silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

61 Comments

  1. Nama : Safrida Maya Sari
    Nim :856022376
    Menurut Refleksi saya:
    Menurut saya kekurangan dalam mengajar guru tersebut adalah tidak ada apersepsi pada pendahuluan pembelajaran nya, guru menjelaskan ke anak dengan kata kata yang sulit dimengerti anak murid seharusnya guru tersebut mengaitkan nya denga kehidupan sehari hari atau nyata agar anak mudah mengerti.

    Kelebihan nya adalah guru masih memberi kan kesempatan kepada siswa untuk maju bergiliran membacakan puisi tersebut.

  2. 1. Pendapat saya mengenai video ini adalah
    Dalam video ini masih kurang atau belum pas bu guru dalam menyampaikan materi di kelas. Seharusnya pertama masuk setelah berdoa anak – anak diajak menyanyi terlebih dahulu kemudian ditanya tentang pelajaran sebelumnya tidak langsung disuruh buka buku.
    2. Hal penting yg saya peroleh dari video ini adalah saya tidak boleh mengajar dg metode to the point seperti ini karena membuat anak bingung dan tidak termotivasi untuk belajar
    3. Tidak sesuai
    4. Menurut saya dalam video ini masih kurang baik

  3. Nama: Friska Silitonga
    NIM : 856086046
    UPBJJ : Batam
    Setelah saya menyimak dan melakukan analisis terhadap video dengan judul “Belajar Menjawab Pertanyaan Isi Puisi” pada GPO, saya berusaha menemukan kekurangan dan kelebihan pada kegiatan pembelajaran tersebut. Berikut kesimpulan yang dapat saya sampaikan:
    Beberapa Kekurangan kegiatan pembelajaran yaitu:
    1. Guru hanya melakukan salam pembuka, tetapi tidak melakukan kegiatan pengecekan kehadiran siswa (presensi), tidak melakukan kegiatan apersepsi dan tidak menjelaskan tujuan pembelajaran dari materi yang akan disampaikan
    2. Guru tidak menjelaskan atau mengajak siswa mencari tahu terlebih dahulu tentang pengertian dari puisi itu sendiri
    3. Guru mencontohkan cara membaca puisi, tetapi sayangnya dengan intonasi yang kurang tepat, jadi terkesan sedang membaca cerita biasa
    4. Guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang apa yang belum dipahami/menyampaikan pendapat tentang materi yang sedang dipelajari
    5. Guru tidak mengajak siswa membuat kesimpulan tentang materi yang baru saja dipelajari
    6. Guru tidak melakukan evaluasi pada akhir pembelajaran untuk mengetahui sejauh mana pemahaman anak terhadap materi yang baru disampaikan
    Beberapa Kelebihan kegiatan pembelajaran yaitu:
    1. Guru memberikan kesempatan kepada siswa maju ke depan kelas untuk mencoba membaca puisi (melatih percaya diri)
    2. Guru memberikan atensi kepada anak yang berani maju dan reward tepuk tangan kepada para siswa karena berhasil mengungkapkan isi puisi yang telah disampaikan
    Demikian tanggapan yang dapat saya sampaikan setelah menyimak video pembelajaran menurut keterbatasan pengetahuan yang saya miliki. Semoga setelah ini menjadi koreksi dan motivasi terhadap diri sendiri untuk berusaha menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif, efisien, dan menyenangkan bagi siswa.
    Demikian tanggapan yang dapat saya sampaikan setelah menyimak video pembelajaran menurut keterbatasan pengetahuan yang saya miliki. Semoga setelah ini menjadi koreksi dan motivasi terhadap diri sendiri untuk berusaha menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif, efisien, dan menyenangkan bagi siswa.

  4. Nama : Indira Mahardika
    Nim : 858889699
    Pokjar : Wuluhan
    Upbjj : Jember

    Dari video yang sudah saya lihat di atas dan mengamati video tersebut banyak yang harus di perbaiki lagi

    Yang pertama : guru kurang dalam memberikan contoh membaca puisi dari intonasi,gerakan , mimik.guru hanya membaca puisi seperti cerita narasi. Harusnya guru dapat memberikan contoh dengan intonasi ,gerakan dan mimik agar siswa dapat mencontoh dengan baik

    Yang ke dua : siswa hanya di beri pertanyaan untuk menemukan apa judul puisi itu,harusnya siswa di beri pertanyaan tentang pengertian dari sebuah puisi.

    Kelebihan : guru sudah mampu membuka pelajaran dengan baik,agar siswa menjadi semangat belajar.

  5. Nama : SRI RAMAYANA SINAGA

    NIM : 856023242

    UPBJJ : SERDANG BEDAGAI

    POKJAR : MEDAN

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Menurut saya melihat tentang video pembelajaran diatas yaitu :
    1. Tidak ada kegiatan pembukaan (seperti doa dan salam)
    2. Seharusnya guru sudah memberikan materi tentang puisi terlebih dahulu
    3. Guru memberikan contoh membaca puisi tidak dengan intonasi yang datar (seperti membaca cerita)
    4. Tidak ada pengulangan materi pada akhir video yang diajarkan
    5. Tidak memberikan salam penutup dan doa.

    Dan yang lebih penting lagi pada akhir pembelajaran guru tersebut memberikan apresiasi kepada seluruh siswa agar siswa-siswa tersebut menjadi lebih bersemangat lagi untuk belajar dan menjadi lebih termotivasi untuk membaca puisi-puisi lainnya.
    terima kasih

    Assalamualaikum wr.wb.

  6. Nama : Amanda Pramesti Yudhistya
    NIM : 858735874
    UPBJJ : Surabaya

    menurut pendapat saya kekurangan dari video diatas adalah:
    1. Guru tidak mengecek absensi kehadiran siswa,
    2. Guru tidak melakukan kegiatan apersepsi dan tidak menjelaskan tujuan pembelajaran dari materi yang akan disampaikan,
    3. Guru terlalu cepat menyampaikan materi,
    4. Guru mencontohkan cara membaca puisi tetapi dengan intonasi yang kurang tepat (seperti membaca buku cerita)
    5. tidak ada evaluasi di akhir pembelajaran

    kelebihan dari video diatas adalah:
    1. Guru mengapresiasi siswa yang maju dengan cara memberi tepuk tangan, hal ini dapat menumbuhkan sikap percaya diri siswa
    2. Guru mampu menguasai kelas (mengkondisikan kelas dengan baik)

  7. Nama : Anbar Rizky Prastiwi
    Nim : 856943609
    Pokjar : Sidomulyo
    UPBJJ UT : Bandar Lampung

    Berdasarkan video dengan judul “Belajar Menjawab Pertanyaan Isi Puisi” pada GPO, di atas yang sudah saya amati. Komentar saya terhadap video tersebut.

    Beberapa Kekurangan :
    1. Guru hanya melakukan salam pembuka, tanpa melakukan kegiatan pengecekan kehadiran siswa (presensi), tidak melakukan kegiatan apersepsi dan tidak menjelaskan tujuan pembelajaran dari materi yang akan disampaikan. Seperti tentang tema pelajaran hari itu yakni “membaca puisi”.
    2. Cara ibu Guru pada saat membaca puisi seperti orang membaca cerita narasi atau bahkan terlalu datar. Kurangnya intonasi bacaan, kurangnya ekspresi atau mimik wajah dan gerakan.
    3. Siswa tiba-tiba diberi pertanyaan untuk menentukan apa judul puisi tersebut. Sebaiknya diawal siswa di beri pertanyaan seperti “apa yang kalian ketahui tentang puisi?”, “Apakah ada yang tahu contoh judul puisi?”.

    Beberapa Kelebihan :
    1. Guru memberikan kesempatan kepada siswa maju ke depan kelas untuk mencoba membaca puisi (melatih percaya diri siswa).
    2. Guru memberikan atensi kepada anak yang berani maju dan reward tepuk tangan kepada para siswa karena berhasil membaca dan mengungkapkan isi puisi yang telah disampaikan.
    3. Guru mampu mengkondisikan keadaan siswa di kelas untuk tetap kondusif.

    Demikian tanggapan yang dapat saya sampaikan setelah menyimak video pembelajaran di atas. Terimakasih.

  8. Nama : Amalia Fadillah
    NIM : 857156231
    UPBJJ : Jakarta
    Pokjar : Tarumajaya

    Dari video di atas kita bisa melihat bahwa ada beberapa hal yang perlu dievaluasi. Kenyataannya memang tingkat motivasi siswa akan keterampilan membaca pada tingkat sekolah dasar masih rendah, khususnya membaca puisi. Beberapa hal yang pasti terlihat jelas adalah tidak adanya kegiatan awal di pembelajaran, lalu guru hanya memberikan materi. Bahwasannya keterampilan membaca puisi perlu dilihat bagaimana seorang guru dapat mempraktekkannya semenarik mungkin hingga munculnya motivasi siswa dalam membaca. Dengan begitu siswa mendapatkan pengalaman baru pada pembelajaran tersebut. Tetapi satu hal yang perlu diapresiasi guru tidak melupakan bahwa siswa juga memiliki peran dalam pembelajaran di kelas, mengajak beberapa siswa membacakan puisi di depan kelas.

    Terima Kasih,

  9. Nama : Dhea Paramitha Putri
    NIM : 856032599
    Prodi : S1-PGSD
    UPBJJ UT : Medan

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Dalam kegiatan pendahuluan, guru hanya mempersiapkan anak dan memberi salam, seharusnya guru melakukan apersepsi/mengkaitkan dengan materi pelajaran yang sebelumnya sehingga siswa dapat memahami kelanjutan dari kegiatan pembelajaran sebalumnya karena mungkin ada beberapa siswa kurang paham atau lupa tentang materi yang telah guru ajarkan sebelumnya, memberi semangat siswa dengan tepuk-tepuk semangat (kegiatan pra pembelajaran) dan motivasi siswa agar siswa lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran.

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Guru tidak melakukan apersepsi, Guru juga tidak memberikan penguatan materi dan penguatan kesimpulan. Dalam menyimak guru harus memfokuskan siswa dan memberikan perhatian, agar siswa tersebut memahami apa yg mereka simak, dalam hal menyimak guru menyampaikan nya dengan cara yg efektif dan menarik, dengan guru memberikan perhatian dan memfokuskan siswa dan juga penyampaian guru degan cara yang menarik siswa akan lebih fokus dan mudah di pahami oleh siswa tersebut.

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Guru mengajak siswa turut berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran seperti mengajak siswa untuk ke depan kelas secara bergilir untuk membaca puisi. Dan guru mengajarkan siswa bagaimana menyimak sehingga siswa lebih focus pada pelajarannya.

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Adapun hal unik yang saya temukan adalah siswa berani tampil dan maju kedepan untuk membacakan puisi.

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Untuk kedepannya guru harus lebih baik dalam membuka pelajaran dengan cara melakukan apersepsi yang tepat sesuai materi yang akan disampaikan agar siswa lebih siap untuk menerima materi pelajaran yang disampaikan. Guru juga bisa menggunakan media pembelajaran seperti video yang sesuai dengan materi sehingga lebih menarik perhatian siswa dan siswa menjadi lebih aktif di kelas.

  10. Nama : Semarnika Lahagu
    NIM : 855989403
    Prodi : PGSD-S1
    Dalam video pembelajaran tersebut cara guru mengajar sangat terampil dan membuat siswa tertarik dalam belajar Serta siswa dapat mendapatkan pengalaman belajar (learning experience) dengan tampil di depan teman-temannya. Akan tetapi kelemahan dalam pembelajaran tersebut adalah guru tidak melakukan kegiatan awal dan tidak mengecek absensi siswa yang merupakan kegiatan tersebut adalah termasuk dalam pendahuluan ketika melakukan kegiatan pembelajaran.

Leave a Reply