silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:

  1. Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
  2. Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
  3. Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai kurikulum

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

724 Comments

  1. Nama : Panji Kurniawan
    Nim : 856219741
    Prodi : PGSD S-1

    Menurut saya pada pembelajaran diatas Pada kegiatan awal, guru tidak membuka pelajaran dengan salam dan berdoa, tidak ada pengecekan kondisi siswa terlebih dahulu sehingga siswa terlihat masih ada yang asik mengobrol dengan temannya, kondisi kelas belum terlalu kondusif. Guru tidak memberi tahu mengenai tujuan pembelajaran. Guru kurang menerangkan pelajaran hanya mencontohkan saja, hal itu menyebabkan beberapa siswa tidak aktif pada saat pelajaran. Pada kegiatan akhir, tidak ada evaluasi lebih lanjut seperti mengisi soal atau memberi pekerjaan rumah kepada siswa.

  2. NAM : NUR AMINATUN NAJAH
    NIM : 858696994
    PRODI : PGSD UPBJJ SURABAYA

    setelah mengamati vidio tersebut menurut saya ada nbeberapa kekurangan dalam vidio tersebut, seperti tidak mengajak anak-anak berdoa sebelum memulai pembelajaran, dan belum menyampaikan tujuan pembelajaran kepada anak-anak guru tyersebut langsung memasuki inti pembelajaran walaupun guru sudah menanyakan kesiapan belajar anak seharusnya guru menarik pemahaman anak nterlebih dahulu terhadap sesuatu yang berkaitan dengan arah mata angin, tidak langsung keinti pembelajaran. dalam vidio tersebut juga musik nya terlalu keras sehingga suara guru tidak terdengar dengan jelas. juga tidak adanya penutup pada akhir vidio

  3. NAMA : ANDREAS SITOMPUL
    NIM : 850871765
    JURUSAN : PGSD BI SEMESTER 2
    JUDUL VIDEO : Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
    Kelebihan dari video pembelajaran :
    1. Pada saat pembelajaran berlangsung guru melaksanakan praktik pembelajaran di luar kelas. Hal ini memberikan semangat kepada siswa dalam melaksanakan pembelajaran. Bukan hanya itu saja pembelajran yang semacam ini sangat menarik minat siswa untuk belajar dalam menentukan arah mata angin secara langsung.
    2. Dalam pembelajaran guru juga harus memerikan motivasi agar minat siswa dalam belajar semakin meninggkat, hal ini lah yang dilakukan guru dalam video tersebut. Guru memberikan apresiasi kepada siswa saat siswa menjawab pertanyaanyang dilontarkan tentang manfaaat kita mengetahui arah mata angin.
    3. Menumbuhkan rasa pecaya diri dari guru juga sangat penting, karena siswa tidak akan merasa kaku dalam pembelajaran atau takut untuk bertanya. Dalam video tersebut guru meminta salah satu siswa untuk maju ke depan saat praktik dan menyebutkan arah mata angin.
    Dari video pembelajaran di atas, saya mendapatkan pengetahuan bahwa dengan praktik belajar di luar kelas akan memberikan motivasi dan semangat kepada siswa untuk belajar. Pembelajaran yang monoton atau guru hanya menjelaskan saja akan menbuat siswa cepat merasa bosan dalam pembelajan.
    Kekurangan Video Pembelajaran :
    1. Pembukaan Pembelajaran : Guru tidak membuka pembelajaran dengan salam, berdoa dan mengecek kehadiran siswa., guru juga tidak mengaitkan pembelajaran hari ini dengan pembelajaran sebelumnya.
    2. Inti Pembelajaran : Guru tidak menjelaskan terlebih dahulu tentang materi pembelajaran Arah Mata Angin kepada siswa, melainkan langsung praktik di luar kelas. Seharusnya sebelum melakukan praktik siswa hanrus diberikan pengetahuan dasar tentang materi yang akan dipelajari.
    3. Penutupan Pembelajaran : Guru tidak melakukan kegiatan penutup pembelajaran. Dalam menutup pembelajaran juga sangat penting, agar kita dapat mengetahui sejauh mana pemahaman siswa, begitu juga siswa agar tahu tindak selajutnya dalam belajar.
    Pada video pembelajaran, tidak ada proses pembelajaran seperti kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup pembelajaran. Hal ini menjadi pembelajaran hanya sebatas praktik saja. padahal dalam proses pembelajaran penting adanya kegiatan pembuka hingga penutup pembelajaran. sehingga siswa bisa mendapatkan pembelajaran yang utuh dan bermakna. Mungkin video ini hanya ingin menunjukkan bagaimana proses penggunaan metode praktik dalam pembelajaran, sehingga keseluruhan proses pembelajaran tidak dibuat, akan tetapi sekali lagi saya katakana bahwa proses pembelajaran harus mencakup segala proses yang mendukung pertumbuhan dan perkembanggan anak.
    Solusi Pembelajaran :
    Sebagai seorang guru yang bertugas dalam mendidika anak-anak seharusnya melaksanakan setiap proses pembelajaran kepada siswa. Dari awal pembelajaran hingga akhir pembelajaran. Hal ini dimaksudkan agar sisw mendapatkan pembejaran yang utuh dan bermakna. Selain itu, praktik pembelajaran di luar kelas seperti yang dilakukan oleh guru di dalam video sudah sangat bagus sekali, karena memberikan kesan dan pengalaman berbeda bagi siswa. siswa terjun langsung dalam belajar arah mata angina. Akan tapi, memberikan pengetahuan atau konsep dasar terlebih dahulu kepada siswa juga sangat penting, agat siswa bisa memahami dengan lebih baik tentang materi pembelajaran yang akan dipelajari, karena teori dan praktik berjalan beriringan, untuk membutikan teori maka kita harus mempraktikkannya, atau mengujinya secara langsung.

  4. Nama : Sonia Rizki
    Nim : 856734963
    Prodi : S1 – PGSD

    Menurut pendapat saya setelah melihat video tentang “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin”

    Kekurangan dari video:
    dari yang saya amati pada video pembelajaran ini yaitu guru sebaik nya menjelaskan terlebih dahulu materi Arah Mata Angin kepada siswa, guru dapat menggunakan media gambar dan kompas agar lebih mudah dalam menjelaskan materi yang di sampaikan, keseriusan siswa dalam belajar juga harus di perhatikan.

    Kelebihan dari video :
    •> Guru mengajak siswa belajar di luar kelas dan melakukan praktik. Hal ini sangat bagus untuk membuat siswa lebih mengerti dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar tentang menentukan arah mata angin.
    •> Guru memberikan apresiasi kepada siswa pada saat menjawab pertanyaan. hal itu membuat siswa bersemangat belajar.

    •> siswa mengamati apa yang diajarkan oleh gurunya tentang posisi matahari terbit atau terbenam. setelah itu siswa diminta mempraktikkannya dengan menyebutkan arah mata angin.

  5. Nama : Ainun Lintang Sari
    Nim : 858685447
    Matkul

    Menurut pendapat saya, sebelum memulai pembelajaran Guru perlu mengucapkan salam, menanyakan kabar siswa, dan melakukan penguatan terhadap motivasi siswa dalam melakukan pembelajaran. Selain itu, media pembelajaran sebaiknya dibuat semenarik mungkin dengan memberikan media pembelajaran berupa gambar maupun video interaktif yang berwarna sehingga siswa akan menjadi lebih tertarik lagi.

  6. Nama : Ainun Lintang Sari
    Nim : 858685447
    Prodi : S1-PGSD

    Meninjau dari video diatas Menurut pendapat saya, sebelum memulai pembelajaran Guru perlu memberikan salam terlebih dahulu, kemudian guru menanyakan kabar siswa, dan melakukan absen kelas kemudian melakukan penguatan terhadap motivasi siswa dalam melakukan pembelajaran. Selain itu, media pembelajaran sebaiknya dibuat semenarik mungkin dengan memberikan media pembelajaran berupa gambar maupun video interaktif yang berwarna sehingga siswa akan menjadi lebih tertarik lagi atau pun pihak sekolah menyiapkan 1 buah compas dimana anak bisa mengetahui apa itu compas dan mengerti bagaimana cara penggunaannya selain itu juga menurut saya sangat baik apa yang telah di ajarkan guru tersebut sebab anak diajak untuk melakukan pembelajaran diluar ruangan, sehingga anak tidqk merasa jenuh didalam kelas.
    Terimakasih

  7. Nama : Dwi Kurniawan
    NIM : 856995306
    Program Studi : S1-PGSD
    UPBJJ : Bandar Lampung
    Kelompok Belajar : Natar

    Dari video tersebut, dapat disimpulkan bahwa pemahaman terhadap arah mata angin sangat penting dikuasai oleh siswa sejak dibangku SD. Namun, dalam kenyataan sering kita menghadapi kesulitan dengan cepat dan tepat tentang kompetensi tersebut. Oleh karena itu, perlu digali cara sederhana namun efektif untuk membelajarkan kemampuannya.
    Sebelum menjelaskan secara detail tentang materi mata angin, siswa diberi pretest terlebih dahulu dengan menanyakan arah mata angin. Setelah dilakukan pretest, siswa belum mampu menentukan arah mata angin dengan benar.
    Guru bersama siswa mempraktikkan metode belajar yang efektif dengan cara mengajak siswa untuk belajar di luar kelas.
    Guru menunjukkan arah mata angin dengan merentangkan kedua tangan dan menjelaskan arah mata angin, yaitu:
    Tangan kanan menunjukkan arah timur
    Tangan kiri menunjukkan arah barat
    Wajah menunjukkan arah utara
    Punggung menunjukkan arah selatan
    Setelah menunjukkan arah mata angin, guru bertanya manfaat mengetahui arah mata angin
    “Apa manfaat mengetahui arah mata angin?”
    Siswa menjawab
    Mengetahui lokasi dengan cepat dan tepat
    Supaya kita tidak bingung mengenai arah mata angin
    Guru mengapresiasi jawaban siswa
    Setelah mengetahui arah mata angin dan manfaat mempelajarinya, siswa dapat mampu menentukan arah mata angin dengan baik.
    Dampak kelebihan dari video tersebut yang dapat kita ambil, yaitu:
    1. Guru melakukan praktik pembelajaran di luar kelas. Hal ini tentu memberikan semangat dan menarik minat siswa untuk belajar menentukan arah mata angin secara langsung.
    2. Guru memberikan apresiasi kepada siswa saat siswa menjawab pertanyaan guru tentang manfaaat kita mengetahui arah mata angin.
    3. Guru meminta salah satu siswa untuk maju ke depan praktik menyebutkan arah mata angin.
    Dari video pembelajaran di atas, saya mendapatkan pengetahuan bahwa dengan praktik belajar di luar kelas akan memberikan motivasi dan semangat kepada siswa untuk belajar . Siswa akan lebih tertarik dalam belajar.
    Selain itu, praktik pembelajaran di luar kelas seperti yang dilakukan oleh guru di dalam video sudah sangat bagus sekali. karena memberikan kesan dan pengalaman berbeda bagi siswa. siswa terjun langsung dalam belajar arah mata angin. tapi, satu hal yang tidak boleh terlupakan oleh kita sebagai guru, yakni memberikan teori atau materi terlebih dahulu kepada siswa, agat siswa bisa memahami dengan baik tentang materi pembelajaran tersebut, teori dan praktik bisa dipahami oleh siswa dengan baik.
    Terima kasih

  8. Nama : Wakhid Tianah
    NIM : 857730492
    Program Studi : S1-PGSD
    UPBJJ : Semarang
    Kelompok Belajar : Kedungwuni

    Dari Video pembelajaran yang sudah saya lihat tadi sudah cukup bagus dalam menjelaskan pada siswa tentang arah mata angin. Guru memulai pembelajaran dengan tanya jawab pada siswa yang bisa membuat siswa antusias untuk belajar apa itu arah mata angin. dengan mengajak siswa belajar di luar kelas , ini akan memberikan kesan dan pengalaman yang berbeda bagi siswa, dan bisa membuat siswa lebih paham dengan praktik arah mata angin lewat tangan yang badan yang di contohkan oleh guru.

    namun ada kekurangan dalam video tadi yaitu:
    1. saat awal pembelajarn di awal tidak di awali dengan salam dan doa
    2. mengenalkan arah mata angin mungkin bisa di tambah dengan lagu agar anak lebih hapal tentang arah mata angin.

  9. Komentar Video yang ditonton
    1. Tidak ada pembukaan
    – berdo’a
    – Tanya kabar Sisy
    – Mendata kehadiran siswa
    2. Guru mengajak siswa belajar diluar kelas,dan membuat siswa tidak bisa dan lebih menarik,lebih semangat dalam belam menentukan arah mata angin
    3. Guru memberikan kepada Siswa untuk menjawab pertanyaan tentang arah mata angin sesuai dengan pemahaman siswa.
    4. Guru menjelaskan arah mata angin dengan menggunakan gerak anggota tubuh

  10. Nama: Birah Sundari
    Nim : 857112223
    Prodi: S1-PGSD
    UPBJJ: Jakarta

    Menurut saya video pembelajaran tentang menentukan arah mata angin sudah sangat jelas dan detail diterapkan bagi semua siswa dari mulai mempraktekkan nya di luar lapangan, hingga memberi apresiasi terhadap siswa serta menyuruh anak-anak untuk menirukan kembali apa yang sudah dijelaskan oleh ibu guru sehingga dengan mudah siswa dapat menangkap pelajaran tersebut. Namun di samping itu ada kekurangan nya yakni tidak memberi salam pada kegiatan awal , guru juga tidak melakukan kegiatan berdoa sebelum dan sesudah belajar .

Leave a Reply