silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:

  1. Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
  2. Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
  3. Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai kurikulum

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

724 Comments

  1. Nama: Yayu Y
    Nim: 031182588
    UPBJJ: 49/ Banjarmasin
    Prodi: S1-Pendidikan Ekonomi

    Menurut saya guru kurang lengkap mengajarkan arah mata angin
    seharusnya ada 8 arah mata angin yang harus diketahui oleh siswa
    terima kasih

  2. Nama : Asriani
    Nim : 859762409
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : Unaaha Upbjj : UT Kendari

    Berdasarkan video tersebut terdapat Kelebihan cara mengajarnya yaitu:
    1) Guru melakukan praktik pembelajaran di luar kelas. Sehingga memberikan semangat dan menarik minat siswa untuk belajar menentukan arah mata angin secara langsung.
    2) Guru memberikan apresiasi kepada siswa saat siswa menjawab pertanyaan guru tentang manfaaat kita mengetahui arah mata angin.
    3) Guru meminta salah satu siswa untuk maju ke depan praktik menyebutkan arah mata angin.

    Dari video pembelajaran di atas, saya mendapatkan pengetahuan bahwa dengan praktik belajar di luar kelas akan memberikan motivasi dan semangat kepada siswa untuk belajar . Siswa akan lebih tertarik dalam belajar.

    Kekurangan Video Pembelajaran :
    1) Pembukaan Pembelajaran
    Pada video pembelajaran, tidak ada proses pembelajaran seperti kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup pembelajaran. Hal ini menjadi pembelajaran hanya sebatas praktik saja. padahal dalam proses pembelajaran penting adanya kegiatan pembuka hingga penutup pembelajaran. sehingga siswa bisa mendapatkan pembelajaran yang utuh dan bermakna.

  3. Nama : Sulis Setiawarni

    Nim : 856077158

    Prodi : PGSD S1

    UPBJJ : Batam

    POKJAR : Natuna

    Menurut saya pada video pembelajaran arah mata angin tersebut saat guru berintraksi dengan murid, guru terlalu tegang dan saat guru memberi pertanyaan kepada murid tapi murid itu tidak dapat menjawab malah terjadi keributan, dan guru tidak membrikan nasihat, guru hanya diam saja

    sebaiknya di buat kelompok belajar agar murid dapat berintraksi dengan temannya dan dapat menyampaikan pendapatnya dengan temannya. dan suasana kelas pun menjadi kondusif.

  4. Nama : Ely Yoseba Lubis
    Nim : 856035738
    Pokjar : Tobasa
    PGSD S1

    Kelemahan dari Vidio :
    Adapun kelemahan pada video di atas yaitu :
    1. guru tidak terlebih dahulu membuka pelajaran doa terlebih dahulu dan menyanyikan lagu Nasional
    2. Tidak ada motivasi belajar yang dilakukan pada kegiatan awal.
    3. Pada awal pembelajaran guru tidak mengucap salam atau menanyakan kabar kepada siswa.
    4. Kurangnya pemberian pemahaman yang dilakukan guru kepada siswa atau Guru tidak menjelaskan terlebih dahulu yang mana saja arah mata angin mulai dari timur ke timur laut,dan langsung menanyakan pertanyaan kepada siswa terlebih dahulu

  5. Nama : Asih Sugiharti
    NIM. :859763267
    Prodi :PGSD S1
    UPBJJ : KENDARI

    Menurut saya pada video di atas,guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti apersepsi,tetapi langsung masuk pada inti atau materi pembelajaran,serta guru tersebut kurang rileks dalam mengajar sehingga siswa kurg paham apa yang di sampaikan,dalam mengajar guru kurang bnyk menjelaskan dari materi tersebut melainkan langsung memberikan pertanyaan kepada siswa.
    Tetapi ada kelebihan dari cara mengajar guru tersebut yaitu , guru mengajak siswa untuk belajar di ruang terbuka agar para siswa dapat mudah memahami arah mata angin yg di belajarkan ,strategi pembelajaran ini dapat membantu siswa lebih mudah memahami arah mata angin ketika belajar langsung di luar ruangan serta memberikan pengalaman yg menarik kepada siswa.

  6. Nama : Muhammad Yusuf Ma’arif
    NIM : 858904999
    Prodi : S1-PGSD
    UPBJJ UT Jember
    Pokjar Umbulsari

    menurut yang saya dapat dari video di atas adalah tidak adanya pembukaan dari guru baik itu berupa salam ataupun ice breaking. pembelajaran langsung mengarah kepada pokok pembahasan, pada hal ini adalah menentukan arah mata angin. para siswa sedikit mengalami kebingungan saat diberi pertanyaan oleh guru, karena hanya berdasarkan teori dan angan-angan saja.
    akan tetapi metode yang digunakan oleh guru tersebut sangat mudah dan jelas bagi anak seusia SD, dengan langsung menunjukkan arah dengan beberapa patokan – patokan baik itu berupa tangan, wajah dan punggung. dari situlah maka akan ada titik pusat pengenalan arah mata angin yang umumnya dengan mencari matahari di pagi hari untuk menentukan arah timur, dan matahari di sore hari untuk menentukan arah barat.

  7. Nama : Sinta Hijjatul Ulya
    NIM : 858742593
    Jurusan : S1-PGSD BI

    Berdasarkan video di atas:
    1. Metode pembelajaran yang dilakukan di luar kelas sangat menarik dan membuat anak-anak semangat dalam belajar.
    2. Materi yang disampaikan oleh guru tersebut mudah dipahami, singkat, dan jelas sekali. Tetapi alangkah baiknya dalam menyampaikan materi pembelajaran diusahakan agar tidak terlalu kaku dan terlihat agak terlalu serius.
    3. Guru tersebut juga memberi apresiasi kepada siswa yang benar menjawab, namun sayangnya hanya diam saja dan tidak memberi respon kepada siswa yang belum betul menjawab pertanyaan yang diajukan. Padahal seharusnya siswa yang belum betul menjawab tetap harus diberi apresiasi atas keberaniannya mengutarakan jawaban atau opininya meskipun belum betul menjawab.

  8. Nama : ANA MAHFIATUN
    NIM : 856983104
    Pokjar: Banjar Agung
    Semester: 6
    UPBJJ : Bandar Lampung

    Menurut pendapat saya tentang analisis vidio di atas,metode yang di lakukan oleh guru tersebut cukup baik, tetapi ada beberapa sikap yang kurang baik yang di tampilkan oleh siswa, dan guru tersebut tidak menegurnya,contohnya pada saat siswa menjawab pertanyaan dari guru dengan jawaban yang salah malah kawan2 menyorakinya dan itu pun berulang hingga beberapa kali terjadi pada siswa lain di dalam kelas, sebaiknya guru tersebut memperingati kepada siswa jangan menyoraki kawan saat menjawab salah dari pertanyaan ibu guru nya, karena kita disini sama-sama belajar untuk yg salah menjadi benar.

    Kelemahan video pembelajaran yaitu: Pada kegiatan awal, guru tidak membuka pelajaran dengan salam dan berdoa, tidak ada pengecekan kondisi siswa terlebih dahulu sehingga siswa terlihat masih ada yang asik mengobrol dengan temannya, kondisi kelas belum terlalu kondusif. Guru tidak memberi tahu tentang tujuan pembelajaran. Guru kurang menerangkan pelajaran hanya mencontohkan saja, hal itu menyebabkan beberapa siswa tidak aktif pada saat pelajaran. Pada kegiatan akhir, tidak ada evaluasi lebih lanjut seperti mengisi soal atau memberi pekerjaan rumah kepada siswa.

    Kelebihan video pembelajaran :
    1. Guru melakukan praktik pembelajaran di luar kelas. Hal ini tentu memberikan semangat dan menarik minat siswa untuk belajar menentukan arah mata angin secara langsung.
    2. Guru meminta salah satu siswa untuk maju ke depan praktik menyebutkan arah mata angin.

  9. Nama : Rini Yulvani
    NIM : 856574181
    Prodi: S-1 PGSD
    UPBJJ : Jambi
    Pokjar: Kota Jambi

    Berdasarkan pengamatan saya dari video yang berjudul “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin” dapat dianalisis bahwa:
    1) Guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti menyapa siswa, menciptakan suasana kelas yang menarik, memeriksa kehadiran siswa, memberikan motivasi dan perhatian siswa, mengajukan pertanyaan tentang pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya sebelum melaksanakan kegiatan inti pembelajaran.
    2) Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran dan langsung pada ke kegiatan inti yaitu membahas materi yang dipelajari yakni menentukan arah mata angin.
    3) Guru tidak melakukan kegiatan akhir pembelajaran seperti membahas kembali bahan pelajaran yang belum dikuasai dan memberikan latihan dan mengemukakan tentang topik yang akan dibahas pada waktu yang akan datang.

    Di samping itu, kelebihan pada video tersebut adalah guru mengajak siswa keluar menuju halaman sekolah untuk mempraktikkan cara mengetahui arah mata angin dengan cara siswa merentangkan kedua tangannya. Tangan kanan menunjukkan arah timur, tangan kiri menunjukkan arah barat, wajah menunjukkan arah timur dan punggung menunjukkan arah selatan.

  10. Nama : Teti Mawarni Giawa
    Nim : 837707269
    Prodi : S1-PGSD
    UPBJJ : Medan
    Pokja : Mandehe Nias Barat

    Berdasarkan hasil analisis saya pada vidio pembelajaran di atas adalah:
    1. Guru belum melakukan apersepsi pada awal kegiatan pembelajaran
    2. Guru belum menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa.
    3. Guru menggunakan metode diskusi pada proses pembelajaran
    4. Siswa bingung menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh guru.

    Berdasarkan vidio juga telah di berikan solusi yang harus dilakukan oleh guru agar siswa dapat menentukan arah sekolah mereka yaitu dengan membawa mereka keluar dari kelas dan memperlihatkan secara langsung arah dari semua mata angin. Dalam hal ini sangat bagus untuk menambah wawasan siswa terhadap pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran itu sendiri dapat tercapai.

    Akan tetapi dalam hal ini saya akan memilih model pembelajaran demonstrasi untuk materi menentukan arah angin kepada siswa.

    Terimakasih.

Leave a Reply