah cukup baik hanya sebaiknya sebelum memulai pembelajaran berdo’a terlebih dahulu, guru sebaiknya menjelaskan contoh pantun, baru membagi kelompok. Ini agar siswa lebih kondusif dan berkonsentrasi. guru juga belum menjelaskan manfaat dan tujuan dari membuat pantun.

    – Kelebihan dalam kegiatan pembelajaran
    Menurut saya kelebihan dari video tersebut adalah :
    – Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok, untuk memfasilitasi mereka agar berlatih berdiskusi
    – Guru terlebih dahulu menjelaskan sebuah contoh pantun dan menganalisisnya bersama siswa

    – Hal-hal unik dalam kegiatan pembelajaran
    Menurut saya hal unik tersebut terjadi ketika semua siswa secara bersamaan berdiri dan membentuk kelompok, hal tersebut tentunya terjadi karena keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran tersebut. Siswa juga semangat membacakan pantun yang mereka buat.

    – Solusi untuk meningkatkan pembelajaran
    Menurut saya untuk meningkatkan kualitas dalam kegiatan pembelajaran tersebut guru dapat menggunakan media pembelajaran berupa PPT agar pembelajaran tersebut lebih menarik dan menyenangkan. Alat dan media pembelajaran ini juga dapat digunakan untuk kelompok pelajar yang tidak ada akses internet sama sekali. Serta Kesimpulan pembelajaran sebaiknya dijelaskan lebih jelas dan bukan hanya sekilas.

  4. Nama : Afiyatina Awaliah
    NIM : 877823694

    -Guru tidak menjelaskan materi mengenai pantun secara lengkap, langkah langkah membuat pantun tetapi guru malah langsung membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
    -Dalam pembagian kelompok siswa belum dapat terkondisikan dengan baik.

    Solusi:
    -Sebaiknya guru memaparkan materi mengenai pantun dengan lebih jelas (misalnya menampilkan ciri-ciri pantun pada layar proyektor atau berupa video pembelajaran yang menarik).
    -Sebelum menugaskan siswa untuk membuat patun sebaiknya guru memberikan contoh dalam membuat pantun terlebih dahulu.
    -Akan lebih efsien jika guru terlebih dahulu menyusun meja dan kursi berkelompok sebelum memulai pembelajaran yang akan ada tugas berkelompok.

  5. Nama : Jauharotun Gholiah
    NIM : 857365801
    UPBJJ-BOGOR

    Pada video yg ditampilkan pada lamanya GPO ,menurut saya disini pada saat Pendahuluan guru tidak mengajak peserta didik untuk berdoa terlebih dahulu,lalu pada bagian inti guru tidak menjelaskan terlebih dahulu tentang pengertian materi Pantun, langkah-langkah pengertian pantun tidak dijelaskan oleh guru
    Sebaiknya menurut saya pada bagian pembukaan alangkah baiknya sebelum memulai pembelajaran berdoa terlebih dahulu,lalu melakukan ice breaking supaya peserta didik lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran hari itu, lalu pada bagian inti sebelum meminta peserta didik untuk mengerjakan tugas sebaiknya guru menjelaskan terlebih dahulu tentang materi yg akan dipelajari dan menyebutkan langkah-langkah cara membuat pantun

  6. Nama : Abunnajib Sahra Wardi
    NIM : 857155791
    UPBJJ : Jakarta

    Setelah saya analisis video ini, saya menemukan guru memulai pelajaran dengan langsung membagi kelompok diskusi untuk membuat pantun. Alangkah baiknya jika guru memulai dengan pertanyaan pemantik agar siswa lebih bersemangat dan lebih merasa ingin tahu lebih serta diberi penjelasan terlebih dahulu. Dimulai dari apa itu pantun, apa fungsi pantun, bagaimana membuat pantun, dll. Jika memang hal tersebut sudah dilakukan di pertemuan sebelumnya, sebaiknya guru mengulang terlebih dahulu materinya.
    Kelebihan membagi tugas menggunakan kelompok yaitu melatih siswa untuk berdiskusi dan saling berinteraksi satu sama lain. Kemudian memudahkan guru untuk mengawasi tugas yang diberikan.

  7. Nama : Slamet Nurohman
    Nim : 857609247

    Setelah melihat video ini, Guru langsung masuk ke inti materi, tanpa ada awalan seperti absensi serta kegiatan mengulang pembelajaran yang sudah dipelajari.. alangkah baiknya guru melakukan kegiatan pengulangan materi agar anak bisa lebih termotivasi.. selain itu guru juga saat penyampaian materi tidak dijelaskan secara berurutan
    Seperti arti pantun, jenis-jenis pantun aturan membuat pantun dan yang lain..Dan untuk kelebihan dari pembelajaran tersebut, guru dengan sigap membuat kelompok serta membuat anak saling aktif dalam menanggapi pantun teman sebayanya

    Terimakasih

  8. Setelah saya mengamati video ini saya menemukan guru dalam memulai pembelajaran membuat pantun peserta didik langsung membagi menjadi beberapa kelompok.Sebaiiknya sebelum memulai pembelajaran inti guru terlebih dahulu memberi penjelasan serta petunjuk terkait pembahasan pembuatan pantun untuk menghindari kebingungan pada peserta didik.guru bisa mengulang kembali pelajaran Minggu lalu terkait pantun dan memberikan contoh kepada peserta didik dan dalam diskusi kelompok bisa memberikan bimbingan kepada masing- masing kelompok .

  9. Nama : Mulyani
    NIM. : 857365786
    Pokjar: Bogor
    Menurut saya setelah menyimak video ini sebaiknya sebagai guru tidak langsung membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok, tetapi sebaliknya menerangkan dan memberikan petunjuk terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan membuat pantun agar peserta didik tidak kebingungan.Berikanlah apersepsi terlebih dahulu terkait pembuatan pantun dan memberikan bimbingan pada setiap kelompok dalam melakukan diskusi.

  10. Nama : NI WAYAN BENI INDRIANI
    Nim : 859540348
    Setelah menonton video di atas menurut saya, dengan video pembelajaran, pantun ini sudah cukup efektif untuk mendorong siswa untuk berpartisipasi secara aktif, melibatkan mereka dalam diskusi kelompok, dan memberikan contoh yang mudah dipahami. Namun, proses belajar akan menjadi lebih baik dan menyenangkan bagi siswa jika ada perbaikan pada penyampaian materi, pengelolaan kelas, dan penggunaan media pembelajaran.
    Terimakasih

Leave a Reply