silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:
- Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
- Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
- Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.
Dadang Sukirman
–
–
- Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
- Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
- Sesuai peserta didik.
- Sesuai kurikulum
Ranny Indriany Syam S, S.Pd.
Laporan Analisis Masalah dalam pembelajaran
Masalah : Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
Nama: Raden Anita Rahman
NIM : 857102999
Prodi : S1 PGSD – Semester 6
UPBJJ JAKARTA
Berdasarkan dengan vidio yang ada saya akan melampirkan analisa yang saya dapati setelah menganalisa melalui vidio yang terlampir
Masalah yang terjadi pada vidio tersebut ada 1 kasus dan 1 solusi
1. Kasus yang ada pada vidio tersebut setelah saya menganalisa adalah siswa/I kurang memahami materi arah mata angin tanpa adanya penjelasan yang detail
2. Dalam kasus pertama ini guru langsung meminta peserta didik menunjukkan arah mata angin, dan lokasi sekolah dari arah rumah mereka
3. Sehingga peserta didik belum memahami arah mata angin yang ada, dimana letak utara,selatan,barat dan timur
4. Lalu dalam kasus ini diambil sebuah solusi berupa demonstrasi atau menjelaskan materi dengan langsung meragakan dengan alat peraga diri sendiri peserta didik
5. Yang dimana menggunakan solusi, tangan kanan = timur, tangan kiri = barat, arah muka menghadap = utara, arah punggung = selatan
6. Setelah peserta didik melakukan praktek atau demo secara langsung mereka barulah memahami mana arah mata angin
7. Kesimpulan dalam kasus tersebut untuk memudahkan peserta didik memahami dan menentukan arah mata angin dapat digunakan metode demo atau praktek secara langsung.
sekian analisa masalah yang dapat saya lampirkan pada masalah ” Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin” sekian terimakasih.
NAMA : Diana Logis
NIM : 857933782
JURUSAN : S1-PGSD
UPBJJ : Yogyakarta
a) Kelebihan video pembelajaran :
1) Guru mengajak siswa untuk melakukan praktik pembelajaran di luar kelas. Saya setuju dengan yang dilakukan oleh guru tersebut, karena belajar outdor dapat meningkatkan semangat, mengurangi kebosanan ketika selalu belajar didalam kelas dan menarik minat siswa untuk belajar menentukan arah mata angin secara langsung.
2) Adanya apresiasi bagi siswa yang mampu menjawab pertanyaan maupun mempraktikkan gerakan arah mata angina dengan benar.
3) Adanya keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar yaitu melalui praktik menentukan arah mata angina dengan mengajak siswa belajar diluar kelas
Dari video pembelajaran di atas, adapun yang dapat saya pahami bahwa dengan mengajak anak belajar di luar kelas ternyata dapat meningkatkan semangat, motivasi dan ketertarikan belajar mata angin pada siswa. Hal ini terbukti ketika didalam kelas siswa terlihat belum memahami arah mata angina ketika di tanya oleh guru, sedangkan setelah praktik anak anak terlihat sudah lebih paham dengan pelajaran mata angina karena pembelajaran dilakukan dengan dipraktekkan dan tidak hana melihat pada buku saja.
b) Kekurangan Video Pembelajaran :
1) Pembukaan
Seharusnya pada kegiaatan pembukaan pembelajaran, guru membuka pembelajaran dengan salam, berdoa dan melakukan presensi kehadiran siswa. Namun dalam video tersebut, guru tidak melakukannya.
Dalam video tersebut, guru tidak mengulas dan mengaitkan pembelajaran yang akan hari ini dilakukan dengan pembelajaran sebelumnya.
2) Inti
Pada kegiatan inti guru langsung memberikan pertanyaan tentang arah mata angin kepada siswa dan kemudian melakukan praktek. Akan lebih baik jika guru memberikan gambaran atau penjelasan terlebih dahulu terkait dengan materi pembelajaran sebelum melakukan praktek, sehingga siswa memiliki gambaran dan dimungkinkan siswa lebih memahami pembelajaran.
3) Penutupan
Guru tidak melakukan kegiatan penutup pembelajaran. Akan lebih baik jika guru melakukan recalling atau sedikit mengulas materi sebelum penutupan pembelajaran, hal ini bertujuan untuk memastikan apakah ada siswa yang masih belum paham dengan materi pelajaran ang sudah disampaikan.
Solusi Pembelajaran :
Dalam video pembelajaran tesebut, proses pembelajaran tidak terjadi secara utuh karena guru tidak melakukan pembukaan, inti dan penutup pembelajaran. Guru hanya mengajak siswa untuk melakukan praktek menentukan arah mata angina di luar kelas, sehingga pembelajaran dirasa kurang utuh dan kurang bermakna
Solusi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran yaitu sebaiknya guru memberi penjelasan mengenai tujuan pembelajaran, guru memberikan penjelajasan tentang materi pembelajaran, memberikan motivasi kepada siswa, serta mencoba hal yang baru misalnya menggunakan alat peraga contohnya memberi video diyoutube mengenai arah mata angin. Hal ini menjadikan siswa lebih bersemangat dan lebih giat dalam belajar.
Sekian, Terimakasih..
Nama : DERIK SETIAWAN
NIM : 856983777
JURUSAN : S1-PGSD
UPBJJ : Bandar Lampung
Judul Video : Belajar Mudah Mementukan Arah Mata Angin
Dari video diatas yang sudah saya simak di simpulkan sebagai berikut :
Identifikasi Masalah :
a. Siswa ribut dengan teman sebangku
b. Siswa kurang memperhatikan penjelasan guru.
c. Siswa kesulitan menjawab pertanyaan guru
d. Siswa tidak menguasai materi pelajaran
Penyebab :
a. Guru tidak menguasai kelas dengan baik
b. metode ceramah oleh guru dirasakan kurang efektif sehingga membuatsiswa merasa bosan dan tidak memperhatikan penjelasan guru
c. Dalam menyampaikan materi guru tidak menggunakan metode yang tepat
d. Guru tidak menggunakan alat peraga pada pembelajaran tersebut
Solusi nya :
Guru Menggunakan metode Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa
Assalamu’alaikum wr.wb.
NAMA : Sri Mardiaty
NIM : 857475775
PGSD S1
Semester 6 Cicalengka
Judul Video : Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
Kelebihan video pembelajaran :
1. Dalam kegiatan inti Guru melakukan pembelajaran dengan menggunakan lingkungan sekitar sebagai media pembelajarannya. Hal tersebut tentu membuat siswa termotivasi serta pembelajaran menjadi menarik
2. Guru memberikan penguatan dan apresiasi kepada siswa yang menjawab pertanyaan mengenai manfaat mengetahui arah mata angin
3. Guru meminta salah seorang siswa untuk mempraktikkan mengenai arah mata angin dengan gerakan. Hal tersebut dilakkukan guru juga agar mengetahui pemahaman terhadap pembelajaran mengenai arah mata angin
Kekurangan Video Pembelajaran :
1.Dalam video tidak ditampilkan kegiatan pembukaan dan kegiatan penutup. Hanya menjelaskan mengenai praktik dalam kegiatan inti. Sebaiknya dalam video pembelajaran harus adanya pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup
2. Dalam kegiatan membuka pelajaran guru langsung melakukan apersepsi dengan menanyakan pengetahuan awal siswa mengenai arah mata angin. Tidak dilakukan kegiatan berdo’a dahulu dan tidak melakukan absensi .
3. Dalam kegiatan inti guru tidak memberikan materi terlebih dahulu tetapi langsung praktik
Solusi Pembelajaran :
Kita sebagai guru harus memberikan siswa pembelajaran yang bermakna. Cara yang dilakukan dalam video tersebut dengan menggunakan media lingkungan sekitar sudah bagus, karena itu akan memberikan prngalaman yang bermakna kepada siswa. Namun harus diperhatikan juga bahwa guru harus memfasilitasi siswa dan membekali siswa dengan materi sebelum melakukan praktik. Guru dalam video tersebut harusnya memberikan materi terlebih dahulu sebelum melakukan praktik di luar kelas.
Demikian yang bisa saya sampaikan.
Terimakasih
NAMA : ARIYANTI
NIM : 855717932
Kelebihan video pembelajaran :
1. Guru melakukan praktik pembelajaran di luar kelas. Hal ini tentu memberikan semangat dan menarik minat siswa untuk belajar menentukan arah mata angin secara langsung.
2. Guru memberikan apresiasi kepada siswa saat siswa menjawab pertanyaan guru tentang manfaaat kita mengetahui arah mata angin.
3. Guru meminta salah satu siswa untuk maju ke depan praktik menyebutkan arah mata angin.
Dari video pembelajaran di atas, saya mendapatkan pengetahuan bahwa dengan praktik belajar di luar kelas akan memberikan motivasi dan semangat kepada siswa untuk belajar . Siswa akan lebih tertarik dalam belajar.
Kekurangan Video Pembelajaran :
1. Pembukaan Pembelajaran
– Guru tidak membuka pembelajaran dengan salam, berdoa dan mengecek kehadiran siswa.
– Guru tidak mengaitkan pembelajaran hari ini dengan pembelajaran sebelumnya.
2. Inti Pembelajaran
-Guru tidak menjelaskan terlebih dahulu tentang materi pembelajaran Arah Mata Angin kepada siswa, melainkan langsung praktik di luar kelas.
3. Penutupan Pembelajaran
– Guru tidak melakukan kegiatan penutup pembelajaran.
Pada video pembelajaran, tidak ada proses pembelajaran seperti kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup pembelajaran. Hal ini menjadi pembelajaran hanya sebatas praktik saja. padahal dalam proses pembelajaran penting adanya kegiatan pembuka hingga penutup pembelajaran. sehingga siswa bisa mendapatkan pembelajaran yang utuh dan bermakna.
Solusi Pembelajaran :
Guru sebagai tenaga pendidik seharusnya melaksanakan setiap proses pembelajaran kepada siswa. Dari awal masuk kelas sampai keluar kelas. Hal ini supaya siswa bisa mendapatkan pembejaran yang utuh dan bermakna.
selain itu, praktik pembelajaran di luar kelas seperti yang dilakukan oleh guru di dalam video sudah sangat bagus sekali. karena memberikan kesan dan pengalaman berbeda bagi siswa. siswa terjun langsung dalam belajar arah mata angin. tapi, satu hal yang tidak boleh terlupakan oleh kita sebagai guru, yakni memberikan teori atau materi terlebih dahulu kepada siswa, agat siswa bisa memahami dengan baik tentang materi pembelajaran tersebut, teori dan praktik bisa dipahami oleh siswa dengan baik.
Nama :Eka lestia sari
Nim :836148853
Prodi: S1 PGSD
Pokjar : way tuba
Kelebihan : guru memberikan praktik pembelajaran diluar kelas.
Kkurangan : pembukaan pembelajaran,guru tidak mengaitkan pembelajaran hari ini dengan pembelajaran sebelumya.
Saran : sebagai seorang guru tenaga pendidik seharusnya melaksanakan proses pembelajaran dengan baik.
Nama : dahlan purwadi
NIM : 8837739867
Program Studi : S1 PGSD
Kelemahan video :
1. Guru tidak melakukan apersepsi di awal kegiatan pembelajaran
2. Guru tidak menjelaskan terlebih dahulu materi yang akan di bahas
3.Guru langsung menunjuk dan bertanya kepada siswa, sehingga siswa nampak bingung ketika guru bertanya letak arah sekolah.
Kelebihan video :
1. Membawa siswa melakukan pembelajaran keluar ruangan pembelajaran lebih mudah di pahami, lebih menarik dan siswa akan lebih aktif mengenai materi yang di pelajari dan dapat mengetahui arah mata angin yang nyata.
2. Siswa dapat mengetahui manfaat arah mata angin setelah guru menjelaskan dan memperagakan arah mata angin.
Perbaikan dalam video pembelajaran tersebut yaitu sebelum guru memulai kegiatan pembelajaran guru telah menyiapkan media pembelajaran yang akan digunakan terlebih dahulu, selanjutnya ketika memulai pembelajaran harus didahului dengan kegiatan apersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran kemudian barulah menyampaikan materi dengan menggunakan media pembelajaran yang ada walaupun menggunakan menggunakan media pembelajaran sederhana dan kegiatan di akhiri dengan penutup.
DARI JUDUL ” CARA MUDAH MENGENAL ARAH MATA ANGIN” tersebut dapat saya analisis sebagai berikut :
Kelebihan
1. Membawa siswa siswi untuk belajar diluar kelas, dengan begitu anak lebih bersemangat mengikuti pembelajaran,
2. Guru membimbing siswa siswi sehingga siswa siswi dapat menyebutkan manfaat arah mata angin dan arah mata angin.
Kekurangan
1. Guru tidak mengawali pembelajaran dengan berdoa, tidak mengabsen kehadiran siswa, sehingga pembelajaran kurang utuh
2.Kekurangan Video Pembelajaran :
1. Pembukaan Pembelajaran
– Guru tidak membuka pembelajaran dengan salam, berdoa dan mengecek kehadiran siswa.
– Guru tidak mengaitkan pembelajaran hari ini dengan pembelajaran sebelumnya.
2. Inti Pembelajaran
-Guru tidak menjelaskan terlebih dahulu tentang materi pembelajaran Arah Mata Angin kepada siswa, melainkan langsung praktik di luar kelas.
3. Penutupan Pembelajaran
– Guru tidak melakukan kegiatan penutup pembelajaran.
Pada video pembelajaran, tidak ada proses pembelajaran seperti kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup pembelajaran. Hal ini menjadi pembelajaran hanya sebatas praktik saja. padahal dalam proses pembelajaran penting adanya kegiatan pembuka hingga penutup pembelajaran. sehingga siswa bisa mendapatkan pembelajaran yang utuh dan bermakna.
Solusi Pembelajaran :
Guru sebagai tenaga pendidik seharusnya melaksanakan setiap proses pembelajaran kepada siswa. Dari awal masuk kelas sampai keluar kelas. Hal ini supaya siswa bisa mendapatkan pembejaran yang utuh dan bermakna.
selain itu, praktik pembelajaran di luar kelas seperti yang dilakukan oleh guru di dalam video sudah sangat bagus sekali. karena memberikan kesan dan pengalaman berbeda bagi siswa. siswa terjun langsung dalam belajar arah mata angin. tapi, satu hal yang tidak boleh terlupakan oleh kita sebagai guru, yakni memberikan teori atau materi terlebih dahulu kepada siswa, agat siswa bisa memahami dengan baik tentang materi pembelajaran tersebut, teori dan praktik bisa dipahami oleh siswa dengan baik.
Nama : Ira adika putri
Nim : 857106918
Program study : S1 PGSD
Pelajaran : ips menentukan arah mata angin,
Pada vidio pembelajaran, pembelajaran yang di lakukan sangat bervariatif, guru menyampaikan materi tidak hanya menggunakan metode ceramah, namun juga metode demonstrasi, anak juga di arahkan untuk mengenal arah mata angin pada lingkungan atau alam langsung, dengan hal ini anak akan mudah memahami di banding penggunaan metode ceramah saja, guru melaksanakan pembelajaran dengan begitu tertata sehingga kelas tetap kondusif meski pembelajaran di lakukan di luar kelas.
Mengenai Video pembelajaran yang dilakukan Ibu Guru dengan murid-muridnya yang membahas Pembelajaran Ilmu Pengetahuan sosial yaitu menentukan arah angin. Biasanya Menentukan arah angin itu termasuk dalam ilmu geografi yang berkaitan dengan tempat ataupun dengan kondisi geografis sekitar.
Menariknya dalam pembelajaran tersebut baru pertama kali ini saya mengetahui dengan cara kita berdiri lalu merentangkan tangan. untuk di tangan kiri menghadap ke arah sinar matahari yang masih pagi yang dimana dari arah timur lalu untuk ditangan kanan mengarah ke arah barat. lalu untuk posisi bagian depan badan mengarah ke arah utara dan belakang badang dari arah selatan. dulu yang saya tau dan saya fahami dulu yaitu timur arah ngetan/wetan dalam bahasa jawa (surabaya) yaitu timur dan biasanya sering disebutkan yaitu matahari terbit, lalu kulon/ngulon arah barat yaitu matahari terbenam dan biasanya sering digunakan untuk arah kiblat untuk sholat, ngalor/lor yaitu utara, kidul/ngidul arah selatan.
Namun dari beberapa video tersebut ada beberapa hal yang belum dilakukan Ibu Guru tersebut yaitu:
1. Entah kemungkinan ini pelajaran jam setelah istirahat atau memang tidak disertakan awal, inti, penutup pembelajaran nya saya kurang mengerti. namun biasanya guru akan memulai dahulu dengan awal pembelajaran seperti memberi salam dahulu, lalu berdoa, menyapa siswa terlebih dahulu lalu mengabsensi nya siapa saja yang hadir dan tidak hadir, dan disaat penutupan sendiri tidak ada. jadi ada kemungkinan menurut saya memang dalam video tersebut hanya berfokus pada pembelajaran ips saja dan tanpa adanya awalan dan penutup
2. disaat mengawali materi guru tersebut menanyakan kepada siswa terlebih dahulu memang sangat bagus untuk menarik daya kemauan siswa untuk belajar namun disisi lain. jika langsung digunakan untuk mengerjakan soal guru tanpa memberi tahu materi dan penjelasan isinya maka akan membuat siswa sulit. seperti kurikulum 2013 yang dimana siswa lebih diutamakan untuk belajar terlebih dahulu dan guru hanya membantu dan meluruskan pembelajaran tersebut. nah ini bagi yang sudah mengerti maksud pembelajarannya ya Alhamdulillah. kalau siswa yang belum mengerti maksudnya apakah mereka tidak kesusahan. terutama dalam tingkat sekolah dasar mereka belum banyak memiliki pengetahuan yang banyak. terutama dalam pembelajaran tematik yang dimana pembelajaran hanya diambil dari beberapa point tertentu dan terkadang ada soal yang tidak ada dalam buku yang dipelajari ditematik sehingga siswa kesulitan dalam mengerjakan soal.
3. Guru juga bisa menambahkan contoh lain seperti menggunakan benda atau menggunakan kompas juga bisa menjadi tambahan.