silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana cara membuat pantun, juga memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk membuat pantun, mendiskusikan isi pantun, dan bersosialisasi dengan temannya. Pembelajaran secara berkelompok akan berhasil jika dalam proses pembelajaran, guru mengarahkan dan mengamati kegiatan yang dilakukan setiap kelompok.
Apakah anda pernah melakukan pembelajaran membuat pantun dengan cara berkelompok? Bagaimana cara anda melakukan proses pembelajarannya? Ayo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar anda!
!
Dra. Yetty Morelent, M. Hum.
–
–
–
–
Nama: Yunita Mutiara Dewi (857733577) Menurut pendapat saya setelah mengamati video pembelajaran tentang belajar membuat pantun, guru sudah melakukan kegiatan awal seperti mengucap salam dan menanyakan kehadiran siswa, namun melewatkan doa sebelum belajar. Siswa memperhatikan penjelasan guru. Guru menggunakan suara yang lantang dan jelas. Kemudian guru juga melaksanakan kegiatan inti seperti membagi siswa menjadi beberapa kelompok, guru memberikan pertanyaan pemantik seputar materi yang diajarkan sehingga siswa selalu aktif dan tidak lupa memuji jika jawaban siswa benar. Memberikan contoh pantun yang jelas. Setiap kelompok dapat mepresentasikan hasil diskusi dengan baik. Guru juga memberikan penguatan terhadap jawaban siswa.
Nama : Dewi Ulviani
NIM : 857751464
PROGRM STUDI : PGSD- POKJAR KALIWUNGU
Berdasarkan video pembelajaran diatas yaitu tentang “Belajar membuat pantun” pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV berikut ini hasil analisis saya :
1. Yang pertama Guru sudah menyapa anak-anak dengan baik.Hanya saja guru tidak mengajak anak- anak berdoa terlebih dahulu.sebelum melakukan kegiatan.Dan Menyapa anak dengan kabarnya mereka.
2. Cara pembelajarn Guru dalam menyampaikan ke anak-anak cukup baik dan jelas sampe anak juga sudah cukup mampu dan bisa mungkin pembelajaranya meskipun berulang2 sampe siswa mampu , Apalagi dengan sistem kelompok ketika siswa disruh membuat Pantun , namun hanya saja Siswa merasa kesulitan ketika guru menyuruh siswa membagi kelompoknya sendiri.
3. Sebelum membuat pantun Guru juga sudah menyampaikan kembali inti dari Ciri-ciri Pantun dan conothnya agar siswa mengiat kembali sebelum membuat tugasnya .
4. Jadi untuk proses pembelajarannya menurut saya sudah bagus dan berjalan lancar. para siswa diminta untuk melengkapi pantun ibu guru yang sudah di rancang, kemudian mereka menampilkannya ke depan kelas.
demikian analisis dari saya.
Nama : ARIMBI TIA DEWI
NIM. : 858893223
Program Studi : S1-PGSD
Pokjar : Purwoharjo
Pada vidio diatas permasalahan di dalam kelas yang saya lihat adalah :
1. sebelum memulai pembelajaran, guru lupa untuk menerapkan membaca doa sebelum memulai kegiatan.
2. pada saat pembentukan kelompok kelas kurang kondusif. seharusnya guru dari awal sudah membagikan sendiri. sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk menunggu siswanya membentuk kelompok.
3. sebaiknya guru memberikan lembar tugas. tidak hanya mendikte saja. karena mengingat kemampuan siswa berbeda beda.
4. sebelum pembelajaran di ahiri, guru tidak ada salam ataupun berdoa.
nama : elma yanti sirait
nim : 855994752
pokjar : Rantauprapat
vidio yang saya amati adalah
-ibu guru menanyakan kepada siswa tentang pembelajaran yang akan di pelajari, walaupun sudah di sampaikan pada minggu sebelumnya namun ada baiknya ibu guru menyampaikan kembali pengertian dari pembelajaran membuat pantun tersebut,
-dalam pembelajaran membuat pantun ini, saya sangat setuju dengan cara ibu guru melakukan pembelajaran secara berkelompok, sehingga para siswa akan lebih bersosialisasi lagi terhadap teman-temannya. karena dalam pembelajaran akan lebih bagus lagi jika di lakukan secara berkelompok, maka mereka akan saling pertukan pendapat. dan ini sangat bagus untuk perkembangan anak di sekolah.
-menurut saya kurang efektif adalah, dalam proses pembentukan kelompok ibu guru terlihat agak kesulitan, karena anak-anak di minta membuat kelompok sendiri sehingga menimbulkan keributan dalam pemilihan kelompok. ada baiknya ibu guru saja yang membetuk kelompok tersebut sehingga anggota kelompok terbentuk secara merata.
Nama : Romika Rosalia Pasaribu
Nim : 856038006
Program Studi: PGSD-S1
Pokjar : Labuhan batu Selatan
UPBJJ : MEDAN
Menurut analisis saya dari video yang saya lihat
Menurut saya,
Pada video pembelajaran bahasa Indonesia, yaitu tentang belajar membuat pantun. Keunggulan dari guru tersebut mengajar yaitu
1. Guru sudah menyapa siswa nya dengan baik
2. Metode pembelajaran yang digunakan juga sudah baik, dengan membagi siswa secara berkelompok dalam pengerjaan membuat pantun. Dengan demikian siswa tersebut bisa lebih bersosialisasi terhadap teman temannya
3. Guru memberikan feedback yang bagus dengan memberikan pujian dan tepuk tangan setelah siswa maju membacakan hasil karyanya atas hasil kerja kelompok mereka
Kekurangannya yaitu
1. Pada saat memulai pembelajaran tidak diawali dengan doa. seharusnya pembelajaran diawali dengan doa dan di tutup dengan doa
2. Materi yang dibawak terlalu monoton tidak ada ice breaking. Seharusnya anak anak agar lebih semangat dalam pembelajaran alangkah baiknya melakukan ice breaking agar lebih semangat selama pembelajaran berlangsung
3. Guru tidak mereview materi pantun sebelumnya. Dalam video tersebut guru langsung meminta siswa untuk membuat pantun secara berkelompok. Seharusnya saat memulai pelajaran guru harus mengulang serta menjelaskan kembali materi sebelumnya yang sudah diajarkan agar siswa tidak kebingungan
4. Dalam pembagian kelompok siswa kurang kondusif, suasana kelas terlihat gaduh,karena anak anak biasanya cenderung pilih pilih dan anak anak yang sedikit pemalu akan kesulitan dalam membentuk kelompok nya
Seharusnya guru yg membentuk kelompok terhadap siswa tersebut agar suasana kelas lebih kondusif.
Nama: KHAERURRAHMAN
Nim : 859153786
Program Studi : PGSD -S1
Menurut saya
1. awalan, sapaan atau pembuka yg sangat baik dan terlihat siswa senang dan nyaman dalam mengikuti pelajaran.
2. Ibu guru tidak lupa menanyakan kembali pelajaran sebelumnya merupakan hal yg sangat harus dilakukan supaya siswa tetap mengingat apa yg telah diajarkan dan ibu guru melakukannya
3. Penjelasan mudah dimengerti dan jelas sehingga siswa cepat mengerti dan tanggap
4. Proses belajar yg sangat efektif dan unik belajar pantuk dengan berkelompok merupakan hal yg unik sehingga siswa dengan berani dan PD maju mebacakan pantunya
5. Namun didalam pembentukan kelompok kurang rapi seharusnya ibuk guru menentukan pasangan kelompok bukan menyuruh siswa mencari sendiri kelompoknya agar tidak ribut
Nama: KHAERURRAHMAN
Nim : 859153786
Program Studi : PGSD -S1
Menurut saya
1. awalan, sapaan atau pembuka yg sangat baik dan terlihat siswa senang dan nyaman dalam mengikuti pelajaran.
2. Ibu guru tidak lupa menanyakan kembali pelajaran sebelumnya merupakan hal yg sangat harus dilakukan supaya siswa tetap mengingat apa yg telah diajarkan dan ibu guru melakukannya
3. Penjelasan mudah dimengerti dan jelas sehingga siswa cepat mengerti dan tanggap
4. Proses belajar yg sangat efektif dan unik belajar pantuk dengan berkelompok merupakan hal yg unik sehingga siswa dengan berani dan PD maju mebacakan pantunya
5. Namun didalam pembentukan kelompok kurang rapi seharusnya ibuk guru menentukan pasangan kelompok bukan menyuruh siswa mencari sendiri kelompoknya agar tidak ribut
Nama: Ni Gede Ayu Pradnya Dewi
Nim : 859029614
Program Studi : PGSD -S1
1. dari video yang saya simak, di awal pembelajaran guru memberikan salam pembuka dengan menanyakan kabar dan menanyakan siswa yang tidak hadir. kemudiaan guru memberikan sedikin ransangan kepada siswa tentang materi yang akan disampaikan di kelas. berikutnya guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk membentuk kelompok untuk membuat pantun sesuai pengalaman siswa masing-masing. setelah selesai membuat pantun, siswapun diberika kesempatan untuk menyampaikan pantun yang sudah dibuat siswa. diakhir pembelajaran guru memberikan pesan dan kesannya agar siswa lebih semangat belajar lagi agar hasilnya maksimal.
demikian yang dapat saya sampaikan, jika ada salah kata, saya minta maaf dan mohon masukan serta bimbingannya lebih lanjut. terima kasih.
2. saya pernah melakukan pembelajaran membuat pantung dengan cara berkelompok. proses yang saya lakukan adalah bisa dibilang sama dengan cara yang dilakukan guru di video. hanya saja pada saat proses membuat pantun dengan kelompok tersebut dilakukan saya memberikan sedikik materi tentang apa itu pantun dan ciri-ciri pantun tersebut. saya juga betul-betul harus mengawasi siswa, memberikan perhatian kepada siswa dan membantu siswa jika siswa ada kendala dalam pembuatan pantun.
Nama : Yuliana Anisa Lestari
NIM : 857696121
Prodi : S1-PGSD
Analisis mengenai video yang berjudul Belajar Membuat Pantun
1. Reaksi anak dalam pembelajaran tersebut sangat nyaman dan mudah berinteraksi dengan guru.
2. Kelemahan guru dalam mengajar menurut saya pada saat belajar berkelompok seharusnya guru menentukan anggota kelompok masing masing kelompoknya agar siswa tidak gaduh.
3. Kelebihan dari pembelajaran tersebut yaitu penjelasan guru yang mudah dipahami siswa karena dari awal sudah dijelaskan tujuan materi yang akan disampaikan, adanya sistem belajar kelompok yang memudahkan siswa dalam belajar serta penjelasan guru mengenai materi yang jelas penyampaiannya.
4. Hal unik yang terdapat dalam pembelajaran tersebut adalah adanya pembentukan kelompok sehingga lebih efektif dan lebih seru dalam belajar membuat pantun, apalagi pantun yang dibuat dengan tema bebas sehingga siswa bisa dengan mudah menuangkan idenya.
5. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas belajar pada video tersebut yaitu dengan meningkatkan cara belajar untuk mendominasikan keaktifan siswa, yaitu dengan siswa maju kedepan menyampaikan hasil belajarnya dan diharuskan setiap penyampaian tugas oleh siswa selalu diapresiasikan oleh guru agar siswa senang dan merasa dihargai dalam setiap hasil belajarnya.
Nama : FENI MAHFIROH
Nim :. 856572418
Dalam materi tersebut yang dijelaskan oleh guru sudah cukup baik, sehingga siswa bersemangat dalam membaca pantun. Namun, ada baiknya sebelum memulai pembelajaran untuk berdoa terlebih dahulu.