silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana cara membuat pantun, juga memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk membuat pantun, mendiskusikan isi pantun, dan bersosialisasi dengan temannya. Pembelajaran secara berkelompok akan berhasil jika dalam proses pembelajaran, guru mengarahkan dan mengamati kegiatan yang dilakukan setiap kelompok. Apakah anda pernah melakukan pembelajaran membuat pantun dengan cara berkelompok? Bagaimana cara anda melakukan proses pembelajarannya? Ayo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar anda!

Dra. Yetty Morelent, M. Hum.

Similar Posts

295 Comments

  1. Nama : AHMAD SUTISNA
    NIM : 836478171
    Program Studi : S1-PGSD

    Dari hasil menyimak video tentang “Belajar membuat pantun”, dapat ditarik kesimpulan bahwa reaksi siswa terhadap kegiatan dalam video tersebut terlihat cukup antusias dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.
    Berdasarkan hasil menyimak, terdapat kelebihan dan kelemahan dalam kegiatan belajar mengajar tersebut, yakni sebagai berikut.
    1. Kelemahan
    a. Sebelum melakukan kegiatan pembelajaran, alangkah lebih baik berdo’a terlebih dahulu sesuai dengan kepercayaan masing-masing
    b. Sesudah berdo’a, alangkah lebih baik untuk melakukan flashback terkait materi pembelajaran pada hari sebelumnya
    c. Guru tidak bertanya terkait kabar/keadaan siswa saat itu
    2. Kelebihan
    a. Pembawaan gaya penyampaian materi guru yang dinilai cukup menyenangkan membuat siswa terlihat sangat antusias
    b. Penyampaian materi yang tidak berbelit sehingga memudahkan siswa untuk mencerna materi tersebut
    c. Metode pembelajaran yang digunakan juga dapat menstimulus kerjasama antar siswa
    Terdapat hal unik dalam video pembelajaran tersebut yakni, dalam video tersebut selama kegiatan belajar mengajar berlangsung menggunakan metode diskusi. Metode ini dapat menstimulus kerjasama siswa sehingga siswa terlatih untuk menghadapi perbedaan pendapat dan melakukan problem solving ketika terdapat masalah dalam kelompok diskusinya. Selain itu, tema puisi yang ditentukan oleh guru juga bebas. Hal ini sangat bagus untuk menstimulus critical thinking siswa.
    Beberapa hal yang mungkin akan menjadi upaya sehingga siswa dapat berkembang lebih baik dalam pembelajaran yaitu, meningkatkan keaktifan siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung (student center) dapat berupa kegiatan seperti sebagai berikut.
    1. Berikan kesempatan siswa untuk mengemukakan pendapat terkait materi pelajaran yang hendak/sudah dipelajarinya
    2. Berikan kesempatan siswa untuk menilai hasil kinerja kelompok temannya
    3. Melakukan pijatan refleksi sederhana untuk meringankan otot/sel yang sudah berkontribusi dalam tubuh selama kegiatan pembelajaran berlangsung

  2. NAMA : LIISMAWATI
    NIM : 859885884
    PRODI : S1-PGSD (MASUKAN SARJANA)
    SALUT : PERMATA LABURA
    UPBJJ : MEDAN

    Dari analisa saya mengenai Video GPO Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Materi “Membuat pantun” di Kelas IV yaitu :
    1. Diawal pembejaran guru sudah menyapa siswa dengan bagus, namun guru langsung menjelaskan materi yang di ajarkan.
    2. Seharusnya Guru terlebih dahulu mengajak siswanya membacan do’a
    3. Setelah itu guru mengajak peserta didik untuk membuat yel-yel agar Peserta didik lebih semangat untuk belajar apalagi di jam siang hari.
    4. Guru melakukan Apresiasi dan memotivasi siswa.
    5. Guru terlalu Fokus dengan materi pelajaran.

  3. Nama : Rina Agustin
    NIM : 857325428
    Prodi : PGSD-S1

    Bismillah…
    Menanggapi video diatas, belajar tentang membuat pantun memang menyenangkan, kesimpulan menurut saya adalah :
    1. Guru sudah melakukan senyum sapa salam saat memasuki ruang kelas, namun tidak menanyakan kabar siswanya.
    2. Guru langsung menyuruh siswa untuk berkelompok untuk membuat pantun, padahal seharusnya guru bisa menjelaskan materi terlebih dahulu.
    3. Guru sudah bagus memberikan motivasi dan apresiasi pada siswa, sehingga siswa bisa lebih bersemangat dalam pembelajaran.

    Sekian dan terimakasih.

  4. NAMA : IRMAYANI
    NIM : 856034403
    PRODI : S-1 PGSD
    POKJAR : TANJUNG BALAI
    UPBJJ : MEDAN

    Menganalisis kelemahan dan kelebihan pada video diatas .

    KELEBIHAN : yang dapat saya simpulkan dari video diatas ialah kelebihan dalam metode ajar guru sangat lah bagus dan jelas, dengan disertakan contoh pantun siswa dapat lebih memahami pembelajaran yang sedang berlangsung . Dan dengan adanya bentuk kelompok kecil dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar, karena mengerjakan pembelajaran berdasarkan diskusi jadi para siswa dapat mengutarakan pendapat bersama.

    KELEMAHAN :
    – guru tidak menjelaskan ulang materi sebelumnya , karena tidak semua siswa yang daya ingat nya sama cepat memahami materi sebelumnya.
    – Guru langsung masuk kedalam materi pembelajaran tanpa berbincang kecil untuk membangkitkan suasana belajar didalam kelas.
    – Kelompok tidak diarahkan oleh guru ,ini dapat menyebabkan siswa bisa memilih teman yang cepat paham saja, meninggal kan teman yang daya ingatnya lambat.

  5. Nama :rianudin
    NIM : 856075756
    Upjj Batam
    Kelas 6b

    Refleksi :

    Guru terlihat sudah baik membuka kelas dengan melakukan apersepsi ,cek kehadiran siswa ,menyebutkan tujuan pembelajaran dan melakukan komunikasi interaktif dengan siswa secara baik ,metode yang digunakan secara berkelompok juga sangat baik ,namun perlu diperhatikan lagi apakah dalam setiap kelompok siswa dapat ikut serta dengan baik

    Perlu di tambahkan media berupa karya karya pantun yang sudah ada ,agar siswa mempunyai gambaran dalam membuat pantun

  6. Nama : Rahmayani
    Nim : 855995106
    Pokjar: Asahan

    Dari video diatas menurut saya para siswa sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran yang disampaikan oleh guru.
    Dalam pembelajaran guru tersebut terdapat beberapa kekurangan dan kelebihan
    Kekurangan :
    1. Dalam pembelajaran guru baiknya mengajak berdoa terlebih dahulu sebelum memulai pelajaran.
    2. Kurangnya guru memberi motivasi belajar terhadap para siswa untuk membangun semangat sebelum pembelajaran dimulai.
    3. Guru tidak mereview materi sebelumnya untuk mempermudah para siswa mengingat materi yang akan dipelajari.
    Kelebihan :
    1. Guru membentuk kelompok belajar untuk membangun kekompakan dan kerjasama antara para siswa yang satu dengan yang lain, sehingga membuat suasana belajar lebih seru.
    2. Guru memberikan apresiasi terhadap para siswa yang dapat membuat pantun dan berani maju kedepan dengan cara memberikan tepuk tangan.
    3. Guru langsung memberikan pembelajaran secara simpel dan efektif sehingga para siswa dapat mudah memahami bagaimana cara membuat pantun serta memberikan contoh-contoh yang mudah dimengerti.
    4. Guru menyampaikan materi dengan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa. Sehingga para siswa dapat lebih cepat mengerti dalam pemahaman yang diberikan oleh guru.

  7. Nama : SURI MAYANI SARAGIG
    Nim : 856024591
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : SERDANG BEDAGAI
    UPBJJ : MEDAN

    Menganalisis video pembelajaran tersebut ada kelebihan yang dapat saya simpulkan seperti cara penyampaian guru sangat jelas dan bagus, serta guru menjelaskan dan memberi contoh terlebih dahulu sebelum para siswa membuat pantun, dan guru pula membentuk kelompok, untuk meningkatkan minat belajar siswa.
    Kelemahannya, guru langsung membuka pembelajaran,tidak menjelaskan kembali materi yang sudah di ajarkan,dan guru juga tidak langsung membagi kelompok siswa, penyebabnya siswa akan memilih kelompok sendiri dan akan menyebabkan perselisihan,karena setiap siswa akan memilih teman nya yang lebih cepat nangkap atau pintar

  8. NAMA : MAYA ROHIJAH AMBARITA
    NIM : 859875504
    POKJAR :SIANTAR-SIMALUNGUN
    UPBJJ : MEDAN

    Dari video yang saya tonton dan saya amati dapat say simpulkan bahwasannya saya menganalisis kelebiihan dan kelemahan dari video tersebut ialah :
    1. KELEBIHAN : kelebihan dari video tersebut ialah bahwa guru sudah baik menggunakan metode diskusi atau berkelompok. guru juga mengawali pembelajaran dengan mengabsen siswa siswi. serta guru sebelum memasuki pembelajaran membuat pantun pada materi tersebut. memberikan contoh pantun yang bersajakkan AB AB dan menyampaikan contoh pantun yang di sebut jika berbaris 4 baris ke 1 dan 2 di sebut sampiran dan baris ke 3 dan 4 disebut isi. dengan di awalinya contoh pembeljaran materi yang akan di pelajari maka itu bisa memicu semngat siswa dalam berfikir dan berkreasi.. itu bisa kita lihat dengan adanya soal yang di berikan oleh guru yaitu soal menyambung isi dalam pantun yang d bacakan oleh guru, maka siswa siswi yang bekerja kelompok atau berdiskusi dapat mengeskpresikan pikirran mereka melalui isi pantun yang akan diisi oleh mreka sendiri.

    2. KELEMAHAN : Adapun kelemahan dalam video ini
    yang pertama yaitu : guru tidak mengajak siswa berdoa bersama .
    yang kedua yaitu : guru langsung memberikan penjelasan materi yang akan d pelajari tanpa adanya melakukan umpan balik kepada siswa contohnya menanyakan kepada siswa bagaimana materi sebelumnya adakah yang masih ingat.
    yang ketiga yaitu : guru tidak memilih kelompok sesuai dengan kondisi dan keadaan kelas. contohnya ialah siswa memilih teman kelompoknya sendiri. yang mana kita ketahui bahwa ketika peserta didik ketika d suruh memilih teman sekelompoknya maka mereka akan memilih temannya yang paling dekat dan akrab dengan mereka, bisa juga yang pandai temannya yang pandai, dan yang kurang pandai akan sama yang kurang pandai juga, seharusnya sebagai guru bisa memilihkan dan menyusun nkelompok sesuai dengan tingkat kepintaran siswa, contonya yang pintar temanya di gabung dengan yang kurang pintar begitu juga sebaliknya. agar tidak ada kesenjangan dalam diskusi kelompok. dan tidak ada siswa yang terabaikan.
    ke empat yaitu : guru tidak menutup kelas ( pembelajaran ).

  9. NAMA : DESTI TRI LESTARI
    NIM : 857016683
    PRODI : S1-PGSD
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
    POKJAR : KALIREJO

    Dari analisa saya mengenai Video GPO Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Materi “Membuat pantun” di Kelas IV yaitu :
    A.KELBIHANNYA:
    – Guru memberikan contoh pantun kepada siswa.
    – Contoh pantun yang diberikan oleh guru bahasanya mudah dipahami.
    – Guru memperhatikan siswa saat berdiskusi kelompok.
    – Guru menanyakan kabar siswa yang tidak hadir dalam kegiatan pembelajaran.
    B. KEKURANGANNYA
    guru menjelaskan terlalu cepat mengenai pantun ciri pantun serta contoh pantun dan langsung memberi tugas sehingga terlihat beberapa siswa belum memahami perintah yang disampaikan oleh guru.

  10. NAMA : DESTI TRI LESTARI
    NIM : 857016683
    PRODI : S1-PGSD
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
    POKJAR : KALIREJO
    Dari analisa saya mengenai Video GPO Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Materi “Membuat pantun” di Kelas IV yaitu :
    A.KELBIHANNYA:
    – Guru memberikan contoh pantun kepada siswa.
    – Contoh pantun yang diberikan oleh guru bahasanya mudah dipahami. – Guru memperhatikan siswa saat berdiskusi kelompok.
    – Guru menanyakan kabar siswa yang tidak hadir dalam kegiatan pembelajaran.
    B. KEKURANGANNYA guru menjelaskan terlalu cepat mengenai pantun ciri pantun serta contoh pantun dan langsung memberi tugas sehingga terlihat beberapa siswa belum memahami perintah yang disampaikan oleh guru.
    C.KEUNIKAN
    – guru dalam memberikan tugas kepada siswa dengan metode diskusi kelompok, guru meminta siswa untuk membacakan hasil kelompok didepan kelas.
    – Guru dalam penyampaian materi menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa.
    – Dalam berpakaian guru terlihat sangat rapi dan sopan.

Leave a Reply